Tuesday, May 6, 2008

Lagu Puisi vs Musikalisasi Puisi

Tadinya ku pikir lagu puisi dan musikalisasi puisi adalah istilah yang sama, yang menjelaskan tentang ‘menyanyikan puisi’. Ternyata eh ternyata dua istilah itu berbeda makna. Kata Pak Untung Basuki (pakar lagu puisi), “Lagu puisi itu berbeda dengan musikalisasi puisi”. Lebih lanjut Pak Untung menjelaskan bahwa kalau musikalisasi puisi itu bersifat temporer, melayani program dan kegiatan. Sedangkan lagu puisi itu lebih tahan lama. Selain itu musikalisasi puisi bisa dilupakan pemainnya, lagu puisi tidak.

 

*sigh* Aku tetap tidak menangkap perbedaannya. Ukuran tahan lama dan dilupakan itu kan relatif.

 

Motivasi Pak Untung saat mulai membuat lagu puisi di tahun 1970-an adalah ingin agar suatu lagu itu mempunyai bobot puisi, demikian pula sebaliknya. Beliau menggali melodi dari suatu puisi dan menggaulinya sedemikian rupa. Hal yang pantang dilakukannya adalah memotong atau menambah kalimat puisinya agar cocok dengan musik. Karena, “musiklah yang mengikuti kemauan puisi”.

 

*sigh*  Karena aku tidak tau bagaimana proses pembuatan musikalisasi puisi, maka aku pun tidak dapat membandingkannya.

 

Ada yang bisa membantu?

Atau adakah yang memiliki album Lagu Puisi Tanah-nya Pak Untung Basuki? Mau dunk dengerin… Siapa tahu dengan mendengarkan contoh lagu puisi ku akan menjadi sedikit mengerti bedanya dengan musikalisasi puisi.. =)

8 comments:

  1. gw adanya musikalisasi puisinya Sapardi..Kalo mau PM aja..

    ReplyDelete
  2. Ku udah ada kalo musikalisasi puisi... Nah, ku pengen denger lagu puisi-nya Untung Basuki yang cuma dibuat 1000 copy... Eh, makasih atas tawarannya yaaa...

    Pak Untung, punya daftar nama pembeli album Bapak tidaks? =)

    ReplyDelete
  3. musikalisasi puisi itu seperti si cinta di aadc. puisi si rangga dimusikalisasikan gitu..

    ReplyDelete
  4. Nah, kalo lagu puisi?
    Yang kumau tau lagu puisiiiiiiiiiiiii...! =)

    ReplyDelete
  5. lagu puisi ya seperti yg dijelasin di atas hehe..
    ada puisi trus dijadiin lagu..

    ReplyDelete
  6. ass b'...q jg pngn tw.skripsiq ttg parikan madura yg dilantunkan...mngkn tu jg musikalisasi puisi...tp q blm phm.mhon infox yah...trims bnyk;)

    ReplyDelete
  7. waduh.... parikan tuh apa yak?

    kuliah jurusan apakah?

    ReplyDelete