Monday, April 6, 2009

Mas Kawin_Baiknya Apa Yah...

 

 

Pagi ini nonton gossip ada Nirina yang dinikahi si Ernest dengan mas kawin seperangkat alat, sholat, duit 549 ribu dan laptop. Ketika ditanya apa alasannya, jawabnya 549 itu tanggal pernikahannya, 5 April 2009, dan laptop karena si Nirina lagi butuh. Soal seperangkat alat sholatnya, ga dijelaskan. Si presenter menarasikan bahwa laptop sebagai mas kawin adalah sangat unik dan mungkin satu2nya.

 

 

Eitss.. Jangan salah... Di suatu training ku pernah kenalan sama seorang ibu2 yang pas nikahnya dikasih mas kawin berupa seperangkat komputer. Kata suaminya, ”Kuberikan dunia kepadamu”. Jadi critanya dengan fasilitas internet yang diberikan sang istri jadi bisa mengetahui segala sesuatunya dunia, seolah memilikinya.

 

 

Jadi, konsep mas kawin itu apa yah? Apakah tanda cinta? Atau buat so sweet-so sweet_an? Atau tanda jadi? Atau ngasih sesuatu yang lagi dibutuhkan?

 

 

Pasti aku akan menemukan jawaban kalau aku mengikuti pelajaran agama bab pernikahan dengan baik. Tapi sepertinya waktu itu ku tidur atau ngobrol. Ku hanya denger satu cerita tentang Nabi yang menyuruh salah seorang untuk nikah. Berikut critanya. Dalam verti Tata tentu saja. Hohoho...

 

Waktu itu ada cowok yang ama Nabi udah waktunya nikah. Trus Nabi bilang, ”Eh kamu... Nikahlah... Ngapain si ditunda2..?”

Dia: Saya kan ga punya apa2, Nabi... Mau nikah gimana...?

Nabi: Eitss..rejeki itu udah diatur.. Sekarang kamu boleh ga punya apa2, tapi siapa yg bisa jamin tar kl udah nikah km tetep ga punya apa2....?

Dia: Ya tapi beneran Nabi... Saya ga punya apa2... Buat mas kawin aja saya ga mampu... Gimana bisa nikah coba...? Kalo ga pake mas kawin, ga sah kan?

Nabi: Beneran km ga punya apapun?

Dia: Serius! Mau diaudit juga silakan...

Nabi: Lha? Kamu kan punya baju perang... Itu kan berharga, jadikan itu sebagai mas kawinnya. Cepetan nikah. Ga usah banyak alesan!

 

 

Begitulah, maka menikahlah cowok itu dengan mas kawin baju perang.

 

 

Hal yang bisa kuambil dari crrita itu adalah:

  1. Mas kawin itu adalah barang berharga
  2. Mas kawin berupa seperangkat alat sholat itu tidak direkomendasikan. Ya nggak? Kalau recommended, tentunya waktu itu Nabi akan bilang, ”Kasih aja mukena buat mas kawin, baju perangnya km jual buat pesta2...”. Ya nggak?

 

Nah, barang yg berharga berapa atau bagaimanakah yang layak untuk jadi mas kawin? Aku mencoba berpikir dan mendapatkan suatu pemikiran begini:

 

Kan kalau habis akad nikah itu, sang suami mengucapkan janji2. Salah satunya bahwa jika dia selama 3 bulan berturut2 tidak memberi nafkah lahir batin kepada istri, dan sang istri tidak ridho dan mengajukan talak, maka dia akan terima (tidak akan menghalang2i). Nah, batas tidak dinafkahi adalah 3 bulan. Sedangkan selama 3 bulan itu kan istri tetep harus makan dan jalan2. Jadi, mas kawin itu harus bisa menutupi kebutuhan istri dan keluarga selama 3 bulan, seandainya sang suami tidak menafkahi. Praktiknya: kalau suami kabur dan ga kasih duit, kita bisa jual mas kawin yang dulu dikasih buat makan.

 

 

Jadi, mas kawin harus:

-         bisa disimpan, tidak mudah rusak oleh pergantian cuaca dan kelembaban

-         cukup untuk makan 3 bulan, di kapan saja, entah saat ini atau sepuluh tahun lagi

-         tidak mengalami penyusutan nilai dari masa ke masa, kalau bisa meningkat

 

 

Nah, jadi

-         apakah seperangkat alat sholat memenuhi 3 syarat itu? Kupikir tidak...kecuali mungkin jika dibuat dari sutra india dan disulam emas. Trus yakin ada yg mau beli.

-         laptop atau komputer yang menjadi simbol penyerahan dunia? Ga juga kan? Karena laptop bekas kalo dijual harganya juga ga melejit to?

-         rumah? Tidak kusarankan, karena nilai property bisa turun juga kan ternyata.

-         Mobil? Seiring waktu selain modelnya akan menjadi jadul, nilai jualnya pun menyusut. Kecuali bisa menjadikan itu mobil jadi antik dan dicari2.

-         Tanah? Kan konon harga tanah naiiiiiiikkkk teruuuus.... Bisa saja sih dijadiin mas kawin, asal bukan tanah dalam sengketa atau beresiko besar untuk digusur dijadiin jalan tol.

-         Emas? Nah...ini yang paling recommended. Setau aku harganya makin naik, jarang turunnya. Cuma kalau bisa jangan dalam bentuk perhiasan, karena beresiko untuk dijambret. Jadi berbentuk batangan saja, trus simpan baik2 di safety box. Dikeluarkan jika diperlukan saja.

 

 

Ada yang punya ide lagi?

 

 

 Tiba2 kepikiran:

Kalau rumah makan kan rumah (untuk) makan.

Rumah sakit = rumah (untuk orang yang) sakit

Uang muka = uang (yang dibayar di) muka

Buku tulis = buku (untuk) tulis

Polisi tidur = polisi (yang kayak lagi) tidur

Tempat sampah = tempat (untuk) sampah

 

Kalo mas kawin?

Yang punya KBBI tolong dibuka yah... Atau kalo ada yg kenal sama penterjemahnya, tolong ditanyain kenapa mahar diartiinnya jadi mas kawin...

 

 

 

7 comments:

  1. mas kawin = (e)mas utk kawin
    dari situ udah kelihatan rekomendasinya ya pake emas supaya memenuhi syarat2 tidak turun nilainya & cukup utk makan 3bln itu hihihi

    ReplyDelete
  2. o iyah! emas untuk kawin!

    Tapi kl aku dikasih tanah, mau juga ko...bisa diproduktifkan! Hohoho...

    ReplyDelete
  3. Itu ceritanya si Ali yg mau nikahin Fatimah anaknya nabi ya? Mas kawin juga ga harus berupa barang, ku jg baru tau baca di sahaba.net ;p
    Ada perempuan yg minta islamnya si calon suami yg jadi mas kawin. Jadi menurutku, mahar mah tergantung permintaan si cewek aja. Asik kan? Kalo aku cukup janji si suami tiap tahun harus bawa aku vacation huehe..

    ReplyDelete
  4. aku setuju sama yg terakhir....
    minta emas batangan.. hohohoho....
    Net Present Value'nya selalu meningkat.

    kalo nurut aku,, itu si artis buat heboh2an aja...
    Uhhmmm... gelas piala bole juga! tp yg terbuat dari emas dan ukurannya besar!
    hahahaha...
    Tanah bole juga Lah.. tp mintanya yg di depok, lokasi dekat kampus.. habis itu dibangun kostan. huahahaha!!

    Buat mba nila: jangan lupa perjanjiannya ditandatangani di atas materai dan di hadapan notaris. wekekekekew....

    ReplyDelete
  5. @ Nila: Ooo...itu Ali dan Fatimah yah? Baiklaaahhh... Mahar tu tergantung permintaan cewek yah? Banyak tuh... Hohoho...

    @ Shanty: Aku setuju ma kamu! Tanah di lokasi strategis dilengkapi dana cair untuk membangunnya! ^o^

    ReplyDelete
  6. mas kawin itu...

    "mas, kawin yuukkk..."

    ReplyDelete