Tuesday, May 27, 2008

Mahasiswa?

Dua hari ini pagi-ku agak suram. Bangun, nyalain TV, beritanya bikin gerah dan geram, i.e. aksi mahasiswa menolak kenaikan harga BBM yang menurutku nyleneh.

1. Mahasiswa UKI yang menutup jalan.

    - Ranting2 pohon dibakar di tengah jalan (woooiiii...itu penyerap CO2 dan penghasil oksigen tauuuuu... Nanem pohon sampe segedhe itu tu ga bentar! Maen tebang trus bakar aja..)

   - Bakar ban di tengah jalan (ampyuuuu...nnn... pohon yang harusnya nyerap CO2 dijadikan sumber CO2. Eeeee....masih ditambahin dari ban juga! Itu racun tauuuu....)

   - Pager pembatas jalan dan trotoar dicabut, dipindah ke tengah jalan (*sigh* itu fasilitas umum Mas...itu demi keamanan pejalan kaki... kutanya deh: tar kl dah selesai aksinya, kalian pasang lagi ga pada tempatnya? Kalian tu ngrepotin orang tauuu... Yang masang lagi tar siapa coba? Bukan SBY yang kalian demo, bukan juga polisi yang kalian hadapi. )

  - Naro batu-batu di tengah jalan (adu...adu...adu... dapet dari mana itu batu? Pikirin dunk sapa yang bakal beresin keberantakan yang kalian buat.. Para penyapu jalan, job desk nya bukan itu.. gaji mereka tidak termasuk membereskan sisa2 aksi kalian... Kalian agak ga beda sama GreenFest yang menyerukan aksi hijau untuk bumi tapi setelah selesai sampahnya ga ada yg peduli... adu...adu...adu...)

2. Mahasiswa menganiaya polisi

   - Anak2 Moestopo sedang melakukan aksi

   - Ada polisi sedang patroli, sendirian

  - Sang polisi ditangkap oleh mahasiswa

  - Polisi disuruh berlutut, dikerubungi oleh mahasiswa

  - Ada satu mahasiswa berbaju biru tua, berkepala plontos melayangkan tendangan ke kepala polisi itu. Dia dah berasa ksatria baja hitam gitu. Tendangannya mirip tendangan maut Kotaro Minami soalnya: sambil melompat. Amiiii...tttt....

Anak jurusan apa si dia? Persilatan? Yakin dia mahasiswa? Masa dia sebegitu *maaf* bodohnya melakukan itu sedangkan ada kamera yang sedang meliputnya.. Atau dia emang terobsesi jadi bintang film kungfu? Jadi begitu nyadar ada kamera langsung beraksi? Ga ngerti jalan pikir dia saiah... Tapi bisa aja si ternyata dia berobsesi masuk TV, gimanapun caranya asal masuk TV.. Selamat deh kalo gitu..Obsesi tercapai..

 

Bukannya tidak simpati atau tidak menghargai perjuangan mahasiswa... Itu semua kan demi rakyat...demi kita.. Tapi mbok ya a..be smart and effective gitu... Kalau bisa jangan unjuk rasa, tapi unjuk pikiran.. Kalo rasa yang diunjuk-kan yaaaa...peluang emosi jiwa menyusup sangatlah besar... Piss!!

Semangat!

 

Jd pengen tau dulu aksi nya Bung Tomo dkk gmn ya.. Kalangan terpelajar di masa itu...

12 comments:

  1. ya setuju!!!,..... seakan tidak bermoral,.... sepertinya harus ada minimal 20 sks tentang adab bermoral untuk para mahasiswa sekarang ini,.....

    ReplyDelete
  2. mahasiswa jaman dulu ama jaman sekarang dah beda ta -geleng2 kepala-

    ReplyDelete
  3. males bgt ya..
    kalo udah unjuk pikiran tapi pemerintah masih kekeuh gak mau ngubah kebijakan, ya udah la yaw, lakuin yg baik2 buat masyarakat sekitar.. seperti nanem pohon, beresin batu2, nyari para pencolong batas2 jalan & papan2 petunjuk.. dll

    ReplyDelete
  4. ah jadi salah kaprah ginih.. entah apa yg mereka pikir, mungkin terlalu banyak nonton Naruto males aja denger mereka demo pake bawa-bawa atas nama rakyat padahal mereka justru buat masyarakat jadi susah **geram**

    ReplyDelete
  5. eeeeeeeeeeeeeeee,
    ada saran Non,.... biar itu penguasa bisa mendengar suara kita, suara yang diwakilin ama teman - teman kampus....??
    be smart and effective ?? How...?
    ketemu buat ngliat muka aja susah Non.....apalagi mo mengargumenkan pendapat
    .......
    eeeeee, lepas dari pertanyaan saya,...saya juga ngrasa ( beberapa ) teman - teman mahasiswa udah gak ' cerdas ' lagi dalam mengemukakan n berjuang dalam pemikiran
    peace ya Non...!!!!

    ReplyDelete
  6. masalahnya ya.. banyak dari corps penguasa itu yg udah denger tapi cuek atau keukeuh dgn kebijakannya masing2..
    kita cuma bisa berteriak.. lebih baik mengkampanyekan ke masyarakat lain.. bikin propaganda.. mendidik masyarakat supaya berani rame2 berteriak..
    trus kalo penguasa cuek mulu ya mo gimana lagi, mending energi kita buat yg laen lah.. yg bener2 bantu masyarakat tertindas secara langsung.. atau belajar yg rajin biar bisa gantiin penguasa dgn cara baik2

    ReplyDelete
  7. Update berita ttg ulah di Moestopo:
    Rektor Moestopo menyangkal bahwa pelaku tendangan maut adalah bukan mahasiswa nya.

    Ummmhhh... 'bukan' atau 'bukan lagi'? Piss!! Piss!! Piss!!

    ReplyDelete
  8. Pagi ini Nuansa Pagi menghadirkan aktivis mahasiswa dari UNAS. Pas diajukan pertanyaan apakah mrk tidak sadar bahwa aksi mereka membuat resah masyarakat, jawabnya adalah:
    Rakyat itu resah karena kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh SBY.

    Pertanyaan selanjutnya: Tapi, dengan aksi membakar ban di jalan, memblokir jalan, mengentikan mobil dan mencoret2nya, apakah Anda tidak berpikir itu meresahkan?
    Jawabnya: Kami menyuarakan suara rakyat kecil yang resah karena kenaikan harga BBM

    ....ditampilkan rekaman pidato Kalla yang menyatakan bahwa tindakan mahasiswa demo malem2 itu salah, lempar2 salah, bakar2 salah, polisi masuk kampus salah, polisi pukul mahasiswa juga salah.......

    Pembawa acara: apa tanggapan Anda mengenai pernyataan Pak Kalla tadi?
    Aktivis mahasiswa: Kalau beliau menyalahkan kami yg demo malam hari, saya tanya kenapa mereka mengumumkan kenaikan BBM di malam hari?

    Pembawa acara: ...apakah Anda tidak memikirkan cara lain yang tidak mengganggu masyarakat, membuat kemacetan luar biasa..
    Aktivis mahasiswa: Selama SBY membuat kebijakan yang tidak pro rakyat, maka kami akan bertindak dengan cara kami


    *sigh*

    Buat Pak Khoiri Akhmadi, lain kali kalo pilih narasumber di-casting dulu lah Pak... Piss!!

    ReplyDelete
  9. Yang jelas tidak dengan cara yang tidak tidak smart:
    - bakar ban itu tidak smart
    -blokir jalan itu tidak smart
    -nendang polisi itu tidak smart
    -nyetop mobil plat merah trus dicoret2 pake Pilox itu juga tidak smart
    ===> Tar mereka benerinnya tu di-charge ke negara tauuuuu... Sayang2 duit negara buat benerin hasil tindakan tidak smart

    Pesan apa si yang ingin disampaikan dengan tindakan tidak smart itu? Dan kira2 pesan apa yang ditangkap oleh pemerintah?oleh masyarakat?

    ReplyDelete
  10. Kalau kata Rektor UNJ, "Pendidikan kita sudah melupakan pelajaran budi pekerti"

    ReplyDelete
  11. Mahasiswa sebagai kaum cendekia sudah sepatutnya 'beraksi' dengan intelektualitas yang
    tinggi. Paling tidak, dapat menunjukkan bahwa mereka kalangan terpelajar yang memang prihatin atas keresahan di masyarakat.
    Jika berlaku anarkis dengan nilai-nilai premanisme yang dijunjung tinggi, mereka tidaklah pantas disebut lagi sebagai insan terpelajar. Copot saja jaket almamater itu. Warna mahasiswa sudah menjadi abu-abu. Terlebur dengan kepentingan dan mungkin uang dari golongan tertentu.
    Biar masyarakat yang akan menilai nantinya.

    ReplyDelete
  12. malu2in aktivis mhs aja tuh, pake kekerasan!

    ReplyDelete