Monday, March 29, 2010

How To Train Your Dragon_From Pest to Pet

Rating:★★★★★
Category:Movies
Genre: Kids & Family


Judul review yang spoiler abis! Hahaha...

Pokoknya aku suka!

Kusuka bahwa ini adalah film yang bisa dinikmati oleh semua umur. Rating nya ga bohong. Dari Jasmine yang berusia 6 tahun hingga ayahnya, bisa menangkap cerita dan kelucuannya sesuai porsi kami masing-masing.

Kusuka dengan taburan kalimat-kalimat kocak pintarnya dari awal hingga akhir. Narasi awalnya mengenai letak Berk sudah membuatku tertawa: sebelah sininya kesengsaraan, sebelah sananya apa. Trus yang narasi epilognya juga kocak: 9 bulan salju, 3 bulan dingin, dan tentu saja tentang 'from pest to pet' nya! Dan sepanjang film banyak lagi kalimat-kalimat kocak nan pintarnya!

Kusuka tentang kebesaran hati menerima keadaan anak, apapun itu. Walaupun Hiccup seperti seorang anak yang ‘salah pesan’, tapi sang ayah tidak memaksakan kehendaknya untuk menjadikan seperti anak kebanyakan. Ayahnya menyalurkan anaknya sesuai keadaannya. Dan ini juga sekaligus tentang kebesaran seorang ayah dalam menuruti keinginan anaknya, walaupun saat itu sang anak sudah berubah keinginan. Dan yang pasti tentang kebesaran hati menerima keadaan diri.


Kusuka dengan kekikukan hubungan bapak-anaknya


Kusuka dengan penggambaran cinta monyetnya


Kusuka warna baju dan badannya Astrid! Kalo kata iklan kopi, "Pas susunya" ^o^

Kusuka semuanya!


Kusuka bahwa film ini tidak hanya menghibur, tapi menohok juga. Bahkan ayahnya jasmine bisa menarik makna dari film ini yang sama sekali tak (akan pernah) terpikirkan olehku. Bahwa ini adalah gambaran akan kesalahpahaman antara yahudi-islam yang berakibat saling perang. Hmm..? Kalau aku si tertohok oleh ini:

Ayah: They killed hundreds of us!
Anak: And we killed thousands of them.
Ketika si ayah marahin anaknya yang malah memelihara naga yang menjadi musuh orang sepulau.

Jadi, siapapun dan berapapun umur kalian, tontonlaaaahhh...! Benar kata Rio, “It’s a family movie”. Aku sudah membuktikannya! Yaaa walaupun ku tidak menontonnya dengan keluargaku, tapi cukup merepresentasikan sebuah keluarga ko.. Minggu, aku menontonnya dengan Jasmine, kakaknya (12), mamanya dan ayahnya. Trus malam berikutnya nonton sama Vian (yang ternyata beda umur ama aku seumuran anak TK), temannya yang kayaknya semumuran ama Vian, dan adeknya yang masih remaja. Kami semua menikmatinyaaaa..

28 comments:

  1. Ardi peliiiiittt... genepin lima dunk!

    ReplyDelete
  2. kurang bombastis last fight nyaaa.....baca reviewku sih hahaha

    ReplyDelete
  3. Berdoa semoga bisa segera ada dvdnya... Tapi dulu baca novelnya kok biasa aja ya, apa mungkin karena buru-buru mau dibalikin...

    ReplyDelete
  4. dang! gw mikirnya jorok..
    ini gara-gara gagaknya Ardi!!!!!!!!!!!!

    gw hanya agak gak sreg sama endingnya Hiccup, itu bikin bintang setengah ilang, Ta :(

    ReplyDelete
  5. huhaha...ngapain juga nyalahin gagak gw...pikiran lo tuh yg ngeres mulu hahahhaa

    justru itu ending yg sangat manis euy...sweet and bitter, just like coffee

    ReplyDelete
  6. aku kan bacaaaa... kan disitulah ku nemuin rioooo... haha

    setengah bintang itu untuk last fight ya? baiklaaahh... walaupun menurutku itu oke, soalnya kalau dilebihin dikit pasti Jasmine ngumpet dan ndlosor di lantai.. ^o^ Jadi memang reviewku ini cukup personal, karena Jasmine.. Hehehe..

    ReplyDelete
  7. no way jose!
    untuk orang sebaek Hiccup, it's too cruel...
    ah..Toothless.. *lho?*

    -- gagak elu pengen gw pecel --

    ReplyDelete
  8. Eitsss... ku malah suka... Itu lah yang kusebut dengan kebesaran hati untuk menerima keadaan diri, apapun itu. Trus pas diliatin dari belakang dia jalan jejeran sama Toothless, bibirku langsung bergetar, mataku memanas..pyass pyass di dada, tapi ku tersenyum... Trus habis itu kan dikasih liat mereka jadi 'klik'. Simply, mengajari kita to always look at the bright side.. Ayoooo tonton lagiiii...

    ReplyDelete
  9. tapi kan itu wajar, Dani.. Dan ekspresi, reaksi orang2 di sekeliling dia juga wajar.. Ga ada yang jadi ga enak atau sungkan.. malah becandain.. Kusuka! Hiccup nya aja biasa ajah.. Hiccup lebih dewasa daripada kamyu! Hohoho..

    ReplyDelete
  10. wah wah.. kalo aku nonton, bisa keluar review dalem selanjutnya (spt wkt aku review ratatouille) hehehe

    ReplyDelete
  11. 3D nya mnurut gw LEBIH BAGUS dari AVATAR!!! TITIK.

    :D

    ReplyDelete
  12. @ ardi: ku blum bilang yah, kusuka durasinya yang segitu. Pas buat jasmine! Ga sampe bikin dia capek, bosan atau ngantuk.. Parameter utamanya Jasmine dah.. Hohoho..

    @ m'onit: Tunggu apalagi? Segera ke bioskop terdekatlaahh.. Ummhh..ada kan di sana? ^o^

    ReplyDelete
  13. Pengumuman : Di Palembang film ini gak masuk. *yah saatnya ke Lapak*

    ReplyDelete
  14. @ vian: hwaaa.. Oom James ngamuk lho.. Hohoho..

    @ yayan: ga bisa request biar masuk yah?

    ReplyDelete
  15. mereka naga2 yang lucu..baru tau ada naga mirip capung.hehhe.hanya di film ini,aku gembira melihat naga. *gemes*

    ReplyDelete
  16. Terimakasih atas pengertiannya..^^

    ReplyDelete
  17. mereka bisa nyembur api lho..ati-ati.. kalau mereka gemes juga ma kamu, ciumnya bonus api.. hohoho..

    ReplyDelete
  18. Qu ga puas n0nt0nny mb tata.. Digangguin c kakak,,ngajak ngbrol mulu. Huhuhu..

    ReplyDelete
  19. Kok gw nggak tau lu review ini Ta?
    Hm, gw tau lu kasih bintang 5 soalnya papanya Jasmine kasih bintang 5 kan? kekekekekkekekekeke

    ReplyDelete
  20. Kamu kan mang ga perhatian lagi ma aku jo.. Dah bikin film ndiri si.. Haha..

    Ku kasih 5 karna jasmine ga bosan! Bukan karna ayahnya! Camkan itu!

    ReplyDelete
  21. ok... aku sedang melakukan cam dan cis...

    ReplyDelete