Monday, November 24, 2008

Temanku Seorang Kriminal Kereta

Kriminal kecil2an si… Bukan tukang nyolong bantalan rel atau kabel. Tp tetep aja...yang namanya kriminal adalah kriminal kan?

 

Tiap hari kami berangkat ke kantor bersama-sama, naek KRL. Harga tiket yang berlaku adalah Rp 9.000,00 untuk sekali jalan. Pemeriksaan tiket dilakukan 3 kali:

  1. Sebelum masuk ke area peron, kita diminta untuk memperlihatkan tiket. Asumsinya org yang tidak bertiket tidak akan bisa memasuki peron. Walaupun kadang masih ada juga org yang menggunakan dalih, ”Cuma nganter ko, Pak...”
  2. Di dalam kereta akan ada petugas yang memeriksa tiket. Tiket diminta untuk dilubangi trus dikembalikan lagi.
  3. Pada saat akan keluar dari area stasiun, kami diminta menyerahkan tiket ke petugas yang berdiri di pintu keluar stasiun

 

 

Dengan penjagaan dan pemeriksaan 3 lapis tersebut PT KAI berharap tidak akan ada lagi penumpang gelap. Atau minimal jumlah penumpang gelap berkurang lah jumlahnya. Ibaratnya bisa lolos dari 1 pemeriksaa akan kena di pemeriksaan berikutnya.

 

 

 

Trus kalau dulu kan ada ritual kasih duit ke petugas kereta oleh penumpang tidak bertiket. Jadi, dia ga beli tiket. Kalau ada petugas, salamin aja pake duit seribu (kl keretanya ekonomi) atau 5 ribu (kalau keretanya ekspress). Tapi hal itu ga kulihat lagi lho.. Kalau ada yang kedapatan ga ada tiket ya didenda sama petugasnya dan ada bukti dendanya (suplisi namanya kl ga salah).

 

 

Pokoknya kinerja PT KAI lumayanlah... Lumayan memberikan rasa keadilan buat para penumpang. Semuanya fair. Kalo dulu kan aku suka berasa diperlakukan tidak adil oleh penumpang tak bertiket dan petugas KA. Aku beli tiket mahal-mahal, dia cukup bayar 5 ribu rupiah bahkan kadang gratisan! Enak ajah!

 

 

Ternyata eh ternyata, dengan sangat tak disangka-sangka pelanggaran pertiketan dilakukan oleh temanku! Aku kaget dan sedih tapi tak bisa berbuat apa2... Hiks...

 

 

Tapi ingat kata Bang Napi, kriminalitas itu dilakukan bukan hanya karena niat tapi adanya kesempatan. Dalam hal ini kesempatan tersebut diciptakan oleh petugas KA. Begini:

  1. Saat kami akan memasuki peron, kami tidak diharuskan memperlihatkan tiket. Asal nampak jalan dari arah loket, petugas berasumsi bahwa kami sudah membeli tiket.
  2. Petugas tidak selalu memeriksa tiket di dalam kereta. Jadinya tiket kami masih utuh aja, ga ada tanda2 bekas pemeriksaan.
  3. Saat kami akan keluar dari stasiun, ada sih petugas yang berdiri di pintu keluar. Tapi kami tidak diwajibkan menyerahkan tiket kami. Petugasnya pasrah gitu...kalo ada yang ngasi tiketnya dia terima, ga ngasi juga gapapa..

 

 

Celah-celah itulah yang dimanfaatkan oleh temanku. Masuk peron dia ga pernah kasih liat tiket. Trus kalau pas di dalam kereta tidak ada petugas yang periksa tiket, tar pas keluar dr stasiun tiketnya yang masih utuh itu tidak diserahkan ke petugas. Dia simpan dan dia gunakan lagi untuk keesokan harinya. Karena, kalaupun tokh misalkan pun keesokan harinya ada petugas pembolong tiket di kereta, dia bisa menyerahkan tiket ’basi’nya dengan PD. Karena petugas tidak pernah memeriksa validitas tiketnya. Cuma minta tiket, bolongin, balikin. Ga pernah liat tanggal yang tertera!

 

 

*sigh*

 

 

Ku dah bilang ke temanku, ”ih km kriminal ih..”. Dan dia menjawab, ”Gapapa... Lumayan tau..9 ribu bisa buat 2 atau 3 hari

 

 

*sigh*

 

 

Dear PT KAI, tertibkan petugas kamuuuuuu... Disiplinkan mereka! Jangan biarkan mereka makan gaji buta!        

 

18 comments:

  1. jangan mau temenan sama kriminal doonk. nanti klo sudah kembali ke jalan yang benar, baru ditemenin lagi. hehe..

    ReplyDelete
  2. Right or wrong, she's my friend!

    *halagh...*

    ReplyDelete
  3. dirukyah aja ta temenmu itu biar sadar he4x

    ReplyDelete
  4. Tapi...tapi...kan bukan semata2 krn niat temenkuuu... Krn petugas KA nya menjadikan hal itu bisa dilakukan! Ku mau mereka ditertibkan!

    ReplyDelete
  5. yeah..thats Indonesia...do you still love indo??
    I'm still loving it

    ReplyDelete
  6. Ya iyalah...masa ya iya dong... ^^

    *apalah arti cinta kalau hanya di mulut saja... hohoho...*

    ReplyDelete
  7. waah... syapa temanmu itu??
    apakah aku kenal dengannya?

    tapi.. temanmu itu oportunis bangget yah!!
    ingetin ama dosa, kematian, dan akhirat tuwh..
    hihihi....

    ReplyDelete
  8. wakakaka jd inget di sini jg rada santai..
    pernah aku lupa beli tiket krn buru2 ngejar kreta dah mo brkt..
    ketahuan, trus ditanyain "mo bayar denda atau mau turun di stasiun berikut buat beli tiket trus nunggu kreta berikutnya?"
    jd para petugas itu masih baikan, klo yg lupa2 "agak dimaafin".

    pernah jg janjian sama temen, udah beli tiket sendiri2, si temen salah beli (separo jalan doang). di dalem kereta bedua, dicek petugas. abis aku jelasin ke si petugas "dia salah beli pak, harusnya kayak tiket saya" eh si petugas cuma manggut2 trus berlalu.. hahaha

    ReplyDelete
  9. Tidak... dulu temen sekantor, sekarang teman kereta... ^^

    ReplyDelete
  10. Tapi tetep diperiksa kaaannn? Masalahnya di sini petugasnya males2an..suka2 dia meriksanya...ga rutin...dah berasa razia ajah...sok2 bikin surprise gitu... =(

    Kalaupun mriksa, misal ada yg pura2 tidur dibiarin aja..ga ditungguin..
    Itu khusus kereta pagi yaa...

    Kalo yg plg malem, wiiii...jangan tanya...petugasnya tegas bin galak. Tiap gerbong ada petugasnya, trus tiap ada yg naek langsung dimintain tiket. Saluuuu...ttt...

    ReplyDelete
  11. pernah ku lakuin jaman dahulu kala pas masih kuliah and rumahku masih di jakarta timur, tapi dulu tuh masih sangat longgar seh.

    ReplyDelete
  12. skali kali gpp lah drpd keseringan..(g bermaksud mendukung kriminalitas loh taaaaaaa..hehehe)

    ReplyDelete
  13. Ummmhhh... tetep jangaaaaaannnnn...

    ReplyDelete
  14. yup, lagian juga sekarang jarang naek kereta.

    ReplyDelete
  15. kamu ga cerita masukin cerita naik senja utama ke semarang??

    ReplyDelete