Thursday, July 22, 2010

Bukan MEME: lagu yang berkesan untukku

 

 

Lagi dengerin radio dan ada lagu ini diputer. Dan ku langsung keinget peristiwa yang mem-pyas kan hati ^o^

 

Trus ku juga jadi inget lagu-lagu lain yang terkait dengan peristiwa pyas-pyas. Maka akhirnya ku berpikir untuk merangkumnya. Tapi semampuku saja yah.. Lagi males nginget-inget.. Pyas-pyas di sini adalah karena lagu-lagu ini dinyanyikan untukku, membuatku bersyukur bahwa aku pernah dicinta. Fufufu..

1.       Pertama kali ku jatuh hati

Ibuku kan suka nglatih nyanyi dan kusuka disuruh nemenin. Mungkin maksud ibuku biar aku kecipratan sedikit kemampuan bernyanyi, yang tentu saja tidak pernah terjadi. Hasil yang nampak adalah di otakku bersarang dengan lekatnya lagu-lagu jaman itu, hingga kini. Nah, salah satu muridnya waktu itu ada yang mau ikut lomba nyanyi dan lagu yang dipilih adalah lagu ini. Ku ga tau judulnya, siapa penyanyi aslinya. Tapi tentu saja kuhapal liriknya. Trus pas dia latihan gitu, dia suka ngliatnya ke aku. Ku jadi berasa dia sedang menyanyikan lagu itu untukku.. Hohoho..

Pertama, senyumanmu

Kedua, lirikanmu

Membuat hatiku berdebar sendu

Wajahmu nan rupawan, senyummu nan menawan

Membuat nanananana

Pertama kali, ku jatuh hati

Pertama kali, ku mengenal cinta

 

Yak..ternyata hanya segitu yang sekarang kuapal.. Maklumlah ya..waktu itu ku masih SD klas 1 atau 2 ^^

 

2.       Emosi jiwaku

Ini masih seperti nomor 1, dinyanyikan oleh muridnya ibuku. Bedanya, dia menyanyikan untukku di belakang panggung sambil nunggu giliran. Dan kayaknya ku ga pernah liatin dia pas latihan, karena ku ga apal liriknya. Yang kuinget cuma sekalimat saja: emosi…jiwaku hmm.. cemburu.. hatiku..  pacarku..  dudududu.. denganmu..

 

3.       Out of the blue

Ini pas jaman SMP, oleh murid ibuku juga. Namanya Yoan Prasetya, panggilannya Pras. Dia merayuku dari aku TK. Hahaha.. Namaku kan ‘novita’, trus waktu itu dia bawain aku Buavita, dengan prolog, ‘Nih..ini khusus buat kamu.. Apa bacanya? ‘Buat Vita’….”. Dan aku yang klepek-klepek gitu..dan dalam beberapa waktu ke depan sejak itu ku masih saja percaya bahwa merk minuman itu adalah BuatVita. Bodoh..bodoh..

 

Nah, pas aku SMP ku sering ketemu sama dia lagi. Dan saat itu dia sedang sangat gandrung sama MLTR, trus dia pinjemin ke aku kaset-kasetnya. “Dengerin deh..enak-enak banget lagunya. Yang paling kusuka yang ini nih..”. Trus dia menyanyikan ‘with a love so true.. you took me out of the blue..”. Dan aku melting aja gitu.. Berasa dia nyanyi buat aku.. Hahaha…

 

4.       Roman Picisan

Ini jaman SMA klas 2. Ada adek kelasku yang menarik mataku. Sebenernya dia adek kelasku dari SMP, tapi entah gimana pas SMP dia tak tertangkap oleh mataku. Nah, pas SMA barulah kelihatan gantengnya. Namanya lucu, dan baru 4 tahun kemudian ku baru tau kalau itu nama fam dia dan butuh 2 tahun lagi bagiku untuk ngeh kalau dia berasal dari Poso. *buta ras parrah..

 

Di akhir Masa Orientasi Siswa, anak-anak klas 1 disuruh buat performance di sekitar api unggun. Nah, ni anak dkk berakustik ria (ada 5 atau 6 gitar gitu) dan ni anak sebagai vokalnya. Mereka nyanyi lagu barunya Dewa di saat itu: Roman Picisan. Denger dia nyanyi aja ku dah seneng banget. Nah, pas bagian “malam-malamku bagai malam seribu bintang yang terbang di angkasa bila kau disini tuk sekedar menemani tuk melintasi wangi yang slalu tersaji di satu sisi hati”, para pemetik gitar berhenti dan berganti dengan tepuk2an tangan. Trus mereka kan ngajakin yang nonton untuk ikut tepuk-tepuk. Nah! Si anak itu (kurasa dan kuyakini) ngliat ke aku dan mengajakku bertepuk. Kyaaa… Maka resmilah kuanggap dia bernyanyi untukku.. Hohoho..

 

5.       Best I Ever Had

Ini pas lulusan SMA. Selama SMA kan aku terlibat satu kisah menarik dengan anak Ambon ini (ku dah pernah critain yang dia main harmonika untukku kan? Tapi ku males nguprak-uprak ni blog untuk kasih link..hehehe…). Lagu soundtrack Ordinary People yang dia mainkan untukku dengan harmonika tentu saja sangat mengesankan buatku. Tapi, yang ini juga sangat berkesan. Pas kita semua dikumpulin di aula untuk dengerin pidato bapak kepala sekolah, diakhiri dengan persembahan lagu. Nah, si Ambon ini kan anak band, maka menyanyilah dia. Lagu yang dia pilih adalah lagu ini

..but it’s not so bad.. u’re only the best I ever had..

Dia kan nyanyinya penuh penghayatan gitu. Duduk di bangku tinggi, pegang tiang mic, sambil merem-merem. Nah, pas melek yang dia liat adalah... akuuuu! Kelar lagu, temanku berkata, “Kayaknya dia nyanyi ini buat kamu deh..”. Aku hanya tersenyum, padahal dalam hati berkata “Pastinyaaaaaa….”. ^o^

 

6.       Seberapa Pantas & Lie to Me

Ini jaman kuliah. Si lelaki ini nglanjutin kuliah ke benua seberang. Komunikasi kita waktu itu adalah e-mail, SMS, chatting. Sesekali dia suka kirim pesan lewat ICQ ke henpon juga. Nah, satu masa ku agak-agak jenuh gitu. Dan pas aja gitu Sheilla on Seven ngeluarin lagu Seberapa Pantas ini. Maka, kukirimlah email ke dia berisi lirik lagu ini: seberapa pantas kah engkau untuk kutunggu. Cukup indahkah dirimu untuk slalu kunantikan. dst..

Aku ga bisa nyanyi, dia juga sama sekali ga bisa. Jadi tak ada harapan dia akan bernyanyi untukku. Ga ada romantis-romantisan dengan lagu. Ku berasa hopeless gitu.. Tapi ternyata..dia menjawabnya dengan lagu juga! Lumayan mengejutkanku! Hehehe.. Dia bales pake lagunya Bon Jovi yang “if u don’t love me..(u) lie to me”. Dan cinta terpercik-percik lagi deh.. Karena tak kusangka dia bisa mengikutiku.. ^^ Walau dia tidak bernyanyi, tapi kuanggap saja dia bernyanyi untukku.. ^o^

 

7.       Nuansa Bening

Ini jaman dah kerja. Waktu itu si lelaki ini lagi pulkam untuk merayakan Natal. Dan aku tak ada harapan untuk bisa berkasih-kasihan dengannya lewat telpon karena kutau kalau Natal itu kan saat berkumpul-kumpul, ke gereja beberapa shift, trus berkunjung-kunjung ke saudara. Jadi ya..aku marathon DVD saja.

Tapi tak disangka tak dinyana, dia nelpon akuuuu... Karena ternyata papa dia itu anak paling tua, jadi rumah dialah yang jadi sasaran kunjungan saudara-saudara. Dan dia bolos bentar, ke kamar dan menelponku. Pas kuangkat, tak ada halo atau hai. Sunyi bentar, trus terdengar gitar dipetik, dan dia mulai bernyanyi. That was soooooo sweeeeetttt..!! Dia pilih lagu itu karena lirik ‘kini terasa sungguh semakin engkau jauh, semakin terasa dekat’. Dan aku hanya bisa tersenyum kegirangan, sampai sekarang tiap inget saat itu. Pengen bales pake lagu, tapi daripada telpon mendadak mati dengan alasan baterai drop atau pulsa habis, padahal sebenernya dia ga tahan denger aku bernyanyi, jadi yang aman kubilang ‘love u love u love u’ berjuta kali saja ^^

 

8.       Mau dibawa kemana hubungan kita

*nahan senyum*

Recently. Oleh seorang teman *makin nahan senyum* Kita suka telponan ngebahas apa saja, trus dia suka sambil ngetik, sambil pilih-pilih lagu di playlist dia, sambil ngapain aja dah.. Trus tar dia suka nyanyi sepenggal lagu, ku tebak judulnya. Nah, suatu saat ucluk-ucluk dia nyanyi satu kalimat tok ‘mau dibawa kemana hubungan kita’. *ga tahan lagi nahan ngakak* Dan responku waktu itu adalah “Astaga..lagu itu.. Aku tau itu lagu siapa.. Kalau bukan Baginda, armada.. aku kan nonton Dahsyat..”. Padahal dalam hati aku berkata, “hiyaaa..sekarang dia nanya gitu.. Kemarenan pas kuajak nikah dia ngeluarin 4 alasan kenapa ga mau nikah ma aku..”. Hahahaha..

 

 

 

 

44 comments:

  1. barusan gw browsing di Google, Ta
    lagu pertama judulnya "Hanya Untukmu" yang nyanyi Rafika Duri
    http://ti4n81.multiply.com/photos/photo/99/1

    bener gak sih yang itu?

    ReplyDelete
  2. inih menarik, Tata :)
    tolong diceritakan
    -- duduk manis menunggu didongengin --

    ReplyDelete
  3. Out of the blue sama Best I ever had... gue suka kedua lagu itu... Jadi ingat masa sma jadinya ta... hiks... Btw kita sma seangkatan ga?

    ReplyDelete
  4. wow... kamu rajin sekaliiii... ku aja tadi males browsing2.. hihihi..

    dan betuuulll itu lagunyaaa... padahal murid mak ku yang nyanyi itu cowok lho.. ko dia nyanyiin lagu cewek yah? Hmmm..

    ReplyDelete
  5. :))))

    ummhh... critain ga yaaa..

    ReplyDelete
  6. Nyanyi juga dunk, Muse.. Duet ama Bimo.. ^o^

    kalau menilik kamu jadi inget masa SMA, sedangkan aku kenal out of the blue pas masih SMP.. jadi pastinya kamu jauuuuhhh lebih tua dari akyu.. Hohoho..

    ReplyDelete
  7. ceritain :D
    -- sesajennya roti gambang yah :D --

    ReplyDelete
  8. jangan.. aku ga enak kalo nyanyi di depan kamu, apalagi di layar karaoke.. ga sanggup dapat poin 10 untuk yang kesekian kalinya aku #ditimpukduit

    ReplyDelete
  9. Hahahaha dasar!!!! Umur boleh tua.. muka, masih mudaan gw kali ta... :)

    Singing "...........You took me right out of the blue... simply by showing that you love me to... Only by giving me your everything...."

    ReplyDelete
  10. 4 alasan itu apa aja ta? Lumayan buat nolak cewek lho...

    ReplyDelete
  11. karna ini menyangkut 2 orang..maka ku minta agreement ybs dulu kali yah.. daripada tar ku ditalak pertemanan dengannya.. daripada tar dia jadi ngambek nyanyi.. ^o^

    ReplyDelete
  12. yang satu ternyata Rafika Duri punya..

    nah yang kedua...ummhh..ku juga tak tau.. mari kita minta Dani untuk browsing.. ^o^

    ReplyDelete
  13. enak aja ditimpuk duit..nimpuk tu pake sepatuuu.. *nyiapin sepatu terberat kalau mau karaoke ama Bimo

    ReplyDelete
  14. jangan, berat2in kamu..
    aku yakin sepatu itu ga akan ada gunanya kalo niatnya seperti itu, hehe

    ReplyDelete
  15. ga mungkin akan applicable buat kamu, Muse.. ^^

    ReplyDelete
  16. ouw..ouw..ouw.. ada yang sesumbar halus rupanya..

    gapapa ko, Bim.. ga berat2in... justru sepatu itu lumayan nambah tinggiku ko.. ^o^

    ReplyDelete
  17. hahaha becanda ta.. boong aku, ga bisa nyanyi aku, hihi

    ReplyDelete
  18. liriknya terlalu pendek :D
    mbah Gugel pun puyeng milah-milahnya hehhehehhe

    ReplyDelete
  19. no hope untuk kita bisa beromantis-romantis ria dengan lagu dunk? *kecewa.. haha..

    ReplyDelete
  20. mahaaapp.. tapi ku ga inget lagi.. ku masih bocah banget waktu itu.. trus dengernya pun dua kali: gladi resik ama pas dia dipanggung..

    kutelpon mak ku dulu yah..

    ReplyDelete
  21. Tata (mengaku) nggak bisa nyanyi
    Bimo (menyadari bahwa dirinya) nggak bisa nyanyi
    nggak bisa + nggak bisa = bisa

    ReplyDelete
  22. aku bukan 'mengaku' ga bisa, Dani.. sudah "terakui dan diakui" semua kalangan.. mak ku aja nyerah ngajarin aku.. "yang penting hidup", gitu katanya..

    ReplyDelete
  23. apa yang romantis dari cuap-cuap? *still no hope

    ReplyDelete
  24. maksudku sekedar nganga (nyanyi kan pasti nganga?) aku mah bisa..

    ReplyDelete
  25. baiklah.. mari kita buktikan saja..

    eh eh.. tapi jangan nasyid yah.. tar ku kebakar.. ^^

    ReplyDelete
  26. ah, gw ga tau semua lagunya..... angkatan kita beda Ta...hahahahah

    ReplyDelete
  27. peristiwa pyas-pyas itu apa yah Ta?gak ngerti :D

    ReplyDelete
  28. ya pastinya beda dunk, jo.. kamu kan sepantaran Mak ku.. huhuhu..

    ReplyDelete
  29. peristiwa yang membuat pyas-pyas di dada.. masing-masing kujelasin singkat di tiap lagu..tapi mungkin terlalu singkat yah? mahapp..

    ReplyDelete
  30. Ini... True Love-nya Fuji Fumiya Ta?

    ReplyDelete
  31. Echaaaann.. Yang kamu tanyain yang manaaaa..

    ReplyDelete
  32. haduh *edit*
    itu Ta nomor 5, yang dibawain pake harmonika

    ReplyDelete
  33. Hooo.. Itu kah judul dan penyanyinya? Ku ga pernah tau, Chan.. Cuma modal denger di tipi, trus minta dibuatin notasinya ma mak ku, trus ku kasi ke cowok itu.. Jadi yang kuapal ya cuma notasinya.. Hehehe..

    Soldoremifasol solsolfamifasol solsolfamifamido remifamiredoremi (do).
    Lasidosilasolalsol lasidore dosilasolmi. Lasidosi lasolasolsolasolsolasol famifa. Remifamire..doredo

    ^o^
    lagu yang samakah?

    ReplyDelete
  34. ini kah liriknya?

    Furikaeru to itsumo kimi ga waratte kureta
    Kaze no you ni sotto

    Mabushi sugite me wo tojitemo ukande kuru yo
    Namida ni kawatteku

    Kimi dake wo shinjite kimi dake wo kizutsukete
    Bokura wa itsumo haruka haruka tooi mirai wo
    Yume miteta hazu sa

    *niat maenin nada yg dikasih Tata pake suling*

    ReplyDelete
  35. Hahaha..

    Karna ku beneran ga pernah tau liriknya, maka yang kulakukan adalah mencoba menyanyikan lirik dari echan dengan nada yang kutau.. Dan sepertinya masuuukk.. Walau ada satu dua baris yang terasa maksa, tapi yang pas haruka haruka masuk banget ma solasolsolasolfamifa..

    Makasi echaaaann.. *niat ngapalin lirik dari echan, biar kalo bersenandung ga lagi soldofamifasolan

    ReplyDelete
  36. ish kamu, tar kita duet, kamu nyanyi dan saya iringi pake suling!

    ReplyDelete
  37. Waduh tak bernyali saia kalau bernyanyi..dibalik saja ya Echan posisinya.. Kamu yang nyanyi, aku yang nyuling.. Atau ardi aja yang jadi vokalisnya?

    Eh, di karaokean disediain alat musik tak? *blum pernah mau ke karaokean.. ^^

    ReplyDelete
  38. Waduh tak bernyali saia kalau bernyanyi..dibalik saja ya Echan posisinya.. Kamu yang nyanyi, aku yang nyuling.. Atau ardi aja yang jadi vokalisnya?

    Eh, di karaokean disediain alat musik tak? *blum pernah mau ke karaokean.. ^^

    ReplyDelete