Tuesday, February 23, 2010

Bagaimanapun Juga, [ternyata] Waspada itu Wajib Hukumnya..

 

 

Tentang kemananan di jalanan.

 

 

Seorang rekan kerja, cowok, hari Senin cuti karena mau nganterin adeknya yang berjenis kelamin cowok juga, untuk interview kerja di Bogor. Aku mengernyit, “Manja banget si..”. Tapi ya sudahlah.. Nah, pas kemaren masuk, dia lesuuuuu banget dan mengeluh badannya ancur dan jadilah sakit. Ku masih dalam tahap ‘bergosip’ ke rekan lain “Gara-gara ke Bogor doank?”. Dan meluncurlah kejumawaanku:

 

 

Ya ampuuun… Perasaan pas jaman aku interview ke Bogor dulu, ku cuti setengah hari doank. Pagi ke Bogor, trus ke kantor. Trus besokannya medical check up, di bogor juga, setengah hari juga. Dan aku baik-baik aja kan? Trus, 2 minggu lalu, ku pulang kerja langsung ke Bogor, nonton, kelar jam 11, trus pulang ke Depok, dan aku baik-baik ajah..

 

 

Temanku yang awalnya senyum-senyum setuju, langsung meng-cut,

Dia: tar dulu.. Lo nonton di Bogor trus pulang jam sebelas malem?

Tata: Iyah..

Dia: sampe rumah jam berapa lo?

Tata: Nya..ris jam sa...tu.. (kujawab dengan nada agak ragu, karena temenku itu shocked. Denger ku nonton di Bogor aja, orang2 dah pada heran..)

Dia: ama siapa?

Tata: Sen...di...ri..

Dia: naek apa lo? (dah berasa diinterogasi Mak gini..)

Tata: Miniarta..

Dia: gila lo..!!

Tata: habisnya di Bogor tuh ga ada taksiii... Susaaaahhh banget dapet taksi.. Adanya creepy-creepy taxi gituuuu... ku kan ga mau.. (ku agak fanatik merk kalo urusan taksi... hihihi...)

Dia: ya iya si..naik sembarang taksi juga nyeremin.. Tapi naek miniarta tengah malem gitu kan serem!

Tata: Lha? Aku dah berusaha nyari, tapi ga nemuuu..

Dia: ih sumpah lo Ta.. Lo gila..! Emang lo ga takut apa?

Tata: ummhh.. Aku si mikirnya nothing to loose...in term of harta benda yah.. Duit cash ku ga pernah megang banyak… Perhiasan? Ga pernah make.. Henfon? Tau ndiri ku ga pernah berhenfon canggih..pun ilang, yang kusesali adalah pulsa yang masih lumayan.. Tapi sekarang pun ku ga pernah punya pulsa lebih dari sepuluh ribu.. Biar kalo ilang, ga sedih-sedih amat.. Jadi apa yang harus kutakutin?

Dia: yaelah… Lo kan punya hal lain yang bisa dijahatin orang… Bukan harta doank..!

Tata: ah enggak ah..

 

 

Begitulah.. Aku sering kelayapan malem, karena aku pikir tak ada yang perlu kutakutin..

 

 

Dan Tuhan tidak suka pada manusia yang jumawa bin takabur.

 

 

Siang ini, ku selesai urusan di suatu departemen di Kuningan. Seperti biasa, ku nunggu taksi di pinggir jalan. Dan karena ga mau membuat kehebohan (waktu itu motor nabrak taksi yang kustop, kemaren di depan mataku mobil yang nabrak taksi yang distop oleh ibu-ibu di sebelahku!), maka ku lewatkan beberapa taksi. Ku menghentikan taksi yang menurutku dia ada dalam posisi aman untuk berhenti di depanku. Jadinya ku berdiri di situ lumayan lama lah..

 

 

Dan tiba-tiba, ada satu mobil berhenti. Ga persis di depanku, berjarak 2 atau 3 langkah lah. Trus si pengendaranya melambai-lambaikan tangan ke arahku. Habis melambai, dia nunjuk-nunjuk bangku di sebelahnya. Ku bingung kan? Ku nengok ke samping kiriku, ga ada orang lain. Brarti orang yang dipanggil-panggil dia adalah aku kan? Ku sok-sok ga mudheng ajah. Dia keukeuh manggil-manggil. Dan ku juga keukeuh sok ga ngliat.

 

 

Akhirnya dia memajukan mobilnya, hingga pintu mobilnya tepat di depanku. Dia buka pintunya, menyuruhku naik. “Mau ke arah mana? Ayo bareng aja”. Sumpah ku bingung. Tapi aku kan ramah, jadi kujawab “Makasi, Pak.. Ga usah..”. Dan dia memaksa “Ayo.. Saya antar..”. Waduh..ko makin serem.. Tampangnya dan seringainya tuh lhoh..  “Saya nunggu driver ko, Pak... Makasi...”. Trus kututup pintu mobil dia, dengan pelan-pelan (ku takut membuatnya marah). Dan dia berlalu setelah ngomong, “Oh...udah ada yang jemput? Ya udah..”.

 

 

Sumpah! Habis itu aku takut! Di siang hari ada yang mau menculikku! Serem ga si?! Gimana kalo bapak itu berkomplot, trus aku langsung diangkut ke dalam mobil dia? Beneran ku langsung keringetan dan deg-degan demi ngebayangin itu.

 

 

Tuhan, maafkan aku ya yang sudah menyangsikan sakitnya orang ‘hanya’ gara-gara ke Bogor... Maafkan juga sudah takabur dan jumawa.. I love You.. Mwah!

 

 

 

 

 

 

 

 

18 comments:

  1. wuiiiiiih gak kebayang deh
    kalo ak udah pasti lariiiiiiiiiiii
    wakakaka
    pengalaman seru

    ReplyDelete
  2. serius, Ta???
    Alhamdulillah, untung elu bisa lolos..

    ati2 yah, neng!! beneran!!

    ReplyDelete
  3. ah itu mah belum seberapa *langsung dilempar sendal sama tata

    ReplyDelete
  4. pantesan kemaren pas lo dari PS sendirian en bilang mo coba2 naek bis gitu gw syiok :D

    ReplyDelete
  5. @ elok: masalahnya ku lagi pake rok sempit..jadi ga bisa lari.. Jalan pun musti sedikit angkat rok.. HiHiHi..

    @ dani: fakta nyata! Dan memang sepertinya Tuhan juga pengen menyampaikan hal yang sama seperti yang kamu katakan padaku.. Kalian flip flop! ^^

    @ mumu: ya karena jumawaku juga blum seberapa, Mu.. Coba ku publish kejumawaanku yang pas ku..oops.. Ku kan dah minta maAf ma Tuhan.. Pfuhh.. Hampiiirr aja keceplosan jumawa lagi..

    ReplyDelete
  6. @ echan: hohoho.. Emang waktu itu kupikir 'dari bogor aja ku bisa naek bis, masa sini aja ga mampu?!' tapi waktu itu ku ga lulus ampe depok naek bisnyah.. Ampe pasar minggu doank.. Habis itu berpikir 'sepertinya bukan saat yang tepat untuk eksperimen'.. Hehehe..

    ReplyDelete
  7. rasain lu... sekaran gak bakalan lagi kan nonton film malam? heheheh... akhirnya aku bakalan nonton duluan terus... sepanjang masa... dan siap-siaplah bengong kalo HP-mu dapat SMS pamer dariku... huhuhuhuhuhuhu

    ReplyDelete
  8. naik miniarta dari bogor ke depok? yg lewat parung itu? atau yg lewat cibinong?

    soal temenmu itu.. ya maklum aja, dia gak sepecicilan kamu.. jadi ke bogor bikin capek hehehe

    ReplyDelete
  9. Ya ga gitu dunk, Jo hikmah yang harus diambil... Nonton mah teuteup.. Nonton di Bogor itu yang mungkin enggak lagi... Hohoho...

    Lagian kan hampir diculiknya di siang hariiiii... astaga..ku jumawa lagi.. ^^

    Confucius kamu kapan, Jo?

    ReplyDelete
  10. Bukan lewat parung (kayaknya), walau aku lihat tulisan Parung, trus tanda panah.. Soalnya ini Miniarta jurusan Kampung Rambutan...lewat Cibinong (kayaknya)..soalnya aku ketiduran.. Padahal pas naik aku sudah berjanji untuk tidak akan tidur, mengingat jumlah penumpangnya hanya beberapa dan lelaki semua.. Kata temanku yang memonitor perjalananku "yaiyalah laki semua! Kamu pikir ini jam berapa?!"


    Soal temenku, walaupun dia ga sepecicilan aku (emang aku pecicilan yak?), tapi dia kan lelakiiiiiii...

    ReplyDelete
  11. Hehehe... gaptek kendaraan bermotor jenis apapun, Di.. =(

    ReplyDelete
  12. lah trus ke depoknya naik apa? ganti miniarta jurusan lain?

    soal pecicilan.. gak ada hubungannya cowo or cewe hehehe.. cewe yg biasa jalan kaki naik turun angkutan umum jarak jauh ya jelas lebih kuat drpd cowo yg (mungkin) ke mana2 naik mobil/motor.. disopiri pula.. atau ngekos deket kantor, tiap hari ucluk2 jebret nyampe kantor.

    ReplyDelete
  13. Kan aku kebangun pas udah mae deket Pal gitu.. Jadi aku turun Pal.. Sampai situ aku bertekad untuk naek taksi, asal taksi merk itu.. Eh tunggu punya tunggu ga muncul-muncul.. Yang muncul malah angkot 112 jurusan Kp.Rambutan-Depok..naiklah aku... hehehe... *kenapa yang dibahas malah trip Bogor tengah malamku yak? kan inti postingan ini aku hampir diculik... hihihi...*


    soal pecicilan tak mengenal jender..temenku itu rumahnya di Ciracas..tiap hari naik bis untuk ke kantor..butuh waktu 2 jam.. Tapi emang si..brarti aku lebih tangguh dari dia dalam hal Bogor.. Terbukti! Hohoho..

    ReplyDelete
  14. yg hampir diculik ga seru.. siang2 =D

    ya udah dibahas.. tu cowo di mobil sendirian? tua? muda? ganteng? ;))

    ReplyDelete
  15. Jiaaaa...ngebahasnya terpaksa... ^o^

    Tanpa kusebutkan pun sudah jelaslah yang di mobil itu tidak muda dan tidak ganteng... Kalau muda dan ganteng kan mungkin kupertimbangkan ajakannya...paling nggak kuajak ngobrol dulu... Hohoho... Dan iya dia sendirian..

    ReplyDelete