Thursday, August 26, 2010

“Masjid itu bukan tempat yang aman”, bawah sadarku berkata begitu

 

 

Kerjaanku mengharuskan aku untuk berada di kantor badan pemerintahan bersama dengan orang-orang seprofesi denganku dari semua perusahaan sejenis. Keberadaanku di sana, bisa seharian penuuuhh.. Nah, aku kan pada dasarnya careless, jadi ku suka asal taro tas atau barang-barang milik perusahaan yang sebenernya dilabeli ‘confidential’. Hehehe... Tapi ku tenang-tenang aja naro barang-barang itu di lantai 1, trus aku berkelana ke lantai lain. Pernah ku tiba-tiba udah tinggal pegang henpon tok. Tasku entah dimana, dokumen entah dimana. Aku si santai-santai sambil mereka-reka crita buat laporan ke kantor. Eh pas mau pulang, ke ketemu tasku di depan lift! Hohoho.. Entah gimana ku bisa ninggalin dia di situ. Trus lumayan sering juga dokumen yang udah diordnerin itu ketinggalan, trus baru sadar pas udah pulang. Ku tenang saja, karena yakin ga akan ilang, pasti akan ada yang ‘memelihara’. Deg-deg-an nya paling kalo ketauan boss, ku bisa kena pasal membahayakan rahasia perusahaan, melanggar information security policy >_<

 

Nah, aku punya teman yang mirip aku juga, careless dan percayaan sama orang asing. Kemaren, kita mau sholat di masjid sebelah kantor pemerintah itu. Dia bawa laptop kantor, trus mau dia tinggal di lobi kantor pemerintah itu. “Ngaco! Kalo dokumen si gapapa.. Bawa!”. Nah, dibawalah itu laptop. Kita menuju tempat wudhu kan sambil ngobrol, selesai wudhu ngobrol, mau sholat ngobrol, begitu salam, ngobrol lagi. Jalan balik ke kantor pemerintah itu, ngobrol lagi. Trus pas sampai di sana, duduk, ngobrol-ngobrol, tiba-tiba “laptop gue mana yah?”. Kita liat sekitar sebentar, ga keliatan dan aku langsung “Astaga.. Masjid!!!”.

 

Aku langsung lari sambil deg-deg an panik. Sumpah aku panik sekaligus hopeless. Dalam bayanganku, ga mungkin laptop itu masih akan ada di sana. Pasti raib. “masjid gitu lho..”, beneran aku berpikir begitu. Dan pas sampai sana, kuliat ke tempat tadi kita sholat, (tentu saja) tak ada. Ke tempat wudhu (tentu saja) tak ada. Lalu aku bertanya ke penjaga penitipan sesuatu, “Pak ada yang nitipin barang temuan ga? Tas..”. Dan dia dengan datar menjawab “Enggak”.  

 

Maka aku dan temanku balik ke kantor itu sambil ketawa getir, trus coba-coba cari lagi. Dan ternyata laptop nya ketumpuk dokumen orang. Ga ilang :)) (kami bukan hanya careless, tapi juga ga teliti.. hihihi..)

 

Tapi, ku masih inget banget rasa panikku pas ku berpikir barang itu ketinggalan di masjid. Baru pertama kalinya ku merasakan itu. Ku sering ketinggalan barang dimana-mana, tapi ga pernah panik, karena somehow ku yakin pasti ada orang (baik) yang nemuin. Dompetku ketinggalan di tempat makan, pernah..dan disimpenin sama ibu-ibu. Handphoneku ketinggalan di mobil orang, pernah…dan disimpenin. Cincinku ketinggalan di tempat makan..pernah..dan ada aja yang nyimpenin. Tapi, entah gimana ku (ternyata) ngrasa, kalo ada barang tertinggal di masjid, tak akan ada harapan lagi.

 

 Parraahh yah? Menyedihkan juga...  Dan kemaren sempet kaget juga, "ko aku bisa berpikir begitu? Itu kan rumah Tuhan.."

 

Mungkin maraknya pencurian dan barang kehilangan di musholla kampus dulu, berkontribusi besar dalam pemikiran bawah sadarku. Dulu mah paaarrraahhh! Kita wudhu ni yah, handphone ditaro di tembok atas kita, kita kelar wudhu dah raib aja tu henpon. Tas ilang, sering.. Sampai-sampai terpasang warning di sisi-sisi masjid “Awasi barang anda, banyak pencuri di sekitar kita”. Astaga…tempat ibadah ko jadi menyeramkan gini..

 

Trus kemaren malam, aku kan sholat taraweh di masjid sunda kelapa. Pas magribnya bareng Marina dan suaminya. Selesai maghrib, kita mau makan. Dan, sendalnya Marina raib. Dan aku jadi pengen bilang ‘see?’ ^o^

 

Kalau teman-teman, kalau disuruh milih, mau barangnya ketinggalan di tempat makan (yang kalau bulan puasa dihimbau untuk ditutup) atau di musholla? ^^

 

21 comments:

  1. ga milih kedua-duanya.
    Aku sendiri pernah khilangan sepatu di masjid. Tapi aku pernah juga ktinggalan kacamata di tempat wudlu eh disimpenin ma takmirnya.

    ReplyDelete
  2. udah lama gak ke mesjid.. berapa taun yg lalu ya? ya ampun, serem ya skrg mesjid..
    rumah tuhan itu di hati, bukan di mesjid.
    agama lain juga punya rumah tuhan, ada gereja, kuil, so what the poin?
    Tuhan gak perlu rumah, Ta..
    it's just so ridiculous :)

    manusia kan yg perlu rumah, dan manusia lah yang selalu memanusiakan tuhan.. refers god to "Him", refers god to "He who lives in the sky.."
    Funny though. \(^o^)/

    Hahaha. just forget about it.. :)
    see u on saturday..
    Let's build the "langgar".. It ain't just a little god's house, if they feel tired, farming stuffs.. they can chill in langgar! <<- hey, do other MPers understand this? Ok. It's ours -- between me and Tata :)
    Peace on Earth.

    ReplyDelete
  3. Hohoho... Ta...
    Yang salah kan bukan Tuhan tapi manusianya. Bener tuh, Tuhan adanya di hati. So, meski "dirumah-Nya" ada yg kehilangan, tetep aja bukan salah Tuhan, tapi manusianya.

    Btw... Aku ngga pilih dua2nya. Tapi buatku kamu bener-bener teledor deh sampe bisa "meletakkan" barang dimana aja :)

    Ayo, berubah... Ntar bisa-bisa kamu ninggalin suami dan anakmu dimana saja *hahaha... :)

    Peace yaaaa...

    ReplyDelete
  4. Setuju ta... Banyak temen yg kehilang laptop, tas, dan bahkan motor ketika sholat di masjid... Salut deh sama yg maling, udah ga takut sama Tuhan lagi mereka..

    ReplyDelete
  5. ini yang membuat nama masjid menjadi buruk di mata masyarakat

    ReplyDelete
  6. Iya, aku sendiri kalo pas sholat di jalan, mampir di masjid mana, bawaan kok ya, waswas. Hahaha. Mungkin krn semua orang bisa masuk ke masjid? Semua golongan. Jd dimanfaatin ama orang2 deh.

    ReplyDelete
  7. hohoho...love this!!

    Tuhan itu fakta, manusia menggunakan agama untuk menjadikan-Nya mitos..begitu kata seorang teman hehe

    ReplyDelete
  8. Ck ck ck ck ck..... kok bisa ya kelakuan pegawai yang gajinya udah 2 digit seperti itu? kasian perusahaannya.... hahaha

    ReplyDelete
  9. baik..pertanyaanku kuubah.. kamu was-was dan panik ga kalo ketinggalan barang di mesjid? ^^

    ReplyDelete
  10. aku kemakan apa yah ko sampe tertanam di otak "masjid = rumah Tuhan"? Hmm..

    Yep! See u on saturday and sunday! Sisingkan lengan baju untuk ketok-ketok palu, untuk buat rumah Tuhan eh tempat istirahat versi super duper miniii.. I'm excited!

    ReplyDelete
  11. aku ga nyalahin Tuhan ko.. cuma kenapa yah ko aku malah berasa insecure sama tempat yang jelas-jelas digunakan untuk beribadah ke Tuhan?

    eh May.. jangan-jangan ku emang udah punya suami tapi kulupa naro dimana yak? Hohoho...

    ReplyDelete
  12. mungkin sudah (merasa) akrab sama Tuhan? ^^

    ReplyDelete
  13. mungkin buruk, tapi wellknown.. =(

    ReplyDelete
  14. sebenernya tempat makan atau fasilitas umum lain pun bisa dimasuki siapa saja kan yah...tapi kok tetep lebih secure yah? ^^

    ReplyDelete
  15. aaammmiiiinnnn.... pagi-pagi dah gossip aja kamu..

    ReplyDelete
  16. temennya ardi yang menyatakan pernyataan tadiii... bukan yang suka copy paste sms jadi komen..

    ReplyDelete
  17. hahahaha akrab dengan siksaNya maksudmu ta?

    ReplyDelete
  18. Aku pernah ketinggalan hape, dompet, kartu penting di rumah makan dan balik lagi. Temenku, yang gak ketinggalan apa-apa, tapi barangnya hilang dimushollah (alias dicuri ketika shalat). yah mungkin kebetulan aja kali ya,,,

    ReplyDelete