Monday, July 12, 2010

Keluargaku Berubah

 

Kutulis dalam rangka hari pertama sekolah adekku.

 

Yak! Hari ini adek bungsuku mulai sekolah, setelah melalui sedikit proses bujuk membujuk. Dan di sinilah letak perbedaan utama antara generasiku dan adekku nomer dua, dengan adek bungsuku ini. (Owya, aku 3 bersaudara: Tata, Mamas, dan Dedek. Tata dan Mamas beda 2 tahun, Mamas dan Dedek beda 21 tahun. Ga mau sebut angka, tapi bisa dihitung lah ya.. Hehehe..)

 

Jaman aku dulu, sekolah itu ditempatkan sebagai kebutuhan kami. Jadi, bapak-ibuku sering menjadikan sekolah untuk ‘mengancam’ kami. Misalkan kami mau nonton TV sampai agak malam, maka Bapakku akan mengeluarkan ancaman “Kalau besok sekolahnya sampai kesiangan, mendingan ga usah sekolah sekalian”. Dan aku + adekku yang takuuuuttt banget kalau sampai ga bisa sekolah lagi. Dan contoh2 lainnya yang membuat seolah2 kami sebagai anak harus nurut dan patuh ke ortu, demi diijinkan sekolah. Sangat berkebalikan dengan anak-anaknya temen2 ortuku. Aku dan adekku suka ‘kagum’ sama mereka yang sering mengancam ortunya dengan sekolah. Ada yang ga mau masuk sekolah berhari-hari kalau belum dibelikan sepeda motor. Ada yang ortunya sampai ngrayu2 agar anaknya mau sekolah. Sungguh ‘takjub’. Karena sangat berkebalikan dengan aku dan adekku. Boro-boro ngancam ga masuk sekolah, yang ada kami yang diancam ga boleh sekolah kalo ga nurut. Dan kayaknya kalo ga sekolah itu rugiiii banget.. ^^

 

Nah, adek bungsuku kan sekarang sudah 4,5 tahun. Sudah saatnya masuk TK (padahal dulu aku dimasukkan TK umur 3,5 tahun). Dari awal tahun, wacana Dedek sekolah sudah dilempar. Tapi adekku itu sepertinya belum ada minat untuk sekolah. Belajar di rumah, yang tadinya sangat semangat dan mengagumkan, mulai mengendur. Adaaaaa aja alasannya. Mulai dari yang paling klasik, “nanti kan kalo aku udah gedhe pasti bisaaaaa..”, sampai yang tak kusangka dia bisa berkata begitu. “Bapak dan Ibu kan udah tua..masa huruf2 begitu nanya ke aku.. Katanya kalo udah tua tu bisa mikir…”. Ck..ck..ck..

 

Entah gimana, kharisma bapak-ibuku tidak se-wow jaman aku kecil dulu. Jadinya, kita musti sedikit bujuk2 Dedek agar mau sekolah. Dan akhirnya Dedek pun mau sekolah, dengan mengajukan syarat2. Syarat utama adalah: aku harus diantar sama Mamas. Syarat berikutnya: yang jemput aku musti Bapak. Keren ga si..anak 4,5 tahun bisa mengajukan syarat agar dia mau sekolah, dan dituruti pula. Bapak-ibuku benar2 sudah berubah. Tidak setegas 20 tahun lalu. Jaman aku dulu, aku berangkat dan pulang sekolah sendiri. Ga dititipin tetangga apalagi diantar. Ya ga jauh siii..tapi aku kan masih keciiiill… ^^

 

Dan apakah aku dan Mamas cemburu dengan ‘dimanjanya’ si Bungsu? Ternyata tidak sama sekali. Hari ini topik kami berempat (bapak-ibu-tata-mamas) adalah hari pertama Dedek sekolah.

 

Jadi, sesuai persyaratan, pagi Mamas antar Dedek sekolah. Dan karena si Mamas kebiasaan bangun sesuka-suka, mandi trus berangkat kerja, maka hari ini agak kacau jadinya. Bapak-ibuku kan pergi kerja jam setengah 7, sedangkan Dedek masuk sekolah setengah8. Jadi, prosesi persiapan diserahkan ke Mamas. Mulai dari mandiin, pakai baju, siapin bekal dan akhirnya antar. Dan hasilnya adalah Dedek masuk sekolahnya telat dan dalam keadaan tidak mandi. Hahaha… “Dia kan agak batuk..kasian kalau mandi pagi2..”, alesan si Mamas pas kutelpon. (Owya, rumahku kan di gunung jadi kalau pagi suhunya berkisar 15-170C, kalau siang mungkin bisa mencapai angka 22). Jadi, mandi pagi memperparah batuk agak2 bisa diterima, dan ga mandi ga masalah banget karena ga akan keringetan juga ^o^

 

 

Trus, baik aku maupun Ibuku agak pyass pas denger cerita kalau anak-anak lain dianter ibunya dan ditungguin pula. Dedek doank yang dianter non-ibu, telat pula. Mamas si critanya sambil ketawa2, “kasian si Dedek..aku anter,aku masukin ke kelas trus aku tinggal..hahaha..”. Trus bapakku kan ga tega, jam 8 nengokin. Eh, dicuekin aja gitu ama Dedek.. Trus bilang,”nanti aku bisa pulang sendiri”. Hwuaaa… Ternyata dia bisa langsung berani sekolah, berani berteman dengan anak-anak baru, berani pulang sendiri juga. Tapi ga mungkin dunk Bapakku tega.. akhirnya bapakku nitip ke tetangga yang lagi nungguin anaknya untuk nanti sekalian bawa Dedek pulang.

 

Selain keberanian yang muncul itu, kehebatan lainnya adalah: uang sakunya sisa 60%! Padahal biasanya dia tuh jajaaaaann terus. Eh, pas dipegangin uang, dia malah irit! Dan ini lagi satu beda generasiku dan generasi si bungsu. Jaman aku dulu uang sakuku adalah mepet, pas-pasan (perasaanku waktu itu, tapi pas kupikir sekarang, ku dulu mampu langganan majalah, mampu selalu beli kaset..hehehe..). Nah, sekarang uang saku si Bungsu adalah sedikit berlimpah, karena kami khawatir tar dia makin merana hidupnya, Udah ga ditungguin, mau jajan susah juga. Walau begitu kita tetep aja khawatir, tar kalau uang sakunya ilang gimana yah.. hadududu..ngurus anak (kecil) tuh parno dan khawatirnya ga akan habis2 yah… ^^

 

Trus kenapa dulu seolah bapak-mak ku ga ada khawatirnya aku bakal diculik dan merana yah? Hehehe.. Mau nanya ke ybs, ga tega.. Atau sebenarnya mereka ngikutin aku yah? ^^

 

 

 

 

 

66 comments:

  1. Jaman dulu, penculikan ngga seheboh sekarang, Ta...

    Huwaaa... Tapi adikmu yg bungsu itu keren ya. Dia bisa mempengaruhi "pola hidup" Mamas *ngakak berat

    ReplyDelete
  2. Hehehe.. ternyata umur kita ga jauh beda ta.. hehehe

    ReplyDelete
  3. Dedeknya cowok atau cewek sih say? ^_^
    Sama tuh, dulu aku juga takut banget ama ortu. Anak2 sekarang kok jawabnya selalu pinter2 yak, kalo dibilangin. Ibuku tuh nyerah kalo ngobrol ama anakku. Hahahaha.... :p

    ReplyDelete
  4. masa si dulu penculikan ga heboh.. perasaan suka ditakut2in kalo ada orang bawa karung di bahu itu adalah penculik deh.. *ngotot pengen dibilang anak 'terlantar'.. hohoho...

    kita lihat apakah besok Mamas akan berhasil mengantar Dedek sekolah earlier.. feeling ku si, dia akan lempar tugas mandiin dkk ke Mak ku, trus dia tinggal antar ajah.. hehehe..

    ReplyDelete
  5. emang berapakah hasil itungan kamu? *meragukan kemampuan berhitung orang yang sedang terkilir kakinya.. otak (kamu) di kaki kan? ^o^

    ReplyDelete
  6. oh Dedek ku cowok.. dan betul..kemampuan dia dan anak2 generasi sekarang suka bikin ngelus dada tapi ngakak di saat bersamaan... Pernah diingetin untuk ati2 kalau maenan hape Mamas, takutnya tar jatoh dan rusak. Jawabnya, "ya kalau rusak, tinggal beli lagi..".

    dan kuyakin ibu kamu nyerah kalo ngobrol, tapi sekaligus bangga.. pasti ga akan habisnya dia ceritakan ke temen2nya sesama nenek.. hehehe..

    ReplyDelete
  7. Astaga.. Otak gw bukan di kaki tapi di dengkul *hayyah...
    Kau setahun lebih muda dariku nak hahahahaha.. rite?

    ReplyDelete
  8. Oh, cowok. Kalo cowok, panteslah... dia dimasukin TK lebih tua dr dirimu. Anak cowok itu dewasanya lebih lama kok. ;)

    ReplyDelete
  9. Oh, cowok. Kalo cowok, panteslah... dia dimasukin TK lebih tua dr dirimu. Anak cowok itu dewasanya lebih lama kok. ;)

    ReplyDelete
  10. Oh, cowok. Kalo cowok, panteslah... dia dimasukin TK lebih tua dr dirimu. Anak cowok itu dewasanya lebih lama kok. ;)

    ReplyDelete
  11. hahaha... ni gimana cara membenarkan atau menyalahkannya yah? emangnya aku tau umur kamu berapaaaaa...emangnya situ Nick Carter yang kuapal tanggal, bulan dan tahun lahirnya..?!

    hohoho..

    ReplyDelete
  12. tapi si Mamas dulu juga dimasukin sekolahnya juga seumur aku ko.. ini tak terkait kedewasaan anak, tapi lebih ke ortuku yang mem-fleksibel-kan diri.. ^^

    ReplyDelete
  13. Helloooo... hellooooo... Hellloooooo

    Nick carter is soooooo last year.. jaman sekarang dia dah ga laku lagi.. hahahaha

    ReplyDelete
  14. ya tapi cuma tanggal lahir dia yang kuapal.. hahaha...

    kalo sekarang, jangankah ngapalin tanggal lahir..lha ngapalin lirik lagu aja setengah mati...

    ReplyDelete
  15. ya ampun tata,kamu gak ngiri sama dedek kan? atau mau kusihir jadi dedek?

    ReplyDelete
  16. Sihir punya dedek ajah bisa, Marie?

    ReplyDelete
  17. gw termasuk orang yang agak konvensional dalam soal anak-anak gini, soalnya anak-anak di sekeliling gw dididik dengan "cara jaman sekarang" malahan jarang yang bener, malah pada males belajar dan ngelawan orang tua.

    gw juga pake diancem gitu Ta dulu hihihi... dulu rasanya merana tapi sekarang malah baru ketauan ternyata banyak gunanya

    ReplyDelete
  18. ohh...lo punya adek kecil jg toh,Ta?
    sama donk...
    anak yg gak direncanain sama ortu pasti tuh kan yah?tau2 nongol...hahaha

    adek gw satu2nya tuh beda 16 tahun ma gw...
    dia baru aja masuk SD tuh kmrn... :)

    ReplyDelete
  19. @ wida: begitulah.. Kalau cewek, kamu mau? ^^

    @ echan: nah! Ku sempat khawatir ni bungsu bakal 'liar' karna berlimpah kasih sayang tapi kurang ketegasan.. Tapi semoga tidak.. Amin..

    @ muse: apanya yg sesuai usia? Apalannya atau degenerasi kemampuan menghapalnya?

    ReplyDelete
  20. @ wida: begitulah.. Kalau cewek, kamu mau? ^^

    @ echan: nah! Ku sempat khawatir ni bungsu bakal 'liar' karna berlimpah kasih sayang tapi kurang ketegasan.. Tapi semoga tidak.. Amin..

    @ muse: apanya yg sesuai usia? Apalannya atau degenerasi kemampuan menghapalnya?

    ReplyDelete
  21. @ vian: hwaaaa.. Ajak nonton dunk sekali2 adek kamu.. Pengen liat hasil 'didikan' vian.. Hohoho..

    ReplyDelete
  22. si penculik milih ga nyulik tata coz, pasti bakal ngerepotin mereka... ha ha ha.... kiss for dedek

    ReplyDelete
  23. wanna know my story about my little brother named Rendy?
    Rendy, 12, anak kelima di keluarga. di rumah, dia manja banget, kalo makan harus dia yg nentuin menunya, jd nyokap gak bs masak sembarangan, harus tanya dulu dede mau makan apa.
    dia kalo bobo mesti ditemenin nyokap, mesti dipeluk..
    itu di rumah.

    di luar, dia jd boss, nyuruh2 temennya ngelakuin apa pun buat dia, beliin makanan, ini itu, temennya takut banget sm dia, dan mereka nurut.
    waktu kelas 4 SD, dede mulai suka bolos sekolah, alesan: sakit, males. Lama-lama mama tanya, "dede, knp gak sekolah? punya masalah?" dede geleng2 kepala aja. Akhir smester dua, dede gak ikut ulangan umum, gak dapet nilai donk? wali kelas dtg ke rmh, ngobrol sm nyokap, sm dede. mereka sepakat, dede bs naik kelas walau gak ikut ulangan. gak pake sogok, kekeluargaan aja. ajaib!

    kelas 5 SD , makin parah bolosnya, 1 bulan gak msuk sekolah! akhirnya, wali kelas dtg ke rmh, setelah dibujuk dia sekolah lg.
    semester dua, mulai lg begitu. dia gak ikut ulangan umum (lagi)! wali kelas dateng ke rmh lg, dede gak ada di rmh. nyokap jg gak ada di rmh. bibi yg nerima, wali kelas titip pesan aja. nyokap bujukin dede, aku, dan ketiga saudaraku yg lain jg bujukin. tetep dia gak mau sekolah. Nyokap komentar apa? "Ya udah lah, biarin aja gak mau skolah mah, mau dgimanain lg. De, mau beli PSP? Besok mama titip ayah beliin di Jkt, jd mulai bsok dede gak maen PS di ruang Tv lg ya, dede mah suka gangguin mama nonton Take Me Out!" dede, "asyiiiik! Shandy, ntar beliin permainannya ya! Burnout!"

    ReplyDelete
  24. yah, manja banget.. but we love him so much!! gak kuasa nolak apa pun yg dia pengen. he has that particular magic :)

    ReplyDelete
  25. kalo bisa jangan dijadiin kebiasaan..

    ReplyDelete
  26. maksudnya penculiknya bakal kerepotan karna aku apa yaaa...? haha...

    mwah buat Ka lien!

    ReplyDelete
  27. Jderrrr!!

    kalau dia ga sekolah alias bolos gitu, kegiatan dia apakah?

    eh eh eh..kalau masa kecil kamu gimanakah, Shandy? penasaran.. ^^

    ReplyDelete
  28. laki dan perempuan dunk..biar komplit.. kalau udah siap kirim, jangan lupa kasih tau burung bangau nya untuk bawa langsung dua-dua nya yah.. ga mau dalam dua kloter..

    ReplyDelete
  29. cinta...cinta...

    eh..eh.. kirim Rendy ke sekolah berasrama ajah gimana? siapa tau magic dia tak mempan di sana.. ^o^

    ReplyDelete
  30. Rendy ke sekolah asrama? bisa aja sih, tapi ibunya mesti ikut, siapa yg ngelonin dia kalo dia bobo di asrama?
    ..kegiatannya yg gt, nonton kartun di Tv, maen PS, balapan mobil Tamiya, and so on, and so on..
    nah, kalo cerita wkt aku kecil, kan ada di "Guntur" :)

    ReplyDelete
  31. Nah.. tujuan meng-asramakan dia kan untuk mendisiplinkan dan memandirikan dia... ^^

    Oiyah..Guntur! Yang suka baca di perpus melewati ruang kepala sekolah.. Good boy.. ^^

    ReplyDelete
  32. soalnya mak lu dulu masih sakti... dia titipin elu ke "perewangan" dia... hihihihi

    ReplyDelete
  33. kalo dulu, gw selalu aja ada alasan untuk gak sekolah... MALES POL kalo disuruh sekolah... hehehh untung2an aja gw selesai sekolahnya

    ReplyDelete
  34. maksudnya sekarang mak ku ga sakti lagi? kubilangin lho..

    ReplyDelete
  35. maksudnya kamu begitu pintarnya sampai malas2an aja lulus? Huhuh..sombong!

    ReplyDelete
  36. hahahaha..kok sebelas sama dua belas sama adek gw (dulu) yah?
    padahal sama gw cuman beda 1.5 tahun
    si manja itu...bulan depan udah jadi Bapak...huah!

    ReplyDelete
  37. hah? cuma beda 1,5 tahun tapi beda perlakuan? Hmmm... kalo aku pasti nangis2.. hehehe..

    hwuaa..bulan depan kamu jadi Budhe dunk? ^^

    ReplyDelete
  38. aduh...iyah

    moga2 adek gw gak ngajarin ke ponakan gw "Pakdhe mana,Budhe?"

    ReplyDelete
  39. bukan gitu pertanyaannya.. tapi, "pasangan sendok kan garpu, pasangan papa kan mama.. kalo pasangan Budhe apa?" *kebanyakan nonton iklan.. hohoho...

    ReplyDelete
  40. ih lucu, msh punya ade kecil.. anak 'ktinggalan' ya Ta? :D ya mudah²an si Dedek baik² & betah ya skolahnya :)

    ReplyDelete
  41. bukan 'anak ketinggalan', tapi ' tak ada cucu, anak pun jadi'... ^o^

    makasi dan amin untuk doanya, tante.. :))

    ReplyDelete
  42. weh,,,manjanyaa...
    ga khawatir masa depan dia bro?

    ReplyDelete
  43. iyah.. Mamas lahir 85, Dedek 06.. ^^

    ReplyDelete
  44. ya ampun.. jauh sekali ya ta.. aku sama kakakku bedanya 10 tahun.. kirain itu yang paling jauh, hehe

    ReplyDelete
  45. ya ampun.. jauh sekali ya ta.. aku sama kakakku bedanya 10 tahun.. kirain itu yang paling jauh, hehe

    ReplyDelete
  46. quote buat kamu Bim: di atas langit masih ada langit..
    (musim quote.. hohoho..)

    tuh Vian ama adeknya beda 16..

    ReplyDelete
  47. Nggak mau, ntar dikira pedofilia...
    Berabe mbak, hehehe...

    ReplyDelete
  48. Lho? Paling beda 10thn kan? Gapapalah, wid.. Lumayan tar punya adek ipar bersenpi! Hoho..

    ReplyDelete
  49. serius nih? hahahaha yang ada ntar lu ambil ndiri....

    ReplyDelete
  50. Ya enggak dunk, Jo.. Kecuali wida nya maksa.. Hoho..

    ReplyDelete
  51. yodah Wid... kesempatan... lu ambil paketan aja... ambil adiknya dapat kakaknya huahahahahha

    ReplyDelete
  52. Jiah, sesama keluarga dilarang incest, hehehe...
    Haram...
    Ntar bentrok ma FPI di jembatan Suramadu, bahaya...

    ReplyDelete
  53. kan kamu punya senpi, Wida... eh dah bli blum si?

    ReplyDelete
  54. Udah, tapi suratnya belom keluar, jadi belom bisa dipake...
    wkwkwk...

    emang mau buat apa mbak?!

    ReplyDelete
  55. dan masih banyak kulucuan dan kekonyolan lainnya.. ^o^

    ReplyDelete
  56. Kayak mau nyeberang jembatan aja mbak, pake pegangan, hehehe...

    ReplyDelete