Sunday, July 12, 2009

Tolaklah dengan Indah

 

Contoh kasus 1:

Mumpung anaknya sedang cuti dari MP, mari kita ngomongin dia. Hohoho... Jadi sekitar 2 minggu lalu, aku menelpon Wida untuk tanya2 tentang rental mobil, sehubungan dengan rencanaku jalan2 di Malang dan sekitarnya. Dia kasih gambaran tentang rental mobil yang pernah dia pake. Trus kupaksa dia untuk cari nomor2 telponnya. Nah, habis itu ku berpikir, daripada kita jalan2 hanya terdiri dari gadis2 nekad, kalo ada cowok lokal yang mengawal kan lumayan... ^o^ Maka kuajaklah si Wida untuk ikut jalan2 ma kita....

 

 

Tata: Wid, kamu ikut aja ma kita ke Sempu... Trus hari keduanya muter2 Batu deh..

Wida: Wah, aku ga bisa...

 

 

Aku melongo dan paused. Ko bisa dia bilang ga bisa, padahal aku blm bilang kapannya. Suatu cara penolakan yang bodoh. Pengen sakit hati karena sudah ditolak mentah2, tapi kl mengingat Wida adalah anak yang kocak bin polos, ku jadi ngakak.

 

 

Tata: Wida! Km kan blm nanya acara jalan2ku kapaaaaannn?! Ko udah bilang ’ga bisa’ ajah... Kamu nglongkap baca skenarionya!Ulangi!

Wida: O iyo yo? Yo wis... Emang kapan mau ke Sempu dan Batu?

Tata: Tanggal 17-18.

Wida: Ooohh... Aku ga bisa... Bla..bla..bla..

 

Barulah dia menjelaskan bahwa di tanggal segitu kemungkinan pendidikan SPN nya udah dimulai. Walaupun ujung2nya emang ga bisa, tapi akan lebih enak kan kalo dialognya lengkap... ^o^

 

 

Contoh kasus2:

Tentang seorang teman yang ga bisa kusebut namanya. Awalnya adalah aku bertanya suaraku sama Luna Maya mendingan mana. Trus dia bilang ga tau, karena belum pernah denger aku nyanyi. Maka tercetuslah ide dadakan untuk karaokean ajah.

 

 

Tata: Yuukkss..

Dia: Apa?

Tata: Karaokean... Yuukkss...?

Dia: Aku ga bisa...

 

 

Jger! Aku kan belum bilang kapan karaokeannya. Aku kan ga bilang malam ini, atau besok malem atau minggu depan. Kenapa dia udah langsung jawab ’ga bisa’ ajah?

 

 

Dalam kasus ini aku hanya bisa nganga dan senyum getir. Pasalnya kita pernah kurang lebih dapat pencerahan yang sama tentang cara penolakan. Sumbernya adalah film Yes Man. Waktu itu dia bingung mau nonton DVD apa, di antara pilihannya ada Yes Man. Trus kubilang film itu bagus dan lucu, pesan moralnya juga ada. Maka menontonlah dia.

 

 

Kuingat pernah nyritain hal bodoh di film itu. Pas si Jim carrey, si lelaki kesepian, diajak ke pesta atasannya. Typical lelaki kesepian adalah lebih suka menyendiri, daripada bersosialisasi. Maka atas ajakan bosnya itu dia langsung menjawab, “Oh ga bisa...aku keluar kota”. Bosnya bingung, “Aku kan belum bilang kapan acaranya”. Si Jim Carrey agak ketampar, trus nanya kapan. Sesaat setelah bosnya menyebut waktunya, dia pun menjawab, “ Ga bisa. Aku keluar kota”. Tapi intinya adalah dari awal dia ga mau datang ke undangan bosnya itu dan dia menolak dengan tanpa penghargaan atas ajakan.

 

 

Nah, temanku itu sudah menonton film itu. Seharusnya dia bisa belajar cara menolak suatu ajakan dengan indah, tidak bodoh begitu. Tapi dia melakukannya.

 

 

Apakah dia ketiduran pas nonton? Kupikir ngga mungkin, karena selesai nonton, lewat tengah malam dia SMS: Aku tersindir film Yes Man. Katanya pria yang kesepian adalah yang lebih suka nonton DVD daripada ke bioskop. Am I a lonely guy?”.

 

 

Jadi, apakah dia menolak ajakan karaokeanku mentah2 karena dia emang mau menyakitiku? Atau karena dia sudah benar2 menjadi lelaki kesepian yang sempurna? Mari kita tanyakan tanda2 pria kesepian versi Yes Man lainnya ke dia. Hohoho... (Eitss.. ko jadi tuduhan yang serius gini...? Habisnya....dia menyakitikuuuu....)

 

 

Cara penolakan yang kusuka adalah penolakan yang rasional dan singkat, ga perlu berbelit2 dengan crita2 hal yang ga penting dulu. Idola penolak pertamaku adalah Okta. Dia bahkan bisa dengan tegas berkata tidak pada ajakanku kondangan ke deket rumahnya. Dia bilang, ”I’ll pass this one”. Dah gitu ajah. Ga pake alesan sakit perut atau mendadak musti nganterin kakak. Kusuka!

 

 

Jadi, mari belajar menolak dengan indah dan pintar... ^o^

 

28 comments:

  1. Masa sih? Km kan ga bilang 'ga bisa', tapi "gw ga ada mobil...". Penolakan yg lumayan halus ko...

    ReplyDelete
  2. terkadang klo lagi nggak mood orang belom bilang kapan udah menolak
    aku sih kayak gitu
    tapi klo lagi mood bagus ayooooooooooooooooo aja
    walaupun sibuk pasti nyuri waktu

    ReplyDelete
  3. Kadang spontan juga sih nolak gitu, apalagi kalau lagi nggak konsen. Sebetulnya bisa sih dipikir-pikir dulu buat ngarang alesan walaupun alesan aslinya adalah, misalnya, nggak sesuai sama visi-misi kita *apa coba?*.

    ReplyDelete
  4. @ Elok: intinya adalah mood yah? Gimana kl km lagi ga mood nih... trus diajakin jalan2, krn km lg ga mood, tanpa nanya kapan waktunya kamu langsung jawab enggak. Padahal hari H jalan2nya masih seminggu lagi, dan di saat itu mungkin mood kamu sedang bagus2nya...

    @ Leila: concernku bukan di alesan. Tapi penolakan yang rasional, yaitu tahu pasti tawaran yang diberikan baru menolak... Gitu...

    ReplyDelete
  5. Eh tambahan buat Leila... Kalo lagi ga konsen aku biasanya malah asal iya ajah... Hohoho... tapi sekarang belajar menjawab, "kuslesein ini dulu, habis tuh kita omongin lagi yah..."

    ReplyDelete
  6. nggak mungkin klo masih lama .....
    biasanya aku menolak klo dalam jangka waktu 2-3 hari klo seminggu or 2 minggu dan pas ditanya mood ku lagi gabus aku selalu usahakan (Insyaallah) aku penuhin whatever be walaupun pas saaat itu aku lagi nggak mood :)
    tapi biasanya klo mood ku nggak bagus diajak karaoke ok ja kan bisa refresing hahahahhahahahahah

    ReplyDelete
  7. Hohoho...

    Jadi sebenernya pun kamu rasional kan? Dah tau ajakan itu untuk kapan kan? Itu masuk kategori penolakan yang indah... ^o^

    ReplyDelete
  8. hmm.. jd inget penolakanmu kursus masak ama aku :p
    (padahal ta, semuanya bakal kusiapin, bahan2, tempat tinggal dirumah mungil yang cute, dan plesiran sesukamu)

    *sengaja manas-manasin nih...

    ReplyDelete
  9. Idih... mari kita re-call...

    - itu bukan tawaran, tapi pemaksaan. Nampak pada kalimat, "Kamu ke rumahku, nanti kuajarin masak!"

    - waktunya ga jelas kapannya, ku kan bingung musti block kalenderkyu... (sok sibuk gituh...)

    - jelas2 itu akan jadi kursus masak yang muahal dan dijamin guagal.. hohoho...

    Jadi, penolakanku adalah suatu hal yang sangat sangat sangat rasional. Hohoho...

    - tapi tawaran untuk plesir2nya udah masuk list untuk dipertimbangkan.. Kalo Bromo trip ini berhasil, maka Tim Gadis Nekad akan menyusun rencana untuk ke Batam-Bangka-Belitung-Lampung. Semangat!

    ReplyDelete
  10. mau back packer ya ?


    *mau gabung kami ga ? (ada rencana trip to macau -hk)*

    ReplyDelete
  11. macau-hk? Duh...mahap Ka'... Kami tim Kemandirian Bangsa.. Jadi ekspedisi2 nekad kami adalah untuk memperkaya bangsa Indonesia... kalo kita ke LN kan duit kita buat bangsa lain... Sesuai anjuran bapak kemandirian bangsa: kalo mau berlibur, berliburlah ke negeri kita...membantu perekonomian warga lokal...

    *pdhl awalnya adl dalih untuk keterbatasan budget... Hohoho...*

    ReplyDelete
  12. mulai deh ! :<
    aku mulai mengerti knapa dapur forbiden buatmu ta.... kamu ngeyel sih... dan pasti hanya kekacauan yang terjadi..... *opo hubungane yo :p

    ReplyDelete
  13. Lho? ngeyelku sebelah mana to? Kan aku cuma menyampaikan bahwa kita memiliki perbedaan visi dan misi (nyontek kata2nya Leila) Maka trip kita tidak bisa disatukan...

    Aku kan berusaha teguh pada pendirian dan apa yg kuyakini... Hohoho...

    Dapur forbiden buatku, bukan karena ku suka ngeyel... Tapi krn aku tidak bisa berimprovisasi, aku sangat prosedural.

    Contoh: bantuin masak soto ibuku. "Mbak, tolong ambil daun bawang, dicuci trus dimasukkan ke panci yah...". Dan itulah yang kulakukan, tanpa berpikir bahwa itu harus dipotong2 dulu. Ibuku kaget setengah mati pas ngaduk masakannya dan menemukan lonjoran daun bawang. Tapi aku tidak merasa bodoh dan bersalah... Lha wong perintahnya cuma cuci dan masukkan?! Hohoho.... Dan masih ada beberapa kisahku di dapur.... ^o^

    ReplyDelete
  14. hwaa pengen ikut! :p

    ngomong2 soal penolakan, gw biasanya jujur, tapi justru krn saking jujurnya malah dianggap gak rasional -_-;;

    ReplyDelete
  15. Ih...ih...ih... ada yg sok kenal gitoh... Hohoho...

    ReplyDelete
  16. betul... tentang cara berkomunikasi... musti banyak belajaaarrr..

    ReplyDelete
  17. Yuuukkkss.... Tapi waktu belum pasti... Ke Bromo ajah persiapannya 2 bulan lebih.. Gimana ke Batam-Lampung... Berapa juta orang yah kutelponin untuk tanya2 daerah yang bisa didatangi dan nomor2 angkot untuk mencapainya... ^o^

    jujur = tidak rasional? Hmmm... Ko bisa yah... Brarti belajar menolak setelah dipertimbangkan dengan rasional, tapi kalimatnya singkat sajah...

    ReplyDelete
  18. soalnya jujurnya krn ngikutin mood..
    misalnya contoh2 di atas yg diajakin pergi.. trus bilangnya "males pergi2, lagi gak mood ke mana2" apa itu alasan yg bisa diterima? hehe..

    klo gw yah daripada pergi gak hepi atau malah merusak suasana, mending gak ikut.. ^^;;

    ReplyDelete
  19. Waduh... ku kalo nolak kayaknya suka gitu juga... "Ku lagi pengen di kasur terus nih..."

    Hwuaaa...buat survey ke org2 yg suka ngajakin aku aaahhhh...

    ReplyDelete
  20. wah, trm kasih ta, slama ini ak plg gk tau cr nolak tuh gmn, trnyta nolak klo pke alesan yg rasional, bisa dterima ya. hoho.. btw, ak kok suka ntn dvd kalo drama drpd bioskop, jd yg bioskop kalo film lucu, trmsk pria kesepian jg gk ya? hmmmmm

    ReplyDelete
  21. Eitsss.. Jangan2 kemaren km mau ngantriin tiket kereta ke stasiun karena ga sanggup nolak perintahku yah? Kalau begitu, pertahankanlah sifatmu itu, Nak... Hohoho...

    ReplyDelete
  22. Tolaklah dengan Indah...
    Tolaklah dengan sebuah kecupan,
    Tolaklah dengan setangkai bunga hehehe...

    Maap gak nyambung sama isi, tp aku dah bc semua kok

    ReplyDelete
  23. Bangkrut dunk kalo tiap nolak musti beli bungaaaa... ^o^

    ReplyDelete