Sunday, June 14, 2009

Ketahuilah kondisiku lewat passwordku

 

 

Aku adalah penganut satu PIN untuk semua dan satu password untuk semua. Alasannya sederhana, demi kepraktisan. Otakku tidak mampu menyimpan beberapa PIN ataupun password. Maka, kusamaratakan saja. Akibatnya enak. Kadang aku suka ga inget punya account dimana aja, tapi pas aku mau sign up, dibilangnya alamat e-mailku sudah terdaftar tinggal log-in saja. Karena satu password untuk semua, maka aku dengan mudah untuk masuk.

 

 

Tapi ketika berurusan dengan pekerjaan ternyata aku tidak bisa memberlakukan satu password untuk semua. Karena sistem di kantorku secara periodik password harus diperbaharui. Dan password yang sama baru bisa dipakai lagi setelah 8 periode, kalo ga salah. Nah, sistem yang kupakai di kantor yang membutuhkan password ada 4. Keempatnya punya masa expired password. Aku puyeng.

 

 

Awalnya aku pengen menggunakan nama-nama planet sebagai password. Jadi setelah merkurius, ku mau pakai venus, bumi, mars, dst. Tapi ternyata yang namanya password itu minimal 7 karakter. Duh...merepotkan. Akhirnya kupakailah kalimat2 yang sedang kusuka. Dan akhirnya kutentukan temanya adalah lagu yang sedang kusuka, theme song ku.

 

 

Natal tahun 2008. saat itu ku sedang sukaaaaa banget sama lagu Nuansa Bening. Karena bipangku waktu itu tiba2 menelfonku dan menyanyikan lagu itu sambil diiringi gitar. Fufufu... Maka periode itu password ku adalah NUANSABENING. Setelah periode itu passwordku adalah ’cantletyougo’.

 

 

Nah, menjelang masa berakhirnya bipang theme song sekaligus passwordku adalah iamyours. Setelah bipang expired, passwordku menjadi myworldcolorful, merujuk pada lagu terakhir yang dia nyanyikan: you make my world so colorful-nya Daniel Sahuleka.

 

 

Berakhirnya password itu adalah minggu lalu. Aku diminta untuk mengganti password myworldcolorful itu. Aku bingung. Karena aku sedang dalam keadaan melayang-layang, ga ngerti lagi ngrasain apa. Pas seorang teman bertanya apa kabarku, kujawab, ”I’m numb and hollow”. Tapi kalau itu kujadikan password, masa selama satu periode ke depan aku mengawali hariku dengan suasana seperti itu?

 

 

Lagu yang sedang kunyanyikan adalah Mengapa Tiada Maaf Darimu, Kisah Sedih di Hari Minggu, Out of reach. Dan lagu2 menyedihkan lainnya. Tak akan kujadikan password.

 

 

Akhirnya aku ingat sebuah puisi tulisan seorang teman yang sangat kusuka. Ku selalu ingat satu kalimatnya yang menyiratkan ketangguhan. Maka kujadikanlah itu passwordku selanjutnya. Berikut puisinya.

 

 

I'll Do My Crying in The Rain

Lelaki itu kehilangan mimpinya. Sahabatku tepatnya. Mimpi itu dari awal terlahir bersamanya dari rahim malam. Berselimut lendir pekat ari arinya. Menyusup perlahan melalui tali pusarnya dan mendekam di seluruh pelosok buluh darahnya. Sahabatku selalu tersenyum dan dapat menyembunyikan sedihnya. Katanya, "I’ll never let you see the way my broken heart is hurting me. I’ve got my pride and I know how to hide. All my sorrow and pain. I’ll do my crying in the rain". Indahnya, dan pasti bukan dari isi kepalanya sendiri. Terlalu indah.

Siang kemarin, sahabatku merintih. Panjang dan pilu. Tidak seperti orang yang aku kenal sebelumnya. Matanya cekung dan tubuhnya lunglai. Dia bilang dia telah kehilangan mimpinya. Kutanya bagaimana hal itu terjadi dan hilang begitu saja karena sudah menghuni buluh darahnya. Jawabnya hanya lirih dan samar mampir di telingaku. Sayup kudengar dia mengatakan bahwa darahnya tak berwarna merah lagi karena cinta ternyata putih.

Kali ini, dia dendangkan lagi I’ll do my crying in the rain, I’ll do my crying in the rain. Nadanya tak lagi merdu namun perih di dengar. Itu terakhir aku melihatnya sejak cermin di depanku pecah berantakan semalam.

TBT 130507
"I’ll do my crying in the rain adalah judul lagu dari A-ha"

 

 

Dapatkah kalian menebak kira2 apakah password-ku saat ini? ^o^

 

 

10 comments:

  1. iseng nebak:
    1. i'll do my crying in the rain
    2. crying
    3. rain

    ReplyDelete
  2. Nomor 2 dan 3 kan tidak mungkin...karakternya kan minimal 7...

    Hehehe....

    Terimakasih atas tebakannya... Hasil akan diumumkan nanti yah!

    ReplyDelete
  3. itulah kenapa satu juta melayang......

    ReplyDelete
  4. Ga ada hubungannyaaaaaaaa!!

    *oiyah! jadi inget untuk ubah password kartu ATM ku yg ga ilang. PIN nya kan sama ama yg ilang dan terkuras*

    ReplyDelete
  5. please deh ah, jangan diungkit-ungkit.. ntar tata jadi manyun lagi lho.... :p

    ReplyDelete
  6. sama gw juga males pasword beda2 gitu.. ribet

    ReplyDelete
  7. Ternyata aku tak sendiri... Yippie!

    ReplyDelete
  8. kami (lin & ge ge) juga gitu kok ta, pernah aku gaya bikin pin baru di ATM BCA-ku, yg ada tertelan karena aku salah masukin pasword.... :D

    ReplyDelete
  9. See? Satu PIN untuk semua, satu password untuk semua sangat bermanfaaaaaattt...

    ReplyDelete