Monday, July 19, 2010

Kesalahan Strategi

 

 

Pelajari dan pikirkan baik-baik sebelum memutuskan sesuatu.

 

Minggu kemaren adalah hari pernikahan teman baikku, Miya. Aku bertugas sebagai pembantu oemoem di acara kawinannya, termasuk seserahannya. Nah, pas aku ke rumahnya untuk acara seserahan aku melihat tangan Miya penuh dengan ornamen-ornamen, kakinya juga. Aku yang langsung mupeng gitu.. Trus pas liat adeknya Miya juga punya, walau jauh lebih sederhana dan di satu tangan aja, ku langsung memutuskan “aku mau jugaaaaa…”. Padahal adeknya Miya digambar itu sebagai bonus gambarnya Miya.

 

Aku langsung telfon Mbak penggambarnya. Dia sedang menggambari calon penganten lain dan baru akan selesai habis maghrib. Kubilang tak apa, akan kutunggu. Ternyata habis itu hujan turun dengan derasnya, janjian diundur jadi jam setengah 8. Aku jalan jam 7 dari Pasar Minggu menuju tempat janjian di Mal Ambassador, dengan ojek. Aku sampai di sana jam 19.33, telat 3 menit dan aku dah panik. Tapi ternyata si mbak datang jam 20.15, jauh lebih telat. Tapi tak apa, kan aku yang butuh dia.

 

Maka, dimulailah proses lukis tanganku. Enak deh sensasinya..anget2 semriwing merinding.. Karna waktu sudah mepet (mal tutup jam 9), maka tak ada proses diskusi mau gambar apa, dari mana ke mana, pokoknya kuulurkan tanganku dan mbak nya megangin pake tangan kiri dan mulai gambar pake tangan kanannya. Alat yang dia gunakan (ternyata) adalah sumpit bambu dia runcingkan, trus dia celupkan ke hena, trus dia gambar di tanganku. Selama gambar, kita ngobrol apa ajah. Termasuk “apakah mbaknya apal pola atau sambil gambar sambil mikir”. Dan jawabannya adalah sambil gambar sambil mikir. Oh okay..yang penting cantik..

 

Setelah digambar, tanganku ga boleh gerak sampai hena-nya kering. Jadi sepanjang jalan pulang, telapak tanganku meregang tak bergerak. Tak apa, yang penting besoknya tanganku cantik. Sampai kosan, hena-nya sudah kering, maka kumulai proses pengelupasan. Rasanya? Wow..tiap rambut tanganku ikut ketarik itu sungguh wow rasanya! Tak apa..yang penting cantik..

 

Keesokan harinya, misiku berhasil. Tangan cantikku menjadi perhatian teman-temanku yang kondangan. Tanganku dipegang-pegang dan diamati dengan seksama. Menyenangkan! Hohoho.. Komentar yang muncul berkisar betapa lucunya dan bagusnya. Pertanyaan yang muncul adalah dimana, berapa lama, dan berapa tarifnya. Aku jawab semua tanpa ada yang kututupi, dan kukasih juga nomor telpon mbak penggambarnya.

 

Hari berikutnya, aku ke kondangan lain. Tanganku masih saja menjadi perhatian, mengalahkan ikat pinggang oleh-oleh dari Jonaz yang kupakai. (Maaf ya Jo..tanganku lebih cantik daripada ikat pinggang kamu yang sebenernya lucu itu.. ^o^) Ada satu temenku yang berasa dapat anugrah gitu pas liat tanganku, “ini buat dimana?? Selama ini tiap ke salon aku nanya bisa gambar tangan atau nggak, jawabnya selalu ga bisa. Besok aku segera telpon mbak-nya”. Aku makin girang saja.

 

Nah, masuk hari kerja aku masih senang dan bangga dengan tanganku ini. Pas di bis, pas ku pegangan kan ku liat punggung tanganku..dan ku tersenyum. Trus pas di lift, pas pencet tombolnya kugunakan setelapak tangan biar punggung tanganku nampak. Aku sungguh suka sama tangan cantikku! Apalagi ternyata tangan cantik ini bisa menjadi perantara obrolan dengan orang asing. Beberapa orang secara spontan mengungkapkan kekagumannya, biasanya mbak-mbak. “Ih bagus bangeeett..”. Dan kalimat-kalimat sejenis. Pas aku makan dan ambil minum ada mas-mas yang antri dan memulai obrolan dengan topik gambar di tanganku. Kyaaaa… Senangnya!

 

Tapi kesenanganku tak berlangsung lama. Komentar kekaguman orang bukan makin bertambah dengan makin banyaknya orang yang melihat, tapi muncul satu komentar atau lebih tepatnya pertanyaan yang seragam dari para bapak-bapak dan oom2 bahkan mas-mas: "Habis nikah ya, Mbak?" Hiyaaaa…aku pasti langsung cemberut, “Enggaaa..”, dengan lemas dan geleng2 kepala menunduk.. Trus ada satu bapak-bapak muda sesama pengantri bilang kalau gambar hena itu tanda orang mau nikah, makanya dia nanya gitu. Ku pengen ga kemakan kata-kata dia, tapi yang nanya aku habis nikah tu banyaaaakk… Hiks..hiks.. Dan setelah kuingat2 lagi, sebenernya ku dah dapet early warning. Sehabis digambarin, di jalan pulang aku mampir ke gedung tempat kawinan esok harinya untuk melihat proses pendekorasian, mengecek semuanya sesuai dengan yang diinginkan sang pengantin (walaupun tetep aja ada yang kelewat.. Hehehe..). Nah bapak-bapak pendekor di situ pada nanya, "Mbak pengantennya yah?". Kujawab dengan senang dan sumringah, "Ya ga mungkinlah, Pak.. Masa iya penganten kelayapan malem-malem gini.. Hehehe..". Waktu itu ku sama sekali ga ngeh kalo mereka komentar gitu karna gambar di tanganku. Kupikir karena aku sebawel pengantennya pas ngecek jumlah bunga yang dipajang. Padahal satu Bapak dah ngomong, "oh saya kita pengantennya..habis tangannya digituin..". Dan aku meresponnya dengan, "Ouw.. Kalau penganten lebih heboh dunk gambarnya..".

 

Akhirnya kuputuskan untuk menyembunyikan ni tangan yang tadinya kuanggap cantik dari pandangan orang, lha tapi gimana caranya..kedua punggungku digambarin. “Oh..blum nikah.. Maaf..soalnya biasanya kalau yang buat iseng itu cuma satu tangan.. Ini mbak dua-dua nya jadi saya pikir habis nikah”, ku jadi inget kata-kata satu Oom-oom di lift. Maka, selama seminggu kemaren aku selalu deg-degan kalau ada orang ngliatin tanganku. Dan paling memurukkanku adalah komentar mbak-mbak security pemeriksa tas di gedungku, “Ga malu mbak tangannya digituin?”. Hiks..

 

Menjelang wiken, ku beneran berharap ni gambar ilang, karena kata mbak nya daya tahan hena adalah seminggu. Tapi sampai hari ini, hari ke-11, tanganku masih ’bernoda’, agak menipis jadi kayak gambar di abwah kulit gitu... Padahal dah kupake buat nyuci buanyak, buat renang juga.. Kata temenku, "coba pake minyak tanah”. Idih..ga mauuuu..

 

Jadi, temans.. Kalian jangan seperti aku yang grubak-grubuk yah.. Trus yang lebih penting lagi: aku belum nikah yaaaaa.. ^^

 

 

59 comments:

  1. wakakkakakkakkakkak
    tapi tangan kalo digambari hena memang canteeek :>
    gw ngerti mupengnya....

    ReplyDelete
  2. kecantikan yang menyesatkan..

    ayo join me tonite..biar kamu masih bisa melihat sisa-sisa kecantikan tanganku, Dani.. ^^

    ReplyDelete
  3. mudah2an mah jadi doa, biar cepet nikah, amin..

    ReplyDelete
  4. dipasang juga dunk fotonya Ta ;)
    setuju sama Thebimz: semoga jadi doa yang makbul.

    ReplyDelete
  5. iya setuju sama yang mas nawhi.. foto dong tangannya mau liat hehe

    ReplyDelete
  6. hari ini masih gak bisa maen, Ta :'(
    disuruh pulang cepet jaga rumah *hiks

    ReplyDelete
  7. amin ya robbal alamiiiin..

    tapi yah.. ku ga bisa refleks gitu lho tiap ada yang nanya "habis nikah ya, Mbak?". Musti belajar refleks ni..mumpung ni gambar masih ada.. ^^

    ReplyDelete
  8. bisa jaga rumah orang ga Dan? hihihi

    ReplyDelete
  9. aammiinn... dan mengingat yang nanya gitu lumayan banyak, brarti makin makbul dunk yah.. (eh..eh.. makbul apa yah artinya? ^^)

    mau liat fotonya? ummhh.. ummmhh.. ada fesbukku tuh.. ^^

    ReplyDelete
  10. dan komentarku adalah : kamu kudisan ya?

    ReplyDelete
  11. ih Bimo ama ihwan saling setuju dan dukung gini.. hayooo... ^o^

    entah gimana ku tak bisa upload fotonya..keterbatasan fasilitas (kantor).. tar malem kucoba.. tapi dijamin cantik koooo... (walau kata Jonaz kayak kudisan.. itu murni karna dia sirik..)

    ReplyDelete
  12. mau lihat fesbuk kamu, namanya siapa?

    ReplyDelete
  13. dan kita mengetik kata 'kudisan' di waktu yang sama: 12.27! Kita mang jodoh, Jo.. hohoho..

    ReplyDelete
  14. ya kamuuuu...

    barusan kucoba kirim ke kamu fotonya.. terimakah?

    ReplyDelete
  15. ada di tempat Ardi ko.. Tata Surya dunk namanya.. kalo ga nemu, carilah pake alamat emailku.. ^^

    ReplyDelete
  16. terimaaaaaaaaaaaaaaaaaaa dan sudah kubalas :D

    ReplyDelete
  17. ehm ehm ;;)

    btw, baru ngeh kalo ternyata kedua tanganmu yg digambarin.. kirain satu aja spt adiknya temenmu itu huahahaha

    ReplyDelete
  18. sip sip.. akan segera ku approve.. ^^

    ReplyDelete
  19. iyah.. aku kemaruk..jadi kedua tanganku.. ternyata itu ada maknanya.. =(

    ReplyDelete
  20. makin sirik aja kamuh..

    eh eh.. masukin dua kata itu di buku kamu yang scene kampung arab dunk.. brani?

    ReplyDelete
  21. whatever they say, whatever they think, Tata..
    just do what you like to do..

    ReplyDelete
  22. hahaha..

    *bisikin editornya untuk maksa dimasukin dua kata itu*

    ReplyDelete
  23. *peluk Shandy*

    tapi kalau resikonya adalah menutup distribusi pemasaran diriku, sepertinya ku tak bisa tak dengar mereka.. ^^

    ReplyDelete
  24. hehe...emang kalo di india sana hena itu dipakai buat yang mau nikah :)

    ReplyDelete
  25. dan aku bener2 ga tau tentang hal ini.. bener2 kemupengan sesaat yang terakomodasi secara berlebihan.. *senyum sedih

    ReplyDelete
  26. dan aku bener2 ga tau tentang hal ini.. bener2 kemupengan sesaat yang terakomodasi secara berlebihan.. *senyum sedih

    ReplyDelete
  27. tapi sekarang udah hilang kan Ta?
    emang dia nempelnya berapa lama sih?

    ReplyDelete
  28. blum ilang juga.. kata mbaknya seminggu.. tapi ini hari ke-11 dan masih saja bertengger cantik di punggung tanganku..

    ReplyDelete
  29. beuh lama juga ternyata. padahal aku pengen juga lo...hihihihi

    ReplyDelete
  30. karna kamu dah tau itu tanda nikah..artinya kamu pengen nikah kah? hwuaaa... mau kondangan ke sanaaa...

    ReplyDelete
  31. nikah mah pengen Ta..sayangnya belum ada calon. hihihihi
    ya sama kaya kamu tadi. buat iseng-iseng aja :)

    ReplyDelete
  32. Penasaran pengen liat tangan 'cantik' tata...

    ReplyDelete
  33. *nyengir bangga sebagai manusia yang udah dipamerin tangannya Tata :>

    -- ngopi lagi --

    ReplyDelete
  34. astaga, Antung.. dengan pengalamanku, kamu malah pengen iseng ria dengan hena ini? ck..ck..ck.. hohoho..

    ReplyDelete
  35. kenapa cantik-nya dikasih tanda petik yah? beneran cantik tauuuu..

    ReplyDelete
  36. kamu orang kedua yang kupamerin dengan cara begitu.. jadi yaa..kamu layak berbangga, Dani! mwah!

    ReplyDelete
  37. coba tangan cantiknya di aplot disini,, pasti lebih cuantikk.. trus..

    "psst,, mbak.. mbak.. abis nikah ya??"

    *mundur pelan-pelan, jaga jarak aman*

    ReplyDelete
  38. Hiyaaaa... Pengantennya muncuuuuull... :)))

    kamu si, Mi'..pas ku excited bin mupeng pengen ga ngingetin kalo ini penanda nikah..

    ReplyDelete
  39. Hahaha... Waktu aku nikah juga pake lukisan di kaki dan tangan, full deh...

    Biasanya yg blom nikah, satu tangan aja say... :))

    ReplyDelete
  40. Astaga ini menekankan bahwa cantiiiiilk banget...ga ada maksud lain tata yang cantik.. :)

    ReplyDelete
  41. @ maya: nah! Itu diaaaa..ga ada yg kasih tau akuuu.. Untung ku ga ama kaki skalian kemaren.. Untung ku ga kemaruk2 amat..

    @ muse: ma'aci.. Cenangnyah! *hohoho..

    ReplyDelete
  42. Btw tinggal di Pasar Minggu ya ta? dimananya?

    ReplyDelete
  43. Muse.. Kamu hobi membuat kesimpulan yah.. Tapi sayangnya salah.. Hihihi..

    ReplyDelete
  44. aku maauuuu punya tangan cantik :(
    dulu pas nikahan ndak boleh pake hiks hiks.. eh tata emang henanya yg merah atau hitam? biasanya kan dibedain dari warna tuh, setauku kalo manten warnanya kemerahan, jadi terang benderang :D dan emang pastinya lebih heboh, lebih lama nunggu keringnya, dan lebih lama ilangnya :D

    ReplyDelete
  45. Btw, Ta... Hena di tanganku bertahan selama dua minggu lebih, wakakaka...

    Pas pindah ke Bali, banyak yg nanya deh (terutama tetangga). Katanya, "Gek, iseng ya corat-coret tangannya?" *gubraksss

    ReplyDelete
  46. henaku hitam tok.. buatnya juga bentar..

    kalo penganten, ampe 7 jam.. karena pertamanya kerangka hitamnya.. tunggu kering..kelupasin, trus dikasih yang merah atau coklat (sesuai keinginan). Dan polanya jauuuuuhh lebih rumiiittt...

    kamu mau hena sekarang? mau nomer telpon mbak nya?

    ReplyDelete
  47. sekarang tanganku dah mulai kembali ke asal ko May.. hari ke-12. jadi mungkin emang butuh 2 minggu untuk ilang... =(


    kamu masih mending dibilang 'iseng', lha aku? "ga malu digituin?"

    ReplyDelete
  48. punya kok tukang hena sendiri :D hehehe...
    laki gw parno ngeliat perempuan di hena jadi gak bisa :((

    ReplyDelete
  49. astaga... dihena kan cantiiiikkk...

    eh eh eh..bisa jadi tukang hena kamu ga secantik mbak yang kemaren gambarin aku, makanya laki kamu serem.. tukang hena kamu motifnya apa aja?

    ReplyDelete
  50. waduuhh...
    apa aja yah, ini cantik maksudnya cantik henanya kan? bukan cantik tukang henanya kan? *curigation*
    dia cakep2 banget kok, lha wong tukang henanya indihe gitu, biasa ngerjain hena buat artes hihihihi

    ReplyDelete
  51. Pasti mahhal! *pake nada Rejoice

    ReplyDelete
  52. kalo buat manten sih, 250 kalo gak salah.
    kalo buat orang biasa variatif, tergantung motif, mulai dari 50

    ReplyDelete
  53. oh murahan di mbak ku yang biasa.. tapi mantennya di mbak ku jauuuhh lebih muahal.. =(

    ReplyDelete