Wednesday, March 3, 2010

Kayaknya Emang Musti Pake Fatwa

 

 

Tentang antri

 

 

Tiap kali ada pelanggaran antrian, ku selalu inget tulisan ini.

 

 

 

Setiap hari aku antri minimal dua kali: pagi dan sore untuk beli tiket kereta, selebihnya antrian di bank.  Aku selalu sampai di stasiun beberapa menit sebelum kereta datang dan antrian pasti puanjang. Tapi itu tidak masalah, karena line antrian sudah dibagi-bagi. Loket A untuk kereta A, loket B untuk kereta B, dan begitu juga untuk yang C. Jadi, ga perlu pake adegan ”Mbak, saya mau beli tiket kereta yang ke Tanah Abang satu”. Dan petugasnya pun ga pake basa-basi, "Saya terima uangnya. Ini tiketnya, ini kembaliannya, terimakasih". Semua serba efisien. Tiap orang cukup menyodorkan uang ke loket, dalam dua detik petugas akan memberikan tiket dan uang kembalian. Semua tanpa kata-kata. Baik pengantri ataupun petugas udah kayak robot gitu. Jadi, datang di waktu mepet ga terlalu masalah.

 

 

Yang aku suka dari antrian efisien semacam ini, hampir tidak ada pelanggaran, tidak ada yang ucluk-ucluk ke loket. Tokh, sepanjang apapun antriannya ga bakalan luama untuk bisa sampai di depan dan dilayani. Paling ada satu-dua orang yang tiba-tiba nyelip di tikungan. Tapi, kontrol sosial tentang antrian sudah lebih baik, jadi kalau ada yang nyelip pasti ada yang negur, ”Dari belakang, Pak”. Dan si penyelip, biasanya lebih karena ga aware bahwa antriannya memanjang trus berbelok karena mentok ama toko, dia langsung ke barisan belakang. Aku suka!

 

 

Tapi ternyata ada modus pelanggaran antrian baru! Jadi si Orang yang Baru Datang nitip beli sama yang udah antri duluan. Ketika dia tiba di stasiun, lihat antriannya panjang, maka dia akan melongok-longok para pengantri. Kalau ada wajah yang dikenalinya, maka dia akan nitip beli. Walau bukan pelanggaran berat, bagiku itu tetap tidak etis. Apalagi kadang yang kayak gini malah suka jadi penghambat, karena mereka menginterupsi kerja petugas dan pengantri lainnya yang udah kayak robot. Mereka kan berkomunikasi gitu. Trus pake basa-basi yang nitip mau ngasih duitnya, yang dititipin, "Pake duit gue dulu ajah". Trus kadang pake drama rebutan bayarin. Haiyahh..

 

 

Dan tak kusangka dan tak kuduga, bagi ini aku dibegitukan! Aku dipaksa melakukan pelanggaran itu. Aku udah hampir sampai di loket. Trus ada ibu-ibu nyolek aku, trus ngasih uang sepuluhribuan, ”Nitip..”. Aku kaget. Lha?? Kok bisa-bisanya dia nitip sama orang tak dikenal?! Dan aku cuma bisa pasrah, tapi aku bermuka masam! Pas dia ngambil tiketnya, ku masih saja bermuka masam. Dia bilang makasi kudiemin ajah. Dalam hati, ”Makasihnya sama pengantri yang udah kayak uler itu!”. Aku kesel. Bukannya ga mau bantuin, tapi dia usaha ngantri aja enggak to?

 

 

Nah, habis itu aku diajak melakukan pelanggaran antrian lagi. Kali ini sama supir taksi. Kan kalau kita mau putar balik, kita mepet ke jalur kanan, antri. Nah, tadinya si supir taksi ini udah mepet kanan, trus antri. Eh tau-tau dia ke kiri, menyalip antrian di depan.

 

Tata: Pak, kita putar balik di sini lhoh..

Dia: Iya..

Tata: Kita diomelin orang Pak kalau nyalip gini..

Dia: Panjang banget, Mbak..

Tata: Ya tapi mereka semua ngantri, Pak! (nadaku udah kesel banget)

 

 

Trus si Bapak masuk lagi ke antrian. Di mana itu tidak menurunkan kadar kekesalanku karena kita udah nyalip antrian. Dan untung si Bapak nurut, soalnya pas di putaran ada mobil polisi diparkir (untuk memastikan mobil2 tertib), trus polisinya berdiri di tengah jalan. Kalau ada oknum-oknum pelanggar antrian, disuruh lurus, muter di putaran berikutnya. Tapi, ku tetep aja kesel. Concernku bukan bahwa kalau nyalip antrian kita musti muter lebih jauh, tapi karena itu pelanggaran.

 

 

Sepertinya emang budaya antri musti masuk ke pelajaran agama, jika perlu segera keluarkan fatwanya..

 

 

8 comments:

  1. arau krn antri merupakan budaya komunis mknya sulit diterima ya ta?

    ReplyDelete
  2. Ummmhh... Antri budaya komunis?

    ReplyDelete
  3. hehehe lupa aku set buat "everyone".
    udah tuh :)

    ReplyDelete
  4. antri bukannya budaya barat?
    jadi inget, komen2 di tulisanku http://onit.multiply.com/journal/item/558/soal_budaya_ngantri ada yg bawa2 prosesi rebutan di bbrp daerah negri kita..

    ps: selain pakai fatwa, perlu juga pakai hardware. pasang lorong panjaaaang yg org gak bisa nyelip.

    ReplyDelete
  5. Iya, soal nitip-nitip ini emang menjengkelkan :(
    Apalagi kalo ngantri tiket nonton, gegara orang yang kayak gini, yang dibelakang bisa keabisan tiket :P
    Tapi aku pernah juga ding kepaksa dititipin (dan oleh orang gak kenal juga), buat nolak kok gak tega, tapi ujung-ujungnya kesel juga :(

    ReplyDelete
  6. @ m'onit: ku malah ga ngeh kalo tulisan nya ga 'for everyone'..
    Waktu itu ku antri tiket bulutangkis di senayan dari jam 6 pagi. Loket dibuka jam 8an. Line nya dah dibatasin pake besi itu lho..jadi kesempatan nyelip sebenernya ga ada. Tapiii..ada aja orang yang ucluk2 dari sisi luar line terpinggir langsung ke loket, masukin tangan nya di lubang tiket. Dan ga mau ngeluarin tangan nya, walau udah ditegur, sampai dikasih tiketnya! Ngeselin buanget sumpah! Jadi kayaknya mang musti lorong panjang..

    @ yayan: untuk nonton, yang paling ngeselin adalah: pas tontonannya gratisan, ngambilin tiket buanyak buat temen2nya, trus ternyata ga dateng semua. Tapi kusuka beberapa panitia tontonan gratis membatasi dan tegas bahwa satu orang satu tiket..

    Ayoo kita dakwahkan antri!

    ReplyDelete
  7. Sama orang yang nggak dikenal gitu serba salah ya... tapi kok ya berani juga si ibu minta tolong, apa mungkin kalau Tata nolak dia akan usaha lagi ke yang lebih depan? Hehehe.

    ReplyDelete
  8. can't agree more! say no to line-jumpers!

    ReplyDelete