Friday, December 14, 2007

Aku Merah!

Ned Herrmann mengkategorikan karakter manusia dalam 4 warna: Merah, kuning, biru dan hijau. Merah adalah feeling self, kuning artinya experimental self, hijau itu safekeeping self dan biru adalah rational self. Dan setelah diperiksa, warnaku adalah merah.

 

Inilah ciri dari warna merah:

  1. Sensitif terhadap orang; am i?
  2. Suka mengajar; nah, kl ini ku agak yakin ku tidak. Waktu itu ku ngasih training, trus salah satu peserta trainingnya berdiri untuk buat kopi sambil berkata ”Duh, kaya didongengin saya..jd ngantuk...” Hwuaaaa...kejaaaa...mmm!
  3. Suka menyentuh; hehehe... kl ini mungkin iya..ku suka memeluk dan dipeluk, ku suka mencium dan dicium. Kusuka sensasi yang timbul di kulit, termasuk gigitan dan pukulan. Adekku, sempet melewati tahap suka gigit kalo lg gregetan atau gemes. Dan aku suka ketika dia gigitin lengenku. Trus okta temenku, kl lg kesel suka mukul tembok. Kubilang, ”Mau pukul aku aja ga?”. Dia bertanya balik, ”Boleh? Gapapa?”. Kubilang kl aku suka rasanya dipukul. Maka bersimbiosis mutualisme lah kita: dia bisa melepaskan kesalnya, aku mendapatkan sensasi rasa yg tak didapat dr hal lain. Owya ku juga menikmati ketika di kereta atau lift org menginjak kakiku =)
  4. Sangat menolong; hmmm.... pas aku SMP kelas 1, ku mengalami kejadian yang dapat menjadikanku memiliki sifat sangat menolong ini.  Waktu itu, pagi2 pas ku berangkat sekolah. Di sebelah sekolah ku ketemu anak kecil, cowok, umurnya sekitar 4 tahunan. Waktu itu jam 6 lewat dikitlah, masih sepi. Pas papasan, anak itu nanya ke aku, ”Mama mana?”. Aku bingung kan? Jd ku cuma diem. Trus dia nanya lagi, ”Papa mana?”. Ku dengan tergagap menjawab, ”ga tau...”. Dan ku meneruskan jalan ke sekolah. Ya, aku meninggalkan anak itu sendirian. Waktu itu yg kupikirkan adalah: aku ga tau daerah sini. Sebagai informasi, rumahku adalah di Kopeng (di lereng gunung Merbabu gitu..), SMP ku di Salatiga. Waktu itu adalah awal2 ku turun gunung untuk sekolah. Rute yang kutahu hanyalah dari rumah ke sekolah. Jadi aku berpikir tak akan bisa bantu dia nyari papa mamanya. Aku lupa bahwa dia adalah anak kecil. Ku sama sekali tak berpikir bahwa dia adalah anak yang tersesat atau terpisah dari orang tuanya. Bahwa walau aku buta daerah situ, paling ga ku bisa bawa ke sekolah trus minta bantuan satpam atau guru atau temenku. Pikiran itu baru muncul setelah sore harinya. Dan aku langsung dilanda penyesalan yang sangat. Ku kepikiran banget gimana nasib anak itu. Dia bisa ketemu sama mama papanya atau ga. Dan sampe sekarang ku masih berharap ku diberi kesempatan kedua untuk hal tersebut, krn ku tahu ku tak mungkin mengulang kejadian itu.
  5. Ekspresif; banyak yang bilang begitu. Eh kalo teriak pas kaget itu termasuk ekspresif ga?
  6. Emosional; ya itulah diriku. Salah satu doa yang diucapkan temanku pas ku ulang tahun adalah: semoga cepet lulus manajeman emosi yak! ku ga cuma gampang marah, gampang ngambek, tp juga gampang nangis, gampang (banget) dibuat seneng..=) 
  7. Banyak bicara; iyaaaa...aku suka cerita! Bahkan Nila pernah bilang kl dia kangen ma kebawelanku. Hehehe... Bisa dibilang ku tak punya rahasia yang kusimpan sendiri, karena ku ga pernah tahan untuk ga cerita. Lagian memori otakku kan kaput, jd kl ga kucritain tar kulupa... =)Makanya pas kubagiin ABC of friendship ke temen2, pas mereka bagian baca huruf Z, zip ur mouth when told a secret, temen2ku pada memandang ku sambil mengerutkan dahi gitu.. Pada ga percaya gitu.. Kata salah satu dr mereka, ”kl Tata tau mah... se UI juga pasti tau...”. Sial..

 

Yak karena dari 7 sifat itu 4 di antaranya aku mengakuinya maka warnaku adalah merah. Dan merah itu berseberangan dengan biru.

Adakah yg berwarna biru? =)

12 comments:

  1. Naaaa...hhh... itulah yang kutakutkan Ma'... Hihihi...

    ReplyDelete
  2. Waaaa.... Bauklah...
    Sepertinya akan seru pertemanan kita ini.. Hehehe...

    ReplyDelete
  3. ta, translate in dunk.. ku mau liat warnaku...

    ReplyDelete
  4. Okeh...Besok yak! Kubuatin khusus buat kamu... =)
    Apa si yg ga buat Miya? Hehehe...

    ReplyDelete
  5. gw dapet tA,, gamBar kuaDrannYa verSi engLish...

    kaYanya siy gw kuNing tuuuWhhh

    ReplyDelete
  6. Wah...hebat kau bisa mendapatkannya! Ada cara buat analisis kita warna apa si Dear... Lebih detail tar yak!

    ReplyDelete
  7. Bagian mananya yang amit2 jabang bayi, Jo? Harusnya kamu senang dunk... km bisa pukul aku sesukamu tanpa takut untuk kutuntut...

    ReplyDelete
  8. Waduh... Jangan takut sekarang dunk... Bantuanmu untuk menyusun rencana kondanganku belum terlaksana kan? Tar aja takutnya kalau km sudah kumanfaatkan habis2an... Hohoho...

    ReplyDelete