Monday, December 17, 2007

Warna Diri Kita


Per Miya’s request. Kumintain versi bahasa Indonesianya ke Departemen Training ni Mi'... =)

 

Di gambar bisa dilihat pembagian diri manusia menjadi 4 warna. Dalam diri kita ada masing2 warna, tapi pasti ada yang lebih dominan.

 

Berikut adalah cara mengenali warna kita. Kerjakan secara berurutan. Selesaikan satu petunjuk baru lanjutkan ke petunjuk berikutnya.

  1. Print gambar itu, sediakan alat tulis.
  2. Coret 4 sifat yang tidak sesuai dengan diri kita di masing2 warna
  3. Coret 4 sifat lagi dari seluruh warna yang tidak sesuai
  4. Coret 4 sifat lagi dari seluruh warna yang tidak sesuai (aku tau bahwa ini sangat sulit untuk dilakukan...)
  5. Sekali lagi, coret 4 sifat lagi dari seluruh warna yang tidak sesuai (aku tau ini lebih sulit lagi..)
  6. Coba hitung yang belum tercoret, harus tersisa 4 sifat
  7. Dari masing-masing warna pilih 1 sifat yang sangat tidak sesuai
  8. Dari 4 sifat yang sangat tidak sesuai di poin 7, pilih satu yang paling sangat tidak sesuai

 

Warna kita adalah:

  1. Warna dimana jumlah sifat yang tidak tercoret lebih banyak berada, atau
  2. Warna yang berseberangan dengan poin nomer 8

Semoga tidak membingungkan...

Pengenalan warna ini berguna untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan lebih efektif. Misalkan kita berhubungan dengan org Biru, maka kita harus menyediakan detail, fakta untuk meyakinkannya. Sebaliknya, dengan orang Kuning janganlah menyinggung2 detail, kl lapor sesuatu cukup bilang "Semuanya oke".

Metode sederhana untuk mengenali warna orang lain adalah dengan sedikit lebih memperhatikan responnya. Misalkan atas pernyataan: Dah denger tentang banjir di Jakut kemaren blum?

Respon si Merah: Iya... kasian banget ga si? Banyak anak kecil pula.. (empatilah yang ditunjukkannya pertama)

Respon si Hijau: Sudah bisa diduga si.. Kan daerah sana itu kondisi tanahnya, trus....dst..dst...

Respon si Biru: Itu seharusnya ga terjadi kalau infrastrukturnya bener. Liat aja bla..bla..bla.. (dia akan mulai menganalisa knp itu terjadi)

(Hijau dan biru agak2 mirip, cuma kl Hijau lebih tersistematis gitu...)

Respon si Kuning: Yaaa...itu dah kehendak Tuhan...mau diapain lagi?

Sow, kenalilah warna diri kita dan orang di sekeliling kita...

Semoga bermanfaat...

Narasumber: Maraden Media Butar-butar

6 comments:

  1. hehehehe, kayaknya ini juga merah :)))))))

    ReplyDelete
  2. Tata, aku kuning...

    Berpendapat?Orang mesti denger pendapatku, tapi kalo nggak setuju aku juga nggak maksa, yang pastinya aku nggak mau ngomong ma orang yang nggak setuju itu he..he..

    Imajinatif? Aku emang punya imajinasi yang kadang terlalu aktif sih,, Siapa yang lebih tahu tentang ini daripada Tata, kan ya..

    Spekulasi? Aku bisa main saham gak ya?

    Ambil resiko? Pastinya. Siapa coba orang yang resign sementara belum dapet kerja baru, cuma karena nggak suka kerjaannya???

    Tidak sabaran? masa sih?/ padahal waktu itu aku cuma pernah antri di BCA mau ngambil Kartu ATM yang baru jadi. Aku nunggu selama 30 menit, trus karena nggak dipanggil-panggil aku jalan ke CS-nya dan bilang,"Mbak, kok ngambil ATM aja lama ya, emangnya mbak pikir kerjaan saya cuma antri di bank aja."

    'menabrak aturan'? Ehmm, ampe sekarang aku blom berani nembak cowok tuh... jadi???

    Suka kejutan? pastinya, apalagi kalo tiba-tiba Mr.Take Picture at Kondangan nelpun n ngajak jalan.. huakakak...

    Ingin tahu/bermain? Sekarang lagi males..

    Tata, kamu kemanakah? aku telpon nggak diangkat? bsk ke ri2n gmn??

    ReplyDelete
  3. Hmmm... Brarti kita ga bisa jadi temen sekamar Ka.. Org hijau kan biasanya kamarnya ruapi juali! Bisa2 Kaka stress kl sekamar ma akyu... Hohoho...

    ReplyDelete
  4. Yaaa..kl gitu mah bukan kejutan namanya...org kau sudah mengharapkannya dengan sangat.. hohoho...

    ReplyDelete