Thursday, December 11, 2008

Jangan sesumbar_jangan termotivasi dengan peremehan

 

 

Kadang secara ga sadar kita suka sesumbar atau mungkin malah disadari. Contohnya ”Aku mau nonton bola dunk besok...”. Beli tiket juga belum tapi udah woro-woro. Akan banyak kejadian yang memungkinkan tidak terjadinya omongan kita lho... Jadi ati-ati...

 

Selain belum pasti, kadang respon orang yg denger sesumbar kita juga macem-macem. Ada yang support, ”Semangat yah!”, ada yang mendoakan, ”Ati-ati yah... Semoga lo slamet”. Tapi akan ada juga yang meremehkan, ”Halagh...paling ngomong doank...mang lo brani?”.

 

Nah... Sikap kita dalam menanggapi respon orang pun harus diperhatikan dan dipikirkan. Kalo respon yang support dan mendoakan serta yang positif lainnya si gampang lah ya.. Untuk yang meremehkan, gmn baiknya?

 

Kalo aku, kadang ku jadi termotivasi oleh peremehan. Jadi timbul semangat yang menggebu2 ketika kita diremehkan. Semangat untuk membuktikan bahwa aku bisa, bahwa yang aku omongin akan kulakuin. Nasihat itu juga yang kuberikan jika ada yg berkeluh kesah diremehkan orang lain atau ga dipercaya. Kubilang, ”Jadikan ini pecut buat kamu dalam bertindak. Buktikan kalau dia salah”.

 

Ternyata ku harus withdraw nasihat itu untuk dikaji ulang. Dasarnya adalah kisah berikut. Kisahnya temenku.

 

Jaman kuliah dulu ada satu temennya temenku, sebut saja namanya Indah, yang agak annoying. Tiap ujian dia pasti datang dengan banyak alasan yang membuat dia ga bisa belajar, ujungnya adalah dia minta dicontekin. Salah satu alasannya adalah bahwa dia ada konflik dengan ayahnya, karena ayahnya menghendaki dia kuliah di Prancis. Temen-temen Indah udah males denger alasan, dan menganggap Prancis itu hanyalah satu dari sejuta alasan Indah. Apalagi kemudian ternyata sampai lulus kuliah, si Indah ga ada wacana pindah kuliah. Bahkan S2 nya pun di UI juga.

 

Ketika akhirnya si Indah nikah, suaminya adalah diplomat dan ditugaskan ke negara Prancis. Maka diboyonglah si Indah ke Prancis.

 

Skenario normalnya, ketika akhirnya si Indah berhasil ke Prancis temen2nya pada kecele kan? Selanjutnya mungkin malu karena dulu pernah meragukannya. Dan bagi si Indah, mungkin ada kepuasan kan ketika dia akhirnya bisa ke Prancis, menggagalkan statement remeh dan sinis teman2nya.

 

Tapi ternyata yang terjadi tidaklah begitu. Ketika teman2nya tau bahwa si Indah ke Prancis. Komentar yang muncul bukan

”Yah, jadi malu deh dulu dah ngraguin”

bukan juga

Kesampaian juga ya keinginannya dari dulu”.

Bukan.

 

 

Tapi, ”Hebat juga ya si Indah..Modal ngangkang doank bisa sampe Prancis

 

Ya ko gitu?

 

 

 

Pokoknya aku akan berusaha untuk ga sesumbar! *kalau bisa...*

 

 

 

 

Hohohoho....

2 comments:

  1. sesumbar emang gak baik,, tapi yah menurutku... kalo kita terus takut sama "omongan orang nanti gmn yah??" kita gak akan bisa dapet apa yg kita inginkan!! gak semua orang dukung impian kita.. dan gak semua orang seneng kalo orang lain seneng.. bukan begitu hai manusia???

    jadi,, kalo punya keinginan (selama itu baik menurut norma2) semangat aja terus!!! GAK USAH PEDULI APA KATA ORANG..!!!

    hehehehe....

    ReplyDelete
  2. pusing ih backgroundnya kamyu.. ganti dunk..
    iya emang jangan sesumbar.. hohoho...ntar kecele..

    ReplyDelete