Tuesday, December 16, 2008

Babi Buta Yang Ingin Terbang_ku juga 'buta' pas nontonnya... ^o^

Rating:
Category:Movies
Genre: Other
Ku sengaja simpen opini ini untuk beberapa saat dalam rangka ’tidak terburu-buru dalam menilai sesuatu’. Agak2 trauma gitu...(pernah 'mencela' 1 film abis2an eh ternyata menang FFI. Trus pernah juga protes, eh aktor nya nominasi aktor terbaik FFI).

Selain itu aku juga nunggu ada orang lain yang menonton film ini dan kemudian membuat reviewnya. Biar aku bisa tau gimana penangkapan org akan film ini.

Ada beberapa yang buat review nya, tapi akan sinopsis nya atau konsep awal sebelum film nya dibuat. Dan hampir semuanya bilang ”briliant”.

http://arabulu.multiply.com/journal/item/11

Akhirnya, setelah mencari...dan mencari...akhirnya ada juga yg buat reviewnya.

http://pravdavero.multiply.com/reviews/item/117

More or less, pendapatku sama ama review ini. Pfuhhh.... (ternyata bukan aku yg bodoh). Dan karena review ini bahasanya udah keren, jadi punyaku kusimpen ajah yah... hehehe...


Kalau baca sinopsisnya, pasti jatuh hati. Aku pun begitu. Ku jatuh cinta pada sinopsisnya dan tagline nya, ”Being Chinesse in Indonesia”. Suatu isu yang masuk daftar wajib ditonton. Isu keren, rating 21+, pemutaran cuma 2 kali. Makin pengen nonton aja kan?


Maka kucarilah tiketnya dan menontonlah aku di bangku paling depan! Kurang antusias apa coba?! (padahal cuma itu bangku tersisa...hohoho...)


Semenit pertama aku antusias
Sepuluh menit kemudian, masih tersenyum
Sepuluh menit berikutnya mulai garuk-garuk kepala
Setengah jam berikutnya mulai ga tenang duduknya, mulai tengok samping kanan, samping kiri: dua orang di sebelah kiriku lagi ber-facebook ria, sebelahnya lagi TIDUR. Bener2 tidur tuh orang..ck...ck..ck...
Menit-menit berikutnya mulai keluar komentar2 ga penting, hanya agar tetep nonton. Komentar ke film, ke orang2 juga


Film ini menurut aku ide ceritanya menarik, ide kapitalisasinya juga menarik. Tapi entah kenapa, hasilnya jadi tidak menarik (bagiku). Acak2an, ga karuan. Kebanyakan scene yg ga jelas maksudnya apa. Kurang cermat juga (masa iya anaknya udah gedhe, seragam SD nya masih digantung di balik pintu!)


Dan menurutku yang bisa ditangkap cuma bagian ROMI AND YAHYA GETS SOME PRACTICE IN PERFORMING PENETRATIVE SEX. Hohoho...Ceritanya bisa dicerna termasuk latar belakang knp mereka butuh latihan. Dan sepertinya yg menjadikan rating nya 21+ adalah ini. Justru suatu topik yg agak jauh dari being chinesse in Indonesian. Kalo mau maksa nyambung2in bisa si... ^^

Jadi....Semoga ada yg mau buat film dengan konsep ini lagi... Amin...


16 comments:

  1. Ga ada pilihan bintang yang cuma seperempat yaks?? hihihih..
    kejam yah dirikiu..

    tp bener ta..

    makna film tak tersampaikan..sampe2 ak merasa rugi mengeluarkan uang 25rb!! (tadinya ak pikir cm 20rb,,,ternyata :(...mana udah bela2in naik taksi dr ciputat smp TIM biar on time sampenya!!)
    KEMBALIKAN UANGKUUU!!

    sama seperti dirimu, bagian yang bs ku tangkap jg cm penetrative sex..but, itu jg kurang yahud penjiwaannya.."MANAAA EKSPRESINYAAA"

    trs makna si 2 cowo gay itu beli baju satpam buat opo toh??
    mau "naughty bitchy" dengan seragam itu?? huhuhuhu

    apa lagi yah..ak setuju dengan baju seragam SD dibelakang pintu..
    aduuh knp pas editing ga ada yang jeli sih..

    satu lagi adalah: Makna babi yang diiket terus bisa kabur jg ak ga ngerti..
    krn dr pertama babinya ga jelas...

    ReplyDelete
  2. Bhuahahahaha....

    Bener! Pas si Pong menampakkan ekspresi bahwa penetrasi dilakukan, kita bengong. "Ko tampang mas nya datar ajah??!!" Flat, polos, ga ada ekspresi apapun. Kalau ga bisa menampakkan wajah excited atau menikmati, paling ga buat suara2 apa gitu... Nah, ini? Muka datar, mulut terbungkam. Apa krn itu pertama kalinya buat dia yah jd up?


    *teuteup...yg dibahas scene ini...hahahaha....*

    ReplyDelete
  3. Saya nonton film ini di Film Festival, semacam Jiffest gitu. Judulnya udah film festival, saya nggak berharap banyak filmnya bakal mudah dicerna. Dan ternyata saya benar. Memang butuh pemikiran khusus dan mendalam untuk bisa mengerti maksud yang ingin disampaikan sutradara.

    Menurut saya inti ceritanya berputar di masalah ketimpangan hak antara pribumi dan warga keturunan (dalam hal ini Cina). Vera yang sudah berkontribusi banyak piala pada negara, nasibnya mah gitu2 aja, hak WN-nya dan keluarga tidak diakui, makanya suaminya (Pong Hardjatmo) mendaftar green card untuk hijrah ke Amerika.

    Begitu pula dengan sepasang orang gay (pasangan Cina dan pribumi). Si pribumi somewhat punya pangkat di salah satu instansi pemerintah. Si Cina, seperti kita ketahui, susah untuk bisa bekerja di lembaga pemerintah sampai sekarang. Makanya sesudah having sex itu, si pribumi somehow membantu kekasihnya ini untuk bisa masuk ketentaraan, yg ditunjukkan dengan membeli seragam itu.

    Overall: it was okay.

    Babi Buta yang Ingin Terbang mengekspresikan "mimpi" kaum minoritas untuk diperlakukan adil sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  4. Kendala utamaku dlm menonton film ini adalah: AKU BUTA RAS. Ga bisa bedain mana Chinesse mana bukan, tanpa nanya ^^

    Apalagi di film ini, ku musti nanya ke tetangga sebelah, "Maksudnya dia Cina ya?", hampir untuk tiap tokoh yg muncul. Untuk yg pasangan gay ini ku ga nanya, krn kupikir mereka ga ada yg Cina... hehehe... *yg Cina yg mana ya?*

    Trus, ku ga tau tu kl salah satu di antara mrk adalah pejabat, trus satunya pengen jd pejabat. Dan lagi, misal pengen masuk ketentaraan, masa seragamnya beli di pasar? Bukannya tar dikasih dr dinas nya yah?

    Intinya: aku bener2 buta saat nonton film ini...tp menjadikanku sanggup nonton film genre manapun. Ga bakal ada yg lebih ga mudhengin drpd Babi Buta ^o^

    Eh...eh... Kayaknya kl untuk seragam itu, lebih pas kl mereka mau pesta kostum deh...kan akhirnya mereka udah bisa penetrasi tuh..dengan simulasi di ruang praktik dokter gigi. Nah, next...di pos satpam deh... Hohoho...

    *teteup...yg dibahas scene ini...*

    ReplyDelete
  5. Walah, nggak mikir sampe kesana deh mbak. Malah jadi lebih pusing, hehe. Please note bahwa yang saya tulis adalah interpretasi subyektif saya thd film ini. Bisa jadi benar bisa juga tidak.

    ReplyDelete
  6. Sama dunk kita... Opiniku malah tanpa ilmu.. hohoho...

    Eh...eh... harusnya si mas pembuat film nya buat angket untuk dibagikan ke setiap penonton film nya yah... ^o^

    ReplyDelete
  7. terimakasih ya tata atas message nya...
    hehehe jadi tau dah... kok dari reviewnya malah gak jadi terlalu antusias yaa....
    padahal sempet dijagokan si joko anar, mpe ditulis di blognya segala....
    hmmmmmmmm barangkali si edwin (bener g sih nama sutradaranya?) musti ngurangin sisi idealisnya yang terkadang apa yang dia maksudkan kita gak terlalu ngerti hahahaha

    ReplyDelete
  8. Eitss... jangan ga antusias dunk... Tontonlah dan mungkin Anda akan masuk golongan yang mudheng. ^o^

    Waktu itu kata mbak Kineforum, kl ada yg berminat (20 org), bisa diputer lagi film nya...

    Ayooo..tontonlah, dan kita bahas (selain bagian Romi dan Yahya, yang diperankan oleh Joko Anwar). Yang itu aku dah khatam... Hohoho...

    ReplyDelete
  9. Edwin pernah bilang, dia gak mau release filmnya ke bentuk DVD. Dia bilang dirinya membuat film bukan untuk mencari uang.
    Sampe sekarang aku blm nonton filmnya, mesti pergi ke festival.. Huffh

    ReplyDelete
  10. Ayo semangaaaattt...!!

    Atau... kamu pinjem roll film nya ke Edwin, trus kita numpang tempat ke Kineforum. Kita bisa nyelip waktu di sono ko... Ku daftar nomor satu buat nonton! Adam waktu itu di status fesbuk nya juga bilang pengen nonton, trus Ari juga pengen... Misal satu orang bawa 5 orang teman, dah ber20 kita.. Lumayanlah ga komplang2 amat...

    Yuuukkss...

    ReplyDelete
  11. boleh boleh boleh..
    Emang kamu tinggal dimana, ta?

    ReplyDelete
  12. depok depok depok...

    *kamu masih kegandrungan upin dan ipin? Hahaha..*

    ReplyDelete
  13. hahahahaha... gue jadi pengen liat dehhh

    ReplyDelete
  14. Kamu masih di bawah umuuuuurrr.... 2 tahun lagi! Hahaha...

    kemaren pas diputer di JiFFest kamu ga nonton?

    ReplyDelete
  15. ya enggaklah... ga bakalan mungkin bisa masuk. orang waktu gue bilang gue udah 19 orang2 gak percaya. padahal ini di konfiden.

    ReplyDelete