Thursday, February 26, 2009

You-C 1000_Ketika Kesadaran Akan Perubahan Pasar Menghampiri

Rating:★★★
Category:Other


Jualan vitamin emang ga gampang, karena itu bukan kebutuhan pokok. Ibaratnya, orang ga bakalan mati karena ga mengkonsumsi vitamin. Apalagi Vitamin C yang ada di banyak jenis makanan.


Selain tingkat kebutuhan yang masih dipertanyakan, banyaknya kompetitor semakin mempersulit menjual vitamin C. Mau menampilkan keunggulan produk sendiri sekaligus menjelek2kan produk lain susah juga, karena yang dijual pada dasarnya sama. Mau gede-gedean di dosis, percuma saja karena orang-orang makin pintar sehingga tahu bahwa kebutuhan harian vitamin C manusia sekitar 50 mg. Jadi kalo minum 500 mg, yang 450 mg dibuang lewat urine. Kalau minum 1000 mg, ya makin mahal lah pipisnya.


Tapi kulihat You.C 1000 tidak mengalami kesulitan itu hingga tahun 2008. Dia sudah mencapai tahap percaya diri. Iklan yang dia buat menurut aku bukan untuk membujuk orang agar membelinya, tapi hanya untuk menunjukkan eksistensinya. Dia sudah yakin bahwa customer akan lebih memilih You.C 1000 dibandingkan produk vitamin C lainnya. Maka dari itu bentuk iklannya hanyalah semi-testimoni dari Miss Universe-miss universe. Tidak ada variasi, cukup itu aja ditayangkan selama setahun, baru ganti edisi ketika miss universe baru terpilih. Dengan iklan itu dia ingin berkata, ”Miss Universe aja minum.. Masa lo enggak seh...?”. Tagline ”Healthy Inside Fresh Outside” semakin menancapkan bendera kejayaan You.C 1000 di belantika pasar vitamin C.


Produk kompetitor rupanya bukan ancaman bagi dia, termasuk U.C 1000 bentuk serbuk buatan Sidomuncul yang pernah muncul dan diiklankan oleh duo Ratu beberapa waktu lalu. Walaupun waktu itu sempat terjadi perang iklan di koran di antara mereka, tapi You-C 1000 tetep eksis.


Tapi, tahun 2008 muncul Luna Maya dengan produk vitamin C berbentuk sustained released capsule. Artinya vitamin C yang ada dalam kapsul dilepas perlahan-lahan, asumsi kasarnya gini: pelepasan pertama kali untuk dipake tubuh untuk satu jam pertama, trus habis itu lepas lagi untuk dipake lagi, dst. Jadi diharapkan vitamin C yang mubadzir dan jadi pipis cuma sedikit. Nah, keunggulan produk ini lumayan membuat You.C 1000 berpikir ulang.


Selanjutnya, di masa krisis financial ini, dimana mungkin terjadi pergeseran kelas konsumen: dari tidak sensitif dengan harga ke sensitif. Mungkin dulu orang ga masalah mengeluarkan uang 6 ribu rupiah untuk satu botol vitamin C (100 ml mungkin ya). Angap saja dari 1000 mg vitamin C yang dia minum yang dipake tubuh 100 mg, maka yang dibuang ke urine 900 mg artinya pipis dia hari itu harganya Rp 5.600, 00. Mungkin orang ga masalah dengan itu. Tapi sekarang, bukan tidak mungkin ada orang dari golongan itu yang migrasi ke golongan sayang-sayang-beli-mahal-mahal-cuma-jadi-pipis.


You.C 1000 mulai tergoncang kepercayaan dirinya. Testimoni miss universe dirasa tidak cukup untuk meng-encourage orang untuk minum produknya. Maka muncullah iklan versi terbaru dari You-C 1000.


Pesan yang ingin disampaikan iklannya adalah ono rego ono rupo kalau orang jawa bilang, yang artinya harga menentukan kualitas. Konsepnya adalah membandingkan You.C 1000 dengan produk lain, dalam hal cara penyajian. Dia mau menonjolkan segi kepraktisannya, bahwa kita tinggal beli, buka tutup botolnya dan minum saat itu juga. Dia memilih tablet effervescent sebagai pihak yang ’dijelek2kan’.


Jadi bentuk iklannya adalah begini:
Layar TV dibagi 2,

Sebelah kanan untuk si tablet effervescent, sebelah kiri untuk You.C 1000.

Masing-masing dipandu oleh seorang perempuan cantik bukan asli Indonesia (sebenernya aku ga tau apakah mbak You.C 1000-nya si miss universe atau bukan, krn aku ga tau siapa miss universe sekarang)

Si mbak tablet maju, lalu memasukkan tablet ke dalam segelas air. Kemudian dia duduk, menunggu tablet larut sempurna sambil mengamati gelembung udara yang terbentuk selama proses pelarutan. Digambarkan dia menunggu sampai lamaaaaa banget hingga mbaknya bosen dan menidurkan kepalanya di meja.

Di sebelahnya, si mbak You-C dengan sumringah maju ke meja, mengambil sebotol You-C, membukanya dan meminumnya.

Kemudian mbak You-C pindah ke layar sebelah dan ngasih sebotol You-C ke mbak tablet, sambil berkata, ”Duit enggak bohong”.


Narasinya begini:
You-C 1000 vitamin Lemon dan Orange
With 1000 mg of vitamin C,
Ready to drink and so convenient
Using Japanese technology and systems
Natural citrous juice for refreshing taste
Duit enggak bohong.


Hmmm… Cukup menggelitik bukan?
Keunggulan yang ingin disampaikan adalah:
1. Ada 2 pilihan rasa, yaitu lemon dan orange
2. Vitamin C nya 1000 mg
3. Siap diminum dan ga perlu repot
4. Teknologi pembuatannya dari Jepang
5. Alami sehingga mendatangkan sensasi rasa yang menyegarkan
Pokoknya walau mahal, ga akan rugi deh... Kurang lebih begitu.


Tapiiiiii... Apakah benar itu keunggulan yang bisa menggiring orang untuk meninggalkan vitamin C bentuk sediaan lain ke You.C 1000?

Kalau aku enggak.. Kenapa?
Karena:
1.Dua rasa itu hampir ga ada bedanya, sama2 asem.
2.Ku ga mau berpipis mahal
3. Aku ga kerepotan ko dengan melarutkan tablet, ku malah seneng bisa liat gelembung2 udaranya. Kagum juga, karena dari tablet yang cukup gedhe, masuk ke air, tanpa diaduk tiba2 ilang (berasa sulap gitu...hohoho...)
4. Jujur inilah yang sangat kukagumi dari You-C 1000 dan menurutku satu-satunya hal yang membuat dia layak dihargai 6000 rupiah. Teknologinya. Buat tablet vitamin C biasa aja musti ati2, biar dia tetep stabil. Lha dia? Bentuknya cair, dikemasnya di botol, botolnya bening pula! Wow... Tapi walau begitu, ku tetep sayang-sayang untuk beli dia.. Ku cuma mau tau apa rahasianya!
5. ya...ya...ya...


Tapi usahanya untuk mempertahankan komsumen dia bolehlah dihargai... Ga kacau-kacau amat ko.. Tapi teuteup...kutunggu iklan edisi berikutnya yang one to one lawan Luna Maya yah!

















18 comments:

  1. Hehehe... Akhir2 ini badanku ga kooperatif diajak ke bioskop... Jadi hiburanku hanyalah TV... Jadi banyak terpapar banyak iklan deh...

    *jadi deg2an untuk posting review berikutnya, yang masih tentang iklan sesuatu*

    ReplyDelete
  2. Waduh...jangan kaitkan ini dengan kefarmasian dunk.. malu...

    ReplyDelete
  3. wew, hebat kali tulisan mu ta.....Rock oN

    ReplyDelete
  4. Makasi Cie... Semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  5. Mungkin dri segi rasa berpengaruh juga Ta ! soalnya rasanya enak ad soda gtu beda ama everfesent ! He

    ReplyDelete
  6. Effervescent juga semriwing tauuuu.... Asal jangan kamu diemin sharian baru diminum... You-C juga kalo abis dibuka ga langsung disruput juga ilang rasa sodanya...

    *lagian sediaan effervescent yg isinya vitamin C doank ga ada... Redoxon pun itu dicampur zinc..jd sebenernya iklan itu ga aple to aple... hehehe...*

    ReplyDelete
  7. O oo gtu . . . !!!

    trus misalnya kalo daya tahan tubuh kita menurun
    apakah perlu mengkonsumsi vit C dalam dosisi besar ???

    ReplyDelete
  8. Kamu ngetes aku ya Njil?

    Kamu kan calon dokteeeerrrr...!!!

    ReplyDelete
  9. Setelah nonton iklan ini kok entah mengapa merasa mendapat pembenaran atas rasa (minuman dari) tablet effervescent yang belakangan ini jadi aneh... Semoga bukan sugesti, soalnya sama sekali belum pernah nyoba minum You-C.

    ReplyDelete
  10. Ouw... Effervescent-nya apakah? Diminumnya langsung setelah dibuat atau didiamkan dulu kah?

    ReplyDelete
  11. Diminum langsung, lho. Redoxon yang fortimun. perasaan dulu-dulu (bahkan sampai tahun 2007) enak-enak aja tuh. Kenapa, ya? Kalau didiemin, memang tambah pahit aja...

    ReplyDelete
  12. Ada dua kemungkinan:
    1. Perubahan formula-nya: flavouring agent-nya ditambah atau dikurang, pemanisnya juga... Jadi taste-nya pun jadi berubah

    2. Perubahan pada struktur indera perasa Anda. Hihihi... Atau bisa juga sebelum minum, kamu gosok gigi dulu... itu kan juga bisa mengubah taste di lidah... ^o^

    Kalau mengganggu, komplain saja... Sertakan tabletnya, kalau memang 'kesalahan' produksi, bisa diganti...bahkan berkali lipat... (bisa digetok Bayer nih aku... menjanjikan sesuatu yg bukan wewenangku...hohoho...)

    ReplyDelete
  13. Hehehe... tapi konsisten lho setelah itu. Konsisten gak enak maksudnya.

    ReplyDelete
  14. kalau manfaat so pasti uc good abis tolong donk alamat distributornya atau kantor agencynya kalau ada yang kebetulan tahu tolong ya, kabarin saya di 08999828129 atau email di trieutomo@yahoo.co.id thanks banget ya o ya kantor saya dibilangan harmoni

    ReplyDelete