Thursday, January 15, 2009

Gimana Caranya Ngajak Kenalan Tapi Ga Bikin Geli?

Misalkan ada orang sedang berada di halte bis atau stasiun kereta. Mereka sedang menunggu bis atau kereta, sendirian. Biar ga mati gaya, biasanya kalo ga baca koran, baca buku, ya otak-atik HP atau bengong. Jarang ada orang yang ngajak ngobrol orang yang ada di sampingnya. Terperhatikan tidak?

 

Begitu juga ketika sudah naik bis atau kereta. Kecenderungannya adalah duduk sejauh mungkin dengan yang lain. Kalau di bis, pasti memilih duduk di bangku yang total kosong. Misalkan ada bangku 3 yang baru terisi 1, pasti dilewati, pilih yang masih kosong ke-3 nya.

 

Ya nggak?

 

Pernah ga mencoba membuat terobosan dengan duduk di bangku yang sebelahnya sudah terisi, di saat ada bangku lain yang masih total kosong?

 

 

Aku belum pernah.

 

Temanku nanya, "Kenapa enggak? Lo kan bisa nanya mau kemana, ngomongin hobi, atau apalah..."

 

Kujawab, "Idih... Centil banget si.."

 

Yak.. Kalo aku begitu. Takut dianggap centil kalo menyebelahi orang (terutama cowok) di bangku kereta atau bis. Apalagi memulai obrolan. Hooo...itu suatu pantangan. Bisa-bisa dianggap centil abisss... ^o^

 

Karena kalau ada orang yang berbuat begitu, pasti aku ngerasa geli (risih) dan jengah, seolah-olah zona amanku diinvasi.

 

Contoh 1:

Aku lagi nunggu kereta di Stasiun Cikini jam 11 malem. Sendiri. Ku baca buku. Trus ada seorang lelaki di sebelahku bertanya, "Mau pulang kemana, Mbak?". Ku jawab setengah hati, "Depok". Hanya dengan pertanyaan itu ku dah berpikir, "Ni orang apa2an si...". Dia lanjut, "Sering Mbak pulang malem begini?". Ku jawabnya makin minim lagi, seperempat hati, "Engga juga". Entah kenapa dalam pikiranku langsung terbuat skenario bahwa mas ini adalah pengganggu. Kalau kujawab iya, takutnya besok mas nya akan ada lagi di stasiun ini. Trus nanya2 lagi. Kalau ku jawab 'engga', tar dia bakal nanya lagi ini dalam rangka apa ku pulang selarut ini. Dan masih banyak lagi pikiran2 buruk lainnya. Padahal mungkin mas ini mungkin sedang membuat terobosan itu. (aku jahat!)

 

Contoh2:

Aku di kereta sendiri, berdiri, sambil baca buku. Trus ada mas2 yang berdiri di dekatku nanya, "Hobi baca ya Mbak?". Respon ku hanya senyum setengah2, tanpa mengalihkan pandangan dari buku. Dalam hatiku berkata, "Idih, centil banget si ni orang". (aku kejam!)

 

Jadinya aku sekarang beneran takut untuk memulai obrolan dengan orang asing di stasiun ataupun kereta. Padahal sebenernya bukan orang asing banget. Ku berkereta sudah 2 tahun lebih. Kereta yang sama, di jam yang sama, penumpangnya pun itu2 juga. Wajah2 yang kulihat tiap hari ya itu2 aja. Tapi nyapa sekalipun belum pernah. Senyum pun ga pernah. Dua tahun berkereta tanpa bisa menambah satu kenalan pun! Ck...ck...ck...

 

Sekarang aku pengen berubah! Aku mau nambah kenalaaaaannnn....!

 

Ada yang punya ide ga gimana cara memulainya tanpa berkesan menggelikan bin norak?

Mohon bantuan idenya.... 

 

26 comments:

  1. jelas dan pasti: nanyanya jangan personal! :p

    misalnya: "mbak, kok cuaca mendung, hari ini kayaknya bakal hujan ya"
    atau kalau lagi baca koran
    "ada berita apa nih yg lagi heboh?"
    atau kalau lagi baca buku
    "itu buku siapa pengarangnya?"
    apa aja deh ttg situasi, suasana, kondisi blahblahblah
    ttg kendaraannya jg bisa "ini bis tadi ngetem mulu deh"
    atau
    "ini bis biasanya bisa berhenti depan gedung anu gak sih?"

    [sharing pengalaman aja, klo di pesawat sebelahan sama co bule ya gitu2, tapi klo co indo pasti deh nanyanya kayak yg kamu tulis di atas - emang deh, melanggar privasi! :p]

    ReplyDelete
  2. ehm.. memperlancar jalur menuju jodoh..
    begitu kata salah satu teman baikku yg ktemu istri di ruang tunggu airport :p

    ReplyDelete
  3. ajak kenalan, tapi jangan ngelitikkin.
    hahahaha..

    ReplyDelete
  4. Baiklaaaaahhhhh!!

    *mikiiiiiiirrrrrr*

    ReplyDelete
  5. Amin....

    Seru juga ketemu jodoh di kereta... Tar ijab kabulnya di kereta aaaahhhh... :)

    ReplyDelete
  6. Itu dia yang susaaaaaahhh... Hobiku kan menyentuh... :)

    ReplyDelete
  7. tinggal ngubah pola pikir kok, karena pola pikir yg ada tuh biasanya 'don't talk to a stranger in your trip will be more saver', tp hati2 jg karena banyak psikopat berkeliaran he4x

    ReplyDelete
  8. hmmm.... kalo aq sih suka nanya "maaf, jam berapa ya?", or dengan pertanyaan yg bs menimbulkan kesan bahwa kita org jauh yg blm tau apa2 ttg keadaan ditempat itu, misalnya : "maaf, kalo stasiun depok itu sebelum stasiun citayam atau sesudahnya?*, saya mau ke citayam", "maaf, kalau kreta ekonomi itu ada ac-nya ngga?"**, etc...

    * jika dari arah jkt
    ** pertanyaan plg kacaw... kikikikkk

    ReplyDelete
  9. Tapi ya... Kalau aku pulang ke kampung halaman, di kereta atau bis, ku ga keberatan lho diajak ngobrol...ga berasa diinvasi...walaupun duduk sebelahan 10 jam-an berasa aman2 ajah... Apa karena sesama orang jawa ga mungkin saling menyakiti yah? Halagh... ^o^

    ReplyDelete
  10. Bhuahahaha....

    Kl aku ditanya gitu, kujawab, "Mas mau kenalan ama saya yah?"

    ReplyDelete
  11. pura - pura gatel trus nyuruh yang sebelah kta bwt garukin . . .

    mantebbbkan ?

    ReplyDelete
  12. Njil.... Kamu emang tiada dua.. I love u, Njil... Mwah! Hohoho...

    Besok kucoba deh... "aduh mas punggung saya gatel nih...tangan saya ga sampe... Garukin dunk..."

    ReplyDelete
  13. ga ada saran, maaf :)

    * jadi kebayang lagi kejadian di halte dulu, hiks....

    ReplyDelete
  14. dari pada digarukin.. mending minta tiupin mata (pura2 kelilipan..) hehehe... tapi mintanya ama yg ganteng (supaya enak diliat) dan pastikan dy udah sikat gigi.. huehehehe..

    selamat mencobaaaaaa.............^,^

    ReplyDelete
  15. kl aku sih liat2 org-nya Ta, kl serem, agk suspicious, pastinya dijudesin :p. tp kl cakep .... malah aku yg agresif, haha! just kiddin'.

    ReplyDelete
  16. Hmmm...Sebenarnya semua pola yang lo beri ke orang2 itu tak lain dan tak bukan karena sebenarnya mereka "kurang cakep" atau malah "ga cakep sama sekali",taroan deh...kalo ntu orang cute abiss n nanya2 kaya gitu,gue yakin dalam hati lo malah meminta dia untuk nambahin pertanyaannya,bahkan berharap dalam perjalanan pulan ketemu orang itu lagi,iya khan....???hayo ngaku...!!!!

    ReplyDelete
  17. Hahahaha.... Ko jadi maen fisik gini siiii...

    Tapi ya...misalkan org itu cute abisss..ku akan dengan senang hati mengobrol dengannya. Kenapa? KARENA AKU BERASA AMAN. ^o^

    ReplyDelete
  18. THINK AGAIN. Cakep, rapi, keren, tp siapa tau tukang hipnotis ?!
    Mesti kudu waspada, whatsoever...terutama kalo pulang malem2 sendirian.

    ReplyDelete
  19. Kyaaaa.... Jangan nakut2in dooooonggg!

    ReplyDelete
  20. pernah diajak kenalan sama cewe di sebelah wkt naik bis..dia pura2 ditelpon (padahal ngga kedengeran bunyi/getar telpon) trus dia nanyain: "mas ini daerah mana yah?" aku blg aja: pasar rebo.. trus dia pura2 blg ke yg nelpon" "pasar rebo mbak" ..eeh abis itu nanya2: mau kemana mas? n akhirnya kenalan...
    sayang beribu sayang ni cewe jelek (jahat bgt si: versi sadis dari kurang cakep).. tp jelek2 gt strateginya bagus jg...(jahat lg) huehehehehe

    ReplyDelete
  21. Layak ditiruuuu.... Tapi tar ku mau sedikit pintar: SMS kamu dulu, minta km nelpon aku dengan skenario di atas... Okeh?

    ReplyDelete
  22. ya tapi kalo dah sering naik kreta n orangnya itu2 aja sih pertanyaannya diganti..ntar orangnya mikir: "ni orang udah naik kereta 2 taun kok belum ngerti2 jg daerah mana" huehehehe..

    ReplyDelete
  23. Naahhh...susah kan? Tapi anggep aja selama ini kalo di kereta aku tidur terus... ^o^

    ReplyDelete