Thursday, November 19, 2009

Relijius si Relijius…

 

 

Tentang teman sekamarku yang baru.

 

 

Ini masuk bulan ke-3 kami sekamar. Tapi kalo sekosan sudah tahun ke-3. Dia seorang wanita 35 tahun beranak 3 asal Medan. Jadi dia sedang kuliah lagi di UI seagai tugas belajar dari tempatnya bekerja.

 

 

Pas pertama kali dia datang, anaknya 2, cowok semua. Jarak umur mereka setahun saja. Si Sulung waktu itu TK besar dan adiknya TK kecil. Dua anak itu dia tinggal bersama suaminya di Medan demi ilmu pengetahuan mamanya.

 

 

Liburan Natal 2007 dia mudik ke Medan dan balik ke Depok setelah tahun baru. Waktu itu dia resah dan merasa ada sesuatu terjadi tubuhnya. Maka belilah dia test-pack dan ternyata positif. Atas berbagai pertimbangan, di antaranya kesibukan dia kuliah, jauh dari keluarga, tidak ada rencana nambah anak, maka dia dan suami memilih untuk tidak melanjutkan hamilnya. ”Jadi pembunuh kecil2an lah...”, gitu katanya.

 

 

Karena dia kuliah di FKM, maka dia punya beberapa teman yg bekerja di rumah sakit. Salah satu temannya menyatakan bahwa kalau dia mau, dia bisa melakukannya di RS nya. Temanku itu setuju, dan suaminya pun sudah siap mengirim surat pernyataan suami bahwa dia mengijinkan istrinya melakukan aborsi.

 

 

Tapi rencana yang hampir terlaksana itu terendus oleh Mamaknya temenku dan dia dimarahin habis2an. ”Karena alasan repot kau mau bunuh anak di perut. Nanti kalau dua anak kau itu besar dan kau kerepotan, mau kau bunuhi mereka juga??”. Dan kalimat2 keras lainnya.

 

 

Maka urunglah pembunuhan berencana yang kecil2an itu ^o^ Dan lahirlah anak perempuan yang lucu banget! Dan dia beri nama Honey.

 

 

Semester berikutnya temenku itu cuti hamil untuk melahirkan. Enam bulan kemudian, ketika Honey masih bayi, dia kembali ke Depok untuk kuliah kembali. Tadinya sang suami mau menahan Honey, biar mamanya aja yg ke Depok. Tapi dengan alasan ASI, maka Honey menjadi anak kos di usia dini.

 

 

Semester kemaren, Honey dan mamanya beda kamar sama aku. Walau begitu, kalau hari Sabtu kan aku libur sedangkan mamanya kuliah, jadi Honey suka kuculik. Di antaranya kuajak nonton Pocong Kamar Sebelah.. ^o^

 

 

Habis liburan semester dan lebaran kemaren, mereka kuminta untuk sekamar sama aku saja. Daripada aku sekamar ama anak baru dan ternyata penjahat lagi kan? Maka, sejak 3 bulan lalu aku sekamar sama bayi.

 

Seruuuuuuuu!! Apalagi sekarang dia lagi belajar jalan.. Kocak liat kaki2 mungil itu melangkah trus habis itu 'debummm', jatoh terduduk.. ^^

 

 

Nah, si mamanya Honey ini adalah penganut Kristen yang taat. Tiap hari Minggu dia ke gereja untuk kebaktian. Trus di hari lain (selasa sama kamis), pas sore2 gitu ke gereja lagi untuk Pendalaman Alkitab (PA).  Trus kulihat dia juga rutin baca Santapan Rohani Harian.

 

 

Nah, sudah seminggu ini Honey sakit batuk pilek. Jadi tidurnya selalu resah, bentar2 bangun dan merengek2. Kasihan banget dah.. Dia kan masih kecil, tapi batuknya berdahak sedangkan dia belum bisa ngeluarin dahak kan? Jadinya tiap dia batuk aku yg miris gitu.. Belum suara nafasnya yg kesumbat... Suka ga tega dengernya...

 

 

Semalem, Honey susah untuk disuruh tidur. Ngrengeeeeekkk teruuusss… Aku tau dia pasti sakit banget kepalanya, soalnya ingus dia tuh beniiiiinnggg dan enceeeeerrr banget! Maunya keluar kamar terus. Akhirnya kugendong dan kuajak maen ke kamar2 lain sampai jam 9. Habis itu balik ke kamar untuk tidur. Tugas itu kuserahkan ke mamanya, karena aku udah ngantuuuukkk bangeeettt…

 

 

Honey berpindah gendongan ke mamanya, dan tetep ga mau dibawa ke kasur. Lama2 mamanya kesel, dia paksa aja si Honey ke kasur. Ditidurkan. Pas kejadian itu ku udah selimutan, dan hampir sekarat.

 

Udah ya, Dek… Bobo lah Dek… Udah malam... Mamanya capek Dek…”, bujuk mamanya Honey.

 

 

Yuk kita baca cerita aja yah... Sini mama bacain”.

 

 

Aku masih denger tapi sambil merem, mataku dah ngantuk berat. Kupikir temenku itu mau bacain cerita dari salah satu buku2ku. Sambil tidur2 ayam itu aku berharap temenku milih yang 3 babi dan Serigala. Habis gambarnya lucu2, pasti Honey suka!

 

 

Tapi yang kudengar bukan, ”Pada suatu hari ada 3 babi”, melainkan ”Kita baca ini aja ya Dek... Daud mau membangun kuil”. Serta merta aku melek dan bangun trus nengok ke mereka. ”Busyet dah! Kakak bacain Alkitab buat Honey?!”. Dia beneran megang Alkitab buat didongengin ke anaknya yang berusia 13 bulan!

 

 

Kan tadi kakak ga berangkat PA, jadi sekalian aja... Hehehe...”.

 

 

Berat..berat...

 

 

Emang iya si pendidikan agama dimulai sejak dini... Tapi masa iya dongeng sebelum tidur anak 13 bulan adalah kisah Daud mau bangun kuil versi Alkitab... Masih mending kalau dalam bentuk cerita bergambar. Nah ini? Beneran Alkita yang tebel dan tulisannya kecil2 ituuuu.... Untung Alkitab nya berbahasa Indonesia, nah misal kan itu terjadi padaku? Serem ga si misal anakku tar pilek, rewel pas mau tidur trus kubacain AlQur’an? Bisa2 dikira Yasinan to?

 

^o^

 

 

 

 

 

5 comments:

  1. udah habis akal kali tuh si kakak....

    ReplyDelete
  2. nah makanya dibacain alkitab ta, soalnya sama kamu dah diajakin nonton film beginian hihihi ;))

    ReplyDelete
  3. @ ka lien: masa iya ibu2 kehabisan akal buat nidurin anaknya...

    @ mbak lisa: hahaha... iya juga yah? jadi pengen mengurungkan niatku ngajakin dia nonton Hantu Binal Jembatan Semanggi... ^o^

    ReplyDelete
  4. hehehehe daripada dibacain stensilan....

    ReplyDelete
  5. Oh..kalo itu bagianku dunk... hahaha...

    Brilliant ide, Jo! Kl Alkitab kan SARA tuh..stensilan kan universal... Hohoho..

    ReplyDelete