Tuesday, June 15, 2010

Iklan BCA di Minggu Pagi di Victoria Park

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Other


Ngiklan, tidak hanya di koran, di pinggir jalan ataupun di TV di sela2 acara, tapi bisa juga di dalam film. Dan konon katanya namanya adalah product placement.


Ku mulai ngeh banget ada iklan model beginian pas di film Kamulah Satu-Satunya yang ada Nirinanya. Di situ ada adegan si cowoknya ngambil rokok, trus sebatang rokok dimain-mainkan tangan kanan, tangan kiri megangin bungkus rokoknya, dan merk rokok itu sangat jelas nampak. Di adegan lain, Nirina kecapekan, trus bli minum di pingir jalan, dan botol kemasannya tidak lagi berlabel. Ouw! Barulah aku ngeh bahwa si rokok ngiklan, dan si minuman yang jelas-jelas Aqua tidak ngiklan, makanya labelnya dilepas.


Sejak itu, ku jadi selalu ngeh kalau ada yang ngiklan di film. Dan bentuknya bermacam-macam, ada yang enak diliat ada yang berasa merusak pemandangan.


Ngiklan paling gampang dan aman adalah kalau mau ngiklan rokok, tinggal kasih adegan nunggu di halte bis yang di atasnya ada billboard si rokok. Ngiklan paling manis, yang ga gitu kentara kalau sedang ngiklan, ada di film yang kulupa judulnya, tapi iklan mobil. Jadi si mobil ngebut, trus mendadak berhenti sambil berputar arah, dan nampaklah lambang mobil itu di bagian belakang mobil. Smooth and nice..


Ngiklan paling parrah peringkat dua adalah Nu Green Tea di Ayat-ayat Cinta, dan peringkat satu ada di KCB dengan segala macam produknya. Jika biasanya iklan hanya berupa penampakan merk, di KCB ini masuk ke skenario. “Mas ndak usah kirim uang, Mio-ku masih bagus ko..”, ya kurang lebih begitu kalimatnya.


Katanya, proses ngiklan atau product placement yang baik adalah liat skrip yang udah jadi, baru liat produk apa yang sekiranya bisa ngiklan. Bukan sebaliknya, ada calon pengiklan, trus baru ngotak-atik skenarionya. Karena kalau begitu, maka hasilnya yaaa..KCB atau Ayat-Ayat Cinta itu tadi. Orang yang ga masuk ke dialog aja kadang-kadang ada aja yang keliatan maksa ko... Misalnya Three dan Yuasa di Pintu Terlarang ^^


BCA ngiklan di Minggu Pagi di Victoria Park, film tentang kehidupan TKW di Hongkong, dengan lumayan cantik. Sebenernya dia nyusup ke skenario, tapi cantik. Bentuk iklannya begini:

- Sari mau ngirim duit ke ortunya di Indonesia
- Dia pergi ke suatu tempat yang mungkin adalah bank
- "Mbak, saya mau kirim uang ke orang tua saya di Indonesia 2ribu HKD yang ngambilnya cukup pake KTP sama PIN aja”
- Si petugas nampak mengerjakan sesuatu. Kamera ngambil gambar dari sisi belakang kanan di petugas hingga nampak tulisan BC ajah di dada si petugas. Kemudian nampak sekilas form BCA, dan di belakang jauh ada standing banner BCA.
- Selesai, si Sari berkata “Ini diterima saat ini juga kan, Mbak?”


Ngiklan bank, bisa gampang dan cantik, bisa juga maksa. Contoh yang maksa adalah (lagi-lagi yang kuinget) KCB. Ucluk-ucluk aja si mbak pergi ke bank dan menabung. Diperlihatkan nama bank nya secara gamblang segamblang-gamblangnya dan teller yang ramah-tamah.


Nah, BCA di Minggu Pagi di Victoria Park, mengiklan dengan cantik. Pemunculan logo BCA tidak diumbar-umbar, bahkan sok agak mau ditutupi dengan menampakkan logo separo di seragam petugasnya. Logo di form setoran, di layar komputer bener2 hanya sekilas, seolah-olah ga sengaja keambil gambarnya. Begitu juga di standing bannernya. Tapi semua yang ngliat pasti ngeh kalau itu adalah BCA. Masalah ucluk-ucluk, sebenernya berlaku juga di sini. Kenapa juga si Sari tiba-tiba ngirim uang? Tapi, bukankah itulah inti menjadi TKW? Bekerja di negeri orang, mengirimkan hasil keringat ke kampung untuk dibelikan sawah. Jadi, menurutku apa yang dilakukan Sari bukanlah hal yang ucluk-ucluk.


Paling oke adalah penyusupan skenario untuk inti iklannya dengan begitu cantik. Kalimat Sari tentang “ngambilnya cukup pake KTP sama PIN aja” dan “diterima saat ini juga” sangatlah pintar. Kalimat yang dia ucapkan itu adalah inti dari iklannya. Bahwa pengiriman uangnya cepat dan pengambilannya praktis. Dan itu semua diakomodasi dengan kalimat konfirmasi Sari ke petugasnya, suatu hal yang sangat wajar dilakukan ketika kita mengirim uang.


Sungguh pintar dan cantik! Tapi kurang dikit lagi. Akan kukasih 5 bintang, jika ada adegan si teller menyerahkan bukti transaksi dan PIN, dan kemudian si Sari mengabari ke orang tuanya bahwa dia habis kirim uang, sekaligus memberitahu PIN nya. Lengkap dan utuh gitu..


Jadi, cukup 4 bintang saja yah.. ^^





32 comments:

  1. product placement film2 indonesia lum ada yang aku suka..semuanya menyebalhan

    ReplyDelete
  2. di Alangkah Lucunya (Negeri Ini) juga iklannya parah betul :)

    ReplyDelete
  3. ow jadi ini mbahas iklannya, ditunggu deh review filmnya.

    ReplyDelete
  4. Kalau film luar rata-rata lebih smooth ya? Atau ada juga yang berlebihan?

    ReplyDelete
  5. saya film2 biasa...sila mampir kapan-kapan..ehehe

    ReplyDelete
  6. Ya mungkin salah satunya karena itu tadi..tidak memperhatikan kebutuhan skenario, melainkan menyesuaikan skenario dengan iklan yang ada.. Pun sesuai, naro nya ga dipikirkan cantiknya gimana.. Atau bisa saja sengaja ditaro mencolok? Namanya juga ngiklan..


    makanya pas muncul BCA di sini dengan lumayan cantik..ku terkesan! ^^

    ReplyDelete
  7. oh ya? buat reviewnya dunk..

    ku ga nonton film itu.. hehehe.. bentrok ama Menculik Miyabi kayaknya waktu itu.. ^o^

    ReplyDelete
  8. oh kalau review filmnya...ke tempat Ardi ajah..ada di sana.. ^^

    ReplyDelete
  9. begitukah? suka ajah ko ama iklan.. pendek dan menarik...biasanya.. ^^

    ReplyDelete
  10. rata-rata gitu...

    ummhh... ada juga yang berlebihan, tapi ku lupa di apa..pokoknya pas nonton, ku langsung berkata "idih ngiklan ajah..". Duh, jadi geregetan ni otak..

    ReplyDelete
  11. dan ini juga termasuk ngiklan..

    sangat kentara.. hohoho..

    ReplyDelete
  12. Yang paling sering di drama korea gitu Ta, handphone....hampir dipastikan deh ada :D

    ReplyDelete
  13. dan aku salah satu yang kemakan iklan handphone di film Korea..ku jadi terobsesi dengan handphone flip.. hohoho...

    ReplyDelete
  14. perhatikan 10 menit awal..penuh dengan iklan

    ReplyDelete
  15. Hahahaha...berarti berhasil donk ngiklannya...

    ReplyDelete
  16. ku dah nonton blum yah? kayaknya blum..ga inget sama sekali.. ^^

    tar kucariii..

    ReplyDelete
  17. ditambah juga Michael Scofield pakenya flip.. ya udah deh.. hohoho..

    ReplyDelete
  18. Psssttt... Kamu ngiklan yah? Hohoho...

    ReplyDelete
  19. hehehehehe...numpang iklan boleh ya :D

    ReplyDelete
  20. Huahahaha....tetep Michael Scofield yak

    ReplyDelete
  21. Habis itu si sari berantem sama pacarnya Amar yang "katanya" mirip Sahrukh khan itu bukan?

    ReplyDelete
  22. yuuk... tau ga su ku ampe suka liatin lagi klip nya Mariah Carey demi liatin dia.. pas dulu klip itu muncul, ga ngeh kalo dia ganteng! hahaha..

    ReplyDelete
  23. betul betul! soalnya si Parasit Amar minta dibeliin baju, tapi duitnya dah dikirim ke kampung...

    kamu sudah nonton, Muse?

    ReplyDelete
  24. Udah ta.. baru aja nyampe kost habis nonton nih pilem... hehehe.. masih segar dalam ingatan... penasaran deh, super credit itu beneran ada ga sih?

    ReplyDelete
  25. waduh... gimana cara nge-cek nya yah? ku ga punya kenalan TKW Hongkong..

    ReplyDelete
  26. iklan coca cola di film "che" smooth bgt... hampir ga nyadar hohoho

    ReplyDelete