Sunday, October 31, 2010

Sushi..Makashi..

Tentang bertahan di angka itu.

 

Okay.. Aku sebenarnya bukan orang yang sangat peduli pada berat badan. Ketika temanku yang sudah beranak, lebih tinggi dari aku, tapi berat badannya di bawah aku, aku biasa-biasa saja. Tidak termotivasi untuk menurunkan berat badan. “Aku pernah ko di angka itu juga..dulu jaman SMA”. Hingga suatu ketika aku diberi tempat duduk di busway oleh mbak-mbak yang tidak lebih muda dari aku. Dan itu terjadi dua hari berturut-turut. Aku tidak jompo, aku tidak disable, aku tidak sakit, tapi ada yang memberikan bangkunya ke aku. Mencurigakan bukan? Maka aku berkaca, benar-benar berkaca, sebadan penuh. Dan kudapati bentuk badanku seperti perempuan yang sedang hamil muda. Hwuaaa… Aku langsung mencanangkan gerakan menuju angka itu, angkaku ketika SMA.

 

Best practice-ku adalah seorang teman, wanita 40 tahun, tinggi 165cm. Dia berhasil menurunkan berat dari 95 kg menjadi 60 kg dalam 4 bulan! Metode yang dia pakai: no carbo at all dan fitness tiap hari. Karena aku tidak sedahsyat dia, jadi yang kucontek yang cara makannya saja.

 

Maka, aku 3 bulan penuh tidak makan nasi dan berat badanku hilang 4 kg. Aku berhasil mencapai angka itu! Yippieee..

 

Nah untuk maintenance yang kulakukan adalah:

-          Pagi minum seduhan kayu manis

-          Makan nasi beras merah ¼ porsi

-          Minumnya kopi atau teh tawar

-          Menghindari yang manis-manis

-          Naik tangga, bukan lift

-          Jogging sesekali (sering kalah sama film..hehehe..)

 

 

Godaan selalu ada: mesin kopi di kantorku rusak selama seminggu. Akibatnya aku harus membuat kopi sendiri. Dan awalnya tak sengaja aku memasukkan gula, diikuti krim. Dan rasanya tu enaaaakkk bangeeettt.. Maka selama seminggu itu aku minum kopi enak. Trus janjian sama temen di dankin, minumnya latte. Trus kondangan, trus ada yang ulang tahun juga. Pokoknya aku mulai melanggar aturanku. Dan awal minggu kemarin aku naik ke timbangan, dan angkaku naik 1 kg! Hadudududu..

 

 

Tidak bisa didiamkan!

 

 

Tapi menepis godaan itu susah ya.. Aku tetap makan ‘sembarangan’ ^^

 

 

Hingga wiken kemarin. Hari sabtu pagi aku bangun dan langsung minum kopi pahit. Trus lanjut bantuin teman kerja seharian dan keasikan hingga tak makan siang, hanya 2 gelas moccachino saja. Sadar-sadar sudah jam setengah lima. Dan sekalian untuk merayakan kekelaran kerjaan, kita makan sushi. Setelah perut dibiarkan kosong seharian, makanan yang kuberikan ke perut adalah sushi. Yep..pilihan yang aneh dan sangat salah.

 

 

Selesai makan sushi, aku mulai merasakan mual. Tapi malam masih panjang, aku masih harus nonton monolog Kucing-nya Butet bareng MCPM. Dan sebagai tata karma, kutemani beliau makan dulu. Demi menghilangkan mual, kupikir kuminum teh tarik saja. Selesai nonton ternyata partner nontonku ini jumpa fans dulu. Dari yang awalnya berdiri saja, eh salah satu fans bilang “Sambil duduk dan ngopi saja yuk..”. Dan karena ni partner sudah opa-opa, ga mungkin kutinggal pulang kan? Tanggung jawabku masih satu: antar dia pulang. Maka duduk-duduklah kami di kafe TIM21 (buat yang sudah lama tidak nonton di TIM21, ada kafe-nya lho..). Dan untuk menghilangkan mual, kuminum teh panas.

 

 

Mari kita total konsumsi kafeinku: pagi kafein, siang kafein 2 porsi, kemudian 2 porsi kafein dari teh. Selain kafein itu, yang masuk ke perutku adalah sushi. Sempurna. Overdosis kafein + salah menu.

 

 

Akibatnya perutku ga enaaaakkk bangeeett..bermasalah gitu deh..muntah atas bawah ^^

 

 

Dan pagi ini aku naik ke timbangan: aku sudah kembali ke angka ituuuu! Turun 1 kg! Yeay!

 

 

Memang, selalu ada hikmah di tiap peristiwa >_<

 

 

 

Buat yang punya target menurunkan berat bedan sekilo, inilah tipsnya: hajar perut dengan kafein dan sushi atau makanan lain yang salah ^^

 

*elus-elus perut yang rata*

 

23 comments:

  1. eh ntar sakit perut loh..kayak aku,heuheu..

    selamat menjalankan diet. tambahan: kalo bangun pagi,minum air putih ditambah perasan jeruk nipis katanya sangat membantu.

    selamat mencoba!
    eh,cerita kemarin manaa ta?

    ReplyDelete
  2. oh kl diet yg kuikuti, pagi sebelum minum apapun baiknya seduhan kayu manis itu.. nah jeruk nipis, pas mau tidur.. cuma ku susah nyarinya.. jd tak kuterapkan..

    cerita kemaren apa yah? ^^

    ReplyDelete
  3. Aku jg disuruh nurunin berat badan sama dokter, tapi gmn?? Beratnya tetep gak turun2... padahal aku dah gak ngemil lho, huaaaaaaaaa....
    *stress....

    ReplyDelete
  4. wah lagi diet... sama dooong :)

    aku sama kayak olip tuh, pagi2 minum aer putih tambah perasan jeruk nipis. udah hampir 3 minggu gak makan nasi, makan siang normal, cuma kurangin porsi ajah, banyakin buah, kurangin gula buatan plus msg, malem gak makan sama sekali. sama nih, dah turun 4 kg :) tapi pipi tetep chubby hahahaha...

    eniwei, jadi lo minum kopi pait gitu Ta? *Serem*

    ReplyDelete
  5. oh itu kan host-nya bukan akuuu.. biar yang lain saja yang buat reportnya..

    ReplyDelete
  6. untuk bisa turun, tidak cukup hanya dengan meninggalkan ngemiiiiilll... ^^ ayo usaha lebih keras lagiiii..

    ReplyDelete
  7. dan 3 minggu turun 4 kilo? wowwww...

    ReplyDelete
  8. kan udah dikasih cara2nya sama m'oniiiiittt...

    ReplyDelete
  9. elus2 perut buncit....
    nanti kalo lahir jadi anak yang soleh ya nak....

    ReplyDelete
  10. jangan lupa minum susu ya, Jo.. biar anak kita pintar!

    ReplyDelete
  11. gw kuat kalo gak makan ta, yang susah itu ngerem ngemilnya, secara yang gw cemilin pasti coklat, eskrim gitu... kalo itu dah bisa direm, biasanya cepet turun, meski gak keliatan soale pipi gw tembem! kyaaaaahhhh

    ReplyDelete
  12. tapi ukuran baju dah mulai ganti kan?

    ReplyDelete
  13. belom... emang doyan yg longgar, celana udah ohohohohohoh

    ReplyDelete
  14. wahh pdhl obat kebanyakan kafein itu karbo lohh :D

    ReplyDelete
  15. nah..ga usah diobatin..biar berat badan konstan turun... :))

    ReplyDelete
  16. Enggak.. Makasi udah dikoreksi.. Hanya kamu yg menemukannya..

    ReplyDelete
  17. Hahahaha... kmrn Yoga tiap hari. Betul tuh badan jadi enteng n kenceng, eh.. malah jatoh sakit sampe skrng n gak boleh olahraga dulu sama dokter, huhuhu... *tp disuruh nurunin berat badan, hadoohhh...

    ReplyDelete
  18. sakit kan bisa 'membantu' penurunan BB bukan? ^^

    *sesat*

    sekarang sehatkan badan dulu, habis itu turunkaaaannn.. jogging bareng?

    ReplyDelete