Monday, March 16, 2009

Tertolak Lagi…

 

 

Dari dulu aku selalu berkeinginan untuk melakukannya. Tapi selalu saja tertolak, karena berat badanku. Pernah saking pengennya malem2 aku dan Nila ke PMI Pusat untuk menawarkan darah. Tapi ga ada yang nawar. Emang maksud baik tak bisa dipaksakan.

 

 

Tiga tahun yang lalu, pas PKL di sebuah pabrik kosmetik di Jakarta, aku (hampir) mendapatkan kesempatan itu. Pabrik itu mengadakan acara donor darah. Aku dan Nurul mendaftarkan diri. Nurul dengan mudah lolos, sedangkan aku harus melalui beberapa rintangan. Rintangan pertama adalah berat badan. Si dokter menganggap secara pandangan mata beratku nggak nyampe berat minimum. Ternyata pas ditimbang nyampe dunk... Hohoho...Aku kan ndut... Trus habis itu tes golongan darah. Lolos lah ya... Habis itu interview sama dokternya, antara lain ditanya sedang sakit apa. Sebenarnya waktu itu aku sedang suspect TBC, tapi aku nggak ngaku dunk... kubilang aja lagi batuk. Trus ditanya obat apa yang sedang kuminum, kujawab Mucopect sama vitamin. Pas dia nulis, tiba2 kuinget ku juga minum obat lain. ”Oiyah...codein juga. Habis batuknya suka ga kira2...”. Dengan segera dokternya meletakkan pulpennya, menghentikan proses pencatatan dan memandangku, ”Codein? Itu narkotika. Jangan donor dulu deh...”. Haiyaaahhh... Aku ditolaaaaaakkk!! Mana ujung jariku udah ditusuk buat tes golongan darah pula! Huhuhuhu....

 

 

Nah, Sabtu kemarin saat ku bertugas di apotik, di seberang jalan ada acara donor darah. Aku bersemangat untuk ikut. Melihat perutku, maka berat badan pasti masuk. Trus aku juga tidak sedang mengkonsumsi obat apapun, jadi ga ada lagi dunk alasan menolak darahku...

 

 

Jam setengah 12 aku bersiap untuk daftar. Kata Nurul, aku harus dalam kondisi tidak lapar. Ya sudah, aku ke warung makan padang dulu untuk makan siang, porsi penuh! Habis itu langsung ke tempat donor darah.

 

 

Pas masuk, sudah tidak ada orang yang mendonorkan darahnya. Tapi petugas2nya masih ada. Pas kita tanya masih bisa atau nggak, salah satu ibu2 bilang bisa dan aku disarankan untuk diperiksa dulu.

 

Oleh mbaknya aku ditanya

Tanya: Sedang menstruasi?

Jawab: Tidak

Tanya: Pusing?

Jawab: Tidak

Tanya: Semalam tidurnya lebih dari 5 jam?

Jawab: Tidur jam 10 bangun jam 5 (trus tidur lagi)

 

Interview dinyatakan lolos.

 

Selanjutnya tes Hb alias kadar hemoglobin alias berapa banyak si pengikat oksigen di darahku.

Dan aku bertanya: jumlah minimum berapa ya Mbak?

Mbaknya menjawab: 12.5

 

Waduh..kayaknya ga masuk ni.. Karena duluuuuuu...aku pernah periksa dan jumlahnya 10 aja. Yaaa..kali aja sekarang dah naik...

 

 

Lalu aku dipijat2 ujung jari tengah kananku. Dikasih alkohol, dan kemudian ditusuk dengan kalimat penyerta, ”Sakit dikit yah...”

 

 

Kemudian jariku ditekan2 dan diurut agar darahnya keluar dan dimasukkan ke pipa kapiler.

 

Selanjutnya, darah dicipratkan ke larutan berwarna biru di gelas. Jika darahnya tenggelam, itu artinya kadar Hb nya cukup dan proses dilanjutkan. Jika sebaliknya, maka dipersilakan pulang.

 

Dan hasil dari cipratan darahku adalah sebagai berikut:

 

 

 

Dari 3 kali ciprat ngambang semuaaaaaa....!!! Ga ada yg sok tenggelam! Hiks...hiks... (kalo punya Nurul pake acara pura2 tenggelam trus pelan2 naik untuk mengapung...)

 

 

Aku berusaha ngrayu mbaknya, ”Tungguin deh Mbak...kali aja bentar lagi dia tenggelem...”. Tapi mbak nya ga mau...

 

 

Hwuaaaa.... Kapankah tiba kesempatan bagiku untuk mendonorkan darahku?

 

 

14 comments:

  1. he4x gw jg mo donorin darah, tp selalu mentok di berat badan wekekekeke

    ReplyDelete
  2. Waaa.... Kita hampir senasib dunk Rief.... Tapi ternyata ga cukup hanya dengan ndut... Sia2kah program penggendutanku selama ini?


    Hohoho....

    ReplyDelete
  3. ribet si gapapa asal diterima...

    Bayangkan perasaanku yang sudah tertolak beberapa kali...ditusuk2 pula... Hiks...

    ReplyDelete
  4. gpp ta.. aku juga bgitu..
    hb rendah, berat badan pas2an.. ya sud donor yg laen2 aja hihihi

    ReplyDelete
  5. Naaaahhhh.... Ini baru judulnya senasib!

    Jadi, donor apakah yang bisa kita lakukan?

    ReplyDelete
  6. Mungkin bukan program penggendutannya yg sia2, tp program peningkatan kadar haemoglobinnya yg blm maksimal:)

    ReplyDelete
  7. mana kutau kalo Hb juga diperhitungkaaaann... waktu penolakan sebelumnya Hbku ga ditanya2...

    Brarti aku harus mencanangkan 3 program:
    1. Pertahankan ndut (lumayan buat excuse kl ada yg protes dengan ndutnya aku...hohoho...)
    2. Jangan konsumsi obat2 jenis narkotika
    3. Tingkatkan kadar Hb

    Ada usul tambahan?

    ReplyDelete
  8. eh hb itu penting bgt loh klo mo donor..
    tp aku bisa nambah hb, walopun aku "rada vegetarian" begini, alias gak mau daging merah apalagi makan liver.. kalo kamu suka makan begituan, ya makan aja buat ningkatin hb.

    banyak minum susu (produk2 susu seperti susu, keju, yoghurt juga bagus), dan cukup tidur :D kayaknya itu yg aku lakukan sehingga hbku bertambah. mungkin stress berkurang jg ya, jd hb nambah..

    gak ngerti juga, soalnya sejak kecil bertaon2 hb rendah terus, baru 2 thn terakhir ini nambah (efek tinggal di eropa? wakakaka).

    ReplyDelete
  9. Baiklah...

    Programnya ditambah lagi:
    3a. Makan daging dan ati
    3b. banyak tidur
    3c. minum susu dan turunannya
    3d. hindari stress

    Kalo aku agak anomali... Kan aku tinggalnya di gunung. Orang yg tinggal di dataran tinggi, tempat dimana kadar oksigennya rendah, maka Hb nya akan cenderung tinggi, agar bisa memenuhi kuota kebutuhan oksigen untuk tubuh.

    Tapi aku, Hb nya rendah terus... mungkin krn tubuhku ga maruk oksigen... Hohoho...

    Nah, mungkin di Eropa kadar oksigennya juga rendah...jd tubuh harus mati2an ngiket oksigen. Jadi tubuh membentuk banyak Hb! Makanya naek deh hitungan Hb-nyaaa....

    ReplyDelete
  10. pasti berat badanku juga nggak nyampe..... sebel nggak bisa donor (hehehe alesan padahal emang takut sama jarum suntik,, suntik golongan darah aja belum pernah)
    pusing nggak sih habis donor gitu?

    ReplyDelete
  11. yah kan aku belum pernah donor Ri...jd aku ga bisa jawab pertanyaan kamu...

    Tapi kayaknya mereka fine2 ajah...

    ReplyDelete