Sunday, February 28, 2010

Ternyata Bapak itu adalah Sastrawan!

 

Masih inget kan ya waktu pas ku nonton DanceMotion, bapak-bapak di sebelahku menyangka aku penari. “Anda penari yah?”, gitu tanyanya. Nah, waktu itu ku menangkap suatu keramahan di atas rata-rata dari orang kebanyakan, untuk ukuran ga kenal sama sekali, ketemu di suatu pertunjukan.

 

 

Aku cukup sering nonton pertunjukan teater, tari, monolog, pembacaan puisi sendiri. Trus pas di sana ketemu dan ngobrol sama orang di sebelah. Tapi obrolan menunggu pementasan dimulai kan standard, seputar “Sudah sering nonton si X ini?”, ”Pas yang di Y, dia agak kelihatan beda yah?”. Yaa..pokoknya sekedar basa-basi sesama penonton lah..

 

 

Nah, kalo bapak-bapak yang mengira aku penari ini lain. Dia memulai dengan pertanyaan yang tidak lazim kan? Trus pertanyaan selanjutnya “Kuliah ya?”. Dan sekali lagi aku tersanjung! Wow…tampangku masih imuuuuttt… Hohoho… Maka meronalah aku, senyum-senyum, menunda jawaban, walaupun pada akhirnya “Udah selesai kuliahnya…”, sengaja ga bilang kapan selesainya. Soalnya tar memudarkan imajinasi bapaknya.. Imajinasi bahwa aku adalah seorang penari, gugur. Membayangkan aku mahasiswa pun salah. Kalau kubilang ku dah khatam kuliah dari kapan tau kan dia makin kecewa… ^o^

 

 

Pertanyaan selanjutnya, “Kuliahnya jurusan apa?”. Lagi-lagi aku menunda untuk menjawabnya. Entah gimana ya, aku sekarang tidak pada fase bangga aku pernah kuliah di jurusan itu. Bebannya terlalu berat, euy.. Ketika orang tau aku dulu kuliah di situ, hampiiiiirrr pasti langsung konsultasi. Sedangkan ilmuku bukan ilmu begituan…bukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan praktis gitu.. Kalau nanya gimana cara buat tablet, kenapa bisa minyak ikan campur air bisa jadi scott emulsion padahal air dan minyak ditakdirkan tidak menyatu, nalarku masih bisa jawab. Tapi, kalo pertanyaannya adalah “Saya suka sesak nafas kalau lagi tidur, itu obatnya apa yah?”. Hadooohhh… Ampun deh Pak..ampun…

 

 

Maka, ketika si Bapak-yang-mengira-aku-penari-dan-mahasiswa ini bertanya tentang jurusan kuliahku, kujawab, “Waduh..saya malu nyebutinnya..”. Kemudian si Bapak menebak suatu jurusan. Kubilang, “Bukan… Ayo ditebak lagi.. Dua kali kesempatan lagi..”. Si Bapak, berpikir dan menyebutkan satu jurusan lagi. “Bukaaann… “. Dan dia tidak mau menggunakan kesempatan terakhirnya. Dan ku juga kasian kakek-kakek diajak maen tebak-tebakan. Maka kusebutlah jurusan kuliahku. Dan seperti pada umumnya, responnya adalah “Ooohhh… Saya ini ada riwayat asma.. bla...bla..bla...”. Sangat tertebak.

 

 

Tapi entah kenapa, suara bapak ini tuh enaaaaakkkk bangeeettt... Ku berasa pernah mendengarnya di suatu tempat, di suatu masa... Ku dengerin, dan kutanggapi dengan lumayan antusias (kukatakan lumayan karena ku ga sepenuhnya ngobrol sama dia, karena ku sedang pengen bergosip dengan temenku. Hehehe...). Tapi si Bapak ini tuh enak banget ngomongnya... Ga ada centil2nya sama sekali, dan ku merasa ga ada pertanyaan personal yang dia lontarkan. Temenku yang disebelahku pun ikut nimbrung dalam obrolan ini. Dari asma, dia cerita tentang terapi tokek yang sedang dijalaninya. Dia bilang dia suka dan cocok makan tokek. Dan aku menimpali, tapi wajahku mengarah ke temenku, “Tokek apa to*et?”. Dan temanku langsung mencubitku. Si Bapak si kayaknya ga denger... (Sumpah ku masih ketawa kalo inget kejadian itu.. Hahaha...)

 

 

Dan ketika temanku sudah pulang, aku masih lanjut ngobrol sama bapak itu. Dan akhirnya, pas bapak itu pindah ke depan untuk bertanya ke penari yang asli, cowok di depanku berbalik dan bertanya “Itu bokap lo yah?”. Spontan kujawab “Enggak! Sumpah baru ketemu tadi di sini!”. Cowok itu menyahut, “Ko bisa akrab banget gitu..”. Fufufu...

 

 

Begitulah..si Bapak yang mengira aku adalah penari dan masih mahasiswa itu, nada bicaranya tuh renyah dan enak, hingga membawa kita ke keakraban. Tapi aku tidak sempat berkenalan dengannya. Sayang sekali.. Ku cuma tahu rumahnya di Ciputat, dia sakit asma, dan dia suka makan tokek.

 

 

Dan minggu kemaren, aku tersentak pas baca berita ini. Oh my... Itu bapak-bapak yang mengira aku penari! Sekarang beliau sedang sakit...

 

 

Semoga cepat sembuh, Bapak.. Nanti kita nonton lagi yuks? ^^

 

 

 

Dan pantas saja aku berasa kenal sama suaranya.. Ku pernah nonton monolognya! Dan aku suka! Suka banget! Miss u...

 

19 comments:

  1. Oh jurusan Farmasi ya? kakak perempuanku juga kuliah jurusan itu. Kadang geli ngeliatnya kalo lagi stress mempelajari tumbuh-tumbuhan, biji-bijian untuk campuran obat hehe. Kalo dia sering dibecandain sama omku, "gimana? udah diajarin bikin ekstasi?" hehehe

    ReplyDelete
  2. Nah.. Pertanyaan itu juga ga jarang dilontarkan..kalo aku si seringnya sama tukang bis kalo lagi mudik.. Hohoho...

    Kalo sodara paling godain nya, "tar kalo lagi disumpah, miring aja dikit kepalanya...biar kalo ngasi narkotik, ga dosa..". Hohoho..

    ReplyDelete
  3. buahahahaha... jadi soal memiringkan kepala itu benar-benar dipraktekan gak? hehe

    ReplyDelete
  4. kejutaaaaaaan door
    wekekeke menyenangkan bertemu seseorang seperti beliau kek kakek dalam ceritaku

    ReplyDelete
  5. @ yayan: itu nyata senyata-nyatanya! Dan kejadian itu digunakan ama temenku itu untuk mengolok2 aku pas ngumpul2. Dengan prolog "tata gebleg! Ama kakek2 ni.. Bla..bla..".

    @ asiah: 'wah..'? Kamu juga mengira aku penari yaa.. Hohoho..

    ReplyDelete
  6. @ elok: kalau ku tau itu dia, ku foto bareng.. Hehehe..

    ReplyDelete
  7. gak tau kenapa, tiba2 jadi keinget bukunya Mitch Albom yang "5 people you meet in heaven"

    ReplyDelete
  8. @ dani: ouw.. Bagian manakah yang mengingatkan mu?

    ReplyDelete
  9. hmmm...kalo di bukunya Mitch Albom kan, ada beberapa orang yang gak terkait langsung sama kita tapi ternyata dia ngasih pengaruh ke kita.
    Hehehheh...kayak Tata ketemu Bapak bersuara renyah ini :D
    mbuh, Ta... tapi gw ngebayanginnya begituh...

    ReplyDelete
  10. Aku pernah tanya semacam ini kan ke kamu? waktu tenggorokanku sakit.... dan kau menganjurkan aku membeli mercedes...

    ReplyDelete
  11. *ngebayangin terapi toket... hm.. .pasti enak banget*

    ReplyDelete
  12. Enggggaaakkk... waktu itu kamu bukan sesak nafaaassss... kamu sakit tenggorokaaaannn... Dan kamu kan nanyanya lewat SMS, jadi ga keliatan aja kan muka culunku.. Huhuhu..

    ReplyDelete
  13. Astaghfirullah... ga dibintangin ama dia..

    ReplyDelete
  14. hahaha... aku menjebak diriku sendiri..

    ReplyDelete
  15. Waaah... bapak ituuu...
    (aku suka baca tapi lebih sering gak apal wajah-wajah penulis)

    ReplyDelete