Sunday, February 14, 2010

Mari Berpikir Tentang Perkawinan, Teman-teman..

Tentang RUU Perkawinan yang sedang akan digodhok

 

 

Seru juga baca beberapa pasal yang memiliki konsekuensi pidana dalam perkawinan. Emang sudah saatnya UU Perkawinan ini diperbaharui, yang berlaku saat ini dah uzur kan? Dari tahun 74 ampe 2010 lho umurnya!

 

 

Nah, yang menarik dari draft RUU ini adalah yang ada konsekuensi hukumannya. Bagiku seru, karena orang akan berpikir untuk macam-macam. Kalau melihat besar hukumannya bisa dianggap  ’kecil’ lah ya.. Tapi menurutku yang lebih berasa adalah bahwa ada hukuman untuk ’kejahatan perkawinan’. Entah mau 3 bulan atau 3 tahun, intinya dia memiliki catatan kriminal. Dan kurasa itu cukup untuk membuat orang berpikir masak-masak sebelum berbuat.

 

 

Satu pasal udah ku-share beberapa hari lalu, yaitu pasal 147 tentang menghamili perempuan yang belum nikah. Di situ dibilang kalau perempuan yang belum nikah itu hamil trus si penyebar benih ga mau menikahi, maka dia terancam penjara 3 bulan.

 

 

Nah, atas ini bisa aja kan tar pasangan ini berstrategi, ”Ya udah kita nikah.. Tapi siri aja yak? Kan sama aja sahnya...” Tar ga bisa gitu lagi, karena ada pasal 143: melangsungkan perkawinan tidak di hadapan pejabat nikah didenda paling banyak Rp 6 juta atau kurungan paling lama enam bulan”. Bagi yang masih berpikir untuk nikah siri, selamat berbulan madu di penjara yaaa... (untung aku dah dapet pencerahan! Hohoho...)

 

 

Siri ga bisa, bukan berarti tanggung jawab menikahi benar2 menimpa kan? Masih bisa begini, ”Oke kita nikah.. Tapi ampe bayi ini lahir aja yah? Habis itu langsung cerai!”. Ya kan? Bisa aja kan begitu? Jatohnya kawin kontrak kan? Kawin dengan periode sampai bayi lahir. Nah, atas itu ada pasal 144: Melakukan perkawinan mutah diancam piada paling lama tiga tahun penjara dan perkawinannya batal karena hukum. Seru kan?

 

 

Tapi, demi tidak mau terikatnya dengan seseorang, orang kan biasanya muncul banyak akalnya tuh.. Ga nikahin, penjara 3 bulan. Siri aja, 6 bulan penjara. Kawin kontrak, penjara 3 tahun. ”Ya udah.. Ga usah pake kontrak. Tapi pokoknya tar begitu bayi lahir, langsung gua jatohin talak ajah. Kan gampang tinggal bilang ’gua talak lo’, cerai deh.. Bebas deh... Hohoho...”. Ya kan? Kayak Anang pun konon jatohin talaknya lisan kan? Nah, untuk ini ada pasal 146 yang siap mencegat: Menceraikan istri tidak di depan pengadilan didenda paling banyak Rp 6 juta atau hukuman enam bulan penjara.

 

^o^

 

Trus kalau udah begini, bisa muncul lagi pemikiran ”Ya udah, ga usah pake acara cerai. Tar langsung aja kawin lagi ajah... Susah amat...” Eh ternyata, ’melangsungkan perkawinan dengan istri kedua, ketiga dan keempat tanpa izin dari pengadilan, dipidana denda paling banyak Rp 6 juta atau kurungan paling lama 6 bulan (pasal 145). Jadi, tar ga bakal ada lagi nih Suhaebi-suhaebi era baru.. Amin...  Karena untuk menikah kedua kali dan seterusnya musti dapat ijin dari pengadilan.

 

 

Seru kan?

 

 

Dan sekali lagi kuutarakan pendapatku, bahwa bukan masalah besar kecilnya denda atau lama tidaknya penjaranya, tapi lebih ke adanya hukuman itu. Setuju banget sama m’onit.

 

 

Owya, ga cuma kalau mau nikah kesekian kali aja yang musti agak ribet, kalau kita mau nikah sama bule pun ternyata agak-agak ribet. ”calon suami yang berkewarganegaraan asing harus membayar uang jaminan kepada calon istri melalui bank syariah sebesar Rp 500 juta”. Itu bunyi pasal 142 ayat 3. Waduh...kalo ku mau nikah sama bule dengan kemampuan finansial terbatas tapi cinta yang tiata berbatas gimana dunk? Coret bule dari daftar calon gebetan aaahhh...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

23 comments:

  1. wakakakkakakaka....

    gue nunggu undangan lo aja deh ta...:)

    ReplyDelete
  2. hahaha kapok deh tuh para pemburu wanita

    ReplyDelete
  3. kalo nikah sama istri orang gimana? Sebagai calon istri pertama... gak ada pasalnya kan?

    *mulai menebar teror*

    ReplyDelete
  4. ga musti khatam tuh UU dulu ko, Di... Jadi ga perlu repot2 baca tuh UU..


    Trus ga musti kaya dulu ko.. ^o^

    ReplyDelete
  5. kisah nyata dr sebuah negara asia: si cewe diboyong suami ke negri baratnya.. setelah di sana si suami ngaco, dan si cewe ditelantarkan ditinggal begitu aja. kabur entah kemana. sendirian di negri orang.. mau gak mau pulang kampung deh. kalo ada 500jt di jaminan kan lumayan :D

    ReplyDelete
  6. Hahaha... Teror pertama sudah diinisiasi, maka mari lanjutkan! Hohoho..

    Nah, mumpung ini masi draft, concern kamu ini, usulin aaahhh...

    ReplyDelete
  7. Tapi gimana cara ngomongnya ke gebetan yak? Kan kesannya jadi cewek matre gitu... ^^

    ReplyDelete
  8. Ya tinggal buat dunk, Di...

    Kan kata Pak ustadz, tiap anak ada rejeki nya masing-masing... Tak usah khawatir.. ^^

    ReplyDelete
  9. ah, tetangga saya dikampung kemakan kibulan ustadz begitu tuh...katanya ada rezeki, eh bikin anak...tetap aja kagak bisa makan anaknya, trus dititipin rumah nenek si anak jadinya...huhahaha

    ReplyDelete
  10. Nah, mungkin bikinnya ga pake bismillah dulu... Kalau kamu kan pasti bismillah dunk.. Ayo majuuuu...! ^^

    ReplyDelete
  11. kan itu aturan hukum, ada kok disodorkan oleh petugas berwenang waktu mo ngurus perkawinan.. jd bukan dari cewenya pribadi (dah baca2 nih :p)

    ReplyDelete
  12. kurang kumplit satu poin lagi, jeung.
    Menceraikan istri yang sedang hamil dihukum penjara dan denda juga dunk :D

    ReplyDelete
  13. Waduh.. Di RUU tentang itu ga ada di bagian yang ada ancaman pidananya.. Tapi tar coba kita cari di pasal2 lain nya..

    ReplyDelete
  14. wah keren neh kalo disetujui
    biar wanita gak selalu pihak tersakiti setidaknya sekarang harus berfikir 2 kali dah

    ReplyDelete
  15. hueehehhehe...yg lucu analisa mbak tata, bukan RUU nya

    ReplyDelete
  16. @ Elok: Siipp..

    @ Ima: makaciii... ^^

    ReplyDelete