Tuesday, August 31, 2010

Virtual Friend and Physical Friend of Mine

 

 

Di tempatku kerja ini ku mengenal satu cara kerja baru, bahwa karyawan tidak harus berada di satu tempat kerja. Contohnya Kakek Bosku (bosnya bosku), berkantor di Sidney, nah asisten dia ada di HongKong. Itu terjadi karena si Kakek Bos rumahnya di Sidney dan si Asisten rumahnya di HongKong. Lebih ‘kocak’ lagi ada satu bos yang membawahi wilayah Asia-Pacific, tapi kantornya di Indianapolis, karena rumah dia di sana. Pas aku menampakkan keherananku akan hal itu si Kakek Bos berkata, “Kita sedang menuju sebuah virtual company. Ga harus berada di gedung yang sama kan untuk bisa bekerja sama? Bahkan di beberapa Negara sudah mulai kerjanya dari rumah masing-masing. Tokh, setiap saat kita bisa angkat telfon, web meeting, fasilitas chat juga selalu ada. Anggap saja kalau di perusahaan lain antar employee bertetangga ruangan, ya kalau kita bertetangga negara”. Begitulah..jadi kita tiap hari bekerja sama dengan orang yang besar kemungkinan belum pernah kita temui. Bahkan aku bisa jadi sangat akrab dengan beberapa orang di negara entah mana. Ku udah bisa leluasa kirim ‘hugs’ atau ‘kiss’ ke mereka. Di telfon juga udah akrab jaya. Dan ku berpikir ‘virtual company oke juga’. Karena, ga akan ada ga enak-ga enakan. Misal sama orang sekantor, ada selisih pendapat sedikit kan kadang jadi ga enak. Atau, misal mau ngomong sesuatu musti liat keadaan dia lagi baik atau ga, mood nya lagi macan atau anjing. Nah, kalo virtual company gini kan ku bisa kirim email kapan saja, telfon sesuka-suka, dan misal ku lagi kesel ama seseorang, ku tinggal ga buka emailnya, ga aktifin instant messagingku. Hohoho… Sebaliknya, dengan teman sekantor ku jarang banget interaksi, bahkan ada yang juaraang, karena kerjaanku ga ada hubungannya sama orang-orang di sini (kecuali bosku tentu saja).

 

Nah, tiba-tiba ku merasa ada kesamaan antara sistem kerjaanku dengan temenanku. Mengacu pada fesbuk dan multiply ^^

 

Sepertinya aku sudah hampir seminggu tidak ber-multiply. Kenapa? Karena aku sedang ‘sibuk’ di fesbuk sana. Selama ini aku emang sangat sangat sangat jarang buka fesbuk, kecuali ada yang telfon minta diconfirm friend requestnya atau pas aku buka email ada notifikasi yang layak dicek. DI fesbuk isinya adalah teman-teman yang bener2 yang sudah kuketahui wujud fisiknya. Kebanyakan si temen dari sekolah dan kuliah, lengkap beserta adek dan kakak kelas. Trus lambat laun bertambah dengan teman kosan, kerja, trus teman baru karna ketemu di suatu tempat/acara. Tapi garis merahnya adalah KETEMU FISIK (nyaris semuanya begitu..)

 

Trus untuk media ekspresi aku memiliki Multiply. Di sini aku ketemu dengan manusia-manusia baru yang paling nggak, seminat. Karena banyak isi otakku yang pengen ditumpahkan, maka aku jauh lebih sering berada di sini dibandingkan dengan di fesbuk. Lagian, kalau di fesbuk kan isinya temen-temen yang sudah ada wujudnya. Kalau untuk komunikasi, kita bisa telfonan atau SMSan atau bahkan ketemu dan ketawa2 bareng. Ya kan?

 

Nah, seminggu kemaren itu aku perlu untuk mengumpulkan teman-temanku untuk gotong royong. Dan larilah aku ke fesbuk, buat notes, tag mereka biar baca. Dan ternyata cukup efektif. Ya karena yang kukumpulin adalah temen fisik yang wadahnya adalah fesbuk itu. Dan mungkin beberapa hari ke depan ku masih akan ‘sibuk’ di sana, karena foto-foto gotong royong mulai bermunculan ^o^

 

Trus ngeh ga? Kalau di Multiply ini sangat sedikit kontakku yang juga merupakan temen fesbukku? Pun ada, juarang muncul untuk berkomentar. Sebaliknya, aku punya kontak-kontak di Multiply yang sangaaatt akrab, padahal ketemu pun blum pernah. Unik yah.. Nyaris persis dengan konsep virtual company.. ^^

 

Maka jadilah aku terlintas bahwa aku punya dua kotak teman: Box of virtual friends & Box of physical friends. Mungkin ga yah keduanya bisa menjadi satu kotak? Ada yang mau lompat kotak?

 

 

17 comments:

  1. Bisa aja berubah dari virtual friend ke physical friend :)

    Kuncinya, adakan KOPDAR, hihihi... :)

    ReplyDelete
  2. Nah..aku bukan tipe kopdar gitu, May.. Rasanya ko gimanaa gitu.. ^^

    ReplyDelete
  3. Lo kerja di PT apa skrg,Ta?daerah mana?

    ada lowongan lg gak?*teteup*hahaha

    ReplyDelete
  4. daerahnya senayan... nama PT nya tar aja kalo ku kasih alamat email.. hahaha.. yang sekarang mungiiiilll.. orangnya ga banyak, Vian.. apa kabar Cikarang?

    ReplyDelete
  5. kayaknya bagian ini aja deh yg mirip sama tulisanku hihihi..
    aku sependapat sama yg ini.

    yg kubahas di tulisanku adalah temen2 ketemu fisik yg baru ketemu 1-2 kali atau sering lihat tapi ga deket, yg bisa merasa temen2 fesbuk adalah temen deketnya krn keseringan baca status2nya :)

    ReplyDelete
  6. gw juga banyak temen MP yang belom pernah ketemu tapi akrab hihihihi, entah kenapa belom minat untuk lebih sering nengokin FB

    ReplyDelete
  7. aku ga semangat kopdar setelah di jakarta, di jogja dulu semangat bgt...

    ga semangat lho ya, bukan ga mau...hehehe

    ReplyDelete
  8. eh pengalamanku kopdar sama temen2 mp malah bikin tambah akrab loh :) tapi mungkin krn aku selektif pilih temen mp.. klo yg sulit diajak kopdar ya udah.. remove aja :p wkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Onit: sadisss...makasih ya Nit dulu dah nyempetin mampir Malang saat nikahan sobatmu di Blitar.

    ReplyDelete
  10. Percaya deh ta,gw ada fisiknya. Dan kaki gw nginjek tanah,belakangnya juga gak bolong. Yang jelas bukan sodaranya jinny oh jinny gitulah :p

    ReplyDelete
  11. gw tau ta lo mau ketemu gw.. sabar ya, jadwal gw masih penuh nih
    *dikasih tata gocengan* *eh?*

    ReplyDelete
  12. ciakrang bosennnn... kejauhannn... biarpun anter-jemput tapi capek dijalan T_T

    uda gitu gak kuat juga shift2an euy.. makanya mo nyari2 yg laen nih..
    kalo ada info kabarin yah ;)

    ReplyDelete
  13. walaupun belom lihat fisik ku secara nyata, kan udah banyak di poto2ku ta, suara kita juga sudah pernah ber ha ha hi hi berjam2... urusan lompat sih tinggal lompat.... tapi ya itu tadi, kadang kita perlu bikin grouping, biar rasanya jadi spesial.... oh ya, selamat hari rabu.... ;)

    ReplyDelete
  14. Aku selalu gagal lompat kotak :))
    Mari kita wujudkan sehabis lebaran ini ta... :P

    ReplyDelete
  15. kalo ada sumur diladang bolehlah kita menumpang mandi
    kalo ada umur panjang bolehlah kita mandi bareng....

    ReplyDelete