Tuesday, November 10, 2009

Sapu Kotor

 

 

Aku menemukan istilah ’sapu kotor’ pas jaman kuliah dulu, berdua temanku. Istilah itu kita gunakan untuk merujuk pada sesuatu tindakan yg sebenernya baik, tapi dilakukan dengan cara atau sarana yang tidak baik atau salah atau melanggar. Misalnya, jual ganja biar bisa nyumbang pembangunan masjid. Atau yang sederhana, demi memperjuangkan aspirasi rakyat maka ikut unjuk rasa pas jam kuliah, trus nitip absen deh.. ^o^

 

 

Waktu itu aku dan temanku itu berpikiran bahwa, apa yang dilakukan baik si…tapi caranya kurang baik… Jadi waktu itu aku bertanya2, “kalo kayak gitu jatohnya gimana yah? Malaikat nyatetnya gimana yah?”. Trus tercetuslah pemikiran kayak lagi nyapu, tapi pake sapu yg kotor… Tujuannya ngebersihin, tapi karena sapunya kotor, yaaaa…lantainya ga bersih juga dunk…bisa jadi malah makin kotor…

 

 

Maka istilah ‘kayak nyapu pake sapu kotor’ kita pake seterusnya untuk kasus2: nyontek pas ujian demi membahagiakan ortu, naik haji pake duit korupsi (atau sebaliknya korupsi demi naik haji), ngasi bunga hasil metik di kebun orang, dll.

 

 

Beberapa waktu lalu, ada seorang temanku (yg ga akan kusebut namanya) pengeeeeen banget umrah. Tapi budgetnya cuma buat dia sendiri. Bokapnya ga bisa nemenin karena habis haji dan habis pulang kampung yg jauuuuhhhh banget. Dia punya adek cowok yang sebenernya bisa nemenin dia, tapi masih mahasiswa, jadi ga ada duitnya. Kalau dia mau adeknya nememin dia, ya dia musti ngongkosin. Dan itu ga mungkin.

 

 

Peraturan umrah nomor 1 adalah harus ditemani muhrim kan? Agen tempat dia daftar umrah mengatakan bahwa bisa berangkat umrah sendiri, gapapa ga ada muhrim, tar dicariin. Lha? Muhrim ko dicariin? Ternyata mereka punya trik2 ‘mengakali’ peraturan, di antaranya dengan memasukkan temenku ini menjadi anggota keluarga rombongan yg lain. Tapi setelah dicoba, katanya ga bisa dengan cara seperti itu lagi. Temenku dah mau pupus harapan bisa umrah. Tapi si agen berkata, “Tenang Mbak.. Masih ada cara lain ko..”. Yaitu pura2nya temenku itu udah nikah sama ustadz pendamping rombongan, artinya akan ada surat nikah palsu. Pas aku denger crita itu dari temenku dengan ending, “Doain yah...”, aku sebenarnya agak terusik. Tapi kuiyakan ajah. Trus doaku gini, “Allah... Beri jalan yg terbaik buat dia yah..”. Kubilang ‘jalan yg terbaik’, ga cukup hanya ‘jalan yg baik’.

 

 

Dan aku jadi inget tentang ‘menyapu dengan sapu kotor’. Keinginan temenku itu untuk umrah adalah luar biasa baik. Tapi, kalo pake segala cara gitu? Jatohnya luar biasa baik juga ga?

 

 

Dan singkat cerita, temenku ga jadi berangkat umrah... Eh belum jadi dink.. Mungkin nanti kalau sudah ada muhrim asli... Amin... Dan jujur, aku bersyukur karena dia dihindarkan dari praktik menyapu dengan sapu yang kotor :)

 

 

Nah, pagi ini kubaca di koran berita ini:

 

 

 

 Seorang jemaah haji asal Sukabumi melahirkan di Madinah. Sebelum berangkat Iyet tidak terdeteksi sedang hamil. ”Dari pengakuannya, ia memang sengaja menyembunyikan kehamilannya agar tetap bisa berangkat beribadah haji”, keterangan Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Depag Kabupaten Sukabumi. Dalam tes kesehatan tahap pertama, kedua, dan ketiga, Iyet mencampurkan air seninya dengan minuman teh supaya kehamilannya tidak terdeteksi.

 

 

Soal petugas yang kebobolan wanita hamil, ga usah dibahas lah ya.... Tapi ‘usaha’ si ibu menyembunyikan kehamilannya biar naik haji lah yang jadi concernku. Dia sedang menyapu dengan sapu kotor atau ngepel pake air kotor? ^o^

 

 

7 comments:

  1. Ya ampun, padahal kan semua demi kebaikan si ibu itu sendiri....

    ReplyDelete
  2. Ya mungkin si ibu itu pengeeeeeen banget naik haji... "Segala cara akan kulakukan demi haji! Ough!"

    ^^

    ReplyDelete
  3. waaaah bener
    menghalalkan segala cara demi menuju cita cita sekalipun itu cita cita baik.
    pelajaran buat kita ya artinya sabar kembali menjadi benteng terkuat :)
    klo nyontek mah itu semua sedunia pernah kali wakakakak masa lalu deh :)

    ReplyDelete
  4. Semoga kita terhindar deh dari hal-hal kayak gitu...

    ReplyDelete
  5. @ Elok: betul...harus sabar..

    @ Leila: Amin...

    ReplyDelete
  6. pdhl kan haji tiap taon ya.. biar si anak lahir dulu dong hehe

    ReplyDelete
  7. mungkin dia mood-nya tahun ini.. hehehe...

    kalo temen sekantorku pernah gini... demi naik haji, anaknya dia lahirin prematur..habis itu dia tinggal ke mekah... *no comment*

    ReplyDelete