Monday, February 16, 2009

Makan (cemilan) Menggunakan Tangan Kanan_aku akan berusaha!

 

 

Beberapa kali e-mail tentang poster2 caleg yang unik masuk ke inbox-ku. Aku tidak berkomentar dan tidak pula mem-forwardnya. Karena bisa aja kan itu bukan hasil foto beneran? Dan karena aku ga pernah liat poster2 tersebut, ya aku ga ikut2an menyebarluaskannya... (gmn aku bisa liat poster, ruteku kan pasti: kosan-stasiun-reeeeelllllll-stasiun-kantor-stasiun-reeeeeelllll-kosan. Ga ada kesempatan ketemu poster atau baliho)

 

 

Tapi ada gambar yang sedikit menamparku dan mengingatkanku pada teman-temanku. Baliho yang ini:

 

 Tulisannya: Kembalikan jati diri bangsa dengan membiasakan makan dan minum memakai tangan kanan.

 

 

Baliho ini dianggap paling kocak oleh yang memforward e-mail. Komentarnya adalah ”Emangnya kita makan pake apaan? Kaki? Trus yang kidal gimana, Pak?”

 

 

Bagi mereka kocak, bagiku menghentak.

 

 

Aku makan pake tangan kanan, ketika makan besar. Aku makan nasi pake sendok, menggunakan tangan kanan. Kalo makan mie pake sumpit, tangan kanan juga yang aku gunakan. Tapi, kalau makan kue-kue, gorengan, pokoknya yang cemil2an, aku tidak menggunakan tangan kanan alias makan pake tangan kiri.

 

 

Polisi tangan kananku yang pertama adalah Anton Wiranata, teman les di Goethe. Waktu itu kita sedang ngobrol sambil makan sesuatu. Dia mengambil makanan dari tangan kiriku dan memindahkannya ke tangan kanan. Kupikir dia bercanda, pura-pura ngambil makananku trus balikin lagi. Ku ga ngeh dengan perpindahan kiri ke kanan. Trus kulanjut makan lagi (setelah memindahkan makanan ke tangan kiri, tanpa sadar), karena bagiku becandaannya ga asik. Ternyata dia ambil lagi, kali ini dengan kata-kata, ”Kalo makan itu pake tangan kanan...”.

 

 

Aku ditegur? Ya ga bisa dunk... Hohoho... Kubilang, ”Ku dah biasa ko makan begini“. Dia ga mau kalah, "Tapi ga boleh... Di Islam diajarkan makan pake tangan kanan...”. Jrenggg...bawa2 agama dia. Lebih ga masuk di aku dunk... ”Ah aku ga pernah denger kalimat begitu”. Anton mungkin mengerti percuma aja ngajak ngomong aku (apalagi soal agama), jadi dia cuma ngotot balikin kue ke tangan kananku, ”Udaahhh...nurut aja. Makannya pake tangan kanan!”. Dan aku tetep ngotot makan pake tangan kiri.

 

 

Apa salahnya dengan makan menggunakan tangan kiri? Kupikir itu lebih adil buat tangan. Jadi ga si kanan terus yang disuruh kerja. Selain itu lebih praktis, kita bisa makan cemilan sambil tetap beraktifitas. Misalkan, kita sedang baca buku atau majalah. Tangan kanan pegang buku dan membalik halamannya, tangan kiri pegang kue dan menyuapkan ke mulut. Praktis kan? Misal kita sedang sisiran, tangan kanan nyisir tangan kiri nyuap. Misal kita lagi ngobrol dan bersenda gurau, tangan kanan pukul2 teman, tangan kiri nyuap. Kalo lagi nelpon, tangan kanan pegang telpon, tangan kiri nyuap...

 

 

Praktis kan? Apalagi kalo minum. Paling praktis pake tangan kiri dunk...

 

 

Tapi kalo kuajukan alasan itu, para penganut mahzab makan tangan kanan, menjawab, ”kan bisa dituker yang nyisir si tangan kiri yang nyuap tangan kanan?”. Ya ga bisa dunk... Tangan kiri ga terlatih untuk ituuuu... Kalo nelpon bisalah... (karena kuping kiriku lebih baik pendengarannya, jadi kalo terima telpon musti kuping kiri...hihihi...)

 

 

Nah, polisi tangan kananku yang kedua adalah Marina. Dia lebih saklek lagi. Ga pake alasan rasional, ga pake hadist dan dalil, pokoknya tiap ku makan pake tangan kiri langsung ditegur. Ga cuma tangan. Kaki juga! Kalo ku pake sepatu, sebenernya suka2 dunk..dan lagian mana kupikir kaki yg mana duluan, tapi kalo lagi ama dia passss ajah aku pakenya kaki kiri duluan. Dan dia berkomentar, ”Gue injek ni kaki lo...”. Aihhh...galak bangeeeettt!

 

 

Nila, walaupun tidak menjadi polisi, tapi pas kucritain dia berkata, ”Wah, lo ga bisa jadi anak bokap gua Ta...”. Artinya di keluarga dia, makan juga harus pake tangan kanan.

 

 

Waktu-waktu itu ku jadi mikir tiap makan, tangan yang kupake tangan kanan atau kiri. Baru sampai tahap mikir. Kalau ternyata pas nyadar ku makannya pake tangan kiri, ya nggak dipindah juga, cuma berpikir, ”Untung ga ada Marina...Hohoho...”.

 

 

Ku udah lamaaaaaa banget ga ketemu Anton (sejak dia merantau ke negeri orang), ketemu Marina juga udah jarang. Ga ada lagi polisi. Kupikir aku akan bebas memakai tangan kiriku untuk berbuat semauku. Karena kupikir itu cuma kebiasaan keluarga mereka yang mereka paksakan untuk diaplikasikan ke aku (ku ga pernah dapat teguran dari Mak ku krn makan pake tangan kiri!). Tapi dengan adanya gambar baliho ini, ku jadi mikir...brarti ini isu yang penting!

 

 

Baiklah... Aku akan berusaha untuk lebih aware, dan mungkin akan berusaha makan selalu pake tangan kanan. Tapi ga janji yaaa... Apalagi kalo minum, susaaaahhhh...posisi gelasku aja udah di sebelah kiri mejaku, masa tanganku musti melintas batas dulu? (another excuses.... hahahaha.....)

 

 

 

28 comments:

  1. kalo ngupil paling enak pake tangan kanan memang.... lebih mantabz

    ReplyDelete
  2. ih joroooookkkk.... Kalo aku udah punya dedicated finger untuk pekerjaan itu... Salah satu jari di tangan kiriku..catet ya KIRI.

    ReplyDelete
  3. baru tau klo jati diri bangsa kita ini tangan kanan. hebat ya. saking nggak punya jati dirinya (ato bingung jati dirinya apa) sampe2 soal tangan kanan aja diingatkan utk dijadikan jadi diri. duh gustiiiii pengen nangis aku huhuhuhu

    ReplyDelete
  4. tangan kanan dan kiri sama2 penting...
    aduuh,,,itu caleg gak ada program lg kayaknya...

    ReplyDelete
  5. Ini isu penting! Jati diri bangsa yang harus dikembalikan kejayaannya! Hohoho...


    Kalo aku saking ga tau-nya kalo hal itu penting beneran jadi mikir, "Ternyata aku yang 'sesat' selama ini...". Hehehe...

    ReplyDelete
  6. Program utamanya satu: mengembalikan jati diri bangsa.
    Anak programnya:
    1. Membiasakan makan dengan tangan kanan
    2. Gosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur
    3. Pipis dan cuci kaki sebelum tidur
    4. Makan sambil duduk (no standing party)

    Kena semua deh aku...

    ReplyDelete
  7. program yang brilian dan unik,,, nggak ada caleg lain yang programnya seperti ini... brilian

    ReplyDelete
  8. Eh...eh..itu program aku yg buat lho... Brarti bisa dunk aku nyaleg?! Daftar aaahhh... Masih keburu kan?

    Ari! Kamu contreng aku kaaaannn?

    ReplyDelete
  9. kurang galak ta....
    nggak ah....
    nunggu serangan fajar hahahahaha

    ReplyDelete
  10. Sekarang dah ga jaman serangan fajar tauuuu.... Kuno!

    ReplyDelete
  11. kalo aku gosok gigi waktu bangun tidur sebelum makan (pagi)
    huehehehe

    ReplyDelete
  12. Samaaaaa.... Itu lebih crusial daripada gosok gigi sebelum tidur!

    ReplyDelete
  13. iya.. baunya lebih rentan mengganggu org laen.
    klo tidur mah bau buat diri sendiri hehe

    ReplyDelete
  14. Sumpah gw kl baca artikel2 lo yg beginian bikin gw cekikikan sendiri [untung temen2 seruangan pada pergi]. Oh ya gw bacanya sambil makan siang lo, pake TANGAN KANAN...[if u must know..:p]

    Anyhoo, komentar gw :
    1) Kl gw ketemu tuh caleg, gw bakal bilang: "ARE YOU FREAKING KIDDING MEEE??!!". Jati diri bangsa, my ass.. XD
    2) Rasulullah saw. makan pake tangan kanan [dan kl bisa tiga jari: ibu jari, telunjuk dan jari tengah]. Referensi lebih lanjut:
    http://hubpages.com/hub/Islami
    http://www.info-islam.org/2007/04/14/proper-manners-of-eating/#article

    Oh, disana disebutkan minum pake tangan kiri itu manner-nya setan...XD

    Btw, km makan kue satu kotak sendiri? Tuh adikmu di belakang gak dibagi...:D

    ReplyDelete
  15. Ta, klik disni deh:

    http://vavai.com/blog/v2/2009/02/12/poster-caleg-yang-unik-kreatif-part-3/

    Tak bisa dilukiskan dengan kata2...

    Gw mestinya ketawa atau justru nangis ya..? XD

    ReplyDelete
  16. Ku blm baca link-nya....Hihihi... Tar yah...

    Tapi komen aku:
    1. Setan minum yah? ^o^
    2. Setau aku nabi makan pake 3 jari itu kalo makan roti...lagian beliau kan waktu itu ga ada sendok atau sumpit... ^o^
    *JANGAN DIBAHAS DUNK.....*

    Tuh aku lagi ngitung jatah kue-nyah...buat adekku 2 aja..dia kan masih kecil, bapakku 3 deh...dia kan baek...ibuku 3 juga, karena sama baiknya... sisanya akuuuu....hohoho...

    ReplyDelete
  17. Naaahhhh...e-mail2 yang kuterima juga gambar2 ituuuuu....beberapa orang kirim e-mail yang sama... beberapa kali tertampar musti makan pake tangan kanan deh...

    *padahal kalo diperhatiin dia ga nyaleg kayaknya...ga ada lambang partainyah...*

    ReplyDelete
  18. Gampang banget yah bikin kamu ketawa...tingkat humor rendah kamu... Hohoho...

    ReplyDelete
  19. gak papa.... yg penting kan nggak bingung pake tangan kanan apa kiri...

    ReplyDelete
  20. Ya karena kamu kanan kiri oke kaaaaannnn?

    ReplyDelete
  21. Kan kamu bilang kl makan cemilan gak pake tangan kanan, jadi asumsinya selain nasi. Salah satunya roti dll. Hayoo pasti mo ngeles lagi, bilangnya "aku nggak makan roti kok..." XD XD XD

    PS: Disitu ada kata2 "kalau bisa", it's not necessarily means "wajib"

    ReplyDelete
  22. Enggaaaakkk...ngelesku ga gitu... ^o^

    Ya kan roti itu makanan pokoknya nabi, bukan cemilannya (nabi suka ngemil kah?). Sedangkan makanan pokokku adalah nasi.

    Nah, maksud nabi waktu itu adalah, "Kalau makan makanan pokok pake tangan kanan yaaaa...."

    Jadi, ngemil pake tangan kiri boleh dunk.... Hohoho...

    ReplyDelete
  23. Ga tau yah bener apa ngga, belum pernah cross check. Alasan logis di balik makan pake jari tangan kanan: ada kelenjar2 yg teraktivasi keluar ngebantu perncernaan klo kita makan pake jari tangan kanan. Buka diktat biokim <-- Taddaaaa..

    ReplyDelete
  24. kamu yaaa yg bukaaa... habis itu, jelaskan padakuu.. tuh diktat dah kutimbangin.. hihihi..

    ReplyDelete