Wednesday, July 7, 2010

They’re [Still] in Love

 

 

 

Kemaren lusa, bapak ibuku dan adekku yang kecil berlibur ke Jakarta (untuk sehari semalam saja). Dan karena aku belum bisa ambil cuti, maka aku hanya bisa bertemu mereka di malam hari. Kami berempat berbaring-baring di kasur sambil ngobrol. Posisi baring kami tak beraturan. Ibuku melintang di ujung bawah kasur, aku melingker di sisi kanan kasur, bapakku lurus di sisi kiri kasur, dan adekku berputar2 di tengah kami.

 

 

 

Nah! Selama ngobrol itu aku perhatikan bapakku-ibuku. Posisi mereka memang tidak berdekatan, tidak semesra dahulu. Tapiiii… Telapak kaki bapakku mengelus2 kaki ibuku! Dan ibuku meresponnya dengan posisi kaki yang sekiranya bisa dielus. Hehehe..

 

 

Aku suka lihatnya! Mengingat mereka sudah menikah hampir 28 tahun, tapi mereka masih saling begitu cinta. Karena beberapa temanku, kalau ku menginap di rumah mereka, bapak-ibunya tidurnya saja tidak sekamar. Dan kalau kutanya sejak kapan mereka begitu, teman2ku tak ingat lagi. Waduh waduh.. Sepertinya cinta punya expiry date, akan datang masanya cinta itu habis.. =( 

 

 

Sedangkan bapak-ibuku, cukup ekspresif afeksinya. Dari jaman aku kecil, kalau bapakku mau keluar rumah wajib hukumnya cium pipi ibuku dulu. Becandaan mereka juga affectionate. Ngegemeshin walau kadang maleshin.. ^^

 

 

Jadi pas Januari kemaren aku pulang dan pas mau tidur bapakku masuk ke kamar lain, spontan aku bertanya ke ibuku,

 

Tata: Bapak-Ibu pisah ranjang???

 

Ibu: Ada perbedaan pendapat yang prinsipil (sambil tersenyum tersipu)

 

Tata: Astaga… Bapak-ibu dah nikah berapa lama? 27 tahun kan? Dan masih ada perbedaan prinsip yang muncul gitu?

 

Ibu: Yaaa..sebenernya dari dulu hal ini emang udah beda.. Tapi sekarang terasa sangat beda.. (makin tersipu)

 

Tata: Trus? Kenapa sedari dulu, selama 27 tahun, perbedaan itu ga masalah, tapi sekarang bermasalah?

 

Ibu: Ya habisnya bapak kayak ga mau mengerti…

 

Tata: Emang kemaren2 bapak ngerti?

 

Ibu: enggak…

Tata: Emang hal ini adalah hal baru yang dilakukan ibu?

 

Ibu: Ya enggak..dari dulu ibu begini..

 

Tata: Nah! Brarti ga ada yang berubah kan? Selama ini bapak tau ibu begitu, dan fine aja.. Ibu juga tau bapak ga sreg ibu begitu, tapi ibu maju jalan aja.. Dan semuanya biasa aja.. Kenapa sekarang pake pisah ranjang?

 

Ibu: Iya juga yah.. Hehehe.. (aku dipeluk dan diciumin! Dia gemesh gitu.. )

 

Tata: Ya udah sana.. Susul suaminya..!

 

Ibu: Ya malu dunk… dah beberapa hari ga tidur bareng..masa ucluk-ucluk nyusul..

 

Tata: Astaghfirullah.. Ama suami sendiri pake gengsi… Pura2 aja di kamar ini ada tikus, atau ni manfaatkan Dedek.. Bilang aja Dedek pengen bobo sama Bapak, trus ibu mau ikutan juga.. (sumpah aku gregetan ma mak ku..)

 

Ibu: Mulai besok aja yah.. Jangan malam ini..

 

 

Aku di rumah semalam saja, jadi aku tak bisa mengikuti bagaimana bapak-ibuku ‘rujuk’nya. Dan aku juga tak mau follow-up ibuku..serasa teroris saja.. Hehehe… Ku hanya berharap semoga cinta bapak-ibuku masih jauh expired date nya. Dan setelah itu , tiap ngobrol di telfon mereka terdengar kocak dan mesra, ya brarti dah rujuk lah ya..

 

 

Tapi, pas kemaren malam ku liat body language bapak-ibuku.. Aku senang! They've found the way back into love!

 

 

Apalagi pas siangnya ku telfon, mereka sedang di Cibaduyut. “Tadi Ibu pusing banget, pengen muntah. Trus bapak pijetin ibu, serasa refleksi kaki..jadi dah mendingan sekarang…”. Oh my.. They’re really deeply in love! Aku senang…!

 

 

 

Note:

Kupikir yah.. persoalan cinta itu akan ada sepanjang masa. Tak peduli berapa lama bersama, akan selalu ada pemicu percikan cinta. Jelilah dalam melihat. Jangan sampai salah mengartikan pemicu itu adalah tembok yang terbangun. Padahal sebenarnya itu adalah cara Tuhan dan alam memercikkan cinta agar tak meredup ^^

 

 

 

20 comments:

  1. Pesan yang bagus Tata...:-)
    tapi biasanya ada hal-hal yang lebih dari prinsip yang buat orang kehilangan cinta.

    ReplyDelete
  2. Ah.. jadi inget orang tua di kampung... :)

    ReplyDelete
  3. @ pita: pastinya begitu..karna akan ironis kalau cinta raib karna sesuatu yang "doank".. ^^

    @ muse: jadi pengen pulkam lagi?

    ReplyDelete
  4. Komentar adekku juga gitu.."mak bapak kita tu lucu yah..". Tapi kadang dilanjutkan dengan "tapi suka ga penting.." :))

    ReplyDelete
  5. Hahaha bener ta.... Sayang ongkos ke kampung gw mahall....

    ReplyDelete
  6. Hehehehe... Kadang setelah menikah aku jadi berpikir, Ta... Prinsip seperti apakah yg bisa memisahkan cinta suami istri? Kalau bisa menghancurkan sebuah pernikahan, berarti itu prinsip yg aneh... *kata ibukku loh... Aku diturunin nasihat ini dan mulai belajar menjalaninya :)

    Btw, mana pay it 4ward nyaaaaaaa????

    ReplyDelete
  7. memang ternyata sepertinya tidak segampang itu... ayo kamu mulai belajar jeli melihat sesuatu yang diberi titel 'masalah'! ^^

    ReplyDelete
  8. semahal liburan Jonaz ke Komodo?

    ReplyDelete
  9. Nah! Karna aku juga berpikir begitu, makanya ku skeptis habis pas bapak-mak ku 'pisah ranjang'. Dan ternyata masalahnya gitu 'doank', May.. Tapi entah gimana mereka melihatnya rumiiiiittt dan prinsipiiiilll banget.. Jadi, 'penghancur' itu bukan di perbedaan prinsip nya, tapi kekurangjelian melihat dan menyikapinya..menurutku si gitu... Buktinya pas kutuntun urai masalahnya, mak ku langsung berasa dapat pencerahan gitu.. Hehehe..

    Dan mungkin pasangan2 berusia yang tak lagi tidur sekamar, mungkin sebenarnya tak ada masalah prinsipil..dan bahkan mungkin sudah lupa apa masalah sebenarnya.. Tapi mungkin gengsi untuk memulai laginya.. Mung.kin... ^^

    Pay it forward? Apa yah? Hehehe.. Setelah final PD yaaaaaa.... ^o^

    ReplyDelete
  10. Ga lah.... cuma bagi gw mahal.. hahaha

    ReplyDelete
  11. Iya, Ta... Masalahnya mungkin "agak sempit memandang" masalah. Hmmm... Mungkin, butuh orang lain yg bisa melihat sisi yang lain. Makanya, anak dibutuhkan ya.

    Hohoho... Kau bijak sekali hari ini :)

    ReplyDelete
  12. feel nya kurang dapet, Jo.. ayo coba lagiiiii...

    ReplyDelete
  13. Owww so sweeet...kalo almarhum bapak dulu kadang masih suka godain ibu mpe ibu marah2 gitu. lucu kayak abege aja liatnya.

    ReplyDelete
  14. oohhh...
    sekarang aku ngerti kenapa Tata suka ciumin orang :)

    ReplyDelete