Monday, July 11, 2011

Album SM*SH_ga niat tapi asik

Rating:★★★
Category:Music
Genre: Pop
Artist:SM*SH
Akhirnya album yang dinanti-nanti dari para anak muda unyu ini muncul juga. Walaupun aku melewatkan konser peluncuran albumnya yang ditayangkan selama dua hari, bukan berarti aku tak antusias. Segera setelah hari peluncuran album, aku segera mencari gerai KFC terdekat (oiyah, peredaran album Sm*sh ini adalah melalui KFC, mengikuti jejak Agnes Monica). Nah, jika biasanya ketika di KFC setelah menyebutkan pesanan, pelayan akan menawarkan CD sebagai templatenya, dan sebelum dia bahkan menyebutkan CD apa sudah kupotong dengan “enggak”, maka kali ini berbeda. Setibanya aku di depan tempat pemesanan, maka aku berkata “mbak, saya mau album Sm*sh. Saya harus beli apa?”. Pokoknya apapun syarat dan ketentuannya aku penuhi demi sm*sh., kurang lebih begitulah maksud kalimatku. Dan si mbak berkata “oh ga perlu beli apa-apa bisa kok Ka.. Beli CD nya aja bisa.”. Dan aku kegirangan “ouw.. okay..CD saja kalo gitu”. Tapi setelah itu aku berpikir bahwa aku lapar juga, jadi kupesanlah fish fillet. Total harganya adalah Rp 45.000, 00. Nah, aku ga tau tuh berapa harga masing-masing. Tapi, intinya berarti harga CDnya murah dan terjangkau lah ya.


Dari kemasan luarnya, jujur aku tak klepek-klepek. Sungguh biasa sahaja. Cover albumnya datar: warna dasar gelap dengan sedikit percik-percik merah, tulisan SM*SH, semacam siluet 7 anak sm*sh dalam ukuran mini, dan gambar bapak-bapak KFC di ujung kanan atas seperti perangko. Sedangkan cover belakangnya berupa daftar lagu beserta kode-kode ring back tone untuk masing-masing provider telfon. Sampai pada tahap ini aku belum merasakan apa-apa, kan katanya don’t judge an album by its cover. Maka, kukoyak plastik pelindungnya dan kubuka CD tersebut.


Hal pertama kulakukan adalah memeriksa apa saja isi dari albumnya. Dan disinilah rasa mencelos mulai muncul. Dalam bayanganku, aku akan mendapatkan semacam album foto dari personil sm*sh yg unyu-unyu itu. Seperti ketika jaman SMP dulu aku membeli album Backstreet Boys, selain sampul albumnya bertaburan foto, masih dapat bonus kartu pos bergambar tampang masing-masing personil. Nah, album sm*sh ini hanya menyediakan dua foto rombongan sm*sh saja. Dua foto dengan satu kostum. Sungguh saya kecewa. Semacam tak niat dalam membuat album saja. Pesona anak-anak ini kan pada tampang mereka yang unyu, lha kok malah itu tidak dimaksimalkan.


Lirik-lirik lagu yang tersedia, aku lewatkan dulu. Aku langsung menuju halaman terimakasih. Bagian ini juga merupakan bagian yang personal dari penyanyi. Penggemar atau fans itu akan selalu berusaha mengenal idolanya lebih baik, lewat apapun. Nah, bagian terimakasih ini adalah bagian yang sedikit lebih membuat kita mengenal idola. Bagaimanapun kita percaya bahwa sang idola menulis bagian ini sendiri, jadi kepribadiannya akan terlihat. Kalau jaman SMP dulu, hal pertama yg diperhatikan adalah ucapan terimakasih pertamanya untuk siapa. Urutan itu penting. Apakah ke Tuhan dulu atau orang tua. Kalau orang tua, mama dulu atau papa dulu. Pokoknya semua bisa dibaca dan dianalisa. Nah, kembali ke sm*sh. Udahlah foto sendiri-sendiri tak ada, eh ucapan terimakasih pun tak ada. Jadi cuma ada halaman SM*SH ..thanks to. Itupun yah, setelah terimakasih ke Tuhan, urutan berikutnya adalah orang-orang di perusahaan2 yg mungkin mendukung terwujudnya album itu. Dalam barisan ini ada KFC, SCTV, RCTI, telkomsel, dll. Setelah itu barulah menyebut nama-nama seperti becky tumewu. Nah, menjelang akhir ucapan terimakasih, barulah nama sm*shblast diikuti orang tua “mama-bapa” yang selalu mendukung kami. Hadududu… kecewa lagi deh.. Kita kan pengen tau si Bisma manggil ortunya gimana, si Rafael gimana. Massa dipukul rata ‘mama-bapa’. Bisa saja kan ada yang manggil orang tua-nya ‘abi-umi’?!


Jadi, intinya dari fisik albumnya, cukup mengecewakan.


Kemudian mulai kuputarlah lagu-lagunya. Jujur, aku tidak berharap apapun. Ini sm*sh, bukan Glenn Fredly atau Andien. Aku mendengarkannya berurutan dari lagu pertama hingga kesepuluh. Daaannn..aku tidak berkata “lumayan” atau “not bad lah..”. Tapi kubilang “wow!”.


Dari 10 lagu, 4 lagu di antaranya adalah lagu lama yang dinyanyikan lagi. Empat lagu itu adalah Ada Cinta yang dulu dinyanyikan Bening, Inikah Cinta-nya ME, Gadisku-nya Trio Libels, dan Oh Ya-nya Dian Pramana Putra yang ‘sumpah mati padamu ku jatuh hati’ itu lho.. Nah, sm*sh menyanyikan 4 lagu ini dengan manis. Jadi, selain membuat tersenyum ketika mendngarnya juga membangkitkan lagi nostalgia masa lama. Kemudian 2 lagu yang sudah lebih dahulu muncul single-nya, I Heart You dan Senyum Semangat juga tetap enak didengarkan. Tiga lagu baru berikutnya memang tidak ada yang istimewa pada musiknya, namun liriknya donk…menggemashkan! Liriknya jauh dari serius apalagi puitis,tapi cara menyanyikannya tuh membuat gemesh. Favoritku adalah lagu berjudul Ahh. “kau buatku wow!”, itu lirik favorit.


Dan gong dari album ini adalah lagu I Heart You yang dinyanyikan secara akustik. Aduuuuhh..cute bangeeett.. Enak seenak-enaknya! Aransemennya pintar! Aku dan bossku kalau memutar CD Sm*sh, pas lagu ini bisa diputar berulang-ulang, berulang-ulang ^^


Jadi intinya, album sm*sh ini adalah pemanja telinga, bukan pemuas mata.





21 comments:

  1. satu bukti lagi kalo kita nggak sekufu....

    ReplyDelete
  2. nggak sekufu gapapa, yg penting cinta..

    ReplyDelete
  3. warning: plis komen yg terkait dengan isi postingan yah... aku ga terobsesi pada jumlah komen. thank you...

    ReplyDelete
  4. nampol XD

    di paragraf Tata bilang album jaman dulu bertabur foto dan ucapan terima kasih...hahha emang iya yah. Jaman dulu kenikmatan lain dalam membeli kaset/CD adalah kemasannya. Huhuhuh.....kerugian dari unduh mengunduh T_T

    *kriminal*

    ReplyDelete
  5. aku baru denger lagu "senyum semangat" ta.. enak juga lama2.. hehehe

    ReplyDelete
  6. bener banget.. dulu pas beli kaset, aku pasti baca ucapan terima kasihnya
    kirain bakal ada nama kamu yang dulu kamu foto sama personil smash itu tuh...

    ReplyDelete
  7. ya kaaann... kadang udah kemasannya bertabur foto, masih dapat kartu pos pula...

    ReplyDelete
  8. kita emang satu jaman yah kayaknya... ^0^

    aku si ga ngarep ada namaku, siapalah aku, tapi pengen dengerin lagunya sambil baca-baca gituu...

    ReplyDelete
  9. ....tak peduli ku di-bully, omongan lo gue beli...

    ReplyDelete
  10. keren juga ye
    itu kan liriknya ngebales orang2 yang nyela ya.. hehe

    ReplyDelete
  11. kalo yang smash cover lagunya ahmad dhani, gimana menurutmu?

    ReplyDelete
  12. ummmhhh... ini yg mana yah? *malu karena ga update*

    ReplyDelete
  13. yang "aku cinta kau dan dia"
    coba cari deh...

    ReplyDelete
  14. oh iyaaaa... suka denger di radio...

    itu biasa sahaja yaaa...walau jd lebih bermusik, ga ada kesan mellow-nya...

    ReplyDelete
  15. eh lebih unyu ebisu muscats timbang sm*sh ... hihihihihi

    ReplyDelete
  16. ebisu muscats = 25 japan high rate porn star make a girl band ... :p

    ReplyDelete
  17. di yutub banyak tuh ... search aja ebisu muscats ... lagu lagunya kayak kylie minogue dan debbie gibson di era 80an

    ReplyDelete