Wednesday, March 18, 2009

Pak Man Idolaku!

 

Suratman nama panjangnya. Usianya sudah cukup lanjut. Awal ketemu aku ga berani macem2. Tapi dia yang melakukan ritual pemecahan es. Waktu itu aku sedang menunggu2 surat dari pabrik. Nah, dia kan petugas pengantar surat, bertanyalah aku padanya, ”Pak ada surat buat saya nggak?”. Dan dia menjawab, ”Ada. Ni Suratman”. Oh my...aku terbengong2... Tapi sejak saat itu aku jadi akrab dengannya!

 

 

Loyalitas tak usah diragukan. Dia sudah bekerja untuk perusahaan tempatku sekarang bekerja selama 25 tahun. Detail, rapi dan beres. Di mata dia, semua tingkah laku kita pasti ada ‘cacat’nya.

 

 

Contoh:

-         kita kan sering ga peduli kalo ada bekas straples jatoh di lantai. Nah, ama dia tuh keliatan aja gitu. Trus dengan refleks dia ambil trus buang di tempat sampah. Ngambilnya sambil ngedumel2 ga jelas gitu lho...diawali dengan menghela nafas. ”Ini lho. Suka bikin vacuum cleaner macet’. Kita yang di dekatnya pasti mati gaya, sedang yg lain pasti ngetawain kita, ”Hayo lo...dimarahin Pak Man...”

 

-         Kalau lagi ambil minum di dispenser kan airnya suka ga sengaja nyiprat ke lantai. Nah kalo aku kan, ku biarin aja, tar juga menguap dan kering sendiri. Tapi kl ada Pak Man, pasti dia langsung ambil kain pel, dikeringin. Sambil ngedumel, ”Ini lho. Bisa bikin kepleset..”.

 

-         Kalau kita makan snack kan suka beremah2 gitu, nempel di tangan juga. Nah, tindakan yg kita lakukan kan menepuk2kan kedua belah tangan untuk menghilangkan remahan, biar jatoh ke lantai (maksudnya si tempat sampah). Trus yg di meja juga digituin. Tar kl keliatan ma dia, pasti dia geleng2 kepala, sambil ngedumel ”Ini lho. Bisa bikin semut”. Hwuaaaa.... Ini kan lantai tiga limaaaaa...masa semut bisa manjat setinggi ituuuuu...

 

-         Kalau kita buat teh. Kan buang bekas teh nya suka sesuka2, asal tempat sampah aja. Kadang ga sengaja buang di tempat sampah tempat fotokopi yang jelas2 isinya sampah kertas semua. tar pasti dia ngedumel juga, ”Orang ada tempat sampah lain, kok ya buang di sini”. Hwuaaa....

 

-         Kalau kita habis makan kan suka asal numpuk piring ajah. Ada sendoknya juga tumpuk2 ajah. Nah, Pak Man pasti langsung rapiin, sambil, ”Ini lho. Bisa miring, trus jatoh trus pecah”.

 

 

Pokoknya kita semua jadi ’takut’ ama dia dan menjadi lebih aware deh... dan secara ga langsung kita jadi hidup berkantor dengan rapi, disiplin dan bersih. Kita juga jadi saling mengingatkan, ”Tar diomelin Pak Man lho...”. Hohoho...

 

 

Dan yang pasti kita semua cinta Pak Man.

 

 

Dia kan memiliki tekanan darah tinggi. Secara rutin dia periksa TD ke dokter yg ada di kantor, minum obat juga teratur. Nah, beberapa tahun yang lalu entah gimana tekanan darahnya melonjak dan berakibat pecahnya gendang telinganya. Jadi dia harus pakai alat bantu dengar. Kita simpati, tapi itu justru menambah ’kelucuan’ komunikasi kami dengannya. Sering salah paham, tapi pasti membuat kita tertawa. Kalo dia jalan luruuuuusss...ajah. Kita panggil2 pasti ga nengok, tar semua orng yg dia lewatin bantuin manggil, tapi suka dia terlalu fokus dengan lantai (nyari remah2 dan straples), jadi..semua orang teriak sambil ketawa2 deh...

 

 

Tahun kemarin demi rampingnya perusahaan agar lincah bergerak, maka beberapa orang dirumahkan, termasuk Pak Man. Hwuaaa...kami sediiiiiiihhhh....

 

 

Sejak dia ga ada lagi di kantor, banyaaaaak banget hal yang mengingatkan kami pada Pak Man.

 

 

Pas kutanya setelah ga kerja mau ngapain, duitnya mau diapain. 25 tahun kerja kan lumayaaaaannnnn.... ^o^ Dia bilang mau pulang ke Jawa beternak sapi dan nanem jamur. Hwuaaaa....kerreeeeennn....

 

 

Sebulan kemudian dia dateng ke kantor untuk ambil surat keterangan kerja. Ya ampyun ya ampyun...dia kan mau miara sapi, ga perlu surat itu kaaaannnn? Tapi dia tetep ngambil, jauh2 dateng dari Solo. Pas kutanya sapinya ada berapa, dia bilang, ”Baru 5. Tapi nanti mau saya jadiin 20. Soalnya tempatnya muatnya 20”. Hwuaaaaa....

 

 

Nah, Kemaren di datang lagiiiiii..... Langsung kupeluk! Segala BT lenyap seketika. Kutanya dalam rangka ada datang, ”ini ambil SPT”. Ya ampyuuuuuunnnn... Aku maluuuuu.... Dia datang dari Solo untuk mengambil SPT dan kemudian lapor pajaaaaakkkk!!! Sedangkan aku? Hehehe...

 

 

Trus dia bilang hari ini juga langsung balik lagi ke Solo. ”Tar tanggal 9 ke Jakarta lagi ko, buat nyontreng. Kan saya kedaftarnya di sini”. Hwuaaaaaa...... Aku beneran maluuuuuuuu.... Ku ga kepikiran untuk pulang kampung ’hanya’ untuk sekedar nyontreng!

 

 

Kutanya, mau nyontreng apa, Pak? ”Oh...sekarang belum tau. Lihat dulu kampangenya. Tar kalo udah selesai masa kampanye, baru nentuin mau milih apa”. Hwuaaaaaa.... dia ga mau pilih kucing dalam karung, ga mau fanatik asal2an!

 

Aku kagum dan aku malu. Aku baru liat iklan partai udah jatuh cinta, dikasih liat program2nya klepek-klepek... Padahal belum liat lainnya... Aku maluuuu.... Mau lebih kritis aaaahhh....

 

Semangat!

 

 

Ni foto Pak Man di hari terakhir bekerja... Hiks...jadi kangen lagi..

23 comments:

  1. ah Pak Man... bener Ta, 'omelan' Pak Man emang ngangenin hehehehe

    ReplyDelete
  2. eh pak man solonya mana? hehehe...
    orang solo emang selalu ngangenin hehe (narjis abis)

    ReplyDelete
  3. kok aku baca jadi pengen nangis ya Taaaaaa? :(

    ReplyDelete
  4. Hoooo.... Waktu itu kan mbak Risca selalu di 'omelin' karena suka menimbun sendok teh! Hohoho... Ngabis2in sendok kantoooorrr...

    Tiap pak man lewat sambil geleng2 kepala, mbak risca berusaha membela diri dengan mengatakan bawa sendok sendiri dr rumah, Pak Man sudah berlalu dan tidak mendengarnya. Hahaha... Di buku harian Pak Man pasti tercatat: Risca==> tukang nilep sendok teh. Awasi.

    Hohoho...

    ReplyDelete
  5. Waduh...krn aku ga tau daerah solo, ku ga nanya detail...

    Cari aja daerah yg ada kandang sapinya...20 ekor yah!

    ReplyDelete
  6. Ouw.. aku tidak bermaksud begituuuuu....

    Dedikasinya mengagumkan yah?

    Pernah ya waktu itu dia sedang ngelap gelas cantik. Dia ngedumel, "Ni gelas dulu tuh belinya 50, sekarang tinggal 40. Udah pecah sepuluh.". Sambil geleng2 kepala, tersirat ngomelin orang2 yg makenya ga ati2 dan dia merasa tugasnya gagal untuk merawat perabotan.

    Kutanya, "Mang belinya kapan Pak?". Jawabnya: Tahun 90-an.

    Pak Maaaaannn... Itu udah sepuluh tahun lebiiiiihhhh!! Luar biasa kl cuma pecah 10! Kalo aku yg ngejagain pasti dah pecah semuaaaa...

    ReplyDelete
  7. manteb ya ni org.. cocok buat kerjaan jaga perabot :D
    tapi emang musti pulang kampung. ngapain di jakarta ruwet hihi..

    ReplyDelete
  8. Huahahahahaha.... iya.. bener Ta, gue sampe bawa sendok sendiri!
    Baru kali ini sendok kecil kudu bawa sendiri padhal di kantor2 sebelumnya mana pernah tuh

    Gue geli banget baca komentar Tata, Pak Man punya buku catatan kebiasaan orang2 di kantor.


    ReplyDelete
  9. He put his strength on works :)

    Semoga dia cocok juga ngejaga sapi2nya... Amin..

    ReplyDelete
  10. Ini karena mbak risca menanggapi omelan Pak Man personally... Dia emang gituuuu... Hohoho... ga bisa diem orangnya. Selalu keliling2, gelas di meja masih dipake suka main diambil ajah untuk dicuci... ck...ck...ck...

    Tentang buku catatan Pak Man...itu hasil imajinasiku...hehehe...

    ReplyDelete
  11. inspiratif yah.......

    *serius mode ON, gak komen konyol*

    ReplyDelete
  12. Semoga hidupmu berubah ke arah lebih baik setelah membaca ini, Jo...
    Amin

    ReplyDelete
  13. Engkau idolaku.... PAK MAN..
    Engkau jagoanku....PAK MAN
    Aku suka kamu..... PAK MAN
    Kau menumpas kejahatan... pembela keadilan
    Gagah perkasa... PAK MAN...

    ReplyDelete
  14. lagunya Batman... seangkatan sama si Lumba-lumba... makan dulu...

    ReplyDelete
  15. Kalo Lumba2 aku ingeeetttt....!!

    Si hitam...tam! Dari laut jawa
    Si Hitam...tam! Dari laut cina
    Si Hitam...tam! Dari lalalala..
    Si Hitam...tam! Dimana-mana ada!

    Hwaa... Akhirnya ada lagu yg aku tau kamu juga tau!

    ReplyDelete
  16. jiakakakakkakak.... baru nyadar kalo nyang nyanyi udah pinya anak bini...

    ReplyDelete
  17. alhamdulillah kamu menyadarinya juga...

    Jangan sok2an sepantar sama Derbi Romoero lagi yah!

    ReplyDelete