Sunday, November 14, 2010

QhoirSingers Male Vocal Ensamble_Membangkitkan Jiwa Remajaku

Rating:★★★★
Category:Other
Karena baru nonton Onrop-nya besok, tapi hasrat untuk mereview sesuatu menggebu-gebu (demi mengimbangi demam Onrop yang mulai memanas), maka inilah salah satu pertunjukan yang sangat kunantikan di bulan November.


9 cowok bersatu dan bernyanyi diiringi piano.


Bayangkan sembilan cowok, dijejer-jejer, megang mic semua, dan semuanya bernyanyi disertai koreografi! Siapa yang tak klepek-klepek dibuatnya..!


Bertempat di FX Music, Xpander studio, pertunjukan yang hakikatnya adalah sebuah GR (Grand Rehearsal) menjadi begitu hidup dan indah. Karena aku masih menderita buta angka, jadi aku tidak dapat menggambarkan ukuran ruangannya. Tapi kira-kira beginilah settingannya. Antara tempat pentas dan bangku penonton, tidak berbeda tingginya. Bangku-bangku diatur rapi menjadi 2 sayap, masing-masing sayap ada sekitar 25 bangku. Jadi totalnya adalah 50 bangku, dengan masih ada sisa tempat lumayan luas di bagian belakangnya. Nah, untuk bagian depan, bagian pentasnya, pengaturannya sungguh cantik. Di sisi kiri adalah grand piano warna hitam kelam. Kemudian, dindingnya ditutupi dengan dekorasi mirip sebuah kamar (interpretasi pribadi..hehehe.. Lihat gambar sajah..). Sederhana tapi cantik dan indah. Pencahayaannya juga mendukung suasana adem-nya.
Malam itu tema kostum mereka adalah white (jadi inget Sundaze White yang kutonton di Paranoia, jadi inget juga Katalis-ku yang dresscode nya juga jins + putih). Semua personil Qhoir jadi nampak bright, cute and charming. Dan saat mereka mulai bernyanyi, dudududu..menggemaskan!


Lagu yang mereka bawakan ada 6: Till There was You (musical of Music Man), Indonesian Movie Soundtrack Medley, A Tribute for Alm. Chrisye, Vina Panduwinata Medley, Selection from The Sound of Music, Mamma Mia! Medley, dan terakhir adalah lagu mereka sendiri: Musik Kami.


Setiap nomor komposisi lagu, diawali dengan sedikit narasi tentang lagu-lagunya yang disampaikan oleh dua personil secara bergantian. Kemudian mereka mulai bernyanyi. Lagu pertama sangat berhasil dalam memanaskan suasana. Diawali dengan harmoni yang merdu dan diakhiri dengan irama yang ceria dan agak centil, benar-benar membuatku sumringah dan bersemangat.


Lagu-lagu berikutnya semakin menghipnotis penonton untuk menikmatinya. Bahkan aku lupa untuk mengambil gambar karena terbuai dengan lagu-lagu, terpikat untuk ikut bernyanyi dan menari. Unsur koreografinya, sederhana tapi pas dan mengena. Tidak ada pergantian posisi berdiri di antara personil, tidak ada atraksi-atraksi melibatkan kursi diputar-putar (kayak di As Long as You Love Me-nya Backstreet Boys), tapi enak dilihat, lucu dan itu tadi, menggemaskan! Apalagi pas gaya bebas, wow..ada satu personil yang banci tampil banget dan dia benar-benar memikat! ^^



Lagu penutupnya, meski lagu baru pertama kali kudengar, langsung nuncep di otak. Bagus! Dan ketika narasi penutupan disampaikan oleh salah satu personil, 8 lainnya tetap menyanyikan lagu itu dengan lembut. Wow..kerrreenn..

Untuk ukuran grup yang baru berumur 5 bulan, dengan tambahan 2 personil baru kurang lebih sebulan, QhoirSingers kubilang sangat mengagumkan. Mereka menyanyikan 6 komposisi di atas secara non-stop. Tanpa adanya jeda minum atau iklan, yang menurutku perlu dipertimbangkan. Selain memberi kesempatan mereka bernafas, juga buat penonton untuk saling berbagi betapa kerennya penampilan lagu tadi. Karena untuk aku yang memiliki short term memori lemah, setelah pertunjukan selesai, agak tertatih-tatih untuk membahas dengan teman-temanku bagian mana yang kusuka, mana yang suka banget.


Grogi adalah catatan lain dariku, terutama ketika menyampaikan narasi, yang menurutku cukup wajar. Meleset nada, juga sesekali terjadi, tapi itu bisa diabaikan. Gerakan koreo ada yang agak out of beat, juga tak apa.. ;)


Di tengah-tengah pertunjukan, aku merasakan sensasi masa remaja saat aku tergila-gila pada boyband. Dimana aku dan teman-temanku saling memilih personil idola masing-masing dari boyzone, westlife, dll. Nah, ternyata untuk Qhoir ini pun terjadi lagi. Aku dan partnerku langsung punya idola gitu.. ^^ Dan selesai nonton, kita kan makan. Sepanjang makan obrolan kita adalah Qhoir, Qhoir dan Qhoir, tak ada bosan-bosannya membahas mereka sampai tengah malam. “Ko kita kayak jaman SMP dulu gini yah?”. Fufufu.. Qhoir berhasil membangkitkan gejolak jiwa mudaku!


Sangat berharap mereka membuat rekaman baik untuk diupload, dijadikan RBT ataupun dipasarkan dalam bentuk CD.


Sementara itu aku mau ngapalin nama masing-masing 9 personil Qhoir. Saat ini aku menyebutnya dengan si nomor 4, nomor 3, berdasarkan posisi mereka berdiri ^^ Pssttt..idolaku adalah si momor 1 dan nomor 4! Nomor 2 juga.. *kemaruk*


Oiyah! Penyampaian etika/ peraturan menonton di awal kupikir patut untuk dicontoh. Disampaikan aturan sederhana: tidak boleh makan, minum, merokok; tidak boleh keluar masuk; boleh mengambil gambar dengan apapun asal tidak menggunakan lampu kilat; semua alat komunikasi dialihkan ke nada getar atau silence. Kusuka aturannya! ^^


Photo by: Pepito

Silakan follow mereka di @QhoirSingers atau fesbuknya, Qhoir (kayaknya..)

21 comments:

  1. Gw pernah nonton choir punya temen gw si Anastasia Adri, namanya Eliata Choir... posting juga aaaah...
    *gak mau kalah*

    ReplyDelete
  2. @bimo: begitulah, bim.. Aku sudah sepuh.. Uhuk..uhuk..

    @jonaz: coba mana choir idola kamu?! Ayo tandingkan dengan punyaku! *ko jadi perang antar grupies*

    ReplyDelete
  3. tergantung kapan kamu undang mereka ke Bandung, T..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas review-nya :)
    Semoga ga kapok yah liat Qhoir :))

    Btw, lagu pertama judulnya "Till There Was You"

    ReplyDelete
  5. Kyaaaa.. Ada Better! #percayagapercaya

    Ya ga mungkin kapoklaaahh.. Yg ada ketagihaaaann..

    Makasi koreksinya.. Nanti dibenerin.. ^^



    ReplyDelete
  6. Sudah dibenerin yah judul lagu2nya.. Hasil nyontek ^^

    ReplyDelete
  7. eitss.. selain aku ada juga lho yang mengidolakannya diam-diam.. suka mengendap-endap ngintip gitu.. trus sok nanya2 tentang dia gitu.. tapi pas kutelpon konfirmasi, ketawa2 ajah.. *lirik si oknum pengirim kopi aceh

    :))

    ReplyDelete
  8. kamu mengidolakanku Tata? bukannya dari dulu?
    *mencoba mencari celah untuk bisa ngobrol dengan seseorang*

    ReplyDelete
  9. iyaaa.. favoritku ke-2 setelah si Lebih Baik! maaf ya Yujin..posisimu tergeser.. *peluk*

    ReplyDelete