Monday, February 15, 2010

Berani untuk Tidak Menonton TV?

"The quality of Indonesian TV is horrible, as you know". Begitulah kata ayahnya Jasmine. (buat yang belum kenal Jasmine, dia adalah anaknya temenku yang cintaaaaa banget ama aku! Hehehe...)

 

Waktu itu pernah kubilang ke ayahnya Jasmine "Jasmine mirip ama anak yang di iklan 'aku bisa aku pasti bisa' ga si?". Dan dia tersenyum, "Oh kami tidak punya televisi di rumah..". Jadi, mereka hanya menyediakan pesawat TV, DVD player, beserta DVD film anak-anak, the original one ^o^. Dan itu sangat nampak ketika ku ngobrol ama Jasmine, topiknya adalah sekitar Horton, Alvin, Russel, dan tokoh2 kartun lainnya. Dia selalu nanya, "Tata punya Ice Age? Tata punya Stuart Little?", dan judul2 film lainnya. Dan tentu saja jawabanku adalah 'tidak, tapi aku tau mereka..', dalam hati kubilang "Aku punya nya Thirst, En La Cama, dan film-film yang ga boleh kamu tonton! Hohoho..". Dan mungkin karena tiap pertanyaan kujawab dengan 'tidak', akhirnya dia bertanya "Tata punya TV ga si?". Hwuaaaa... Sungguh suatu pertanyaan yang nancep! Hahaha... "Aku punya dunk TV... Justru kamu kan yang ga punya TV.. TV kamu ga ada iklannya kan? Ga ada beritanya kan? Ga ada gosipnya kan? Hohoho...". Dan Jasmine menimpali, "Untuk apa semua itu?". Jleb! Yang ini lebih nancep lagi! Hahaha... Dan karena yang nanya masih bocah, kujawab "Ya ga penting si...", trs nyengir.

 

Tapi, ketika ngobrol sama ayahnya ku bertanya "Ko bisa si hidup tanpa TV? Ga bisa gaul dunk.. Ngikutin brita itu kan penting..". Ya kan? Dengan TV kubisa tau bahwa Sheilla Marcia dah bebas dari penjara dan bentar lagi lahiran. Dari TV lah aku mengikuti berita-berita nasional dan dunia. Dan itu semua bisa jadi bahan obrolan. Ya kan?

 

Tapi ayahnya Jasmine punya alasan tersendiri tentang 'hidup tanpa televisi'. Yang utama adalah kualitas hidup berkeluarga. "Ketika punya TV, emang si kita makan bareng. Anak-anak ada di sebelahku, tapi mata dan telinga mereka untuk TV. Mereka ga bisa diajak ngobrol...". Ouw..ouw..ouw.. Iya juga yah? "Untuk berita, aku bisa cek di internet. Dan aku masih langganan KOMPAS sabtu-minggu ko.. Jadi ga bakal ketinggalan amat lah..".

 

Hmmm... Jadi pengen mengkaji ulang kebiasaanku yang selalu menyalakan TV sesaat sesudah sholat subuh dan sepulang kantor... Tokh aku langganan KOMPAS tiap hari. Jadi, untuk apa aku menonton TV lagi kan? Kalau kalian apa yang kalian tonton di TV?

 

 

Owya, please follow the following link untuk lebih jelas tentang hidup tanpa TVnya  ayahnya jasmine.

 

25 comments:

  1. tetangga saya ada juga yang ga punya tv.. tvnya dijual, tapi mereka bisa hidup normal aja kayak punya tv.. salut juga.
    pernah mau ngangkat tema ini sih buat postingan, sesaat setelah ngobrol sma tetangga saya itu, hehehe

    ReplyDelete
  2. aku beli tv utk memperlancar bahasa lokal :p
    tapi kebanyakan malah nonton channel komedi, yg isinya sitkom2 amrik yg lucu2 itu.. abis seru sih ngakak2 =))
    kalo suntuk buat muter 2 channel musik.. jadi tau lagu2 keren..
    berita sih dr internet..

    ps: beli tv thn 2009 stlh 5thn hidup tanpa tv =D

    ReplyDelete
  3. @ bimo: ayo dunk critain tentang tetangga kamu..

    @ m'onit: oiyah! Kata bosku yg londo itu, anak-anak nya dan anak2 londo lain nya jago english karena TV. Jadi bisa kebalikan nya juga yah, warga asing blajar bahasa londo via TV.. Tapi kalo jatohnya jadi sitkom amrik? yaaa..yang penting dah niat.. Hohoho..

    Kalau perkembangan musik, TV Indo naro jam tayangnya di saat orang beraktifitas smua.. Jadi ku ga bisa mengambil manfaat itu..

    Hmmm.. Blajar bahasa lokal enggak, musik keren enggak.. Apalagi ya yang bisa membuatku mempertahankan (bayar listrik) TV?

    ReplyDelete
  4. aku masih lum bisa hidup tanpa tv...
    aku masih butuh nntn acara keren macam x factor, idol, oscar award, grammy, dsb

    ReplyDelete
  5. Dan aku tidak dapat acara-aCara keren yang kamu sebuT di TVku.. Satu lagi deh alasan buat nyoret TV..
    Eh, Ardi.. Ku tau apa lagi yang membuat kamu blum bisa hidup tanpa TV: Tina Talisa! Hohoho..

    ReplyDelete
  6. astaghfirullah....remot tipiku dah ancur satu gegara dia muncul tau..!!!
    sungguh hina dina dia itu hahaha

    ReplyDelete
  7. Hahaha.. Kata Sudjiwo Tedjo waktu itu 'mbak Tina, sampeyan nyanyi aja..nggak usah jadi penyiar.. Suara sampeyan tu bagus..'. Dan si Tina setelah beberapa kali (sok) ga denger, berespon dg ketawa sumringahnya itu.. Kalo ku jadi dia, dah pengen nungseb ke bumi tuh.. Hohoho..

    ReplyDelete
  8. aku nonton tivi buat liat Take Me out hahaha
    nggak ding
    buat nonton Opera Van Java
    nggak penting ya?

    ReplyDelete
  9. huhahaha.....sudjiwo tedjo emg muantep..!!!!hahaha

    ReplyDelete
  10. @ hani: Opera van Java tu yang parto jadi dalang kan ya? Katanya lucu tu.. Gabus2nya juga imut dan lucu katanya.. Betulkah?

    @ ardi: ku pas denger sudjiwo tedjo ngoMoNg gitu, sejenak paused, ga percaya dia brani ngoMoNg gitu.. Setelah itU, ngakak jaya.. Tina..tina.. Haha..

    ReplyDelete
  11. kalo gw sih mba, emang udah dua tahun ini gak nonton benda yang bisa nyala itu [haha...lebai.]. Secara kerja full dari pagi jam 7 sampai jam 8 malam, dari senin sampai sabtu. Jadi gak ada waktu buat nonton.

    Gw setuju banget tuh sama keluarga jasmine, dan kayaknya gw juga bakal ngelakuin tuh kalo udah punya keluarga sendiri.

    Kalo soal update berita, gw lebih suka dari internet dan majalah. Kalo koran, seminggu paling baca cuma tiga edisi. Itu pun gak semua artikel dibaca.

    Gw sempet sebel sama TV gara-gara waktu gw mau santai setelah lelah dan letih kerja seharian [lebai lagi...hehe], yang gw temuin cuma sinetron yang sekuelnya udah kayak Smallville dan Supernatural, episodenya udah mirip Naruto dan Bleach. Ratusan episode, dengan banyak istilah season.
    Akhirnya TV itu gw kasih nyokap ajah deh, gw mending main PS seharian atau sibuk browsing cari download-tan MV-MV korea.

    note : suka ya nonton Thirst...? Gw juga suka tuh...hahahaha...bikin gw kepanasan lihat karakter ceweknya yang "nantangin" banget....hehehe.

    ReplyDelete
  12. Postingan yg bagus ta,disaat semua acara televisi menampilkan visualisasi yg cenderung berlebihan,ex:sinetron,iklan.bahkan skrg berita di tv udh gk informatif malah cenderung provokatif.what the blaah?

    ReplyDelete
  13. hampir satu taun hidup tanpa teve, tapi tak ruginya kok. Malah kaget tiap kali ke warung nasi deket kosan [pagi dan malam sesuai jdwal makan saya], tevenya nonstop tuh, dan ya ampun saya slalu ngurut dada "knp isinya sampah semua???" hehehe

    ReplyDelete
  14. aku nonton tv kalo pas lagi ga ada kerjaan... dan sempat kagum dengan iklan kopi yang "dikira" aku kira baru banget ternyata udah lama bercokol.. agak malu sih, tapi it's ok.
    Berita langsung pop up waktu login YM...
    Jd aku bisa dikatakan udah bebas dari TV

    ReplyDelete
  15. Jiaaaaa... dia menyamakan sinetron sama smallville! Hahaha...


    Thirst adalah obat yang sangat mujarab setelah melihat vampir abege bodoh... Hohoho...

    ReplyDelete
  16. Oh my... aku tau alasan yang tepat buatku untuk mepertahankan TV: IKLAN! Kusukaaaaaaa...liat IKLAN!

    Thanks Marie dah ngingetiiiinn... mwah!

    ReplyDelete
  17. ini mah judulnya kamu belum hidup tanpa TV...lha tiap hari rutin ketemu dua kali sehari...? Hehehe...

    ReplyDelete
  18. Dan bukankah kamu mang ga ada kerjaan terus, Jo? Nonton TV mulu dunk kamyu... Hohoho...

    ReplyDelete
  19. kan maksudnya bukan tv saya mba...ehehehe. tvnya ibu yg punya warung :D

    ReplyDelete
  20. seth, bisa-bisanya gw ngelewatin postingan keren beginih!

    gw sempat kepikiran gak punya TV, Ta. Hanya takutnya, ntar klo punya anak malah curi2 nonton di tetangga ato di rumah temen2 sekolahnya. Tapi, saran bapaknya Jasmine bagus juga, dengan stok film2 anak2 begonoh (anime Jepangnya libur dulu deh). Gw jadi pingin praktekin ah!!

    ReplyDelete
  21. kalo di inggris sono kan dah kebukti hasilnya...nah, di Indonesia kan belum ada risetnya tuhh.. Tar kalo kamu dah mau praktekin, lapor2 yah...biar dikumpulin sekalian banyak keluarga, biar kayak riset juga... ^^

    ReplyDelete
  22. mungkin suatu saat tivi bisa digantikan sama internet...
    mau berita baru, ada internet
    mau nonton drama korea, ada juga di internet...
    nonton berita juga ada di internet...

    ReplyDelete
  23. tetangga depan rumahku anaknya udah SD kelas 2 dan seumur hidup nggak pernah ntn TV loh, kecuali pas acara memorialnya Michael Jackson kemaren, jadi yah kurang lebih sama, emaknya ngajarin itu anak cuma ntn DVD doang.

    jadi sampe sekarang gw ngerasa kalo anak itu "bersih" banget, dia bahkan gatau lagu apa yang lagi ngetrend, tapi kalo disuruh nyanyi "A whole new world" dia fasiihhhhh

    ReplyDelete