Saturday, November 28, 2009

XXL_A Smart Movie

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Comedy
Ku ga nonton XL, karena kayaknya waktu itu ku masih suka pilih2 film, trus ilfil sama judulnya: Antara Aku, Kau dan Mak Erot. Tapi ku sekarang kan penonton segala, segala macam film ku tonton. Bahkan film yang menurut temen2ku abal2, kutonton juga. Kalau ada yg bertanya, "Film abal2 gitu lo tonton?". Aku menjawabnya, "Eitss..makin abal2 makin pengen kutonton.." (Ingat, Pijat Atas tekan Bawah pun kutonton to?)


Begitulah.. Maka pas malem lebaran haji kemaren, di saat orang2 takbiran, ku putuskan untuk nonton aja. Dan karena semua org sedang terobsesi nonton Ultraman The Movie (baca: 2012) dan Kisah Kasih Anak SMA (baca- New Moon), maka ku pilihlah XXL. Ga pake antri, se studio isinya cuma 14 orang, saling berjauh2an. Dalam benakku adalah: baiklah, aku siap untuk apapun. Mau jorok bin filthy kutelen dah..


Ternyata eh ternyata...ni film WOW... Super WOW.. Ku bukan hanya menerima dengan sangat baik, tapi juga terhibur dan terkagum2.


Konflik yang dimunculkan simple tapi ngena. Tentang Jawa vs Sunda. Persaingan antar genk Barudak Lier dan Wong Kenthir (jawa banget dan sunda banget kan?). Yang satu dipimpin Aming yang sunda banget dan satunya Dwi Sasono yang ok Jawanya walau sesekali lupa logat. Trus ada kisah kasih antara Aming dan MeiChan yang surprisingly ok aktingnya. Di situ kan MeiChan jadi adiknya Dwi Sasono, kupikir arahnya bakal kayak Rome-Juliet gitu...ternyata enggak. Keren deh critanya..


Nah, menurutku yang menjadi kekuatan film ini adalah:
- script yang oke banget. Nyambungin jalan crita perseteruan antar geng sama Mak Siat sang pembesar alat kelamin, bisa banget dan rapi. Trus dialog2nya tuh mantap, nampar banget. Udah gitu penempatan sindiran2nya passs ajah. Kayaknya nyeletuk2 biasa, tapi nendang banget. Misalnya pas MeiChan bilang kakaknya adalah anggota DPR, trus Aming nyeletuk "Dewan Perwakilan Rampok..?". Hwuaaa... Smart isn't it? Sumpah aku terkagum2, hingga nama pertama yg kucari di credit title adalah penulisnya. Dan terbacalah Monty Tiwa. dan itu jadi PRku untuk nyari tau siapa dia ^o^

- Pemain dan aktingnya wow. Aming ga usah diragukan lagi lah ya, dia selalu akting dengan total. Epy kusnandar apalagi, ku jatuh cinta padanya pas dia pentas Hamlet. Dwi Sasono, Sarah Sechan, kebayang lah ya.. Dan yang paling wow adalah MeiChan. Jawanya jawa banget, ekspresinya natural banget. Mau dia kegirangan, mau nangis sesenggukan, semuanya oke.

Nah, perpaduan script, cast dan akting yang wow itu menghasilkan tontonan yang udah kubilang di atas, ga cuma menghibur tapi juga nampar2.

Jadi, ku bener2 musti kampanye biar orang2 di sekitarku nonton film yang pintar ini. Bahwa ini bukan film biasa, apalagi abal2. Ini bener2 film pintar. Dan satu hal yang pasti, ga ada sekikitpun adegan atau becandaan jorok. Semuanya smart.

Berikut contohnya:
- Sumanto yang nanya ke Surti kekasihnya yang bekerja jadi TKI di Arab: Kenapa si Sur kamu lebih seneng jadi TKI di Arab? Padahal di sana kamu dipukulin.. kalau cuma gitu, aku juga bisa mukulin kamu terus di sini...

- Aming yang marahin anak buahnya karena salah nyulik orang, tapi mereka bilang gapapa. "Kita nyulik itu udah salah. Lha ini? Salah nyulik!"


Selain hal2 smart, yg sebenernya biasa juga ada. Tapi yang biasa pun, semisal tentang jogja yg udah punya 2 bioskop pun bisa disajikan dengan kocak. Range sindiran nya merata. mulai dari budaya bangsa yg dicuri tetangga hingga urbanisasi dan flu babi. Yaaa...walaupun yg flu babi agak2 kurang..


Satu hal yang menurutku kurasa kurang adalah penyelesaian konfliknya. Idenya si oke, yaitu berhentilah bertikai antar genk karena ada genk yang lebih besar yaitu Indonesia. Muatan nasionalisnya si ketangkep, tapi terkesan maksa dan kurang pas untuk ending pertikaian Jawa-Sunda yang sudah dibangun dengan cantik.. Untuk ending kisah cintanya, walau agak2 standard tapi berkat MeiChan dan Aming jadi pyas..


Untuk itu 4 bintang kuberikan...

Tonton yaaaa...

37 comments:

  1. Owya.. Musik dan lagu2nya juga ok. Pyas pyas deh.. ^o^

    ReplyDelete
  2. belum nonton, dan gak bakal nonton kali ya...

    ReplyDelete
  3. Iihh.. Org kublg 'tontonlah!'.. Kubayarin deh.. ^o^

    ReplyDelete
  4. film pertamanya hancur banget. Satu studio tertawa aku cuma manyun, "lha apa bagusnya?" untung aja waktu itu dibayarin temen jadi gak rugi-rugi amat. XXL kayaknya punya 'napas' baru ya... tertarik sih, tapi, kayaknya nunggu traktiran lagi aja deh hehehehe

    ReplyDelete
  5. @ jo: mana nmr rekeningnya? Punya ga?

    @fathin: waduh, kl km ga bs menikmati XL,yg mnrt TOTAL FILM sukses (akhirnya ku bc tu majalah krn penasaran ma ni film), ku ga jamin XXL bs km trima..ni komedi jatohnya satir gt lho..modelnya Get Married 1.. GM1 km suka kah?

    ReplyDelete
  6. Suka bangeeeet kalo Get Married :D aku penasaran juga nih sama Total Film, tapi harganya bikin sakit hati... hehehe

    ReplyDelete
  7. humor monty tiwa lumayan laaah ta.. kalo g slh, debut pertamanya sbg director pas maaf saya menghamili istri anda, tp kalo script writer ud bnyk kok.. ya lumayan laah..

    ReplyDelete
  8. @ fathin: mang brapa si harga total film? *longok mjlh d kolong* busyet dah! Bs buat ntn 3 film tuh! Sujud syukur aahh kmrn dpt gratisan.. Hohoho..

    @ ari: penyakitku slama ini adl ga (mau) kenal dan ngapalin org.. Jd ku ga tau monty tiwa tuh sapa.. Hihihi.. Tp mulai skrg ku mau perhatian ama org2 d credit title aahh.. Insya Allah.. ^o^

    ReplyDelete
  9. haha, kalo ditabung dan diniatin beli sih bisa, tapi aku udah biasa beli cinemags, buat nyoba-nyoba yang baru aku gak berani, lain kalo pertama dapet gratisan (kayak Tata) dan suka seterusnya bisa aja beli hehe. *sempet traumah karena beli Moviemonthly*

    ReplyDelete
  10. Eitss.. Ku jg dpt gratisan cinemags,tp blum kubc.. Ada CD nya jg kayaknya.. Tar mlm cb buka aahh.. *ga suka bc mjlh krn ga suka bau kertasnya*

    ReplyDelete
  11. Sini...sini... majalahnya dilempar ke Palembang. :D kok bisa dapet gratisan, mau juga aku wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  12. Kemaren pas openingnya IiNAFF dapet yg Total Film itu. Nah, seminggu sebelumnya di openingnya European on Screen, dapet majalah buanyak...jadinya buerattt.. Biasalah media, kalo dimintain sponsor ngasihnya kan majalah... *pengalan jaman kuliah bikin acara, nyari duit tapi dapetnya majalah... *

    ReplyDelete
  13. nelangsa banget tinggal di Palembang kalo dalam hal ini hiks hiks hiks...

    ReplyDelete
  14. wah, macam telat nih baca ini review...

    udah undur diri dari peredaranlah ini film --"

    ReplyDelete
  15. Yah...sayang sekali...

    tapi tar pasti diputer ditipi ko... Tenang ajiah...

    ReplyDelete
  16. wah.. itu dia, aku juga jarang nonton TV.. --"

    ReplyDelete
  17. Jarang nonton TV tapi ngeh ada mbak2 pose ngangkang aneh...

    Hohoho..

    ReplyDelete
  18. nah, kemarin long weekend natal itu nggak ke mana-mana akhirnya sahabatan sama TV hahaha... :D

    ReplyDelete
  19. - aku gak suka Get Merried, buruk! gak bisa liat di mana bagus dan satirnya itu film..

    - aku gak suka Monty Tiwa! Pernah bertemu, dan mendapat workshop tentang penulisan naskah dari dia, dan kata-kata yang keluar dari mulutnya membuatnya tampak bodoh. Buatku dia bodoh. Memang, dia bisa menulis naskah film, gak semua orang bisa kan? tapi, tetap aja dia bodoh..!
    Selain itu, setiap film yang ia sutradarai selalu berakhir berantakan!

    kesimpulannya: aku gak akan pernah menyukai film ini, pasti!

    ReplyDelete
  20. - kamu ga suka Get Married karena unsur Hanung nya yaaa.. Hohoho.. Ayolah objektif dikit.. GM 1 ya yang kita omongin.. GM2 mah emang biasa ajah..

    - ku 'kenal' monty tiwa baru di film ini. Dan peran dia cuma nulis, sutradaranya baru debutan.. Oke ko.. Ga akan buat kamu bunuh diri, Shan.. Kujamin dah!

    ReplyDelete
  21. objectively, I did not like Get Married.
    mungkin kalo bukan Hanung yang nyutradarain, hasilnya bakalan lain. sungguh, dia sutradara yang buruk..
    sampe kapan pun aku gak akan suka.. dan dia gak akan berubah, Hanung tetaplah Hanung dengan seleranya yang payah.

    ReplyDelete
  22. Hahaha.. Okay.. Mungkin waktu itu ku masih satu aliran sama juri FFI, jadi ku bisa menikmatinya..^^

    ReplyDelete
  23. By the way, aku suka loh Get Maried. Skripnya mateng. Directingnya oke! GM 1 adalah pencapaian tertinggi Hanung. :)

    Soal Monty, dia tuh sinisnya sm kayak Joko. Sinisnya makannya byk sindiran2 gitu tp itu sinisnya. Filmnya mah Jauh.

    ReplyDelete
  24. *peluk Adam*

    mari Dam bersama hadapi Shandy..

    ReplyDelete
  25. ayo, maju kalian berdua..!!
    gue mo minta dukungan ah sm Michael Johani (*emang kenal, 'ndy?*) :D
    jadi, man to man kita..!

    ReplyDelete
  26. untuk hal prinsip, dan penegakan kebenaran, aku siap sampe mati!
    Aku bisa buktiin secara ilmiah (kajian film, estetika, dan semua cabang ilmu film lainnya) bahwa GAK ADA SATU PUN dari film Hanung yang bisa dikatakan sebagai film yang baik! aku bisa minta tolong sama profesor film, kritikus film, penyair, whatsoever, untuk mendukung apa yang kukatakan!

    Wulan Guritno aja pernah bilang sm gw kalo Hanung itu sutradara paling beruntung di negeri ini! Dia hanya beruntung, tanpa bakat! Itu Wulan yang ngomong lho disaksikan seorang teman, Lulu Fahrullah.. kalo Wulan aja pendapatnya begitu, gimana kata kritikus film..??

    Review dari Michael Johani itu udah jelas banget gimana buruknya film Get Married. Dan Johani tau apa yang dia omongin, dan ia punya dasar.

    Ok ok aja sih kalo ada yg suka dengan Get Married, itu artinya Hanung berhasil menyesatkan penontonnya! Ia berhasil mengelabui penonton hingga mereka berpikir bahwa apa yang mereka tonton adalah sesuatu yang hebat. He conditioned your thoughts.

    No offense ya, sampe mati pun gw gak rela ada yang bilang Hanung atau film-filmnya bagus! Ini bukan soal selera, semuanya bisa dibuktikan secara ilmiah. Ya, film adalah seni, dan sejak ada mata kuliah Kajian Film, semua film bisa dinilai secara ilmiah karena ada ilmunya..

    Hanung, may your soul burn in hell !!!

    ReplyDelete
  27. Shandy.. Ampuuuu..nn!! Jangan bawa2 mati dunk..

    Ouw.. Kamu dah nemu review nya Mikael Johani? Ketemu jejakku juga dunk? Ku nengok lagi aja blum bernyali.. Takut kaget dengan apa yang kutulis waktu itu..

    Gini aja.. Kita tonton bareng film itu skali lagi.. Trus kita lihat, apakah aku masih dengan pendapatku dan begitu juga kamu.. Semakin hari pemikiran dan penangkapan kita akan suatu film kan semakin berkembang.. Jadi bisa saja ku berubah, bisa saja kamu..

    Gimana?



    ReplyDelete
  28. Fyi, Shan. Mouly Surya suka loh sm AAC tp cm sebatas suka dan dia jg blg kalau GM 1 emang bagus...

    By the way, ini cuma masalah 'selera'.. :)

    ReplyDelete
  29. di hari pertama si Johani ngepost review itu aku udah baca..
    Ok, kita bisa saja berubah, tapi Get Married kan gitu2 aja gak berubah.. tetep aja jelek.
    "3 Hari Untuk Selamanya" akan selalu menjadi film yang baik buatku, selamanya.. dia gak akan berubah jadi film yang buruk. Sama halnya dgn Berbagi Suami, Kala, Pintu Terlarang, Romeo Juliet, tapi gak dgn Get Married.

    maaf, Tata, menonton kembali Get Married tidak akan menghasilkan apa-apa. It's pointless.
    Bila kamu peka, unignorant person, kamu akan tahu dan melihat dosa Get Married disana..
    Get Married adalah sebuah pelecehan terhadap kemanusiaan. Ok, mungkin aku terdengar berlebihan, dan jgn tanyakan alasan-alasan pernyataanku, kalau kamu tak melihatnya, sungguh, itu karena kamu belum saja melihatnya..
    :-)

    ReplyDelete
  30. Siapa disini yang suka dengan Film2 Sekar Ayu Asmara?

    Orang2 bilang film2 di Amoral, bodoh dan maksa. Tapi bagi gue, semua karya dia adalah Masterpiece..

    Kalau Hanung,cuma beberapa doang yg berhasil gue bilang bagus!

    ReplyDelete
  31. Adam, Tata, kita sudahi ya..
    gak rela gara-gara Hanung kita harus bersitegang begini..
    :-D
    see, that's why I hate him so badly.

    case closed.

    ReplyDelete
  32. Gw suka Sekar!!
    gw suka semua filmnya!
    She's an artist, Dam !

    ReplyDelete
  33. Ku baru aja kilas balik ke review nya Johani. Dan aku merinding bacanya:
    1. Dia nulis dengan begitu emosional
    2. Aku menanggapi sebegitunya sehingga nampak aku garda depan GM

    aku kaget dulu aku begitu.. Brani2nya 'brantem' ama dia..

    Shandy.. Kamu melecutku untuk memunculkan pendapat originalku tentang Get Married.. Kucari dulu yah!

    ReplyDelete