Wednesday, September 30, 2009

Farewell-ku untuk Marahku yang Menyakitiku

Unsent, Unread, Uncalled for

 

Why can’t I be longed for?

Why can’t they accept?

Too long have I endured this tasteless scar

That’s been torn open from my broken heart

My head opens only to let out screams

I can’t take it anymore

Yet I’m afraid to end

 

Moving pictures are what I make of them

Lifeless creatures whom which I share one rooftop

But I know I can’t make it alone

As much as I despise it, I’m incapable on my own

No honor have I given to their name

To my own, I’ve done plenty

 

Three years of glamorous stars fallen on salted waters

One eye of theirs watches my every move

Each step, word, each scratching moment

I’ve tried to wither away

No use

They always find a better way

And even better display

 

 

Then why am I afraid to end myself?

I’m no good to them, neither them to me

I was a mistake from all their happenings

 

 

Forget everyone, forget it all

Because I can’t dream myself to death

It takes a pill, a dagger, a broken heart

I only have one

One million

Too bad I can’t choose

For all those times

My own flesh and blood disapprove of me

Always have and will

So tonight I say good riddance

To hell

On earth

 

 ---------------------o------------------------------------

Kalau aku sedang berada di titik ekstrem, maka biasanya aku lari ke tulisan, seringnya puisi. Titik ekstrem itu bisa seneng banget, sedih banget, sakit banget atau kangen banget. Kalau aku lagi dilanda bahagia, maka biasanya ku bisa langsung menuliskannya. Kalau lagi sedih atau sakit, ku butuh waktu untuk mencerna semua, trus kalau udah agak mendingan ku baru bisa nulis. Jadi sebenernya ketika satu tulisan miris jadi, itu aku udah 80% pulih.

 

 

Tapi kadang untuk menulis itu tidak mudah. Pikiran harus benar2 tenang. Jadi, sebelum aku sampai 80% pulih itu, yang kulakukan adalah menenggelamkan diri dalam puisi2. Serius. Aku baca buku2 kumpulan puisi, cari2 yang cocok dengan keadaanku. Entah gimana, itu lumayan menyembuhkan. Ketika kita membaca sesuatu yang pas dengan yang kita alami, hati dan nafas jadi lumayan ringan. Seolah2 ada yang mengerti kita dan mungkin senasib dengan kita. Dan entah gimana itu melegakan. Jadi, kalau kamu masuk kamarku dan di lantai bertebaran buku2 puisi, ga perlu tanya pasti aku sedang dalam badai.

 

 

Nah, yang belum pernah kutulis adalah ketika aku kesel dan marah. Karena kalau aku marah, aku bawaannya mecahin barang...hehehe... ga dink..paling aku lempar2 dart, habis itu tiduuuurrr….. Kalau udah agak mendingan, aku monolog (sebenernya dialog si) ama Tuhan. Habis itu ku jembreng semuanya. Lega… Pas mau mulai nulis, feel dan mood-nya dah ga ada lagi. Jadi aku belum pernah bisa nulis sesuatu yang berisi kemarahan yang menggebu2.  Mentok adalah sinis. Itu pun kata seorang teman yang tiba2 SMS, ”Ta, kok tulisan kamu sinis yah?”. Padahal maksudku ngamuk... =(

 

 

Menemukan puisi tentang kemarahan juga susah. Kebanyakan puisi adalah tentang jatuh cinta, kasmaran, cinta bertepuk sebelah tangan dan patah hati. Padahal nih ya..kalau hati lagi kesel baca puisi tentang kasmaran yang ada adalah mencibir dan berkata “Cuih..”.. Oopss...Aku berkata kasar! ^o^

 

 

Dan biasanya kemarahanku tidak tahan lama. Karena aku adalah orang gampangan, gampang marah, gampang seneng, gampang nangis, gampang teriak.. Pokoknya gampangan dah... Jadi, untuk bener2 dapet feel nulis amarah tuh susaaaaahhh...

 

 

Tapi kali ini aku sedang memiliki satu kemarahan kronis. Kasusnya dah lumayan lama, tapi ku marahnya belum tuntas dan ga ilang2. Biasanya kan kalau aku marah, lama2 aku lupa sendiri. Nah ini enggak... Kayak kemarahan satu temenku pas SMP dulu. Dia dikeluarin dari sekolah. Dia kesel. Nah, tiap dia liat anak pake seragam SMP trus di lengan kanan atasnya ada tulisan SMP dia, dia jadi kesel dan pengen marah2. Tiap dia liat gedung sekolah SMP-nya, dia jadi pengen nglemparin bom molotov. Paling parah kalo liat Kepala Sekolahnya (walau hanya mobilnya), pengennya nabrak trus nglindes2. Nah, marahku yang sekarang mirip2 kayak gitu lah... Pokoknya kalau liat mereka, ku jadi panas dan pengen bakar2. Hohoho...

 

 

Seandainya ku bisa mencurhatkannya, mungkin akan mendingan. Misal aku paling nggak bisa menuangkannya dalam tulisan mungkin ku ga akan sedendam ini. Tapi ya ituuu: susaaahhh...

 

 

Dan kemaren, pas aku kepanasan karena emosi jiwa, ku tiba2 inget ku pernah kenal dan berinteraksi dengan seorang anak yang waktu itu sedang dalam masa pemberontakan. Cewek, SMA, keluarganya sangat perhatian, tapi dia malah merasa sangat dikekang. Dia luapkan semua kemarahan dia dalam tulisan, dia tunjukkan ke keluarganya dan dengan besar hati mereka menerbitkannya (jadi aku bisa menconteknya...hehehe...)

 

 

Kemarahan anak itu menurutku adalah murni. Marah dan kesal yang udah sampai ubun2 dan dia ledakkan dalam tulisan. Marah yang ga perlu diragukan lagi. Marah yang jujur. Marahnya sang pemberontak. Bayangkan yah.. Dia anak dari seorang wakil dekan di sebuah fakultas di universitas negeri di Depok (jaelah sok dimisteriuskan gini..hehehe...), mamanya kurator. Mereka tinggal bersama kakek nenek yang mantan menteri. Yaa... Aturan mungkin ada, beban untuk menjaga nama baik keluarga juga ada, dan mungkin dia keberatan. Dan dalam puisi andalannya dia menuliskan

 

I’m a girl with a story to tell

Born in heaven, raised in hell

 

Trus ada lagi satu kemarahan dan kebencian yang sangat dia ungkapkan dengan

 

House is not a home with you in it

 

Dan ketika launch buku puisinya, dan ditanya sumber inspirasinya dengan wajah biasa saja dia menjawab, “My mom”. Auch..!

 

 

Jadi, kupikir puisi2 anak ini sangat layak dijadikan referensi di saat kita marah dan kesal dan dihampiri kebencian. Maka kemarin ku ambil buku itu dari rak dan kubaca satu-satu dan kutemukanlah puisi di atas yang merepresentasikan kemarahanku. Waktu itu (3 tahun lalu), pas aku baca puisi itu untuk pertama kali aku berkomentar, “Oh my.. Ni anak kasihan banget... Merasa tidak diterima, diabaikan dan selalu disakiti. Padahal mungkin ga gitu..”. Dan sekarang komentar itu kuberikan untuk diriku sendiri. Ya. Aku merasa aku menyedihkan.

 

 

Tapi seperti yang dikatakan anak itu di akhir puisinya, I say good riddance to hell on earth. Aku tidak akan membiarkan diriku larut dalam marah dan dendam yang menyakitiku. Aku akan seperti temen SMPku yang akhirnya dengan pintar menghindari hal2 yang sekiranya menimbulkan amarahnya. Dia memilih untuk tidak mendekati gedung sekolah SMPnya, dia ga mau lagi longok2 baca lengan kanan atas anak SMP untuk tau dia sekolah dimana, dan jika di jalan dia melihat ada mobil kepala sekolahnya dia akan berkata, ”Oh itu hanya mobilnya yang mirip”.

 

 

Aku akan berusaha!

 

21 comments:

  1. belum baca semua tapi dah nangkap kira2 isinya apa....
    sebenarnya dengan menulis itu bisa mengurangi tingkat stress....ato dijadikan terapi stress...

    waktu kita kecil kan suka nulis diary,,,nah itu cara ngungkapin hal2 yang sulit utk diungkapkan scr verbal ato ke org lain.

    keep on writing sis...
    this your blog
    u have right to write down anything on it.

    ReplyDelete
  2. thx ta for writing this..
    aku pengen juga tu buku puisinya, tulisan siapa? pengen baca nih..

    trus aku juga lagi menerapkan cara temen smp-mu itu..
    emang sih kalo tertindas kita gak bisa ngapa2in lagi selain menghindari org2/hal2 yg terlibat dalam peristiwa penindasan itu yah..

    ReplyDelete
  3. terus puisi-puisi kamu mana Ta? kok aku jarang liat yah? kenapa ga diposting di MP sini? pasti puisimu bagus Ta dan sangat ekspresif bentuk penulisannya. Karena kamu sangat ekspresif (*sok tau mode on) :)

    ReplyDelete
  4. Ku ga berani nulis diary, karena ancaman terbaca Mak ku cukup besaaaarrr.... Hehehe...

    Makasih ya Ma'...
    Ku kadang masih suka ga enakan kalo mau nulis.. takut ada yg tersinggung kalau terlalu blak2an. Tapi misal mau disamar2kan, mikirnya jadi puyeng... ^o^

    ReplyDelete
  5. Betul! Itu cara melindungi diri sendiri, yang terbaik. Daripada nyakitin diri sendiri terus2an.

    Pas aku kerokan, kan ada yg komentar "U're abusing ur own body!". Jangan sampai aku dapat komentar "U're abusing ur own soul!" juga to? ^o^

    Bukunya disebut di sini
    http://inisidkilk.blogspot.com/2007/09/art-has-always-been-matter-of-real-few.html


    Kalau mau tar kutanyain ke anaknya dia masih punya sisa atau ga, atau mau kufotokopiin punyaku? ^o^

    ReplyDelete
  6. Lari ke puisi kan belum tentu jadi puisi... Kadang ku cuma baca2 puisi orang.. Kadang kalau udah jadi, pas baca lagi jadi malu sendiri...

    Jadi, kalau misal ada yang nongol di MP sini, itu dah lewat saringan panjaaaaaang... ^o^

    Kamu ga sok tau ko.. Aku emang expresif! *kata orang...*

    ReplyDelete
  7. yah berarti nambah satu lagi dong, bukan cuma ekspresif tapi juga pemalu (lha?). Saringannya dikurangin sedikit biar yg laen bisa nikmatin and bisa belajar Ta :)

    ReplyDelete
  8. tul fat...emang saringan dikurangi...bukan cmn biar org lain tp buat diri sendiri...
    dengan diposting lama2 kita belajar sifat kita sendiri dan belajar mengatasi sifat dan emosi diri...hehehhe

    ReplyDelete
  9. Malunya itu adalah bukan malu pada hasil tulisanku tapi ke:
    - Ko kmrn aku sekerdil itu yah pemikirannya?
    - Ko aku katro ajah yak?
    - Ko ternyata kisahku picisan yak?

    Hohoho....

    ReplyDelete
  10. peradaban bisa dibilang salah satunya adalah hasil dari evolusi (perubahan bertahap) pemikiran, pemikiran bisa juga dibilang salah satunya adalah hasil dari evolusi (perubahan bertahap) psikis sosial tiap individu. Dengan merekam dan mengetahui serta menyadari setiap perubahan akan terlihat dimana kelebihan dan dimana kekurangannya*. Setiap orang jadi bisa belajar. Tapi, do what makes you feel comfort, wish all the best for you Ta :)

    * sambil bolak-balik buku psikologi sosial, arghh tugas kuliah numpuk (curcol dikit, hihihihi)

    ReplyDelete
  11. Betul.. Dengan aku sudah bisa menilai diriku kemaren2 katro, picisan, dll..artinya ku udah berkembang. Ya to? ^o^

    Tapiii... Untuk berbagi dan mengumbar kekatroan yang kusadari, aku maluuuuuu.... Kekatroanku cukup buat aku ajah, belum bisa seperti Anang atau Aldi Taher yang bisa umbar kisah... Hohoho...

    Fatri, segera selesaikan tugas kuliah kamu dan share ke aku yah!

    ReplyDelete
  12. there's no boundaries to keep writing even if you sad, angry, or falling in love... always appreciate what was in your mind n feeling he4x

    ReplyDelete
  13. Baiklaaahhh...

    Terimakasih semuaaaa...

    ReplyDelete
  14. makasiiiiiiiii

    mau dong ditanyain.. asikk.. klo sempet potocopyin boleh deh
    asik2 :D

    ReplyDelete
  15. ditulis di blog ajah :D
    blog yg dikasi paswod, trus paswodnya dikasih ke bbrp temen yg terpercaya hehe

    ReplyDelete
  16. Hoooo.... Bisa yah? Nanti kalo materinya ada yg siap, ajari yaaaaa..... :)

    ReplyDelete
  17. blogger.com (blogspot.com) bisa utk bikin blog berpaswod. enak bisa ngeset akses ke temen2 pake account gmail ajah. banyak yg punya gmail kan. :)

    ReplyDelete
  18. Tapi ya setelah kupikir2... Ku justru tipe orang yang agak2 menghindari blog dibaca oleh teman yang dikenal di dunia nyata, yg bener temen... karena tar mereka jadi mengira2 ini kisah yg mana, jaman kapan... Trus takut kl tar jd ditanya2... Padahal kan bisa aja itu udah kudramatisasi, atau kisah A digabung dengan kisah B.. Ya Kan? ^o^

    *mungkin itu sebabnya ku lebih nyaman sama MP daripada FB yah?*

    ReplyDelete
  19. betcuuuuuuuuuuulll =D

    kbetulan temen2 nyataku gak suka mp.. jadinya ya udah aku ngobrol aja di mp.. trus kalo ada temen nyata di mp, biasanya gak suka baca blogku hahaha.. (kamu termasuk perkecualian hehe)

    ps: maksutku pake paswd tu paswdnya dibagi ke temen2 yg masih mau baca. kalo ga pake paswod ya musti pake nama samaran di blog hehe

    ReplyDelete
  20. Hoooo.... Maksudnya gituuuuu.... Kita bagi password buat yg mau baca... Kalo pake kuis atau semacam audisi bisa ga? Jadi sebelum baca satu postingan, ada uji kelayakan dulu.. Kalo dia lulus, dia bisa baca...

    Memungkinkan ga? ^o^

    ps: di antara 90 org teman di MP, hanya beberapa yg temen nyata dan sama, mereka jarang baca... Jadi amaaaannn... Hohoho...

    ReplyDelete
  21. bisa ajah.. abis itu paswodnya diganti :D

    kalo di mp enak ya.. bisa suruh baca abis itu tinggal di-remove klo ga cocok :D

    ReplyDelete