Tuesday, April 21, 2009

Orange & Lemon Water_Tidak Akan Berpotensi Kanibalismekah?

Rating:★★
Category:Other

Pasar minuman isotonik adalah milik Pocari Sweat dengan klim pengganti ion tubuh. Beberapa produk berusaha untuk menggeser, tapi Pocari Sweat tetap berjaya, apalagi sekarang dengan kemasan 2 L-nya.

Pasar vitamin C, sedikit lebih dinamis persaingannya. Ada You-C 1000 dengan 1000 mg dan bentuk cair-nya, Vitalong-C dengan sustained release capsul-nya, Redoxon Forte dengan zinc-nya, dan tentu saja Vitacimin yang konsisten dengan tablet yang praktis untuk dihisap kapan saja.

Jadi, kalau butuh pengganti cairan tubuh, Pocari Sweat lah pilihan utamanya. Sedangkan untuk memapar tubuh dengan vitamin C, ada beberapa pilihan sesuai selera.


Bagaimana jika tersedia satu sediaan yang dapat memenuhi dua kebutuhan di atas? Akankah dua komoditi produk yang berbeda di atas akan terpinggirkan?


Aku melihat produk ini ada di toko sudah agak lama, tapi baru ngeh dan tau dia itu produk apa setelah ada iklannya. Iklan yang menarik, tetap etis, sama sekali tidak menjelek2kan produk lawan.


Bintang iklannya: Sandra Dewi dan Denny Sumargo si pemain basket.
Konsep: menampilkan Sandra Dewi yang super sibuk dan Denny yang selalu berkeringat sehingga butuh cairan pengganti ion yang hilang.
Klim produk: cairan isotonik unik dengan 1000 mg vitamin C. Berteknologi Jepang. Rasa lemon dan orange yang segar.


Produk cairan pengganti cairan/ion lain, jelas ’kalah’ karena produk ini memiliki kelebihan, yaitu vitamin C. Produk-produk vitamin C begitu juga nasibnya.


Pocari Sweat yang selama ini merasa brand dia sudah begitu lekat untuk cairan isotonik, ibaratnya setiap orang yg butuh cairan pengganti udah pasti milihnya Pocari. Kukira dia harus mulai siap-siap dan lebih kreatif lagi dalam memaparkan Pocari dalam benak konsumen.


Begitu pula dengan para penjual vitamin C.


Bagaimana dengan nasib You-C1000? Mereka satu keluarga! You-C dan Orange –Lemon Water itu saudara! Vitamin C-nya sama-sama 1000 mg, rasanya sama-sama lemon dan orange, sama-sama berteknologi Jepang. Bedanya cuma yang satu vitamin C thok, satunya cairan isotonik. Aku bingung bagaimana posisi mereka masing-masing.

Kalau misalkan mereka berdua bukan keluarga, ku akan berpikir bahwa Lemon Water dan Orange Water muncul untuk menghancurkan pasar You-C1000. Ya kan? Spesifikasi mereka sama gitu lho.. Kalau kita bisa mendapatkan 2 manfaat dari 1 sediaan, kenapa harus beli yang mono?


Tapi mereka bersaudara... Aku tidak mengerti...


Kalau maksudnya adalah mencuri pasarnya Pocari Sweat, kupikir kurang begitu pas jika desain produk dan iklannya seperti itu. Pocari selain tenar di untuk obat haus pengganti ion tubuh, juga beken di pasien DBD. Kalau sedang sakit DBD, pasti pada minumnya Pocari. Mungkinlah orang akan mepertimbangkan untuk mengkonsumsi minuman berasa jeruk- yang tentu saja asem? Tapi walau begitu Pocari jangan lengah yah..


Selama ini ku menanti-nanti iklan baru dari You-C 1000 untuk melawan Luna Maya dengan Vitalong C-nya. Tapi ko yang muncul malah ini...


Kalau untuk bentuk iklannya, tidak ada catatan khusus selain konsepnya mirip iklan Rexona yang dibintangi Carissa Putri: sok sibuk pindah2 dari satu tempat ke tempat lain, satu acara ke acara lain.





17 comments:

  1. aku teh manis anget aj deh ta.....boleh?

    ReplyDelete
  2. 2500 rupiah Cie... Bayar dulu baru dapet barangnya...

    ReplyDelete
  3. gw dah agk lama minum tuh produk, suka yg lemon water, klo pocari dah mule jarang minum, kecuali klo lg sakit, buat asupan tubuh lebih oke... klo vitamin2an, gw prefer berocca, klo buat cemilan biasanya vitacimin...

    ReplyDelete
  4. Busyet dah cemilannya Vitacimin!

    Berati kalo bagi kamu, pocari tergeserkan oleh apa, Rief? Lemon waterkah? Sepertinya enggak yah?

    ReplyDelete
  5. lemon water, dulu biasanya selalu minum pocari sweat, menurut gw lemon water lebih menyegarkan... yg orange water rasanya terlalu tajam, nggak pas ama lidah gw:p

    ReplyDelete
  6. Hooo... gitu yah? NI produk udah lama yah? Maklum ku ga suka belanja... sukanya nonton TV doank....mengikuti perkembangan produk dari iklannya... Hehehe....

    Jadi bagiku, eksis tidaknya produk, keren engganknya, berkualitas atau tidaknya, ditentukan oleh iklannya di TV. Hohoho...

    ReplyDelete
  7. Bukannya kunyit asam, Jo? Bisa mengurangi nyeri haid lho...

    ReplyDelete
  8. ohya? kalo rasa lemonnya YouC 1000 kan asem banget Rif, enakan yg orange.. kalo lemon water beneran enak??

    ReplyDelete
  9. aku mah aer putih aja
    menjernihkan pikiran dan hati

    ReplyDelete
  10. murah pula! Njil kan ngirit...biar bisa bayar BB 180 ribu per bulan... Hohoho...

    ReplyDelete
  11. Ih Tata

    dasor ya !!!
    tau aja njil lagi ngirit demi bayar bulanan BB


    tata iklan kecap sedap itu lho !!!

    ReplyDelete
  12. Tentu saja aku tauuuu.... km kan remaja SMA yg lagi di tahap gaya2an... hohoho...

    Ku belum liat iklan itu lagi Njil... jangan2 udah ditarik yah? krn mungkin udah ada yg protes...

    ReplyDelete
  13. aku seminggu sekali minum lemon water lho.. dan sejak itu, gak pernah sariawan!
    ..*aku gak suka sayuran, gak suka buah-buahan*

    oh ya, aku gak suka pocari sweat, rasanya kayak Oralit.
    kalo kamu kurang cairan tubuh, mending minum Aqua aja yang banyak, sehatnya nyata!
    :)

    ReplyDelete
  14. Seminggu sekali disuplai dengan vitamin C 1000mg.. Ummhh..masih kelebihan buanyak, De'.. Hohoho..

    Pipis kamu kayak apa wujudnya setelah minum lemon water?

    ReplyDelete
  15. jgn liat 1000 mg - nya, terus kamu bilang kelebihan, aku gak percaya tu isinya 1000 mg.
    pipis-ku jg normal-normal aja :-)

    ReplyDelete
  16. Eitss! Jangan pernah meragukan komposisi dan klim produk suplemen, terlebih farmasi. Karena itu pasti benar adanya. Bahkan untuk buat iklan, story board nya musti dapat approval pemerintah (BPOM) dulu tauuu..

    Jadi ketika dia bilang mengandung 1000 mg vitamin C, maka isinya PASTI SERIBU!

    Kamu kelebihan juga gapapa ko.. Kan resiko nya pipis kamu jadi pipis bervitamin C, pipis mahal.. Hohoho..

    ReplyDelete