Wednesday, July 14, 2010

Renang Yuks..

Inilah postingan utuhnya.. Maaf tadi belum oke tapi udah ke-publish.. Selamat membaca ulang.. ^^

 

Pertama ku mau makasi untuk Mak ku yang dulu sudah memaksaku belajar berenang.

 

Dari lahir aku sudah berbakat untuk tumbuh mini. Kata mak ku, pas lahir ukuranku adalah sebotol sirup ajah. Selanjutnya tumbuhku adalah menjadi chubby, bukan tinggi. Nah, masuk SD ku ‘dipaksa’ rajin bersepeda dengan ‘iming-iming’ ‘nyepeda bisa bikin tulang kaki memanjang, artinya badan jadi tinggi’. Ternyata eh ternyata itu hanya mitos saja.

 

Program berikutnya adalah berenang. Konon, berenang bisa memanjangkan badan. Dan panjang = tinggi. Maka, aku ‘dipaksa’ belajar berenang. Nah, masalahnya bukan hanya capability saja, tapi..rumahku itu di gunung yang nama airnya dingiiiiiin buanget. Ga usah nyemplung ke kolam aja tiap pagi aku biduran. Apalagi berendem di air yang kayak air raksa itu.. (mandi di Kopeng itu ga berasa basahnya, airnya kayak lewat aja dan tak berbekas kecuali rasa dingin yang luar biasa). Jadi, intinya ku ga mau berenang.

 

Tapi mak ku tak buntu, dikirimlah aku dan adekku ke kota terdekat, yaitu Salatiga, untuk les berenang. Itu mulai SD klas 5 dan kami diantar bapakku. Nah, aku masuk SMP program berenang makin intensif karna aku sekolahnya di Salatiga. Seminggu 3 kali setiap pulang sekolah aku harus berenang, plus hari minggu pagi. Aku si nurut-nurut aja..orang uang sakunya bertambah. Karna, tiap selesai renang itu wajib hukumnya untuk makan, karna rasanya lapaaaarrr! Paling menyenangkan kalau hari Minggu, karena ada segerombolan cowok-cowok SMA yang ganteng-ganteeeee..ng! mereka suka lompat dari papan tertinggi dengan gaya heboh, tinggi-tinggian cipratan air. Suka deh liatnya! Trus pas di hari lain aku mencoba belajar lompat heboh itu, dan ternyata sakiiiiitttt… Badanku merah-merah ke-plak-plak air. Aku menyerah, gagal bergabung dengan cowok-cowok ganteng itu. Padahal ya kalau kupikir sekarang, aku kan bisa minta diajarin mereka trus tandem deh lompatnya.. Fufufufu..

 

Lalu? Bagaimanakah hasil berenang intensifku? Badanku ken.ceng.ba.nget. lengan atasku..wow.. Dan pastinya warna kulitku eksotis gitu, dengan belang nyaris-permanen di beberapa tempat. Dah itu saja hasilnya. Ohya..sama rambutku kaku. Apakah badanku memanjang? Tidak sedikitpun. Maka, masuk SMA aku pensiun berenang. Tak ada motivasi lagi. Si cowok2 SMA dah pada lulus dan kuliah keluar kota (ini ku tau pas ku SMA. Ternyata si cowok itu adalah alumni SMAku dan anggota pecinta alam. Pas pelantikan anggota baru dia kan datang.. Ku sempat jadi pengen ikut ekskul pecinta alam, tapi urung karena masa alasannya adalah cowok?! Ga keren ah..)

 

Selama SMA kayaknya ku beneran ga berenang, kecuali kalo jalan-jalan keluarga ke tempat yang ada kolamnya. Kuliah, beberapa kali kali saja karna sulit menemukan kolam khusus wanita. Ada kolam di perumahan di Kelapa Dua sana, tiap selasa dan jumat dibuat khusus untuk perempuan. Tapiiii..kolamnya tak seberapa ukurannya tapi manusianya penuuuhhh ajah.

 

Jadi, selama bertahun-tahun aku tidak nyemplung ke kolam, tidak merasakan kuping kemasukan air, hidung sakit, dan minum air kolam yang sangat mungkin bercampur pipis. Sempat muncul rencana dan angan-angan untuk berenang paling ngga seminggu sekali. Tapi tak pernah terwujud. Trus tiap lewat depan kolam Bulungan slalu tercetus ide untuk berenang pagi sebelum kerja. Tapi itu pun hanya mimpi saja. Tiap pagi badanku slalu sulit dipisahkan dari kasur.

 

Hingga semalam, di Puncak, jam setengah sebelas malam, ku jalan lewatin kolam. Trus ada 5 temanku yang sedang cipak cipuk di situ. Dan aku langsung excited. Gelap2 renang kan aman..dari mata orang. Maka, ku segera ganti baju dan nyemplung. Brrrr..dingin2 enak.. Sempat khawatir jangan2 ku dah ga bisa renang lagi, dah lupa caranya. Tapi ternyata ilmu itu masih bersamaku. Setengah jam aku bolak balik berenang, dan kelar ketika gigiku bergemeletuk. Dan rasanya nyamaaan banget. Pas mau tidur, lengan atasku terasa sesuatu..sepertinya otot2nya mulai menegang! Aku senaaang!

Maka dengan ini ku beneran berniat untuk berenang lagi, secara rutin. Biar badanku seperti pas jaman SMP: kencang dan eksotis. Hohoho..

Skali lagi, makasi Mak.. Mwah!

34 comments:

  1. aku ga bisa renaaang...

    *ekpresinya kayak anak cewek di iklan mie*

    ReplyDelete
  2. jaman SMP mah lum bisa dibilang punya badan..

    ReplyDelete
  3. Lho lho lho.. Ko kepublish??!! Tadi tu draft tauuu.. Dan ini paragraf terakhiii..rr.. Jangan dbaca duluuu..

    ReplyDelete
  4. Jul 14, '10 10:02 PM
    for Tata's contacts

    telat *nyengir syaiton
    brenangnya masih pake baju kan, Ta?
    *disambit sapu*

    ReplyDelete
  5. Hadududu.. Ni ku masih di jalan pula.. (tulisan di tol "Tajur, Sukabumi". Ni dmana si?) Tar ku edit baru kalian komen lagi yaa..

    Dani..ku pake baju ko walau malem.. Tnang aja..asset terlindungi.. ^^

    ardi..kamu ga liat aku jaman smp siii.. Ibuku aja slalu membanggakan lekukku ke temen2nya, "liat deh badan tata.. Bagus yah?". ^o^

    ReplyDelete
  6. pret.... apakah dirimu sewaktu SMP sebentuk dengan Lisa Rumbewas?

    ReplyDelete
  7. ya ga segitunya lah, jo... indah lah pokoknya.. *umpetin foto2 jaman SMP

    ReplyDelete
  8. *tempat buat ngumpetin fotonya ditemuin Wida, langsung ketawa ngakak*

    ReplyDelete
  9. Ayo, main kemari tante Tata... Disini kita bisa berenang dengan nyaman :)

    ReplyDelete
  10. ssssttt... jangn kasih liat Jonaz yah!

    ReplyDelete
  11. hehe kayaknya kamu kurang susuuuu.. coba kalo disuplai susu & keju segambreng hihihi.. mending ada kalsium & protein yg bantu nambahin panjang badan *kali* :p

    yuk2 kapan2 berenang..;)

    ReplyDelete
  12. Enggak, ntar tak buatin baliho aja aku pasang di pinggir jalan raya...
    hehehe...

    ReplyDelete
  13. oiyah! soal makanan walaupun aku pemakan segala, tapi aku dulu sangat mudah terganggu dengan makanan..mulai dari bau nya dan juga wujudnya.. susu termasuk yang baunya tak kusuka, dan keju rasanya terlalu.. nyentuh lidah langsung lepeh.. ^o^


    janjian renang dimanakah kita? ^^

    ReplyDelete
  14. ga bisa renang? makanya belajar! *ngiklan cerebrovit..

    ReplyDelete
  15. kamu boleh bilang aku 'ndeso', tapi jangan samakan aku kayak Tukuuuulll...

    ReplyDelete
  16. aku juga suka berenang.. yg males tu siap2nya dan beres2 badan sesudahnya..
    coba kolamnya di belakang rumah... mantaps..

    ReplyDelete
  17. hiyaaa.. Alma.. itu mah judulnya kamu beneran cuma mau berenangnya.. ^o^

    kalau aku yang suka bikin males adalah bawa pulang baju renang basahnya! Bratss..trus kadang suka lupa ngeluarin dan nyucinya pula.. makin males nyuci deh.. hohoho..

    ReplyDelete
  18. Ada budget? metode mengajarku tergantung bayarannya lho..

    ReplyDelete
  19. hehe.. kamunya dong yg musti kolam spesial.. atau mau renang pakai baju lengkap? :D

    ReplyDelete
  20. asal malem kayaknya ga special ga apa..kan gelap.. hehehe..

    atau ga, kupakai baju renang 'muslimah' deh..

    ReplyDelete
  21. hihih... trus minum susunya hilo muslimah juga....

    ReplyDelete
  22. mang ada yah hilo muslimah? ko ku baru denger..pasti kamu ngarang!

    ReplyDelete
  23. per jam, dibayarnya per minggu di awal *siap-siap mangkir dari latihan setelah terima trasnferan

    ReplyDelete
  24. Bupati mana mbak?!
    Pacitan tah?!
    Yang wabupnya Julia Peyek, hehehe...

    ReplyDelete
  25. motivasinya oke bangeett! hahaha...
    ajarin aku berenaaaang

    ReplyDelete