Monday, April 21, 2008

Hari Kartini di Kereta

"Sehubungan dengan peringatan hari Kartini, maka pada hari ini mari kita berikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk mendapatkan tempat duduk. Buat penumpang laki-laki yang duduk, silakan berikan tempat duduknya kepada penumpang perempuan. Terima kasih"

Announcement itu diperdengarkan saat kemaren kereta mau diberangkatkan dari stasiun Dukuh Atas. Sebagian besar penumpang mendengarkan dengan seksama (berharap bahwa tiket akan di refund), kemudian tertawa. Ada-ada aja ni PT KAI... Harusnya skalian aja kalo pas hari guru, yang berprofesi sebagai guru mendapat prioritas duduk. Pas hari buruh, juga begitu.. =) 

Kalau aku si tidak begitu terobsesi untuk mendapatkan tempat duduk di kereta, toh aku selalu bawa koran yang bisa digelar. Keinginanku adalah hentikan kebrutalan dan keganasan saat akan naik kereta.

Aku suka heran dengan para penumpang kereta. Pas nungguin kereta semua nampak biasa2 saja, kalem2 aja. Tapi begitu kereta datang, semua berubah menjadi brutal dan ganas. Ga bapak2, ga ibu2. Pokoknya semua. Apalagi sesaat sesudah pintu dibuka, keganasan semakin menjadi, dorong-mendorong ga kira2. Kadang ada yang jatuh, ada yang keinjek kakinya.

Aku dua kali jadi korban. Pertama ada siku mengenai badanku, disertai kaki terinjak. Lumayan... Yang kedua (dan semoga terakhir) badanku terdorong dan aku menabrak tiang besi pegangan. Tiang besi, saudara2! Badanku (yang empuk ini) berbenturan dengan tiang besi! Napasku langsung tertahan dan tanpa diperintah mataku langsung berair. Sensasi rasanya ruarrr biasa! 

Serba salah tingkahlah aku dan temanku waktu itu. Mau ngecek gimana keadaannya, ga mungkin. Mau dipegang untuk dielus juga ga mungkin. Mau nyamperin orang yg ngodorong untuk minta pertanggungjawaban, bingung... Bentuk tanggung jawabnya apa? Akhirnya aku hanya bernapas pelan...pelan..sambil menikmati sensasi senut2 itu..  =)

Sejak saat itu ku lebih memilih naik ke kereta paling terakhir daripada harus berebutan dengan kerumunan makhluk ganas itu ^_^

Jadi kuusul buat PT KAI, untuk peringatan hari Kartini tahun depan announcement nya diganti menjadi

"Sehubungan dengan peringatan hari Kartini, maka pada hari ini mari kita berikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk naik ke atas kereta terlebih dahulu. Bagi penumpang laki-laki silakan duduk yang rapi di bangku yang tersedia di peron sampai semua penumpang perempuan telah berada di dalam kereta. Dan bagi penumpang perempuan jangan terburu-buru dan saling mendorong. Terima kasih"

3 comments:

  1. Ta.........
    Ga cm loe aja yg srg kedorong2 wkt mo naek kreta, gw jg sering.
    Malah ada ibu2 gendut yg srg bgt bareng gw, kebrutalannya bnr2 gilaaaaa.........
    Gw prnh hampir nyusruk jatuh ke bwh gara2 didorong ma thu ibu gendut.
    Duhhhhh.....bener2 brutal dech skrg, ga tua, ga muda, ga laki, ga perempuan, sama aja brutalnya.

    ReplyDelete
  2. he...he....he.....
    Kenapa gak sekalian usul aja Non sama KAI : Minta disediain Gerbong khusus buat perempuan...!!!!

    ReplyDelete