Thursday, March 5, 2009

Bosku Pinter Deh…

 

 

Bila diibaratkan dengan bercocok tanam, maka job desc ku adalah menanam kangkung, kedelai dan kaktus. Sedangkan 2 teman setimku lainnya adalah menanam padi dan jagung.

 

 

Masing-masing dari kami dikasih lahan satu gunung. Tugas kami adalah mencangkul, menanam, merawat dan memanennya. Yang termasuk dalam merawat adalah memupuk, mengairi dan mencabuti rumput dan gulma lainnya.

 

 

Target pekerjaan kami jelas: panen tepat waktu, jika perlu lebih cepat. Tugas bos ku adalah mengawasi pekerjaan kami.

 

 

Dua rekanku yang bertugas menanam padi dan jagung mendapat pengawasan ketat dari bosku. Hampir tiap hari mereka harus melapor. Ada satu helai daun padi yang layu pun harus segera lapor. Karena hasil kerja mereka sangat dinantikan oleh masyarakat luas. Sedangkan aku, kurang begitu diperhatikan karena orang ga makan kangkung juga gapapa kan? Paling sesekali kalau beliau sedang mengamati gunung rekanku, beliau nglirik ke gunungku. Jarang deh beliau mengkontrol pekerjaanku. Pokoknya dia tau beres ajah.

 

 

Tiap hari aku mencangkul tanah, menebar benih, menyianginya dan menyiraminya. Rutinitas itu kulakukan setiap hari. Sesekali aku pergi ke tukang pupuk, menanyakan kenapa distribusi pupuk suka ga lancar. Kadang ke tukang irigasi, nanya mungkin ga debit air ke gunungku ditambah. Pokoknya ku berusaha gimana caranya agar aku bisa panen tepat waktu. Sekali dua kali, panenku mundur dari jadwal. Tapi aku punya alasan kuat: force major, bencana alam, di luar kuasaku.

 

 

Nah, tiap awal tahun kan kita berkumpul untuk bagi2 tugas dan tanggung jawab. Aku si orangnya terima-terima aja. Mau dikasih segunung atau dua gunung, fine. Mau disuruh nanam kangkung atau ganja, oke. Inti dari semuanya kan planning. Apapun pekerjaannya, buat rencana yang bagus dulu, pasti kerja juga enak.

 

 

Entah bagaimana critanya, bos ku beranggapan bahwa kerjaanku terlalu enteng. Dia melihatku biasa-biasa saja, tidak pernah mengalami hectic, stress atau panik. Oleh karena itu dia berasumsi aku keenakan dengan tugas menanam kangkung, sayur dan kedelai.

 

 

Lha? Mana bisa begitu dunk... Aku diberi lahan, aku diberi tugas. Aku buat rencana dan aku jalankan rencanaku. Gunung kupacul, kutanam benih, kupupuk dan kuairi. Panen. Selesai. Suka-suka aku dunk gimana cara yang kupake... Kalau ternyata sambil macul aku bisa dengerin musik, boleh aja dunk...? Kalau sambil nebar benih, aku bisa ngobrol sama tetangga sebelah? Oke-oke aja dunk...? Kalau pas ngairin lahan, aku bisa jalan-jalan ke pasar, ga masalah dunk....? kalau pas beli pupuk, aku bisa sambil nyalon? Sah2 aja kan? Tokh gunungku ga dipagerin...jadi suka2 aku dunk mau kemana dan ngapain aja...

 

 

Naaahhh... Bosku ga gitu ngliatnya...

 

 

Akhirnya awal tahun ini, aku ditambahin satu gunung lagi dan harus kutanamin bayam, secara hidroponik. Walaupun aku belum pernah tau gimana nanem bayam hidroponik, tapi aku sanggupi. Harus optimis. Pasti bisa!

 

 

Nah, ternyata dengan ditambahin kerjaan aku masih bahagia dan damai-damai saja. Malah tambah bersemangat, karena aku belajar ilmu baru, ketemu dengan petani2 baru, liat benih yang lucu-lucu. Aku juga masih bisa jalan-jalan dan ikut paguyuban di desa. Maka, kemarin ketika aku minta tanda tangan pemesanan pupuk, terjadi obrolan yang membuatku bengong.

 

Dia: Tata, objective nya udah final belum ya?

Aku: Udah... Bayam hidroponik sudah saya masukkan.

Dia: Belum disubmit kan? Mau saya tambahin lagi...

Aku: ....ternganga mulutnya....

Dia: Habisnya Tata kalo ngerjain cepet...jadi saya tambahin...

Aku: .....melotot.....senyum-senyum ga jelas, dan hanya bisa berkata: Siiippp...

 

 

Bisaaaaaa ajah yah beliau itu... Pake alesan aku kalo kerja cepet segala. Bilang aja mau nambahin kerjaaaaaaaannnnnn!!!! Bilang aja ga rela liat aku bisa kerja sambil ber-MP riaaaaaa!!!

 

 

11 comments:

  1. Ibarat pak ibarat! Aku kan berusaha untuk menulis yang bisa dimengerti oleh publik (khususnya kamu). Kalau kutulis kerjaanku beneran, pasti kamu langsung pingsan!

    ReplyDelete
  2. bukankah "ber-MP" itu adalah kata kerja?

    ReplyDelete
  3. kayaknya nasib org2 yg kerja cepat, di mana2 kayak gitu =D
    gw pernah ga rela lihat kerjaan 1 temen seruangan di kantor yg udah dia kerjain sungguh2 dan udah hampir selesai tiba2 kerjaannya dipindahkan oleh boss ke 1 temen seruangan yg satu lagi. krn yg satu lagi bocah males ga jelas ngerjain apa aja. suruh poles2 finishing touch kerjaan si bocah rajin, dan memasang nama dia waktu dedlain. sementara si bocah rajin suruh mulai kerjaan baru dlm waktu singkat, boss percaya doi bisa slesai.

    cuma krn boss musti laporan ke boss besar nunjukin 2 hasil krn menggaji 2 pegawai..

    ReplyDelete
  4. jadi bingung, mana yang lebih penting,,, "proses" atau "hasil akhir"
    kata dosenku yang penting proses hehehe
    kok ini kayaknya hasil akhir ya......
    dosenku pembohong

    ReplyDelete
  5. kata dosen..
    bukan kata boss =))
    this is real life hihihi

    ReplyDelete
  6. Ku kan jadi dilema sekarang...

    Mau pura2 antusias atau pura2 kewalahan yaaaaa...? Hohoho...

    ReplyDelete
  7. Jangan bingung... Ini kombinasi... Bos mau aku panen tepat waktu (hasil akhir), tapi dia juga mau aku keringetan maculnya...(proses)

    Dosen km ga bohong...cuma nyeneng2in km ajah... Hohoho...

    ReplyDelete
  8. haha...lucu juga ceritanya, semangat ya..

    btw emang suka aneh ya di kantor itu...meski kerjaan sama tapi kalo keliatannya kita lebih santai pasti ditambahin kerjaan

    udah gitu kalo kerjaan bagus pasti disuruh itu...itu terus ...

    ReplyDelete
  9. Makanya...sekarang aku mau belajar bertampang sibuk, kewalahan dan less laugh...

    Semangat!

    ReplyDelete