Tuesday, February 5, 2008

Imun...Imun...

Aku adalah jenis orang yang sangat mudah terserang penyakit bernama flu. Tapi bukan berarti ku menjadi terbiasa dan akrab dengan flu. Tiap kali flu akan menyerang pasti didahului dengan tahap pra-flu dulu, yaitu demam, pusing hingga sakit gigi, pegel mata, dan radang tenggorokan. Kombinasi yang kompak untuk membuatku tak berdaya. Di akhir tahap pra-flu itu, biasanya ditandai dengan bersin berturut2 minimal 7 kali. Setelah itu, hidung mulai meler dan batuk mulai beraksi.

 

Walaupun flu sudah sebegitu seringnya menyerangku, tapi tak pernah sekalipun aku berhasil menghalaunya. Prestasi terbagus adalah mencegah pilek dan batuk muncul. Jadi cuma sampai pada tahap pra-flu, tapi bertahan selama kurang lebih seminggu. Caranya yaitu dengan menyerang balik virus flu dengan bom bernama antibiotik. Tapi kadang dilema juga. Karena walau tak ada pilek dan batuk, pusing dan penat di leher & rahang tetep aja ada. Ngliyeng-ngliyeng lah rasanya. Bawaannya pengen tiduuuuu...rrr terus.

 

Pernah kucoba membiarkan virus flu berkeliaran dan merajalela di tubuhku. Hasilnya dalam waktu 2 hari hidungku meler tiada henti. Kalau udah gitu tak ada pilihan lain kecuali mengkonsumsi pseudoefedrin sesering mungkin. Meler berhenti, pusing pun tak ada lagi. Cuma ku jadi kasihan sama hatiku.. Dengan aku sering minum pseudoefedrin, berarti tugas hatiku makin brats...

 

Sekarang ada 2 pertanyaannya: virusnya yang pintar berstrategi untuk menyerangku atau akulah yang begitu bodoh dan lengah? Karena aku guampang buanget kena flu. Keujanan gerimis dikit, bisa jadi flu. Ngobrol sebelum sholat sama temen yang lagi flu, aku pun ikut2an kena flu. Menyebalkan! Sampai-sampai timbul banyak prasangka dari teman2ku:

 

  1. jarak kosan dan kantor kejauhanè kecapekan è imunitas menurunè gampang sakit

kosanku di Depok, tepatnya di Pondok Cina, dekat dengan stasiun. Kalau diitung jarak, memang Depok-Jakarta jauh. Tapi coba perhatikan, aku berangkat dari kosan itu jam 6.30, karena keretaku lewat jam 6.40. Jam 7.20 ku sudah sampai kantor. Pulangnya ga jauh beda, dari kantor ku biasanya jam 6.30, sampe kosan (di kasur ni) jam 7.20, ya jelek2nya jam setengah delapan lah.. Owya, Tuhan begitu baiknya kepadaku dengan membuat kereta Depok ekspress yang kunaiki itu berhenti di Stasiun Pondok Cina. Jadi ku tinggal jalan kaki dikit dari dan ke stasiun. Begitu juga dari stasiun dukuh atas ke kantor tinggal nyebrang jalan...

 

  1. makan tidak teratur

ku memang juarang sarapan. ”Sarapan” sehari2ku adalah segelas milo dan roti, dilanjutkan ngemil tiada henti. Makan siang dan malam tak pernah terlewat. Teratur dunk ya makanku?

 

  1. sering kelayapan di waktu malam

ummmhhhhh....ummmmhhhh....  udah ga sering ko....

 

 

  1. kebanyakan olahraga

salah satu resolusiku di tahun 2008 ini adalah rutin berolahraga. Ku udah beli CD Yoga dan aerobik, tapi itu cuma sampai fase terbeli, belum terpraktikkan =) Olahragaku hanya lari di UI seminggu sekali dan step dance 1 jam 1 kali seminggu. Bagian mana nya yang kebanyakan?

 

  1. imunitas rendah

Nah..kalau ini ku tak bisa melakukan pembelaan. Karena pada kenyataannya ku emang gampang sakit. PKL 6 minggu di RSCM membawa hasil ku suspect TBC! Saat itu ku langsung mencanangkan gerakan benci perokok dan dokter. Perokok, karena rokok identik dengan TBC. Jadi siapa lagi yang nularin aku TBC kalau bukan mereka kan? Dokter, karena kutuduh mereka sebagai salah satu mata rantai penularan TBC kepadaku. Mereka tu ya, kemana-mana pake jaket putihnya itu seolah2 takut kalau tak dikenal sebagai dokter. Bahkan pas makan di kantin pun mereka pake itu jaket putih. Padahal sebelumnya mereka meriksa banyak pasien, kuman2 penyakit pasien nempel semua di jaketnya kan? Eh, habis itu kemanapun berjalan jaket berkuman penyakit itu dikenakan. Dan nasibkulah yang terpaksa makan bareng mereka jadi terkena imbasnya. Walaupun ’baru’ suspect TBC, tapi tetep aja BT. Selain musti periksa bolak-balik, medical recordku kan jadi ada riwayat ”suspect TBC” disertai foto paru-paruku yang berbercak-bercak! Huhuh!

 

Kemaren pagi, ku disarankan untuk tes kekebalan tubuh. Karena hari jumat kemaren ku tidak masuk karena flu (entah untuk yang keberapa kalinya sejak aku kerja di sini). Bosku bilang prevalensiku terkena flu sudah diluar batas kewajaran. Kemudian terlintas di pikiranku, gejala2 infeksi HIV salah satunya adalah influenza tiada henti. Hwuaaaa... masa sekarang aku suspect terinfeksi HIV??

17 comments:

  1. hmmm ternyata dikau kekurangan vit.c,.... cobalah mengkonsumsi vit.c secara teratur dengan dosis yang nantinya akan saya berikan selanjutnya setelah saya tanyakan pada dokter perihal dosis yg tepat untuk anda karna saya bukanlah dokter

    terimakasih....

    ReplyDelete
  2. kekeke,,,
    Menurut gw, emang kekebalan tubuh lo aja yg kurang. Olahraga segitu mah ga kebanyakan. Coba minum vitamin C (yang bagus dalam btk ester C) teratur, trus klo dah sampe tahap pra-flu, coba minum suplemen Echinacea, minum air putih yang banyak, makan n istirahat yang cukup. Selama ini sih gw berhasil halau flu pake cara itu. Good luck!

    ReplyDelete
  3. Adjhie, aku adalah konsumen Beroca yang komposisinya adalah:
    Vitamin B1............15 mg
    Vitamin B2............15 mg
    Vitamin B3............50 mg
    Vitamin B6........... 23 mg
    Vitamin B12.........10 mcg

    VITAMIN C...........500 mg

    Biotin..................150 mcg
    Asam folat...........400 mg
    Magnesium..........100 mg
    Kalsium...............100 mg
    Seng....................10 mg
    Pemanis, pengisi dan aroma

    Bagaimana ceritanya aku kekurangan vitamin C? 500 mg sehari itu udah masuk kategori penghasil pipis mahal tauuuu...

    Iya Juwi, pas liat iklannya Luna Maya kulangsung bilang "Sial..dia pinter". Tar ku akan beralih ke produk dia ko, tapi ngabisin stok Beroca yg masih ada 1 tube dulu.. Makasi atas sarannya...

    ReplyDelete
  4. Iklan Luna Maya yg mana? (lemotnya keluar). Gw jg jarang nonton tipi sih hihihihi,,,

    ReplyDelete
  5. yang mengiklankan vitamin C berbentuk sediaan sustained released.... yang dia bilang "ngapain bayar mahal kalau untuk dibuang-buang?!"

    ReplyDelete
  6. oh iyaaaaaaaa!!!
    Tapi Ta, itu kan dia modifikasi formula (bentuk sediaan) aja. Klo Ester C kan modifikasi molekul. Gw siy tetep prefer Ester C,, Kan byk tuh merknya. Pilih aja salah satu,,
    Cheers!

    ReplyDelete
  7. mungkin kau kurang istirahat aja Ta, waktu istirahat n aktivitas ga seimbang, salah satu penyebab menurunnya imunitas tubuh kan karena itu.. sarapan paling nggak ya bubur Ta, pokokya makanan yg bs memberi asupan karbohidrat yg cukup mpe waktu mkn siang.. tempat kerja jg memengaruhi loh, tempat kerja ber-AC jg bahaya laten penyakit loh.. kalau vitamin, memang perlu sebagai asupan tambahan tubuh.. coba diliat aktivitas kau selama seminggu, dari situ bisa diambil kesimpulan apa2 yg kurang baik buat tubuh kau dan apa yg perlu ditambahkan utk kesehatan tubuh:) -sotoy mode on-

    ReplyDelete
  8. Ummmhh... Ku berangkat kerja jam 6.30 AM dan sampe kosan lagi 7.30 PM. Kalau dihitung jam si emang 13 jam beraktifitas. Tapi aktifitasku adalah: naek kereta, duduk, baca buku. Turun kereta, jalan bentar, mulai kerja. Kerjaku adalah duduk di depan komputer, ber-MP ria =) Pulangnya ga jauh beda: naek kereta, duduk, baca buku. Makan malam sambil baca koran, ngobrol dan nonton TV. Habis itu mandi dan tidur deh... Cukup seimbang menurutku...
    Apa aku harus tidur siang yak? (maunya...)

    Tapi akan kucoba catat semua aktifitasku selama seminggu seperti yang kau sarankan. Thanks yaaa...

    ReplyDelete
  9. waktu tidurnya berapa jam? tidur kau sudah berkualitas belum? kan ada istirahat berkualitas dan tidak:) he4x mo hidup sehat aja susah ya:p

    ReplyDelete
  10. Ku tidur paling malem jam 10, bangun jam setengah lima, sholat subuh, habis itu tidur lagi sampe jam 6 (yah..ketauan deh...) Berapa jam tu? Yaaa..6-7 jam lah...
    Dan aku adalah tipe orang yang kalo udah tidur, maling masuk kamar ngangkatin barang2ku pun ku ga akan kebangun... Cukup berkualitas bukan? Apalagi kalo habis step dance, tidur tau2 dah pagi..tanpa mimpi apapun...

    Ayo hidup sehat!

    ReplyDelete
  11. masih sempet tidur lagi yah abis subuh? :( wah enak bener...

    ReplyDelete
  12. Sangat sempet Fat..
    Kan bangun 4.30. Sholat subuh paling lama 10 menit. 4.40 kan? Keretaku lewat jam 6.40. Masih ada waktu 2 jam! Mandi dan pake baju 30 menit lebih dari cukuplah.. Jadi ku masih punya lumayan waktu untuk melanjutkan mimpi yang terpotong oleh subuh...=)

    ReplyDelete
  13. jarak kosan dan kantor kejauhan.
    betul tuh. meski kamu blg cm 30 min, km ga sadar energi yg diserap dlm perjalanan itu banyak. (believe me, coz i've been there too)
    Dan coba bandingin klo kamu kos, berarti prevalensi ketemu sm org di stasiun dan dalam KRL yg kemungkinan jg berpenyakit flu lebih sedikit khan?

    ReplyDelete
  14. Olahraga yg dianjurkan adalah 0,5 jam setiap hari, meski cm stretching2 yoga. Dan usahakan aktivitas dilakukan di outdoor, utk kena matahari, dan udara segar yg membangkitkan mood. (dari jadwal keseharianmu, kesannya kamu jarang ada di luar bangunan tertutup ya)
    Juga perhatiin kondisi kamar kos yg kayaknya lembab & kurang sinar matahari.
    Sinar matahari itu bisa membunuh kuman kan?

    ReplyDelete
  15. Saranku:
    1. Pindah kos dari depok ke tengah kota (minus: kurangnya tanah terbuka ga kayak di ui, Positif: dekat tempat kerja)
    2. Tetep di depok tapi pindah kamar kos yg akses sinar matahari bagus & berudara kering, ga lembab kayak yg sekarang (negatif: prevalensi kontak dgn flu carrier ttp tinggi, positif: akses dgn ruang terbuka taman2 ui yg menyegarkan ttp dekat)
    3. Lebih banyak berjemur
    4. Lebih baik waktu utk tidur setelah subuh diganti dgn berjalan2 telanjang kaki di atas tanah/rumput segar yg basah dgn embun pagi (dipercaya bs mengalirkan energi positif)
    5. Pake jaket pas di kantor, jgn cm pasminah.
    6. Minimkan kontak dgn orang yg flu. Say hi aja dah cukup, ga usah ngobrol keq.
    7. Tetap makan dan tidur yg mmg dah teratur itu
    8. Last but not d least, take care of urself most, don't bother about others' problems too much. Tll sering mendengarkan keluhan / cerita sedih dari org lain jg ga bagus krn menyaluarkan energi negatif ke tubuh.

    Take care Tataku =)

    ReplyDelete
  16. Hihihi... Kamu benar! Berangkat dapet sinar matahari lumayanlah durasinya.. Pas pulang matahari sudah ke bergeser mendekati kamu.. =(
    Dan ku agak ga prefer gerak badan outdoor..karena harus berpakaian lengkap... Gerah tau! Hehehe...

    ReplyDelete
  17. Tanggapan untuk saran Nilaku:
    1. Ku akan pindah lamar ke atas, mungkin ke kamar Icha. Cukup sinar matahari kan?
    2. Habis subuh jalan2 ya? Ummmhhh...ga beresiko paru2 basah ya? Hohoho... Kan kucobaaaaa...
    3. Seminggu ini ku di kantor sll pake jaket ko.. Pasmina teteup... Hehehe
    4. Berjemur? Ummmhhh.... Aku kan sukanya tidur2an Nil...bermalas2an... Bagaimana caranya combine berjemur dan bermalas2an?
    5. Ga ngobrol sama yg kena flu? Ummmhhh...aku kan suka ngobrol Niiii....lll!
    6. Not bothering other's problems too much: ga too much ah...lagian itu kan referensi dan pembelajaran gratis tauu...belajar dari pengalaman org itu much much cheaper daripada mengalaminya sendiri Nila... Hehehe... Tapi kau benar juga! Kan kukurangi!

    Makasi Nilaaaaa.... Take care juga ya! Love u! *Big ciumz*

    ReplyDelete