Monday, March 8, 2010

Aku Tidak Latah!

 

 

 

Aku orangnya gampang kaget. Dan ketika kaget, maka aku akan terkaget-kaget. Yaeyalahya.. Hahaha.. Maksudku, ketika aku kaget maka aku akan bereaksi tak disangka-sangka. (Duh, mau bilang aku gampang teriak susah banget yah? Hehehe...)

 

 

Jaman dulu aku gampang banget teriak, melengking. Trus aku berusaha untuk mengendalikan diri. Jadinya: ketika aku kaget maka apa yang sedang kupikirkan atau kuomongkan akan menjadi bervolume tinggi. Dan itu kadang berbahaya, kalau yang kuomongin rahasia trus didengar banyak orang gimana? Aku berusaha lebih keras lagi. Hingga akhirnya kalau kaget aku akan kayak terengah-engah gitu. Itu dah prestasi banget tuh..

 

 

Nah, tapi kadang refleks yang meneriakkan kata-kata masih suka keluar. Dan kata-kata itu adalah “mati kamu! Jatoh!”. Karena kebanyakan yang ngagetin itu adalah sesuatu atau seseorang yang jatoh. Ya kan? Dan teriakan itu bener2 di luar kontrolku.

 

 

Pagi ini, seperti senin-senin yang lain, aku musti berada di suatu ruang dan mendengarkan bapak/ibu guru menjelaskan sesuatu. Dan tentu saja kita harus diam. Suasana hening gitu. Trus satu ruangan hari ini hanya diisi 13 orang. Trus ruangannya itu yang bangunan kuno gitu, jadi tinggiiiii-tinggiiii dindingnya!

 

 

Nah, ketika si ibu guru sedang menerangkan dan para murid mengantuk, tiba-tiba temen di belakangku menjatuhkan botol minumnya. Dan refleks dunk aku teriak “Mati kamu! Jatoh!”. Menurutku si ga kenceng-kenceng amat. Tapi kata anak-anak si kenceng abis, apalagi ditambah gema karena ruangannya. Pokoknya kegiatan di kelas sempat paused sejenak, trus pada ketawa gitu.

 

 

Soal diketawain karena ku teriak, itu dah kuanggap biasa. Tapi, si ibu guru berkata “Saya heran ada yang latah. Biasanya kan orang terpelajar itu ga akan latah. Yang latah itu kan mbok-mbok pasar..”. Makin semaraklah teman-temanku tertawa.. Dan aku sedih karena aku dianggap tidak terpelajar... Padahal aku kan bukan lataaaahhh...aku cuma kagetan!

 

 

Pengen balas dendam ke ibu itu! Pengen sesumbar "Liat aja tar pas ujian! Kubuktikan aku terpelajar!". Tapi..tapi... Tuhan kan ga suka ama orang yang jumawa dan suka sesumbar.. ^o^

 

10 comments:

  1. udah jumwa tuh namanya, wlo masih dalam hati..hihi

    ReplyDelete
  2. so sad masih ada ibu guru yang kayak gini :(
    salah satu character killer nih, meski si ibu mungkin gak bermaksud begitu...

    Sabar yah, Ta..
    sekarang udah bisa dikontrol brapa persen?

    ReplyDelete
  3. hehehehe. Sepupuku yang latah malah kalo kita suruh pukul orang, tuh orang bakal dipukul betulan :D
    untung sekarang udah sembuh. Sampe berobat ke orang yang ngakunya pintar dia. Gak tahan sama latahnya ^^

    ReplyDelete
  4. Lagian gak ada yang salah kan dengan Mbok-2 pasar?
    Ya udah... anggep aja kamu Mbok-2 pasar, dan terpelajar.

    hehehehe

    ReplyDelete
  5. @ ardi: oiya yah.. Ku dah jumawa dalam tulisan.. KucAbut! Tuhan, jangan diitung yah kejumawaanku tadi.. Refleks yang buruk.. Mahap..

    @ dani: begitulah..bu guru berbuat begitu padaku.. *ko jadi kayak ngadu gini.. Hohoho..* ku belum coba tes kekagetan lagi..semoga membaik.. Biar nampak terpelajar.. Hehehe..

    @ yayan: naaahh.. Yang namanya latah tu yang kayak gitu kaaann..? Aku ga gitu..gampang kaget doank.. Serius! Kamu percaya ama aku kan, yan? *lho? Haha..*

    @ eugene: mang ga da yang salah ama mbok2 pasar..tapi si ibu guru kan mengkontrakan antara mbok2 ama kaum terpelajar.. Kalau ku disuruh milih, ku ikut kamyu yah: mbok2 terpelajar! Ough!

    ReplyDelete
  6. ini baru aja kejadian?

    betul ini bukan latah.. kalo latah kan org yg diteriakin suatu kata trus bisa ngikut2 ga jelas..

    ReplyDelete
  7. Iya itu kejadian kemaren, Senin 8 Maret 2010, sekitar jam 11an...

    Terimakasih untuk dukungannya bahwa itu bukan latah.. Itu sangat berarti.. Kadang orang-orang yang baru kenal, trus denger aku refleks begitu suka bertanya "Lo latah?". Haduh..itu bukan latah, teman.. Perlu pelurusan definisi latah nih..

    ReplyDelete
  8. aku juga punya perasaan sama Ta. sebel berat dengan Guru / Pengajar yang omongannya tidak terpelajar.
    sewaktu sma, saya punya guru matematika baru namanya Samena. baru lulus dari IKIP dan jadi honorer di sma ku. (bukannya bermaksud SARA) dia orang batak, dan logatnya masih sangat batak (lulusan IKIP SUMUT).
    pada suatu pembicaraan di kelas, dia komentari nama teman saya : TENGKU. dia bilang, kalo yang asli itu nama TEUKU dari Aceh dan identik dengan TEUKU RYAN yang ganteng dan lagi ngetop-ngetop nya di sinetron TV. sedangkan klo TENGKU itu dia bilang bukan dari Aceh, dan paling juga tukang sayur di pasar juga namanya Tengku.

    uuhhhggrrhhh....ingin rasanya saya labrak guru itu dan bilang ke dia kalo nama Samena itu paling juga inang-inang yang jualan bumbu dapur di pasar deket rumahku.

    ReplyDelete
  9. hahahahahhhhhhhhhh pengen ngakak sama komentar yg ini!

    TEUKU itu bangsawan aceh.
    TENGKU itu memang bukan dari aceh, tapi bangsawan melayu (medan, pekanbaru, dan sekitarnya).

    karena bangsawan, semuanya ganteng2 cantik2
    ps: ta, masih inget sylvi temen kos kita dulu? ;)

    ReplyDelete
  10. @ ian: jiaaa..guru kamu kejaaamm.. Dan kamu lebiH kejam dEngan menyebuT namanya, lengkap beserta suku nya pula! Hohoho..

    @ m'oNit: silvi? Aku inget dunk..yang putiiihh..yang suka makan nasi ama duren, indomi ama susu.. Tengku kah dia?

    ReplyDelete