Wednesday, November 25, 2009

RAHWANA_Imajinasi Liar

 

 

Kisah Rama-Shinta-Rahwana yang kutau adalah begini: Rama dan Shinta adalah pasangan. Tapi si Rahwana jatuh hati pada Shinta dan kemudian berjuang untuk mendapatkan Shinta. Ketika berhasil mendapatkan Shinta, dibawa larilah Shinta dari istana Rama dan disembunyikan di hutan. Agar Shinta ga kabur, maka dibuatlah lingkaran api di sekitarnya. Kemudian, Rama ingin mencari dan merebut kembali Shinta. Dengan bantuan Anoman, maka kembalilah Shinta ke Rama, setelah bakar2an terlebih dahulu.

 

 

Itu versi yang kutau, lewat dongeng ibuku.

 

 

Pas sekarang kucerna lagi, ku jadi berpikir.

 

Di cerita itu, si Shinta nyaris ga ada suaranya. Diambil sama Rahwana, dia manut. Ditinggal di hutan, diem aja. Dikasih api, pasrah aja, padahal paling nggak dia bisa bilang makasih kan karena api itu akan melindungi dia dari binatang2 buas?

 

 

Atas fakta itulah, ku memiliki prasangka. Jangan-jangan nih.. Si Shinta bukan direbut oleh Rahwana dan dibawa ke hutan, tapi dialah yang minta Rahwana untuk membawa dia lari dari Rama. Bisa saja kan bahwa ternyata Shinta mengalami titik jenuh dengan Rama yang ganteng dan lempeng2 aja. Trus pas dia lihat sosok Rahwana yang slengekan dan tenar sebagai bad boy, dia melihat peluang untuk bebas dari Rahwana. Maka dimanfaatkanlah Rahwana untuk kebebasannya dari Rama yang dirasanya datar dan monoton.

 

 

Atau bisa juga begini, Rama dan Shinta sedang di titik jenuh, passion untuk berkasih2an ga ada lagi. Trus Rahwana melihat gejala2 ini dan merasa iba pada Shinta, ”Kasihan...cantik2 tapi dianggurin sama Rama”. Dia berpikir bahwa untuk kelasnya Shinta, dia berhak untuk mendapatkan lebih dari yang diberikan Rama. Kemudian muncullah spirit untuk ’menyelamatkan’ Shinta. Slogan dia adalah ”I will love you more than that”. Maka, diculiklah si Shinta. Atau bisa juga, pas si Rahwana PDKT dan flirting2, si Shinta kepincut dan ngajak kabur.

 

 

Bisa saja begitu kan? Apalagi dengan fakta si Rama yang angot2an ngambil balik di Shinta. Dia nyuruh Anoman kan? Kalau memang dia cinta mati ama Shinta, harusnya dia berjuang mati2an kan? Bukan mendelegasikannya... Kalau aku jadi Shinta si aku tersinggung..masa iya aku diperjuangkan oleh ajudan..manusia jadi2an pula.. ^o^

 

 

Jadi simpati sama Rahwana...

 

Cheers…

22 comments:

  1. untung lo bukan sinta ta...kalo nggak pelajaran sejarah berobah abisss...:(...susah lagi gue ngapalinnyah,,,

    ReplyDelete
  2. Ada lagi deh alternatifnya setelah Opera Jawa :D (padahal belum pernah nonton filmnya ding).

    ReplyDelete
  3. point of view yang menarik ni :D

    Ini Rama-Shinta-Rahwana jaman modern... jeung Shinta berhak mengapresiasikan isi hatinya.

    ReplyDelete
  4. hehehe... ceritanya ngaco ta2, versi mengada-ada...

    Yang bener tuh Rama mendapatkan pengasingan selama 15th di hutan Dandaka karena permintaan dari salah satu permaisuri Raja Dastarata untuk menyerahkan kerajaan kepada Baratha dan mengasingkan putra Mahkota Ramawijaya, dan sinta sebagai Istrinya yang setia harus ngikut dong hehehe.., Laksmana juga sebagai adik yang paling deket dengan Rama juga otomatis pengen menjaga mereka.

    Di hutan mereka bertemu dengan Raksesi (Raksasa perempuan bernama Sarpakaneka adik Rahwana). Raksesi ini pergi memberitahu Rahwana bahwa di hutan dandaka ada perempuan yang cantik bernama Sinta istri dari Raama, maka dibuatlah suatu muslihat agar sinta dapat diculik dengan menciptakan Kijang kencana yang sebenarnya adalah jelmaan dari Kalamerica (salah satu anak buah Rahwana) yang kemudian diburu oleh Rama atas permintaan Sinta.

    Ketika panah rama mengenai Kijang tersebut, kijang tersebut berteriak kesakitan dengan menyerupai suara Rama sehingga membuat Dewi Sinta khawatir suaminya terluka. maka dimintalah supaya Laksmana menyusul Rama.

    Laksmana yang merasa itu adalah bukan suara Rama, malah dituduh oleh sinta sebagai seorang penghianat yang tidak mau melindungi Rama. Maka dengan berat hati Lassmana menuruti untuk menyusul Rama tapi sebelumnya memberikan perlindungan dengan garis bumi dan sinta tidak boleh keluar dari garis tersebut sebelum Rama atau Laksmana kembali.

    Di pihak lain Rahwana menjelma menjadi pengemis yang sedang kehausan dan berhasil mengelabui sinta agar keluar dari garis bumi (lingkaran) yang dibuat Laksmana dan akhirnya berhasil membawa Sinta ke Istana milik Rahwana..


    hehehe, ceritamu itu loh, lucu..hehehe

    ReplyDelete
  5. Opera Jawa tuh film nya si Artika yah? *blum nonton juga..hihihi...*

    ReplyDelete
  6. Hehehe... Ku juga suka ama aku! *yaeyalah...*

    ReplyDelete
  7. Busyet dah! Rumiiiiiitttt.... baca nama2nya aja ku sulit... hehehe... Pantesan mak ku nyritain versi singkatnya (dan ternyata ngaco yah?)... Hahaha...

    Tar ku baca lagi crita asli di atas...trus berimajinasi lagiiiiiii.... ^o^

    ReplyDelete
  8. jangan-jangan si Rama impotent.... wakakakakakaka

    ReplyDelete
  9. oh, yang dalangnya si Parto itu kan? Yg ada Sule-nya?

    ReplyDelete
  10. Bisa jadiiiii... Habisnya dia klemar kemer gitu kaaaannnn? Hahaha..

    ReplyDelete
  11. bukaaaaannnn...itu kan Opera Van Jawaaaa... ini ga pake 'van'!

    ReplyDelete
  12. Hahaha....
    Kalau soal cinta sejati Rahwana ke Sinta, so pasti ta...
    Soalnya si Rahwana gak mau menyentuh sinta sedikitpun, padahal andaikan dia benar2 seorang yang gak baik, udah habis kali perlawanan sinta hehehe...

    dan perlu kau tau Rahwana walaupun dia raja dia juga pernah menjadi resi (petapa) yang kesaktiannya melebihi dewa. Makanya Dewa-dewapun gentar kalau harus berurusan dengan Rahwana. Anaknya rahwanapun sanggup mengalahkan Dewa Indra sehingga salah satu anaknya bergelar Indrajit (penakluk dewa indra).

    Wah si Tata tambah pusing dah hehehe...

    ReplyDelete
  13. Oopss.. Mahap kalau menjadi terganggu oleh imajinasi liarku ini..

    ReplyDelete
  14. wakkakaka
    santai ajah lah
    elok suka hanya karena aku paham ceritanya jadi malah gak bisa berimajinasi wakakaka

    ReplyDelete
  15. @jo
    kok pingsan
    perlu nafas buatan
    *kedip kedip mata*

    ReplyDelete
  16. Gak kepikiran sampai segitu..

    Menggelitik juga tuch....

    He.he..he...

    ReplyDelete
  17. Menggelitik atau tergelitik? Hohoho..

    ReplyDelete
  18. dan hanoman itu cuma utusan untuk melihat sikon alengka.
    kalo hanoman mau.. tidak usah sri rama datang bersama wadya baladnya, sendirian juga bisa hanoman habisin. Makanya dia cuma ngobrak ngabrik dan bakar-bakaran di alengka. dan sinta pun terhibur dengan kehadiran monyet putih yang lucu ini.

    Hanoman ini juga anak dari batara syiwa dan murid asuh batara bayu. jadi bukan sembarang monyet.

    ReplyDelete