Wednesday, July 20, 2011

One Week Notice

...tentang aku yang sepertinya sibuk sekali...

bulan ini adalah bulan ke-13 aku bekerja di tempat yang baru (masih pantaskah disebut 'baru' ketika sudah setahun lebih?). Tapiiii selama 13 bulan itu, bisa dikatakan belum sekalipun aku ikut acara kebersamaan yang diadakan. Mulai dari karaokean, makan-makan, nobar, sampai jalan-jalan. Banyaaakk yang kulewatkan... Bukan karena aku anti-sosialisasi atau pendiam atau tak suka dengan kegiatannya, tapi murni karena waktunya yang tak tepat.


Yang kumaksud dengan waktu tak tepat adalah bentrok dengan acara yang sudah kujadwalkan terlebih dahulu alias kalenderku sudah terisi duluan. Yak, aku punya agenda mini berisi kalender dalam bentuk tabel yang bisa kutulisi agenda acara. Jadi tiap ada kegiatan, aku tulis di situ. Itu lumayan efektif dalam membantu meringankan beban otakku yang memorinya tak ada lagi. Nah, tiap kali kantorku mengadakan kegiatan, pas kulihat kalenderku pasti sudah ada yang tertuliskan di sana. Dan biasanya itu tak tergeserkan sifatnya. Contohnya: tontonan-tontonan yang tiketnya sudah kubeli sebulan sebelumnya, itu kan tak mungkin kugeser dengan "besok malem kita nobar yuks...?" atau "water boom yuks..".


Sekali dua kali aku melewatkan momen kebersamaan, mungkin dimaklumi. Tapi kalau setiap kali? Maka muncullah kalimat seperti "Tata sombong ih ga mau gabung ma kita..." atau "tata ga bisa mulu..." atau "acara tata segitu pentingnya sampai tak bisa diganti hari?". Duh... Bukan gituuuuuu.... Tapi aku tak berdaya membela diri, hanya mampu tersenyum dan berkata "sorry..."


Hingga di satu waktu, ketika ucluk-ucluk muncul acara nonton bareng. Semua orang antusias, kecuali aku. Karena malam itu aku mau menonton sendratari yang tiketnya kubeli jauuuuuh-jauh hari dengan perjuangan setengah mati. Dan muncullah kalimat "ih tata selalu gitu deh...selalu ga bisa.. ayo donk tata..". Mereka berusaha merayuku, dan itu sungguhlah berisik. (oiyah..ajakan ini via chat-conference, jadi kerjaanku bentar2 keinterupsi tring tring bunyi chat masuk). Dan mungkin aku juga sedang over-sensitif, sehingga over-reaktif lah aku. Maka kukirimlah pesan ke semua orang di kantorku yang intinya please be informed that it needs at least one week notice to have me. Trus kutambahkan bahwa tiap orang punya rencana masing-masing yang tak bisa diganggu gugat oleh sesuatu yang sifatnya mendadak. "jangan dibiasakan donk dadakan-dadakan..dikira semua orang pengangguran tak ada acara ajah..", kurang lebih itu intinya.


Tapiiiii...ternyataaa....walaupun sudah seminggu sebelumnya aku dikasih tau, paaaassss ajah aku dah punya rencana mulu. Jadi tetap saja  aku tak bisa bergabung. "Kalo tata mah musti booking sebulan sebelumnya. Itu pun blum tentu dapet...". Astagaaa.. sebegitu langkanyakah akuuuu... Huhuhuhu...


Setahun berlalu dan semua orang sudah maklum dan mengerti. Apalagi kalau mau mendapatkan aku di wiken, jangan harap... Bossku menjuluki aku "a girl with full agenda". Hohoho...


Hari ini seluruh karyawan tempatku bekerja mengikuti kegiatan tim building di sebuah hotel di ujung Jakarta. Daaannn di antara semua karyawan seindonesia, hanya aku yang tak ikut karena aku ada urgent priority. Bossku tentu saja mengerti walau dengan kalimat "kalau memungkinkan, nyusul yah.. Masa kita semua senang-senang tapi kamu kerja". Kemudian aku membayangkan bahwa aku harus sendirian di kantor adalah cukup creepy, karena OB pun ikut tim building itu. Maka bertanyalah aku ke boss keuangan yang kutahu gila kerja apakah dia akan ikut bersenang-senang. Dan dia bilang "iya dunk...tapi mungkin akan keluar sebentar2 untuk mengerjakan sesuatu". Yaaaa...ternyata dia ora mudheng tim building itu opo. Dia pikir itu semacam meeting akbar di dalam ruangan, jadi dia bisa kabur2 bentar. Setelah dijelaskan bentuk acaranya, bahwa seharian akan di halaman maka dia memutuskan untuk tidak ikut, karena dia tak bisa jauh2 dari laptopnya   -_______-


Jadilah hari ini aku berdua saja dengan boss ini. Dan seperti jaman SMA dulu, today is an english day. Karena boss ini diimpor dari thailand dan baru 2 bulan di jakarta. Jadi, baru ngerti selamat pagi-siang-sore dan terimakasih saja...

Pas makan siang dia bilang bahwa semestinya aku bergabung dengan yang lain ketika kerjaan selesai. Dan bahwa dia akan ikut kesana untuk memastikan aku sampai dan kemudian dia kembali ke kantor. Kubilang bahwa hati kecilku berkata aku tak ingin kesana. Selain jauh, aku ga suka panas-panasan. Dia masih mencoba merayu dengan informasi bahwa akan ada gala dinner dengan bintang tamu siapa gitu, dan aku keukeuh. Hingga akhirnya dia bertanya apa yg pengen banget aku lakukan. Jawabku "duduk-duduk sambil ngopi di starbak". "oh okay... kita ke sana habis ini", katanya.


Hingga akhirnya kita berdua mau pulang pas jam 7 malam, wacana duduk-duduk harus tertunda karena ini hari rabu, hari joggingku. 

Boss: Besok aku tak di kantor... Jumat kita lunch bareng yah...
Tata: *senyum* aku ada meeting di pacific place
Boss: oh kalau gitu malemnya aja gimana? Pulang kantor kita kemana gitu..
Tata: *senyum* aku dah ada janji makan rica lele di sabang
Boss: ouw... senen yah? Lunch time
Tata: aku ada kerjaan keluar kantor
Boss: ya udah... after office hour aku traktir kamu


Tanpa menunggu konfirmasiku, dia jabat tanganku "it's a deal". Aku manut-manut ajah. Selain ga enak nolak mulu padahal siapalah aku, juga memang aku tak mampu langsung inget hari senin aku ada acara apa.


Maka, ketika dia balik ke ruangnya untuk rapikan mejanya, aku ke tasku mengambil agenda dan mengecek kalender. Dan tentu saja hari seninku sudahlah terisi. Dudududu...


Ingin hati aku segera membatalkannya, tapi kuurungkan. Teringat dua minggu lalu dia mengajak kami semua nyushi dan aku menolak dengan resmi bahwa aku sudah ada  acara. Walaupun di email penolakan itu kubilang bahwa butuh one week notice untuk bisa dapetin aku, tapi ga yakin dia ngeh juga. Siapa dia siapa aku kan? Sudahlah dia sebatang kara tanpa sanak saudara di jakarta raya, massa musti tertolak dua kali oleh kaum sudra juga...^^ Maka untuk dia kuberikan dispensasi 'merusak' agendaku. 



....jadi pengen punya kalender online yang bisa diakses siapapun untuk mengecek availability-ku sebelum mengajak-ajakku..... *jiyaaaa...serasa penting ajah*


....eh eh..tapi tar kesenengan para stalker-ku yah?... *kayak ada ajah...hahaha...*




12 comments:

  1. hahahahaha
    ini biasa loh ta.. kalo utk org eropa barat. londo/jerman.
    musti 2 bln sblmnya loh!

    dulu awal2 di sini aku jg sempet anggap temenku sibuk, ga bisa bilang "weekend depan" pun. tapi setelah kubikin 1-2bln sblmnya bisa kok selalu nangkep dia. itu yg berlaku biasa di sini. tiap org punya agenda mini.

    lain halnya temen dari negri tropis latin, yg bilang "kalo mo ngajak2 gw nanyanya kalo udah max seminggu lagi ya! kalo kejauhan ntar gw malah lupa" (alias dia tidak terbiasa dgn agenda) hehe..

    ReplyDelete
  2. hoaaaa...ih serius aku tak mencontek siapapun atau warga manapun! #lebay
    agenda ini murni untuk memetakan kegiatanku ajah... dan sangat membantu walau jadi nampak belagu karena kl ada yg ngajakin, aku jadi suka "cek kalender dulu yah...". Ada yg bilang "ga sekalian bayar sekretaris?". Hiyaaaa...dikira becanda kl aku punya kalender kegiatan beneran...

    ReplyDelete
  3. kamu kan makhluk yg berpikir independen sehingga hasilnya lintas budaya ;;)

    ReplyDelete
  4. agendaku selalu kosong kayaknya, ga laku :(

    ReplyDelete
  5. hoaaa.. kerreenn istilahnya! independen...lintas budaya... *catet*

    ReplyDelete
  6. tuh kaann.. kesannya jadi gitu.. padahal sering juga kok ucluk-ucluk duduk-duduk dimana gitu.. biasanya teman non-kantor suka sore-sore nanya "malam ini ada keriaan dimana? kl ga ada duduk-duduk yuks..". Dan asal emang kosong, hayuks ajah..

    ReplyDelete
  7. salaaahhh... kamu ga punya agendaaaa.. jadi yang ada ucluk-ucluk "aku ternyata besok ga bisa.. ternyata musti ke bandung...". ituuu yang terjadiii... -_____-

    ReplyDelete
  8. gak salah gw mentahbiskan Tata sebagai MPers tergaul.... :D

    ReplyDelete
  9. astaga... kapanpenasbihan ituuuu... aku melewatkannya kah? ^o^

    ReplyDelete