Thursday, April 8, 2010

Goukon-goukonan

 

Tentang menemukan pasangan

 

 

 

Kisah 1

Temanku punya pengalaman tentang penampilan fisik sebagai spesifikasi pemilihan pasangan yang membuat dia tidak bisa menghormati, dalam hal ini, pria yang seperti itu. Waktu kuliah dulu, dia naksir sama seorang cowok. Trus seperti biasa, temen-temen di sekelilingnya kan suka ‘membantu’ dengan menyalam2kan. “Eh, cowok..dapet salam dari si Ini”. Dan cowok itu menjawab, “Boleh aja.. Tapi suruh dia nurunin berat 10 kilo dulu”. Jderrr! Temenku langsung meledak. Dan aku ga percaya gitu ada cowok yang tega ngomong gitu. Padahal yah, temenku itu ga overweight. Dia model sekel gitu lho..kalo kubilang si menggemaskan. Dan sejak saat itulah dia akan langsung antipati dengan pria yang dengan terang-terangan menyatakan itu. Nada suaranya langsung meninggi kalo denger ada cowok begitu. Walau kata temenku yang cowok, “Ga fair kalo lo gitu.. Siapapun orangnya berhak untuk mendapatkan apa yang dia mau”.

 

 

 

Kisah 2

Jaman aku kuliah, sekitar semester 6, ibuku mendesakku untuk segera menikah. Dan aku bingung gitu: mau nikah ama siapa. Hohoho... Nah, pas jaman kuliah kan ada kegiatan kajian agama islam yang rutin tiap hari jumat. Tiap kelompok dibimbing oleh satu mbak-mbak. Aku, walaupun setengah hati, suka ikutan (kalau udah ga tau mau beralasan apa lagi untuk mangkir). Dan kebetulan aja gitu mbak nya nanya apakah ada yang sudah siap untuk menikah atau belum. Dan kubilanglah “Ga tau udah siap atau belum, yang pasti sudah didesak”. Maka, mbaknya menawarkan suatu mekanisme yang namanya taaruf. Yang kulakukan cukup sederhana: mengisi semacam CV dan menyerahkan kepadanya. Nanti dia akan menyerahkan CV ke semacam koleganya yang memiliki CV serupa dari klien lelaki. Kupikir mekanismenya adalah mereka mencocok2an profileku dengan profile lelaki2,setelah itu kita saling dikenalkan. Ternyata, sekitar sebulan kemudian si mbak berkata “Udah ada ikhwan untuk Tata. Tapi tunggu bentar lagi ya..dia sedang keluar kota”. Okay.. Trus minggu berikutnya, si mbak berkata, “Gini Ta.. Tapi sebelumnya Tata jangan menjadi patah semangat atau sedih ya.. Jadi, sebenernya ikhwan nya mau dan setuju, merasa sreg dengan tata. Tapi ternyata keluarganya agak keberatan”.

 

 

Sumpah aku bingung dan bengong gitu. Ko gitu? Tahap yang kulewati hanya mengisi CV dan submit. Sedangkan dia, menerima CV, membaca, memahami, nanya2 ke mbak mentorku, mengkonsultasikan dengan keluarganya, dan kemudian membuat keputusan. Aku merasakan ketidakadilan yang sangat. Dia tau tentang aku, tapi aku sama sekali tidak tau siapa peminatku kecuali “anak teknik”. Ku berasa kayak barang yang dijual dengan menyebarkan katalognya gitu. Pas kutanyakan kenapa aku tidak dapat CV cowok itu ketika dia menerima CV ku, si mbak hanya bilang bukan begitu caranya. Dan aku hanya bisa menghela nafas dan memaksakan diri untuk tersenyum.

 

 

 

Tidak lama setelah itu si mbak berkata lagi, “Ini ada lagi Ta.. Dan saat ini dia sedang istikharah”. Daripada aku meledak atas ketidaksreganku akan cara mainnya, maka kuhentikan saja. “Udah mbak ga usah.. Bakar saja CV saya, jangan lagi ditawar2kan. Ibu saya sudah mereda ko...”.

 

 

 

Kisah 3

Temenku mau dikenalin sama seorang lelaki. Tapi temenku ini sedang tidak berminat untuk menjalin hubungan dengan lelaki, bahkan dia bilang “Kayaknya gue ga mau nikah lagi”. Nah, dia kan tau kalau aku pernah ada di masa gandrung sama duda-duda, semacam Adjie Pangestu, Pasha Ungu... hohoo... Nah, lelaki yang mau dikenalkan ini kan duda beranak 1. Maka, diforward lah acara perkenalan itu ke aku.

 

 

 

Walaupun aku belum siap-siap amat untuk berurusan dengan hati,  aku si mau-mau aja. Kata seorang teman, “Kita kan ga pernah tau jodoh kita datangnya dari arah mana”. Walaupun liat profile orangnya ku dah yakin kita ga akan cocok. Dia jenis orang yang rajin sholat kayaknya, dahinya sampe hitam gitu lho. Sedangkan aku, mostly sholat di injury time, kecuali kalo mau nonton di jam 18.30. Hohoho... Maka, setelah malam sebelumnya nonton perang dewa geje, pulang lewat tengah malam, siangnya aku bertemu dengan lelaki itu. Dan itu dengan sengaja kupaparkan, “Sorry telat.. Tadi baru bangun jam 1. Soalnya semalem pulang jam 1. Dan sorry ga bisa lama-lama, habis ini mau nonton Tiran”.

 

 

 

Setelah itu, kusampaikan pada temanku bahwa cukup sampai di pertemuan kemarin saja. Kujelaskan alasanku. Trus, beberapa hari kemudian temenku mem-follow up hal ini ke perwakilan lelaki itu, tentang bagaimanakah respon lelaki itu tentang aku. Dan perwakilan itu bilang bahwa lelaki itu tidak berminat padaku. Dan lelaki itu menyampaikan alasan yang setara dengan Kisah 1 di atas. Lelaki itu tidak bilang bahwa aku musti nurunin berat badan, tapi sederajat ama itulah. Dan temenku itu meledak, karena tokoh di Kisah 1 di atas adalah dia. Trus kemaren pas ku ketemu perwakilan itu dia nambahin alasan lain lagi, “Harusnya waktu itu lo pake rok..bukan clana jins..”. Lha? Aku mau pake apa, pake jins atau gamis, suka-suka aku dunk..! Temenku tambah meledak lagi.  

 

 

 

Kalau aku lebih ke perasaanku pas Kisah 2. Aku ga ambil pusing dengan anjuran dia akan fisikku. Tapi lebih ke kenapa ketika 2 orang dikenalkan dengan maksud feasibility study untuk pasangan hidup, seolah-olah yang berhak memutuskan adalah pihak lelaki? Kalau dia OK, lanjut. Kalau dia ga OK, sorry aja. Aku jadi berpikir, harusnya saat itu juga ketika ku dah yakin bahwa aku tidak berminat untuk melanjutkan penjajakan, ku bilang ke dia. Biar jatohnya ga kayak gini. Biar tidak terkesan dia adalah Ande-ande lumut dan aku si Klenting Merah. (FYI, aku adalah perempuan ke-4 yang ditawarkan ke lelaki itu)

 

 

 

Jadi, kalau aku diberi kesempatan untuk ber-goukon ria gini (kebanyakan baca komik tentang ikan kering ni... ) ku akan dengan spontan menyampaikan kesanku saat itu juga. Dan mungkin ku akan pake gamis, yang kata Miya “Gamis ko ngepas badan”. Hahaha...

 

 

  

62 comments:

  1. Hahahahahahaha surealis amat.aduh untnglah walopun gue cman pacran 2hari dn drama hebt sesdahnya,pling g, mendapatkan profiling2 geje kyak gni.wahahaha ngasih cv,dlarang pake jeans.alahmak.tobat aja dah

    ReplyDelete
  2. hahaha...

    kalo yang Kisah 3 ini, dimana tadinya ku mau bawa kamu (hahaha...), ga pake acara CV.. Langsung ketemu aja gitu.. tapi sebelumnya ku intip dulu fesbuk dia, dan tampaklah olehku dahi hitam ituuu..

    Kamu kan masih muda..belum tentu tar kamu ga menemui beginian.. Kali aja tar kamu menjadi Azzam atau Fachri.. ^o^

    ReplyDelete
  3. Theres no way gue bkaln jdi azam ama fahri.emang bnyak ktdakpastian didunia ini,but take this : gue mlih bnuh dri ngunyah paku payung ktmbng jadi fahri atau azzam.

    Ga bsa liat ngetawain bodohnya film2 dp dong :-x

    ReplyDelete
  4. laki-laki yang hanya ngeliat fisik doang adalah cowok :D
    from
    yang pernah ngalamin story I

    ReplyDelete
  5. miya itu nama tokoh kisah 1 ya ta?

    ReplyDelete
  6. Satu kali lagi ... dan dia pasti dapat payung....

    ReplyDelete
  7. Fachri dapet dua lho.. Rianti sama carissa putri... Hohoho..


    tar kalau tetep mau nonton DP, diem2 ajah.. trus ajak2 aku yaaa...

    ReplyDelete
  8. oh my.. ternyata cowok begitu emang nyata adanya.. Hmmm.. selama ini ku dikelilingi lelaki mulia, jadi suka masih agak tercengang dengan kisah 1.. dan ternyata aku mengalaminya..

    Semangat!

    ReplyDelete
  9. bukaaaannn...

    miya itu nama temenku yang laen.. tadi ku ga ngenalin dulu yah? mahaaaap..

    ReplyDelete
  10. Hm... apa perlu bantuanku untuk menulis kisah 4?

    ReplyDelete
  11. bentar lagi dunk.. karena denger2 ada Klenting yang udah mau dikenalin lagi ma dia... si perwakilan udah puyeng gitu.. dia pengen sesegera mungkin melihat cowok itu nikah lagi.. soalnya selama cowok itu melajang, maka dia akan selalu 'ngrecokin' rumah tangga dia.. tiap wiken pasti nongkrong di rumah dia.. padahal si Perwakilan kan butuh waktu untuk keluarganya... begitulah...:)

    ReplyDelete
  12. hahaha... kisah 4 yang kamu maksud yang mana niii... Kisahku kan banyaaaakkk... *jangan sebut disini!*

    enggak lah.. yang berkaitan yang 3 itu..mereka setopik..

    ReplyDelete
  13. GW kok nggak percaya ya sama typikal lelaki berjidat hitam dan berjenggot panjang... kasusnya kalo nggak poligami ya sering kawin cerai.. pendapat pribadi (maafkan kalo gak sependapat) untuk masalah interpersonal gw pikir manusia biasa yang berpikiran terbuka (seimbang sekuler dan keagamaan) jauuuuh lebih baik daripada yang melulu pikirannya masalah agama.

    ReplyDelete
  14. can't be more agree with you
    jidat item gak SELALU menunjukkan kalo seseorang MENCINTAI Tuhan-nya. Kebanyakan lebih mencintai golongan dan agamanya *sigh*

    ReplyDelete
  15. apa kabar aku ya Jo dengan lelaki terakhir yang kamu tau seperti apa.. hohoho.. kalau Kisah 3 lanjut, itu bakal jadi lompatan besaaaarr sekali! bukan begitu?

    ReplyDelete
  16. Hehehehhe... emang yang pake celana jeans itu nggak agamis ya? Emang siapa dia ngatur2 lu harus berpenampilan seperti apa... (calon) muhrim aja bukan!
    Kalo kisah 3 lanjut, gw bakal kasih kado pernikahan : cadar dan busana lengkap (kayak istri2 para pembom bali) lengkap dengan lingerie pink bercorak macan. hahahahhahaha....

    ReplyDelete
  17. wow, hanya ngeliat hitam di jidat lgsg memutuskan ga cocok..
    siapakah yg melihat fisik skrg?:p

    ReplyDelete
  18. Yeah.. That's why aq slalu merasa amat bahagia kalau golongan mereka melanggar prinsip2 yg mreka junjung tinggi.. Ahahaha..
    Semangat kamuu,,meski memiliki org yg sayang plus perhatian sm qt itu menyenangkan, tp sering kali cinta tuw menyakitkan. Kadang qu malah mw balik ke masa2 i'm single 'n very happy. Hohoho..

    ReplyDelete
  19. spoken person Tata bilang : karena dia udah punya kisah 2... jadi trauma gitu Di... hm, Ardhi ada calon buat Tata? wekwekwekwek...

    ReplyDelete
  20. lha? ku kan dah kasih rationale nya... orang dengan seperti itu, artinya dia sholatnya wow sehingga menimbulkan efek itu.. nah, sedangkan aku? jauh dari itu..track recordku juga jauh dari dia.. gitu, Di.. Dan aku punya pengalaman Kisah 2 kan? karakterku ga masuk sama karakter mereka..

    ku kan cuma menilai dahinya..dan itu sesuatu yang udah empiris.. ga maen fisik dunk aku.. ^o^

    sedangkan dia kan like dan dislike nya dari bentuk fisik.. dan begitu juga lelaki di Kisah 1..





    ReplyDelete
  21. Gimana gw tau kisah lelaki terakhirmu? update terakhir kan hari Senin yang lalu...

    ReplyDelete
  22. hiyaaa... yang itu kan belum jadi lelakiku, Jonaz.. yang kumaksud si Rama.. ^^

    ReplyDelete
  23. love u, Jo..! Kamu benar2 mengerti aku! mwah!

    ReplyDelete
  24. asumsi semua kan itu?
    yg terbentuk sedetik setelah melihat foto dia ada hitam di jidat

    temanku ada yg berjidat hitam gaul pisan...sangat rendah hati dan baik...bukan anggota golongan macem2..
    dan sialnya memang ternyata cowok yg berjidat hitam yg kamu temui adalah bangsat

    gmn klo dia ternyata kek temanku?

    jgn berasumsi mulu ah...ga baik....takutnya ntar nyasarnya ke suudzon

    hehe

    ReplyDelete
  25. hohoho... yaa..hidup itu kan berdinamika.. kadang naik kadang turun,,kadang cinta kadang kesal.. itulah seninya bercinta.. nikmati sajaaa..

    ReplyDelete
  26. iya ngerti....aku cuman ga suka asumsi2 macam gitu, sejauh pengalaman aku soalnya selalu bermasalah ama asumsi...hahaha

    wah aku ga paham nyariin2 org calon haha

    ReplyDelete
  27. ooooooo... si tragedi Rama-Shinta? Hm.... kayak gw bilang kapan hari... akan tiba saatnya kamu akan mencarinya... entah itu dalam konteks iseng, atau kangen, atau yg lain.... tapi pasti itu terjadi
    *papa lorent.com*

    ReplyDelete
  28. Okay... my bad for not being details di postingan atas.. karna ni nyritain orang, jadi kusensor abis2an..^^

    Jadi, pas disuruh ketemuan ama orang itu..ku intiplah fesbuknya... ku jadi liat fotonya, trus status2nya yang..ummhh..membara semangat jihadnya.. Trus grup2 tempat dia bergabung yang namanya pake bahasa arab gitu.. Jadi, kupikir kesimpulanku valid.

    Dan, kalau liat di KCB (hiyah referensi nya KCB). Di situ kan kalo mau ngenalin orang yang pertama di-require adalah: foto. Assessment nya based on foto. jadi.. itu emang empiris.. memang begitulah cara main dan mekanisme nya.. ^^

    ReplyDelete
  29. aku ga nyari diaaaaa... emang ada kalimatku yang menyatakan atau menyiratkan ku nyariin dia lagi?

    ReplyDelete
  30. we... salut buat Ardhi... be positive ya Dhi? Setuju...
    tapi gw setuju juga sama Tata Marita....wajar dong kalo harus berhati-hati (yg akibatnya berasumsi) karena pernah kejadian seperti itu...

    ReplyDelete
  31. dan setelah kamu punya pengalaman kisah 2..kenapakah masih menerima acara perkenalan macam gitu....ayolah, katanya belajar dari pengalaman...hehe

    ReplyDelete
  32. bukan be positive juga sih...gw juga kadang berfikir negatif kok klo pertama ngeliat foto ato pertama ketemu org...
    tapi jgn sampai itu jadi dasar membuat keputusan atau penilaian...
    dan iya..kita emg musti berhati2...

    ReplyDelete
  33. gak sih, kamu bilang kan dah lupa... tapi masih setahun lho Ta....

    ReplyDelete
  34. okay..another my bad for not being details..

    kalau pas Kisah 2 itu kan bener2 taaruf..pake murob-murobi gitu.. Nah, kalo ini.. temenku yang tadinya jadi target perkenalan adalah temen kerjaku yang sekufu ama aku. Trus Perwakilan yang kubilang itu, dia bukan murob atau kiai juga..dia temennya temenku itu..perempuan juga.. Jadi murni comblang-comblangan gitu lho.. jadi ini bukan mengulang kisah..bukan jenis perkenalan yang sama..

    Trus, seperti yang kubilang di atas..ada spirit nolongin temenku itu.. Dia bener2 ga minat untuk nikah lagi (dia janda), jadi diforward lah ke aku.. Gitu.. Dan ku ngintip fesbuk dia setelah ku bilang 'oke' untuk ketemu, jadi ga mungkin juga ku mundur..


    Dan mana ku tau ternyata lelaki itu model begitu. Bukannya harusnya kalau dia begitu, ya dia tinggal minta aja ke murob dia.. harusnya dia punya dunk... bukan minta tolong ke temen perempuannya untuk nyariin gadis dengan kalimat, "Kenalin ama temen lo dunk...gue dah bosen jadi duda".


    kuperhatikan 'haha' kamu dah menurun levelnya jadi 'hehe', Di.. :))

    ReplyDelete
  35. Yg gw baca sih Tata cuman ngikuti naluri dan hati nuraninya dia, Tata memang berasumsi kalo dia nggak cocok sama si jidat hitam tapi toh akhirnya memberi kesempatan pada si jidat hitam untuk melihat Tata apa adanya (celana jeans dan kelakuannya "mbangkong"). Gw pikir ini lebih fair... daripada ngikutin cara main cv dan foto... itu kan main asumsi juga dan nggak fair... hehehheheheh

    ReplyDelete
  36. maka dari itulah ku dateng ke pertemuan itu.. untuk melihat karakternya... Karna karakter, cara ngomong dan senyum yang manis itu menentukan klik atau nggak nya.. ^^

    ReplyDelete
  37. Lain lagi ceritanya kalo si jidat hitam pandai berpuisi... wakakakakakka peace Ta!!!!

    ReplyDelete
  38. hahaha... atau bisa membuatku berpuisi! betul sekali, saudara Jonaz.. mwah!


    Ku dah crita ya tentang lelaki puisiku? Lelaki pertama yang menghadiahi aku puisi? yang puitis tapi brengsek itu.. hahaha..

    ReplyDelete
  39. iya...kan aku juga bilang perkenalan..bukan perjodohan...
    aku sih menyamakan perkenalan dengan comblang2an...sama kan?hmakanya kubilang itu sama..hehehe

    dan apa hubungannya perbedaan haha ama heehh...kamu tu dibahaaasss mulu yg gitu2 hahaha

    ReplyDelete
  40. aku sih refer nya tadi ke pernyataanmu yg lgsg bilang ga bakal cocok itu...yg terjadi hanya karna liat jidat...gitu lho aduuhh haha

    ReplyDelete
  41. sipp.. itu Kisah 3. Sedangkan kisah 2 adalah Taaruuuufff...

    jadi aku tidak mengulangi kisah 2 di kisah 3...



    ReplyDelete
  42. Aku sukaaaaaa sama diskusi cerdas ini... hm apa jadinya ya kalo UTARA 19 ikut nimbrung?
    *kangen sama Utara19*

    ReplyDelete
  43. hahaha...

    karna cara dan nadaku baca kalimat-kalimat kamu jadi beda.. nadanya jadi agak naik gitu... hohoho..

    jadi ku beneran ribet yah orangnya?

    ReplyDelete
  44. iya kamu ribet..apalagi klo dah medianya tulisan gini...hahah
    makanya aku pribadi ga pernah curhat di mp karna tulisan bisa disalah tafsirkan...terutama klo ketemu org kek kamu hahahha

    ReplyDelete
  45. Siiippp... dan itu karna aku ga detail ngungkapinnya... my bad..

    padahal ni dah ku set buat contacts only.. harusnya ku blak-blakan ajah yah..?

    Thanks ya, Di!

    ReplyDelete
  46. waduh.. ke berapa yah? belum kunomorin kayaknya.. ^o^

    Kisah lama ko...

    ReplyDelete
  47. hahaha... eh tu orang benerean ga ada lagi yah?

    ReplyDelete
  48. dan aku pun bukan sedang curhat... cerita doank ko.. *akan mulai membahas bedanya 'curhat' dan 'cerita'. Hahaha..

    Okay.. u may call me Ms. Ribet, then..

    ReplyDelete
  49. ni kalian ga kerja yaaaaaa... Magabut kalian!

    ReplyDelete
  50. Jumat... kerjaan dah kelar dari tadi...

    ReplyDelete
  51. Wahhh taaaa jd inget ceritaku wkt menjodohkan seorang mbak yg baeeeeeeeeek bgt...kisah1+kisah2 tuh.. si cowo kukasih cv..oke.. tertarik. abis itu minta foto si mbak. Eh abis lihat foto, dia mundur. Huuuuuu malesin bgt..

    ReplyDelete
  52. ini si mbak nya nrima CV dan foto si cowok tidak kah?

    ReplyDelete
  53. dan yang menyatakan mundur adalah si lelaki... karna fisik.. hmmm... lelaki seperti itu memang ada..

    ReplyDelete
  54. ya udah jalanin aja sesuai alurr..

    ReplyDelete
  55. Ouw.. Begitu.. Pastinya dunk..apa yang kuputuskan ya akan kujalankan.. ^^

    ReplyDelete